Pengertian Toleransi Adalah

Posted on

Toleransi Adalah : Pengertian Toleransi – Pada pembahasan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Pengertian Toleransi, yuk disimak ulasannya dibawah ini :

Toleransi Adalah : Pengertian Toleransi

Toleransi

Mungkin kita sering menggunakan kata toleransi, tapi sayangnya kita tidak tahu arti toleransi itu sendiri. Memahami toleransi secara umum, yaitu saling menghormati untuk setiap orang atau kelompok dalam masyarakat.

Toleransi ini ditunjukkan untuk menghormati perbedaan pendapat, agama, ras dan budaya pada setiap orang atau kelompok. Sekarang, untuk mengetahui lebih lanjut tentang memahami toleransi, pertimbangkan ulasan berikut. Karena itu akan dibahas tentang pengertian toleransi dari beberapa ahli, karakteristik toleransi dan tujuan serta manfaat toleransi.

Pengertian toleransi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dijelaskan makna toleransi yaitu sifat atau sikap toleransi. Toleran adalah sifat atau sikap untuk mentolerir (menghormati, mengizinkan, mengizinkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, perilaku dan sebagainya) yang berbeda atau bertentangan dengan pendapatnya sendiri.

Toleransi juga disebut toleransi, yang juga bisa menghargai (menghargai) perasaan orang lain. Toleransi adalah sikap toleransi dan menghormati pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan dan perilaku yang berbeda atau saling bertentangan. Sikap dan perilaku toleransi terhadap keragaman masyarakat adalah kunci untuk meningkatkan persatuan dan integritas. Toleransi juga bisa untuk mencegah perpecahan dalam masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. Baca Juga : Organisasi Sosial : Pengertian Organisasi Sosial

Mengapa perlu untuk memahami toleransi?

Tuhan menciptakan alam semesta dengan berbagai konten, termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan. Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, etnis, agama dan ras yang tersebar di seluruh Indonesia. Keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa. Perbedaan itu adalah berkah, kekuatan dan anugerah yang dimanifestasikan melalui rasa saling menghormati. Menghargai perbedaan akan menumbuhkan toleransi. Salah satu bentuk toleransi adalah bekerja sama dengan orang lain.

Sikap toleran terhadap keragaman

Dalam masyarakat yang majemuk atau beragam, sikap dan perilaku yang toleran harus dipertahankan dan dikembangkan. Tanpa sikap dan perilaku yang saling toleransi, harmoni, persatuan dan persatuan nasional tidak dapat diwujudkan. Oleh karena itu, walaupun orang Indonesia sangat beragam, keberagaman diikat oleh satu kesatuan, yaitu orang Indonesia yang memiliki Unity in Diversity. Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Toleransi juga bisa dilakuksan dalam keagamaan, keragaman etnis, ras, dan keanekaragaman sosial budaya di Indonesia. Penjelasan berikut:

  • Toleransi dalam kehidupan beragama

Setiap orang tentu saja meyakini salah satu agama atau kepercayaan yang ada. Pemerintah Indonesia mengakui enam agama yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Toleransi dalam kehidupan beragama termasuk memanifestasikan dalam bentuk:

  1. Menerapkan ajaran agama dengan baik.
  2. Hormati agama yang diyakini orang lain.
  3. Jangan memaksakan kepercayaan agama kita pada orang-orang dari agama yang berbeda.
  4. Toleransi terhadap kepercayaan dan ibadah yang dilakukan oleh mereka yang memiliki keyakinan dan agama yang berbeda.
  5. Jangan melihat ke bawah dan jangan salahkan agama yang berbeda.
  • Toleransi terhadap keragaman etnis dan ras

Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai etnis dan kelompok etnis dan ras. Perbedaan etnis dan ras tidak boleh dilihat sebagai hambatan. Perbedaan etnis dan ras harus menjadi sumber kekuatan dalam membangun kesatuan dan integritas bangsa Indonesia serta dalam pergaulan antar bangsa di dunia. Perbedaan tidak membuat etnis dan ras tertentu lebih tinggi dari etnis lain. Perbedaannya adalah sikap dan perilaku seseorang yang baik atau buruk, bukan etnis atau etnis dan ras. Baca Juga : Wawasan Nusantara

  1. Perilaku Toleran pada keragaman budaya terwujud pada, saling menyemangati demi persaudaraan manusia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
  2. Bersikap baik kepada semua orang tanpa memandang perbedaan.
  • Toleransi terhadap keanekaragaman sosial budaya

Sikap dan semangat nasional adalah sumber kekuatan dalam menjaga keanekaragaman budaya bangsa. Toleransi terhadap keanekaragaman sosial budaya dapat dilakukan melalui:

  1. Mengetahui keanekaragaman budaya masyarakat Indonesia.
  2. Mempelajari dan menguasai seni budaya sesuai dengan minat dan bakat mereka.
  3. Merasa bangga dengan budaya bangsamu sendiri.
  4. Menyaring budaya asing

Keragaman dalam kehidupan sosial tidak hanya tentang sosial-budaya tetapi juga melibatkan keragaman sosial-ekonomi dan politik. Perbedaan kondisi ekonomi dan politik dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat seharusnya tidak menyebabkan perpecahan. Sebaliknya, keanekaragaman justru menjadi kekuatan pendorong untuk semakin memperkuat harmoni, persatuan, dan persatuan nasional dalam kerangka Persatuan dalam Keragaman. Baca Juga : Ideologi Liberalisme

Waktu Toleransi yang Harus Dimiliki Individu

  • Toleransi paling mudah diterapkan, diperkenalkan dan diajarkan ketika anak-anak muda atau awal karena pentingnya pendidikan anak usia dini. Tentang Manfaat Toleransi Semakin cepat anak menemukan, semakin banyak manfaatnya bagi mereka di masa depan. Toleransi akan dipupuk dan dibentuk pada usia dini dan secara bertahap berkembang dan mendarah daging dalam perilaku sehari-hari, sehingga dapat digunakan dalam kehidupan sosial di tengah keragaman manusia di masa depan.
  • Toleransi dapat diperoleh dari berbagai lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang pentingnya toleransi dalam agama yang biasanya hadir dalam studi agama dan dapat dipelajari oleh setiap tingkat pendidikan dari buku-buku yang mengembangkan dan memberikan informasi yang valid tentang manfaat toleransi.
  • Toleransi harus diterapkan pertama kali dalam keluarga, kemudian lingkungan sekolah dan kemudian masyarakat. Untuk memahami sikap toleransi yang baik mudah diperoleh dari pengalaman orang-orang yang memiliki wawasan luas tentang perilaku seperti cendekiawan, guru agama, guru spiritual, dan orang lain yang kehidupannya terkait dengan ajaran yang mengarah pada kebaikan dan kebenaran.

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Pengertian Toleransi, semoga bisa bermanfaat.