Pedoman Wawancara

Diposting pada

Pedoman Wawancara : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Pedoman Wawancara, yuk simak dibawah ini:


Pedoman Wawancara


Wawancara adalah percakapan di mana pertanyaan diajukan dan jawaban diberikan. Dalam bahasa umum, istilah “wawancara” atau “interview” mengacu pada percakapan satu-ke-satu antara pewawancara dan responden.

Pewawancara menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang dijawab oleh responden sehingga informasi dapat ditransfer dari responden ke pewawancara (dan narasumber lainnya).

Terkadang, informasi dapat diteruskan ke dua arah. Tidak seperti suara, komunikasi menghasilkan arus informasi satu arah.

Saat melakukan wawancara, baik untuk keperluan alat penelitian atau penyaringan tenaga kerja, Pedoman wawancara harus disiapkan terlebih dahulu agar proses wawancara dapat terkonsentrasi dan tidak terlalu luas dalam percakapan yang tidak perlu.

Pedoman Wawancara


Pedoman wawancara

Sebelum melakukan wawancara, Anda membutuhkan Pedoman wawancara yang dapat digunakan untuk membantu memandu percakapan ke topik penelitian dan rumusan masalah yang akan diteliti.

Isi dari Pedoman wawancara bervariasi dari yang sangat rinci hingga yang relatif longgar, tetapi pada dasarnya semuanya: untuk membantu Anda mengetahui apa yang harus ditanyakan, dalam urutan apa, bagaimana cara mengajukan pertanyaan, dan bagaimana menindaklanjutinya.

Setelah orang yang Anda wawancarai menjawab pertanyaan terakhir, ini memberikan Pedoman tentang apa yang harus dilakukan atau dikatakan selanjutnya.

Pengertian Pedoman wawancara

Dalam penelitian, wawancara sangat membantu untuk membuat cerita di balik pengalaman peserta. Pewawancara dapat mencari informasi mendalam tentang suatu topik.

Wawancara dapat digunakan sebagai tindak lanjut bagi beberapa responden survei, misalnya untuk menyelidiki lebih lanjut jawaban mereka.

Sebelum Anda mulai merancang pertanyaan dan proses wawancara, harap gunakan informasi yang dikumpulkan dalam wawancara untuk menjelaskan secara pribadi masalah atau kebutuhan yang harus diselesaikan.

Ini dapat membantu Anda fokus pada poin utama dari setiap pertanyaan.

Berbagai jenis wawancara dapat dilakukan, antara lain:

  • Wawancara informal dengan menggunakan dialog-tidak ada pertanyaan yang ditentukan sebelumnya, dialog tetap terbuka, namun tetap disesuaikan dengan sifat dan prioritas yang diwawancarai; dalam wawancara, pewawancara “membiarkannya”.
  • Metode Pedoman Wawancara Umum – Metode Pedoman ini bertujuan untuk memastikan bahwa informasi umum di bidang yang sama dikumpulkan dari setiap responden; ini memberikan lebih banyak fokus daripada metode dialog, tetapi dalam memperoleh informasi dari orang yang diwawancarai Waktu masih memungkinkan tingkat kebebasan dan kemampuan beradaptasi tertentu.
  • Wawancara standar dan terbuka – di sini, semua narasumber mengajukan pertanyaan terbuka yang sama (pertanyaan terbuka adalah cara responden dapat dengan bebas memilih bagaimana menjawab pertanyaan, yaitu, mereka tidak memilih “Ya” atau “Tidak” atau beri mereka nilai numerik, dll.); Metode ini membantu melakukan wawancara lebih cepat, yang membuat analisis dan perbandingan lebih mudah.
  • Wawancara tertutup dengan jawaban tetap – Di sini, semua narasumber ditanyai pertanyaan yang sama dan diminta untuk memilih jawaban dari alternatif yang sama. Format ini berguna untuk orang yang tidak berlatih wawancara.

