Soal RPL Kelas 11

Diposting pada

30 Soal RPL Kelas 11 Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawabannya

Soal RPL Kelas 11


Soal 1-10: Konsep Dasar Pemrograman


1.. Apa yang dimaksud dengan IDE dalam konteks pemrograman?

a. Interface Development Environment

b. Integrated Development Environment

c. Interactive Design Environment

d. Internet Development Environment


2.. Bahasa pemrograman yang umum digunakan dalam pengembangan web adalah…

a. Java

b. Python

c. HTML

d. C++


3.. Variabel dalam pemrograman digunakan untuk…

a. Menyimpan data

b. Menjalankan program

c. Menggambar grafik

d. Membuat loop


4. Dalam pemrograman, apa yang dimaksud dengan “syntax error”?

a. Kesalahan dalam tata bahasa program

b. Kesalahan logika program

c. Kesalahan pada output program

d. Kesalahan pada input program


5. Objek yang mewakili contoh nyata dalam pemrograman berorientasi objek disebut…

a. Class

b. Function

c. Instance

d. Module


6. Manakah pernyataan berikut yang benar tentang array?

a. Array hanya bisa menyimpan data bertipe sama

b. Array bisa menyimpan data bertipe berbeda

c. Array selalu memiliki ukuran tetap

d. Array bisa dinamis tanpa batasan ukuran


7. Dalam pemrograman berorientasi objek, apa fungsi dari “inheritance”?

a. Mewarisi properti dan metode dari kelas lain

b. Menyembunyikan properti dan metode dari kelas lain

c. Membuat objek baru dari kelas lain

d. Menggantikan properti dan metode dari kelas lain


8. Apa yang dimaksud dengan debugging dalam pemrograman?

a. Proses mencari dan memperbaiki kesalahan dalam kode

b. Proses merancang struktur program

c. Proses menulis kode program

d. Proses menguji program


9. Pernyataan “if-else” dalam pemrograman digunakan untuk…

a. Mengulang suatu pernyataan

b. Menjalankan pernyataan jika kondisi terpenuhi

c. Memeriksa kesalahan dalam program

d. Menghentikan program secara tiba-tiba


10. Apa kegunaan dari “version control” dalam pengembangan perangkat lunak?

a. Menjaga versi perangkat keras

b. Mengelola dan melacak perubahan kode sumber

c. Menyembunyikan kode sumber dari pengembang lain

d. Mempercepat eksekusi program


Soal 11-20: Pemrograman Berbasis Web


11. Protokol yang digunakan untuk mentransfer data antara server dan browser adalah…

a. FTP

b. HTTP

c. SMTP

d. UDP


12. Fungsi utama dari HTML adalah…

a. Mengatur tata letak dan presentasi halaman web

b. Menyimpan data pada server

c. Menangani logika program

d. Mengelola database


13. Tag HTML yang digunakan untuk membuat hyperlink adalah…

a. <link>

b. <a>

c. <href>

d. <url>


14. CSS digunakan untuk…

a. Menambahkan interaktivitas ke dalam halaman web

b. Mengatur tata letak dan gaya halaman web

c. Menangani logika program

d. Menyimpan data pada server


15. Fungsi JavaScript yang digunakan untuk menggabungkan dua string adalah…

a. concat()

b. merge()

c. combine()

d. add()


16. Apa yang dimaksud dengan “responsive web design”?

a. Desain web yang responsif terhadap input pengguna

b. Desain web yang responsif terhadap perangkat yang berbeda

c. Desain web yang responsif terhadap kecepatan koneksi internet

d. Desain web yang responsif terhadap perubahan waktu


17. Server-side scripting biasanya menggunakan bahasa pemrograman seperti…

a. JavaScript

b. Python

c. PHP

d. HTML


18. Untuk mengirim data ke server tanpa mereload halaman, teknologi apa yang digunakan?

a. AJAX

b. JSON

c. XML

d. SOAP


19. Apa yang dimaksud dengan “cookie” dalam konteks web?

a. Sebuah file gambar

b. Sebuah program server

c. Sebuah informasi yang disimpan di browser

d. Sebuah protokol komunikasi


20. Framework JavaScript yang biasa digunakan untuk membangun aplikasi single-page adalah…

a. React

b. Angular

c. Vue d. Express


Soal 21-30: Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis Objek


21. Polimorfisme dalam pemrograman berbasis objek mengacu pada…

a. Kemampuan suatu objek untuk mengakses properti dari objek lain

b. Kemampuan suatu metode untuk bekerja dengan banyak tipe data

c. Kemampuan suatu objek untuk mengeksekusi metode dari kelas lain

d. Kemampuan suatu metode untuk membatasi akses objek lain


22. Diagram UML yang digunakan untuk menunjukkan hubungan antara kelas disebut…

a. Class diagram

b. Sequence diagram

c. Use case diagram

d. State diagram


23. Jika suatu kelas memiliki metode dengan nama yang sama seperti kelas induknya, konsep apa yang sedang terjadi?

a. Agregasi

b. Encapsulation

c. Polimorfisme

d. Inheritance


24. Keuntungan dari konsep “encapsulation” dalam pemrograman berbasis objek adalah…

a. Mempermudah debugging

b. Mengurangi kompleksitas sistem

c. Meningkatkan keamanan dan privasi data

d. Mempercepat eksekusi program


25. Penggunaan “interface” dalam pemrograman berbasis objek berguna untuk…

a. Membuat objek baru

b. Menyembunyikan properti dan metode

c. Menyederhanakan kelas

d. Mendefinisikan kontrak untuk kelas lain


26. Apa yang dimaksud dengan “agregasi” dalam konteks pemrograman berbasis objek?

a. Hubungan antara objek dan kelas lain

b. Hubungan antara objek dan atributnya

c. Hubungan antara objek dan objek lain

d. Hubungan antara metode dan kelas lain


27. Pada diagram UML, panah dengan ujung terbuka menunjukkan…

a. Hubungan komposisi

b. Hubungan agregasi

c. Hubungan inheritance

d. Hubungan dependency


28. Keuntungan dari penggunaan “dependency injection” adalah…

a. Memudahkan pengujian unit

b. Mengurangi kompleksitas program

c. Meningkatkan keamanan data

d. Mempercepat eksekusi program


39. Apa yang dimaksud dengan “unit testing” dalam pengembangan perangkat lunak?

a. Pengujian keseluruhan sistem

b. Pengujian fungsionalitas satu modul atau fungsi

c. Pengujian antarmuka pengguna

d. Pengujian kinerja aplikasi


30. Manakah pernyataan berikut yang benar tentang “refactoring”?

a. Proses mengurangi performa program

b. Proses mengubah struktur program tanpa mengubah fungsionalitasnya

c. Proses menambahkan fitur baru ke dalam program

d. Proses menghapus program yang tidak perlu


Kunci Jawaban


1. b, 2. c, 3. a, 4. a, 5. c, 6. a, 7. a, 8. a, 9. b, 10. b,11b, 12. a, 13. b, 14. b, 15. a, 16. b, 17. c, 18. a, 19. c, 20. a, 21. b, 22. a, 23. c, 24. c, 25. d, 26. c, 27. d, 28. a, 29. b, 30. b


Demikian ulasan dari PPKN.CO.ID Mengenai Soal RPL Kelas 11, Semoga Bermanfaat…


Refrensi Teknologi [DISINI]


Recent Post