Makna Sumpah Pemuda

Posted on

Makna Sumpah Pemuda : pengertian, makna sumpah pemuda bagi pelajar, sejarah dan makna sumpah pemuda, sumpah pemuda isi, sejarah lahirnya sumpah pemuda, arti sumpah pemuda, ikrar sumpah pemuda, apa makna sumpah pemuda secara umum, peran sumpah pemuda, contoh perilaku sumpah pemuda, makna sumpah pemuda di era modern, tokoh sumpah pemuda, tujuan sumpah pemuda, kronologi sumpah pemuda :Makna Sumpah Pemuda


Pengertian Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda yaitu suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia.

Janji sumpah pemuda tersebut membangkitkan semangat rakyat Indonesia yang khususnya para pemuda pemudi Indonesia untuk menegaskan akan terjadinya kemerdekaan Republik Indonesia. Baca juga : Integritas Nasional : Pengertian, Syarat, Konsep dan Contoh


Sejarah Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda terjadi karena pertimbangan para muda mudi Indonesia untuk turut bangkit bersatu melawan bangsa portugis yang menjajah Indonesia. Pada saat itu, Indonesia telah berjuang melawan penjajah yang datang untuk mencuri dan menguasai rempah-rempah khas Indonesia.

Kemudian pada tahun 1908 hadir Dr Sutomo, Dr Cipto Mangunkusumo, dan EFE Douwes Dekker yang memprakarsai berdirinya Budi Utomo. Gerakan tersebut bertujuan untuk memajukan pendidikan, peternakan, pertanian, dan budaya.

Gerakan Budi Utomo sendiri yaitu penyebab dari terjadinya pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia dan organisasi-organisasi kepemudaan seperti Jong Betawi, Jong Ambon, Jong Minahasa, Pemuda Timor, Jong Java, dan Sekar Rukun.

Dan salah satu organisasi pemuda yang terus bersemangat berjuang menggerakkan persatuan Indonesia adalah perhimpunan Indonesia PI. Organisasi tersebut terdiri dari pemuda-pemudi bangsa Indonesia dari berbagai macam suku yang berada di Belanda untuk menuntut ilmu.

Ketika itu, tak ada lagi perbedaan kedaerahan atau suku antar pemuda karena mereka sadar itu semua hanya akan menghambat keinginan dan cita-cita mereka. Hal itulah yang kemudian melatar belakangi terjadinya kongres pemuda dan rumusan sumpah pemuda.

Lalu tahun 1920-an telah terjadi pertemuan-pertemuan untuk mencapai kata sepakat dan persamaan visi dan misi, tetapi belum juga berhasil. Selanjutnya tanggal 15 November 1925 terjadilah peristiwa kongres pemuda, yang diselenggarakan untuk membentuk susunan kepanitiaan pelaksanaan kesepakatan.

30 Oktober 1926 seluruh organisasi pemuda berkumpul untuk melaksanakan rapat dikenal dengan nama peristiwa kongres pemuda yang menjadi permulaan persatuan seluruh pemuda Indonesia untuk kemerdekaan Indonesia.

Atas kejadian itu munculah ide untuk melaksanakan kongres pemuda II oleh perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) yang merupakan organisasi persatuan pelajar untuk seluruh Indonesia. Tanggal 26 sampai 28 Oktober 1928  kongres pemuda II di Jakarta dengan kegiatan tiga kali rapat di tiga tempat rapat atau gedung yang berbeda-beda.

Saat terjadinya kongres pemuda II terjadi pula sebuah insiden yang tak menyenangkan. Belanda secara terang-terangan menegur pimpinan rapat kongres pemuda II untuk tak menyebut kemerdekaan Indonesia.

Kemudian para pemuda Indonesia justru semakin bersemangat dan kuat untuk melawan penjajah dan kolonialisme.

Hingga diakhir kongres pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 sumpah pemuda lahir yang isinya dibuat oleh Mohamad Yamin dengan persetujuan seluruh peserta kongres. Baca juga : Peran Indonesia Dalam Hubungan Internasional


Isi Sumpah Pemuda

Dibawah ini adalah bunyi sumpah pemuda yang lahir pada tanggal 28 Oktober 1928 antara lain :

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa satu bahasa Indonesia.