Dalam kesempatan yang sama, Barton mengemukakan enam macam pertanyaan berdasarkan jenis topik yang bisa ditanyakan dalam wawancara. Seseorang dapat bertanya:

  • Perilaku – tentang apa yang dimiliki atau sedang dilakukan seseorang
  • Pandangan / nilai tentang pandangan seseorang tentang suatu topik
  • Perasaan-harap diperhatikan bahwa responden terkadang akan menjawab “Saya pikir …” jadi harap dicatat bahwa Anda mencari perasaan
  • Pengetahuan-dapatkan fakta tentang subjek
  • Sensori – tentang apa yang dilihat, disentuh, didengar, dicicipi, atau dicium orang
  • Latar belakang / pertanyaan latar belakang standar demografi, seperti usia, pendidikan, dll.

Tahapan Pedoman wawancara

Persiapan wawancara

Pada tahap ini, wawancara harus direncanakan dengan sebaik-baiknya.

Biasanya, mempersiapkan wawancara termasuk membuat Pedoman wawancara, menulis daftar penyedia informasi potensial, termasuk nomor kontak, menunjuk penyedia informasi potensial, dan menyiapkan alat dan dokumen yang diperlukan untuk akses, seperti alat pendaftaran, persetujuan penelitian, saran, dll. dari.

Saya tidak perlu melakukan persiapan lain secara detail karena pembaca paham apa yang perlu dilakukan untuk masuk ke lapangan.

Jika Anda mengendarai sepeda motor, sebaiknya jangan menguras bensin. Saya tidak perlu memeriksa detail masalah ini. Yang perlu saya cek adalah konten substantifnya, seperti Pedoman wawancara.

Pedoman wawancara sebaiknya hanya digunakan sebagai alat bagi peneliti untuk melakukan wawancara.

Ingat, Pedoman wawancara bukanlah daftar pertanyaan wawancara, tetapi hanya sebagai bantuan. Sebagai alat, peneliti bisa siap atau tidak.

Semakin sederhana Pedoman untuk wawancara ini, semakin baik. Peneliti dapat menuliskan pertanyaan masukan hanya dalam satu atau dua kata.

Misalnya pada saat melakukan penelitian tentang aktivisme lingkungan, peneliti kemudian akan menanyakan apa yang memotivasi pemberi informasi untuk bergabung dengan masyarakat di lingkungan tersebut. Pedoman dalam wawancara cukup untuk menuliskan motivasi masyarakat.

Masalah lain terkait wawancara, karena tidak butuh waktu lama bagi peneliti untuk membaca siaran berita dan teks lainnya.

Jika peneliti Pengertian masalah yang akan dibahas, pedoman wawancara jelas hanya sebagai pelengkap. Wawancara seperti obrolan biasa.

Teknik ini biasanya dilakukan oleh peneliti Gao Fei yang akan mencatat semua pertanyaan penelitian sebelum masuk ke lapangan. Pedoman wawancara hanya untuk referensi, jadi tidak akan terlalu banyak pertanyaan.

Tidak seperti peneliti yang terbang berjam-jam, peneliti junior membutuhkan Pedoman wawancara sebagai Pedoman mutlak.

Saya merekomendasikan pembaca yang masih peneliti awam untuk mengembangkan kebiasaan menguasai kuesioner penelitian sebelum masuk ke lapangan.

Jika pertanyaannya terlalu dalam, risiko yang biasa terjadi adalah peneliti menghubungi whistleblower untuk menjawab pertanyaan yang hilang.

Sejauh ini, kami hanya membahas pedoman wawancara. Hal berikutnya yang harus disiapkan pada tahap persiapan adalah peneliti harus menjalin dan menjaga hubungan yang baik dengan calon informan.

Pastikan tidak ada ketegangan psikologis antara peneliti dan calon tergugat, yang akan mengurangi antusiasme narasumber.

