Soal RPL Kelas 12

Diposting pada

30 Soal RPL Kelas 12 Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawaban

Soal RPL Kelas 12


1. Apa tujuan utama dari pengembangan perangkat lunak?

a. Memperoleh keuntungan
b. Memenuhi kebutuhan pengguna
c. Menjaga kerahasiaan data
d. Meningkatkan kecepatan internet

Jawaban: b. Memenuhi kebutuhan pengguna


2. Apa yang dimaksud dengan analisis kebutuhan perangkat lunak?

a. Proses menulis kode
b. Identifikasi dan pemahaman kebutuhan pengguna
c. Pengujian perangkat lunak
d. Proses perancangan perangkat keras

Jawaban: b. Identifikasi dan pemahaman kebutuhan pengguna


3. Manakah yang termasuk dalam tahap pengembangan perangkat lunak?

a. Pengumpulan kebutuhan
b. Menjual perangkat lunak
c. Penggunaan perangkat lunak
d. Semua jawaban benar

Jawaban: a. Pengumpulan kebutuhan


4. Apa peran dari diagram use case dalam pemodelan perangkat lunak?

a. Menunjukkan aliran data
b. Mendeskripsikan interaksi antara aktor dan sistem
c. Menunjukkan struktur database
d. Mendeskripsikan arsitektur perangkat keras

Jawaban: b. Mendeskripsikan interaksi antara aktor dan sistem


5. Apa yang dimaksud dengan UML (Unified Modeling Language)?

a. Bahasa pemrograman
b. Bahasa pemodelan untuk perangkat lunak
c. Bahasa gaul di dunia IT
d. Bahasa sehari-hari di dunia programmer

Jawaban: b. Bahasa pemodelan untuk perangkat lunak


6. Manakah yang bukan termasuk dalam prinsip-prinsip SOLID pada pemrograman berorientasi objek?

a. Single Responsibility Principle
b. Open/Closed Principle
c. Boolean Responsibility Principle
d. Liskov Substitution Principle

Jawaban: c. Boolean Responsibility Principle


7. Framework berikut yang biasa digunakan untuk pengembangan aplikasi web dengan bahasa pemrograman PHP?

a. Django
b. Laravel
c. Ruby on Rails
d. Flask

Jawaban: b. Laravel


8. Apa yang dimaksud dengan Continuous Integration (CI) dalam pengembangan perangkat lunak?

a. Integrasi perangkat keras secara terus-menerus
b. Integrasi kode secara otomatis dan terus-menerus
c. Integrasi data secara berkala
d. Integrasi aplikasi secara manual

Jawaban: b. Integrasi kode secara otomatis dan terus-menerus


9. Manakah yang termasuk dalam jenis pengujian fungsional?

a. Pengujian kecepatan
b. Pengujian antarmuka pengguna
c. Pengujian keamanan
d. Pengujian beban

Jawaban: b. Pengujian antarmuka pengguna


10. Apa fungsi utama dari Git dalam pengembangan perangkat lunak?

a. Mengelola database
b. Mengelola konfigurasi server
c. Mengelola versi kode sumber
d. Mengelola keamanan aplikasi

Jawaban: c. Mengelola versi kode sumber


11. Pada pemrograman berorientasi objek, apa itu polimorfisme?

a. Kemampuan sebuah objek untuk mengubah tipe datanya
b. Kemampuan sebuah objek untuk mewarisi propertinya
c. Kemampuan sebuah objek untuk memiliki banyak bentuk
d. Kemampuan sebuah objek untuk menyembunyikan detail implementasinya

Jawaban: c. Kemampuan sebuah objek untuk memiliki banyak bentuk


12. Apa yang dimaksud dengan API (Application Programming Interface)?

a. Antarmuka Pengguna Aplikasi
b. Alat Pemrograman Internal
c. Antarmuka Pengembangan Aplikasi
d. Alat Pengembangan Internal

Jawaban: c. Antarmuka Pengembangan Aplikasi


13. Manakah yang termasuk dalam paradigma pemrograman fungsional?

a. Object-Oriented Programming (OOP)
b. Functional Programming (FP)
c. Procedural Programming
d. Semua jawaban benar

Jawaban: b. Functional Programming (FP)


14. Apa yang dimaksud dengan “refactoring” dalam pengembangan perangkat lunak?

a. Proses mengubah kode tanpa mengubah fungsionalitas
b. Proses mengubah fungsionalitas tanpa mengubah kode
c. Proses mengubah desain keseluruhan sistem
d. Proses mengganti satu bahasa pemrograman dengan bahasa lain

Jawaban: a. Proses mengubah kode tanpa mengubah fungsionalitas


15. Apa yang dimaksud dengan cloud computing?

a. Penggunaan komputer dengan sistem pendingin awan
b. Penyimpanan data di dalam awan
c. Penggunaan sumber daya komputasi melalui internet
d. Pengembangan perangkat lunak di atas awan

