Soal Multimedia Kelas 12

Diposting pada

Soal Multimedia Kelas 12 Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawabannya

Soal Multimedia Kelas 12


1. Apa yang dimaksud dengan multimedia?

a. Satu jenis media

b. Banyak jenis media

c. Teks saja

d. Suara saja

Jawaban: b. Banyak jenis media


2. Format gambar yang mendukung transparansi adalah…

a. JPEG

b. GIF

c. PNG

d. BMP

Jawaban: c. PNG


3. Apa fungsi dari perangkat lunak pengedit gambar seperti Adobe Photoshop?

a. Menulis dokumen

b. Mengedit dan memanipulasi gambar

c. Membuat presentasi

d. Mendengarkan musik

Jawaban: b. Mengedit dan memanipulasi gambar


4. Format audio yang umum digunakan untuk kompresi dengan kehilangan kualitas adalah… a. WAV b. MP3 c. AIFF d. FLAC

Jawaban: b. MP3


5. Apa kegunaan dari HTML dalam konteks multimedia web?

a. Mengatur tata letak dokumen

b. Menyimpan gambar

c. Memainkan video

d. Membuat tautan

Jawaban: a. Mengatur tata letak dokumen


6. Manakah dari berikut yang termasuk ke dalam elemen multimedia? a. Teks b. Animasi c. Database d. Semua jawaban benar

Jawaban: d. Semua jawaban benar


7. Apa istilah yang digunakan untuk menggabungkan teks, gambar, audio, video, dan grafik menjadi satu presentasi?

a. Integrasi multimedia

b. Desain grafis

c. Pengeditan video

d. Animasi

Jawaban: a. Integrasi multimedia


8. Alat input yang umum digunakan untuk interaksi dalam aplikasi multimedia adalah…

a. Mouse

b. Printer

c. Monitor

d. Keyboard

Jawaban: a. Mouse


9. Apa peran utama dari prosesor sinyal digital (DSP) dalam multimedia?

a. Mengolah data teks

b. Mengolah sinyal suara dan gambar

c. Menyimpan data

d. Menyediakan akses internet

Jawaban: b. Mengolah sinyal suara dan gambar


10. Apa yang dimaksud dengan streaming multimedia?

a. Menyimpan file multimedia secara lokal

b. Memainkan file multimedia tanpa menunggu seluruh file diunduh

c. Mengedit file multimedia secara real-time

d. Menggabungkan beberapa file multimedia menjadi satu

Jawaban: b. Memainkan file multimedia tanpa menunggu seluruh file diunduh


11. Video yang memiliki resolusi 1920×1080 pixels termasuk dalam kategori apa?

a. SD (Standard Definition)

b. HD (High Definition)

c. Full HD

d. 4K

Jawaban: c. Full HD


12. Apa fungsi dari codec dalam multimedia?

a. Mengubah warna gambar

b. Memampatkan dan mendekode data multimedia

c. Mengatur tingkat volume audio

d. Menyusun tata letak halaman web

Jawaban: b. Memampatkan dan mendekode data multimedia


13. Yang termasuk ke dalam perangkat keras output adalah…

a. Mouse

b. Monitor

c. Printer

d. Keyboard

Jawaban: b. Monitor


14. Dalam konteks multimedia, apa itu “rendering”?

a. Proses menggabungkan berbagai media

b. Proses mengonversi model 3D menjadi gambar 2D

c. Proses merekam suara

d. Proses mengekstrak teks dari gambar

Jawaban: b. Proses mengonversi model 3D menjadi gambar 2D


15. Apa perbedaan antara multimedia linier dan multimedia non-linier?

a. Multimedia linier memiliki urutan tetap, sementara multimedia non-linier tidak

b. Multimedia linier menggunakan hanya satu jenis media, sedangkan multimedia non-linier menggunakan banyak jenis media

c. Multimedia linier tidak dapat diedit, sedangkan multimedia non-linier dapat diedit

d. Tidak ada perbedaan

Jawaban: a. Multimedia linier memiliki urutan tetap, sementara multimedia non-linier tidak