Misalnya, peneliti menemukan potensi akun media sosial yang mendukung penuh Arsenal. Peneliti Liverpool sangat sensitif terhadap fans Arsenal.

Jika seorang peneliti menerbitkan artikel vulgar tentang Arsenal sebagai tim yang hebat, tetapi jarang menang, tetapi memiliki dukungan berkelanjutan dan dibaca oleh informan potensial, itu akan menjadi permusuhan.

Karena ketegangan emosional di antara fans klub rival, wawancara yang akan dilakukan keesokan harinya mungkin bukan pilihan terbaik.

Pesan yang ingin saya sampaikan disini adalah untuk menciptakan ruang yang segar dan tentram bagi calon informan, sehingga informan merasa memiliki kebebasan untuk mengutarakan pendapatnya selama wawancara.

Peneliti citra (misalnya, orang yang tidak memiliki kepentingan pribadi di luar wawancara) juga penting.

Selain Pedoman wawancara dan laporan bagus, topik lain yang harus disiapkan adalah mengatur janji.

Oleh karena itu, tidak mungkin membayangkan melakukan wawancara langsung secara mendalam. Sebenarnya, cara terbaik adalah menggunakan metode ini ketika prosedur wawancara tertentu tidak dapat dilakukan.

Poin pentingnya adalah peneliti pertama-tama harus memperkenalkan diri, kemudian mengkomunikasikan kebutuhan mereka sebelum mendapatkan izin, dan kemudian menjadwalkan wawancara.

Jika reporter ingin diskors atau dibebaskan dan ingin diwawancarai, dia dapat segera memulai wawancara. Jika pelapor sibuk, mohon biarkan pelapor memilih waktu dan lokasi. Saya melakukan wawancara atau membuat janji di situs web.

Saat berkencan, saya mengundang calon informan untuk menentukan waktu dan tempat.

Proses wawancara

Setelah persiapan dan penjadwalan wawancara yang tepat, pastikan Anda dalam kondisi baik sebelum pelapor tiba.

Tentu saja jika wawancara tidak dilakukan di rumah dengan wartawan. Awal wawancara harus fleksibel, seolah-olah peneliti adalah reporter senior yang kaya raya.

Fleksibilitas ini terkadang kurang di antara peneliti muda. Ketika saya bertemu dengan whistleblower, walaupun whistleblower itu orang biasa, dan mereka bukan public figure atau PNS, saya merasa gugup.

Setelah beberapa kali berdiskusi dengan informan, saya menyadari fleksibilitas saya.

Yang ingin saya sampaikan di sini adalah jika Anda seorang peneliti yang belum berpengalaman, Anda tidak perlu khawatir akan gugup saat bertemu dengan orang yang berpengalaman. Fokus hanya pada peningkatan waktu penerbangan.

Sekalipun kami benar-benar membutuhkan data, sekalipun wawancara tersebut ditolak oleh calon penyedia informasi, jangan marah atau kecewa.

Penolakan untuk wawancara juga merupakan bagian dari dinamika penelitian. Peneliti semua tahu bahwa mencatatnya sebagai informasi yang ditolak oleh orang yang memiliki informasi di lapangan dengan atau tanpa alasan sudah cukup.

Proses wawancara terlebih dahulu harus menyebarkan identitas peneliti, topik penelitian dan tujuan penelitian. Publisitas adalah prinsip utama di sini. Tentu saja keterbukaan atau transparansi ini harus karena alasan etika.

Adapun detail dalam melakukan wawancara penelitian, pembaca dapat mengklik kontribusi saya sebelumnya pada teknik wawancara penelitian.

Ada penjelasan yang lebih detail. Setelah itu, kami segera memasuki tahap akhir dari Pedoman wawancara ini.

Evaluasi Wawancara

Di akhir wawancara, saya selalu mengirim pesan kepada peserta jika saya melewatkan sesuatu.

Tentunya jika peserta tidak keberatan untuk menghubungi mereka lagi. Pesan ini dikirim saat data diperlukan tetapi tidak diperlukan.