3 isi dari ikrar sumpah pemuda di atas sesuai dengan dinding prasasti museum sumpah pemuda. Akan tetapi penulisan teks di dinding prasasti tertulis menggunakan ejaan Van Ophuysen.


Tujuan Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda memiliki tujuan, yaitu diantaranya adalah :

  1. Membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda pemudi Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk melawan, mengusir, dan menentang para penjajah.
  2. Membuat kokoh dan tebal rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  3. Memperluas usaha-usaha dan kegiatan agar tercapainya kemerdekaan Indonesia.
  4. Menghilangkan rasa kedaerahan yang selalu menjadi penghalang rakyat Indonesia untuk bersatu.
  5. Melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia. Baca juga : Pengertian Filsafat Pancasila : Fungsi, Tujuan, Contoh

Tokoh-Tokoh sumpah pemuda

Tanggal 28 Oktober 1928 merupakan sejarah dimana putra dan putri Indonesia menyatakan tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu Indonesia. Berikut ini adalah tokoh penting sumpah pemuda yang turut andil dibalik peristiwa kongres pemuda dan pembentukan ikrar sumpah pemuda, yaitu antara lain :


  1. Soenario

Prof. Mr. Soenari Sastrowardoyo adalah merupakan seorang penasehat panitia didalam merumuskan sumpah pemuda dan pembicaranya.


  1. Leimena

Leimena merupakan anggota panitia kongres pemuda II yang lahir pada tahun 1905 di Ambon Maluku yang merupakan mahasiswa aktivis dan ketua dari organisasi pemuda Jong Ambon.


  1. Soegondo Djojopoespito

Soegondo Djojopoespito lahir pada tahun 1905 yang merupakan tokoh penting dalam memimpin jalannya kegiatan kongres pemuda II di Jakarta sampai menghasilkan ikrar sumpah pemuda.


  1. Djoko Marsaid

Djoko Marsaid merupakan aktivis sekaligus ketua dari Jong Java. Saat kongres pemuda II Djoko Marsaid menjabat sebagai wakil ketua kongres pemuda II.


  1. M Yamin

M Yamin dilahirkan pada tahun 1903 di daerah Minangkabau. M Yamin yang memberikan usulan dan mendorong supaya Bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan dalam ikrar sumpah pemuda.


  1. Amir Syarifuddin Harahap

Amir Syarifuddin Harahap merupakan wakil ketua dari Jong Batak Bond serta aktivis yang sangat anti Jepang, bahkan Amir juga pernah diancam untuk dihukum mati. Amir memberikan sebuah ide-ide brilian saat perumusan sumpah pemuda.


  1. R Supratman

R. Supratman merupakan tokoh penting dalam peristiwa sumpah pemuda. Pada saat penutupan kongres pemuda II, Supratman memperlihatkan sebuah lagu instrumental tanpa teks dengan alat musik biola yang menjadi lagu kemerdekaan Indonesia yaitu Indonesia Raya.


  1. Sarmidi Mangoensarkoro

Sarmidi merupakan aktivis pendidikan yang lahir pada tahun 1904 di kongres pemuda I dan II berlangsung, Sarmidi lebih banyak berbicara soal pendidikan untuk rakyat Indonesia. Lalu pada tahun 1949 sampai 1950 Sarmidi dipercaya untuk menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Baca juga : Manfaat Hubungan Internasional


Makna Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia

  1. Menyatukan perjuangan bangsa Indonesia.
  2. Mendorong semangat juang.
  3. Memaknai cinta tanah air.
  4. Menumbuhkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.
  5. Menekankan kebanggaan akan bahasa Indonesia.
  6. Ajakan untuk menjaga keutuhan bangsa.

Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar

  1. Memberikan penekanan untuk menghargai perjuangan Indonesia.
  2. Memberikan semangat untuk berjuang.
  3. Untuk mencintai Indonesia dengan segenap hati.
  4. Untuk bangga menjadi bagian dari Indonesia.
  5. Untuk mencintai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia.
  6. Mengajak untuk bersama-sama dalam menjaga keutuhan NKRI. Baca juga : Pengertian Amandemen

Contoh Perilaku Sumpah Pemuda

  1. Menggunakan bahasa Indonesia dalam sehari-hari.
  2. Menjaga toleransi.
  3. Menghargai antar suku dan golongan.

Baca juga :

Demikian ulasan dari ppkn.co.id mengenai Makna Sumpah Pemudasemoga bisa bermanfaat.