Soal RPL Kelas 10 Lengkap

Diposting pada

Soal RPL Kelas 10

  1. Apa yang dimaksud dengan requirement dalam pengembangan perangkat lunak? a. Hasil akhir dari proyek b. Spesifikasi kebutuhan pengguna c. Pemrograman dasar d. Desain antarmuka pengguna

Kunci Jawaban: b


  1. Proses pengumpulan informasi kebutuhan perangkat lunak dilakukan pada tahap: a. Desain b. Implementasi c. Analisis d. Pemeliharaan

Kunci Jawaban: c


  1. Model pengembangan perangkat lunak yang mengutamakan kolaborasi tim dan tanggapan cepat terhadap perubahan adalah: a. Model Waterfall b. Model Spiral c. Model Agile d. Model Prototype

Kunci Jawaban: c


  1. Suatu program yang mengeksekusi dirinya sendiri dan menyebar ke program lain disebut: a. Virus b. Worm c. Trojan Horse d. Spyware

Kunci Jawaban: b


  1. IDE (Integrated Development Environment) adalah: a. Alat untuk mengelola basis data b. Lingkungan pengembangan terpadu c. Sistem operasi open-source d. Metode pengujian perangkat lunak

Kunci Jawaban: b


  1. Salah satu prinsip dasar pengujian perangkat lunak adalah: a. 100% pengujian otomatis b. Semua bug dapat ditemukan dan diperbaiki c. Pengujian hanya diperlukan setelah pengembangan selesai d. Pengujian tidak perlu dilakukan pada perangkat keras

Kunci Jawaban: b


  1. Manakah di antara berikut yang bukan termasuk dalam tahap pengembangan perangkat lunak? a. Analisis kebutuhan b. Pemeliharaan c. Implementasi d. Evaluasi kinerja

Kunci Jawaban: d


  1. Dalam pemrograman berorientasi objek, konsep polimorfisme merujuk pada: a. Kemampuan objek untuk memiliki banyak bentuk b. Penggunaan lebih dari satu bahasa pemrograman c. Ketergantungan antar objek d. Penggunaan variabel yang bersifat konstan

Kunci Jawaban: a


  1. Salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang berfokus pada dokumentasi yang lengkap adalah: a. Model Waterfall b. Model Agile c. Model Prototype d. Model Spiral

Kunci Jawaban: a


  1. Bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile adalah: a. C++ b. Java c. Python d. Ruby

Kunci Jawaban: b


  1. Keuntungan penggunaan Git dalam pengembangan perangkat lunak adalah: a. Tidak memerlukan koneksi internet b. Mudah berkolaborasi dalam tim c. Hanya dapat digunakan pada sistem operasi tertentu d. Tidak mendukung manajemen versi

Kunci Jawaban: b


  1. Dalam diagram Use Case, apa yang umumnya digambarkan sebagai elips? a. Actor b. Use Case c. System Boundary d. Association

Kunci Jawaban: a


  1. Model pengembangan perangkat lunak yang menggabungkan elemen-elemen dari model-model lainnya adalah: a. Model Waterfall b. Model Spiral c. Model Prototype d. Model Hybrid

Kunci Jawaban: d


  1. Bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk pengembangan web adalah: a. Swift b. PHP c. Kotlin d. Objective-C

Kunci Jawaban: b


  1. Proses pengidentifikasian, penentuan, dan dokumentasi kebutuhan sistem disebut: a. Analisis kebutuhan b. Desain sistem c. Implementasi sistem d. Pemeliharaan sistem

Kunci Jawaban: a


  1. Manakah di antara berikut yang bukan merupakan prinsip dasar desain antarmuka pengguna (user interface) yang baik? a. Konsistensi b. Ketergantungan c. Keterbacaan d. Efisiensi

Kunci Jawaban: b


  1. Keamanan perangkat lunak dapat ditingkatkan dengan: a. Menunda pembaruan perangkat lunak b. Menggunakan password yang mudah diingat c. Mengaktifkan firewall d. Berbagi password dengan teman-teman

Kunci Jawaban: c


  1. Metode pengembangan perangkat lunak yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan analisis sebelum memulai implementasi adalah: a. Model Waterfall b. Model Spiral c. Model Agile d. Model Prototype

Kunci Jawaban: a


  1. Pada pemrograman berorientasi objek, enkapsulasi merujuk pada: a. Kemampuan untuk menyembunyikan detail implementasi b. Penggunaan polimorfisme c. Penggunaan variabel global d. Penggunaan kelas dan objek

Kunci Jawaban: a


  1. Manakah di antara berikut yang termasuk dalam paradigma pemrograman fungsional? a. Java b. C++ c. Haskell d. Python

Kunci Jawaban: c


  1. Proses penggabungan kode-kode dari berbagai anggota tim pengembang disebut: a. Compiling b. Merging c. Debugging d. Refactoring

Kunci Jawaban: b


  1. Apa fungsi dari version control system (VCS) dalam pengembangan perangkat lunak? a. Mengelola versi perangkat keras b. Mengelola versi perangkat lunak c. Mengelola versi dokumen d. Mengelola versi database

Kunci Jawaban: b


  1. Diagram yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antar kelas dalam pemrograman berorientasi objek disebut: a. Diagram Use Case b. Diagram Kelas c. Diagram Aktivitas d. Diagram Sekuens

Kunci Jawaban: b


  1. Pada pengembangan perangkat lunak, apa yang dimaksud dengan debugging? a. Proses menggabungkan kode b. Proses mengidentifikasi dan memperbaiki bug c. Proses menguji perangkat lunak d. Proses membuat dokumen

Kunci Jawaban: b


  1. Bahasa pemrograman yang umumnya digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis data adalah: a. SQL b. Java c. HTML d. CSS

Kunci Jawaban: a


  1. Metode pengembangan perangkat lunak yang membagi proyek menjadi iterasi atau sprint disebut: a. Model Waterfall b. Model Spiral c. Model Agile d. Model Prototype

Kunci Jawaban: c


  1. Istilah yang digunakan untuk menyembunyikan implementasi internal dan hanya mengekspose fungsionalitas yang diperlukan disebut: a. Inheritance b. Abstraction c. Encapsulation d. Polymorphism

Kunci Jawaban: b


  1. Manakah di antara berikut yang bukan merupakan tujuan dari pengujian perangkat lunak? a. Memastikan bahwa perangkat lunak bekerja dengan benar b. Menemukan dan memperbaiki bug c. Meningkatkan keamanan perangkat lunak d. Memastikan kecepatan akses internet

Kunci Jawaban: d


  1. Model pengembangan perangkat lunak yang menekankan pada pembuatan prototipe untuk mendapatkan umpan balik sejak awal adalah: a. Model Waterfall b. Model Spiral c. Model Agile d. Model Prototype

Kunci Jawaban: d


  1. Manakah di antara berikut yang merupakan teknik pengumpulan kebutuhan perangkat lunak yang melibatkan diskusi antara anggota tim pengembang dan pengguna? a. Observasi b. Wawancara c. Survei d. Brainstorming

Kunci Jawaban: b


Demikian ulasan dari PPKN.CO.ID mengenai Soal RPL Kelas 10, Semoga Bermanfaat…


Refrensi Teknologi [DISINI]


Recent Post