Tahap evaluasi wawancara sebenarnya sangat sederhana. Peneliti hanya perlu mengecek apakah semua pertanyaan sudah terjawab atau hilang. Pemeriksaan tidak hanya akan memengaruhi penampilan perangkat, tetapi juga kualitasnya.

Data berkualitas tinggi juga cenderung melakukan penelitian berkualitas. Jika wawancara dilakukan melalui alat perekam, periksa kembali apakah rekaman disimpan dengan benar.

Saya mewawancarai selama dua jam, tetapi tidak mendaftar karena masalah teknis dengan perekam. Kecewa, tapi hidup harus dilanjutkan.

Ketika saya menanyakan pertanyaan ini kepada supervisor, komentarnya sederhana, dan menurutnya komentar ini adalah bagian dari dinamika penelitian.

Derajat kebebasan yang dapat ditentukan di sini tidak sepenuhnya bergantung pada peralatan perekam selama wawancara.

Latih memori otak melalui memori. Alat pendaftaran hanya untuk menambahkan.

Jika terjadi kesalahan pendaftaran, harap segera tuliskan semua yang Anda ingat, karena jika dia terlambat, dia mungkin lupa.

Dari tiga tahap yang saya jadikan pedoman wawancara, tahap persiapan sepertinya merupakan tahap interpretasi yang paling lama.

Ini tidak berarti bahwa tahapan lain tidak lagi penting, tetapi hal-hal lain menjadi lebih mudah setelah persiapan selesai.

Setelah menguasai ketiga tahapan tersebut, peneliti dapat menggunakan wawancara sebagai salah satu metode pengumpulan data untuk melakukan penelitian.


Contoh singkat Pedoman wawancara

Berikut ini adalah contoh pedoman wawancara metode penelitian yang ditujukan kepada masyarakat sekitar kawasan wisata, yang dapat membantu pembaca untuk Pengertiannya. Antara lain

Judul penelitian

“2010-2017: Kajian Pengembangan dan Produksi Ruang Ekowisata Berbasis Masyarakat di Mangrove Center Tuban Kecamatan Jinu Kabupaten Tuban”

Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang pariwisata?
Apa potensi objek wisata ini?

Atraksi wisata

Apa saja atraksi dalam perjalanan Anda?

  • Bagaimana dengan keindahan panoramanya?
  • Seberapa bersih objek wisatanya?
  • Kegiatan apa yang bisa dilakukan?
  • Bagaimana kondisi ketersediaan dan kenyamanan air dan seberapa jauh sumber air?
  • Apakah ada atraksi lokal di komunitas lokal?

Kegiatan pariwisata

Aktivitas apa yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata tersebut?

  • Seni
  • Ritual budaya
  • Perlindungan lingkungan dan pendidikan
  • dan masih banyak lagi

Aksesibilitas

  • Berapa jarak tempat wisata dengan kota bupati?
  • Bagaimana jalan menuju tempat wisata?
  • Sarana transportasi apa yang dapat digunakan untuk menjangkau objek wisata?
    Jawaban yang diberikan adalah a) berjalan; b) roda dua; c) roda empat untuk individu; d) umumnya roda empat; e) lainnya

Amenitas

Bagaimana ketersediaan dan kondisi sarana dan prasarana di kawasan wisata?

  • Bagaimana pengelola pariwisata berusaha memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen pariwisata?
  • Bagaimana upaya pengelola pariwisata memberikan edukasi kepada masyarakat tentang lingkungan untuk ikut serta dalam pemeliharaan kondisi lingkungan pariwisata?
  • Bagaimana Anda berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Jenu?
  • Bagaimana Anda melihat dampak positif dan negatif dari pariwisata?
  • Apa imajinasi / harapan Anda untuk perkembangan pariwisata di Kabupaten Jenu?

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Pedoman Wawancara, semoga bisa bermanfaat.