16. Manakah dari berikut ini bukan format file audio?

a. MP3

b. WAV

c. AVI

d. OGG

Jawaban: c. AVI


17. Software yang digunakan untuk membuat dan mengedit video disebut…

a. Graphic Design Software

b. Audio Editing Software

c. Video Editing Software

d. Web Design Software

Jawaban: c. Video Editing Software


18. Apa yang dimaksud dengan “bit rate” dalam konteks multimedia?

a. Jumlah warna yang dapat ditampilkan dalam gambar

b. Kecepatan transfer data audio atau video

c. Jumlah pixel dalam gambar

d. Durasi video

Jawaban: b. Kecepatan transfer data audio atau video


19. Animasi yang dibuat dengan perangkat lunak dan disimpan sebagai file grafis bergerak biasanya memiliki format apa?

a. GIF

b. JPEG

c. PNG

d. BMP

Jawaban: a. GIF


20. Manakah dari berikut ini adalah contoh perangkat keras input?

a. Monitor

b. Printer

c. Mouse

d. Speaker

Jawaban: c. Mouse


21. Apa fungsi dari perangkat keras input “Webcam” dalam konteks multimedia?

a. Merekam suara

b. Mengambil gambar

c. Merekam video

d. Menyimpan data

Jawaban: c. Merekam video


22. Apa kegunaan dari teknologi Virtual Reality (VR) dalam multimedia?

a. Meningkatkan kualitas suara

b. Menciptakan pengalaman visual 3D interaktif

c. Mengompres file multimedia

d. Menyunting gambar

Jawaban: b. Menciptakan pengalaman visual 3D interaktif


23. Apa peran utama dari GPU (Graphics Processing Unit) dalam multimedia?

a. Mengolah data teks

b. Mengolah grafis dan visualisasi

c. Menyimpan data

d. Mengolah suara

Jawaban: b. Mengolah grafis dan visualisasi


24. Format file audio yang sering digunakan untuk menyimpan musik berkualitas tinggi tanpa kehilangan kualitas adalah…

a. MP3

b. WAV

c. FLAC

d. AAC

Jawaban: c. FLAC


25. Apa yang dimaksud dengan “bit depth” dalam konteks multimedia?

a. Resolusi gambar

b. Jumlah warna yang dapat direpresentasikan dalam gambar

c. Kecepatan transfer data audio

d. Durasi video

Jawaban: b. Jumlah warna yang dapat direpresentasikan dalam gambar


26. Salah satu kelebihan presentasi multimedia adalah…

a. Tidak memerlukan perangkat keras khusus

b. Tidak memerlukan keahlian desain grafis

c. Dapat menyampaikan informasi dengan cara yang menarik dan interaktif

d. Hanya dapat digunakan secara offline

Jawaban: c. Dapat menyampaikan informasi dengan cara yang menarik dan interaktif


27. Apa yang dimaksud dengan “interaktivitas” dalam konteks multimedia?

a. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan pengguna

b. Pengguna dapat mengganti warna latar belakang

c. Hanya dapat diakses secara online

d. Presentasi multimedia yang singkat

Jawaban: a. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan pengguna


28. Alat input yang biasa digunakan untuk merekam suara adalah…

a. Microphone

b. Mouse

c. Keyboard

d. Webcam

Jawaban: a. Microphone


29. Apa manfaat dari teknologi Augmented Reality (AR) dalam multimedia?

a. Menggabungkan realitas fisik dengan elemen virtual

b. Mengkompres file multimedia

c. Menyunting gambar

d. Menyimpan data

Jawaban: a. Menggabungkan realitas fisik dengan elemen virtual


30. Manakah dari berikut ini adalah contoh perangkat keras output?

a. Monitor

b. Mouse

c. Keyboard

d. Microphone

Jawaban: a. Monitor


Demikian ulasan dari PPKN.CO.ID Mengenai Soal Multimedia Kelas 12, Semoga Bermanfaat…


Recent Post