Jawaban: c. Penggunaan sumber daya komputasi melalui internet


16. Manakah yang termasuk dalam jenis diagram struktur UML?

a. Diagram Aktivitas
b. Diagram Kelas
c. Diagram Kasus Pengguna
d. Diagram Aliran Data

Jawaban: b. Diagram Kelas


17. Apa peran dari Docker dalam pengembangan perangkat lunak?

a. Mengelola basis data
b. Membuat kontainer untuk aplikasi
c. Mengelola keamanan aplikasi
d. Membuat diagram UML

Jawaban: b. Membuat kontainer untuk aplikasi


18. Pada pemrograman berorientasi objek, apa yang dimaksud dengan “encapsulation”?

a. Kemampuan sebuah objek untuk mengubah tipe datanya
b. Kemampuan sebuah objek untuk mewarisi propertinya
c. Kemampuan sebuah objek untuk memiliki banyak bentuk
d. Kemampuan sebuah objek untuk menyembunyikan detail implementasinya

Jawaban: d. Kemampuan sebuah objek untuk menyembunyikan detail implementasinya


19. Framework JavaScript berikut yang umum digunakan untuk pengembangan antarmuka pengguna (UI)?

a. Angular
b. Django
c. Laravel
d. Flask

Jawaban: a. Angular


20. Apa keuntungan utama dari penggunaan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Agile?

a. Proses pengembangan yang cepat dan fleksibel
b. Proses pengembangan yang sangat terstruktur
c. Proses pengembangan yang hanya fokus pada dokumentasi
d. Proses pengembangan yang tidak memerlukan komunikasi tim

Jawaban: a. Proses pengembangan yang cepat dan fleksibel


21. Manakah yang bukan termasuk dalam tahap pengujian perangkat lunak?

a. Pengujian Unit
b. Pengujian Integrasi
c. Pengujian Penjualan
d. Pengujian Sistem

Jawaban: c. Pengujian Penjualan


22. Apa yang dimaksud dengan “Scrum” dalam pengembangan perangkat lunak?

a. Metode pengembangan perangkat lunak
b. Bahasa pemrograman
c. Framework PHP
d. Framework JavaScript

Jawaban: a. Metode pengembangan perangkat lunak


23. Apa yang dimaksud dengan “agile manifesto”?

a. Dokumen resmi dalam pengembangan perangkat lunak
b. Manifesto yang menentang pengembangan perangkat lunak
c. Prinsip-prinsip dalam pengembangan perangkat lunak agile
d. Manifesto yang hanya berfokus pada pengujian perangkat lunak

Jawaban: c. Prinsip-prinsip dalam pengembangan perangkat lunak agile


24. Apa yang dimaksud dengan istilah “bug” dalam pengembangan perangkat lunak?

a. Sebuah fitur baru dalam perangkat lunak
b. Kesalahan atau kekurangan dalam kode
c. Sebuah program komputer
d. Sebuah perangkat keras komputer

Jawaban: b. Kesalahan atau kekurangan dalam kode


25. Manakah yang termasuk dalam jenis pengujian non-fungsional?

a. Pengujian performa
b. Pengujian fungsionalitas
c. Pengujian keamanan
d. Pengujian antarmuka pengguna

Jawaban: a. Pengujian performa


26. Apa yang dimaksud dengan “pair programming”?

a. Proses pemrograman yang melibatkan dua tim
b. Proses pemrograman yang melibatkan dua programmer bekerja bersama
c. Proses pemrograman yang hanya dilakukan oleh satu programmer
d. Proses pemrograman yang melibatkan beberapa tim

Jawaban: b. Proses pemrograman yang melibatkan dua programmer bekerja bersama


27. Framework CSS berikut yang umum digunakan untuk desain antarmuka pengguna (UI)?

a. Bootstrap
b. jQuery
c. React
d. Vue.js

Jawaban: a. Bootstrap


28. Apa yang dimaksud dengan “dependency injection” dalam pemrograman berorientasi objek?

a. Proses menyuntikkan ketergantungan antara objek
b. Proses memutuskan ketergantungan antara objek
c. Proses menyatukan ketergantungan antara objek
d. Proses menyalin ketergantungan antara objek

Jawaban: a. Proses menyuntikkan ketergantungan antara objek


29. Apa peran dari SQL dalam pengembangan perangkat lunak?

a. Bahasa pemrograman
b. Bahasa pemodelan
c. Bahasa kueri untuk basis data
d. Bahasa scripting

Jawaban: c. Bahasa kueri untuk basis data


30. Manakah yang termasuk dalam jenis diagram perilaku UML?

a. Diagram Aktivitas
b. Diagram Kelas
c. Diagram Komponen
d. Diagram Kasus Pengguna

Jawaban: a. Diagram Aktivitas


Demikian Contoh Soal RPL Kelas 12 yang di berikan PPKN.CO.ID, Semoga Bermanfaat….


Refrensi Teknologi [DISINI]


Recent Post