Propaganda Adalah

Posted on

Propaganda Adalah : Pengertian propaganda, Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis Propaganda, Contoh Propaganda, Tujuan Propaganda :Propaganda Adalah


Pengertian propaganda

Secara luas propaganda adalah sebagai skenario untuk mengkampanyekan suatu ajaran atau tindakan kepada seseorang atau sekelompok orang yang disebarkan melalui kata-kata, suara, iklan komersial, musik, gambar dan simbol-simbol lainnya.


Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

  1. Qualter

Qualter beropini bahwa propaganda adalah suatu usaha yang dilakukan dengan sengaja dan jelas oleh beberapa pribadi atau golongan untuk membentuk, mengawasi atau mengubah sikap dari golongan-golongan lain dengan menggunakan media komunikasi yang bertujuan bahwa pada setiap keadaan yang tersedia, reaksi dari mereka yang dipengaruhi akan seperti yang diinginkan oleh si pelaku propaganda. Baca juga : Pancasila Sebagai Ideologi Negara


  1. Lasswell

Propaganda dalam arti yang umum, merupakan teknik untuk mempengaruhi kegiatan manusia dengan memalsukan kegiatan atau berbicara untuk suatu kegiatan kelompok.


  1. Barnays

Barnays menyebut bahwa propaganda baru yaitu suatu usaha yang bersifat konsekuen dan dilakukan secara terus menerus untuk menciptakan atau membentuk kejadian-kejadian agar mempengaruhi ikatan rakyat kepada suatu pemimpin atau kelompok.


  1. Ralph D. Casey

Propaganda yaitu suatu usaha yang dilakukan secara sengaja dan sadar untuk menetapkan suatu sikap atau mengubah suatu pendapat yang berkaitan dengan suatu perintah atau program dan dipihak lain merupakan suatu yang sadar dari bidang-bidang komunikasi untuk menyebarkan fakta dalam semangat obyektivitas dan kejujuran. Baca juga : Pengertian Profesional Adalah


  1. R.A santoso sastropoetro

Propaganda yaitu suatu penyaluran perintah yang terlebih dahulu sudah dipersiapkan secara teliti untuk mengubah sikap, padangan, pendapat dan tingkah laku dari si penerima informasi sesuai dengan contoh yang telah ditetapkan oleh si pelaku propaganda.


Jenis-Jenis Propaganda

Dibawah ini merupakan jenis-jenis propaganda beserta penjelasannya, yaitu :

  1. White propaganda

Yaitu sejenis propaganda yang dikenal kebenaran juga ketetapan informasi atau berita yang akan disampaikan. White propaganda biasanya akan melalui prosedur yang didominasi oleh pihak pemerintah. Setiap informasi yang disebarkan akan memberi kelebihan dan memperlihatkan kebaikan pihak pemerintah. Baca juga : Internalisasi Adalah


  1. Black propaganda

Adalah sejenis propaganda tertutup atau tersembunyi, propaganda ini memberikan sumber informasi yang salah atau tidak benar. Penyebar propaganda ini juga akan menyebarkan informasi bohong dan akan memberi citra buruk kepada orang atau negara yang dituduh itu.


  1. Grey propaganda

Adalah sejenis propaganda yang kurang kebenarannya tentang informasi atau berita yang disebarkan, propaganda jenis ini biasanya tidak diketahui sumber yang menyebarkan informasi tersebut. Jika sesuatu informasi disebarkan, kita jarang mengetahui identitas penyebar informasi tersebut. Grey propaganda juga biasanya akan menolak sesuatu kejahatan yang dilakukan oleh penguasa.


  1. Ratio propaganda

Adalah sejenis propaganda yang bersifat positif, propaganda jenis ini lebih condong ke arah perpaduan dan mencipta nama yang baik. Selain itu juga ia mempromosikan jalinan persahabatan dan meningkatkan moral sesuatu permasalahan yang disebarkan. Baca juga : Pengertian Dasar Negara Adalah


Contoh Propaganda

  • Contoh white propaganda yaitu seperti RRI dan TVRI, kedua media tersebut dari dahulu sampai saat ini masih sering digunakan untuk alat komunikasi pemerintah untuk menyampaikan informasi tentang peraturan pemerintah pada warga negara Indonesia secara luas.
  • Contoh black propaganda yang pernah kita dengar ialah ketika itu ada seorang pembawa acara pertalisaudaraan suatu lembaga yang mengatakan bahwa pembicara yang mereka undang berhalangan hadir karena telah diculik oleh BIN atau Badan Intelegen Negara, namun tudingan tersebut tidak benar.
  • Contoh grey propaganda yang sempat kita liat ditelevisi yaitu propaganda yang dilakukan oleh partai politik yaitu partai NASDEM mengatakan bahwasanya MENDAGRI yang pada saat itu Gamawan Fauzi harus undur dari kedudukannya, karena dirasa tidak mampu menyelesaikan program E-KTP yang akibatnya sampai pada masalah DTP yang masih belum terselesaikan sampai saat ini. Namun MENDAGRI menepis dan mengatakan bahwa program E-KTP tidak ada sangkut pautnya dengan DPT.
  • Contoh ratio propaganda yang masih sangat teringat diingatan kita, yaitu pada tanggal 28 oktober yang kita peringati hari sumpah pemuda, sebagai contoh pada isi sumpah pemuda dipergunakan untuk mengingatkan dan menyatukan para pemuda di seluruh Indonesia untuk tetap bersatu demi kemajuan bangsa. Baca juga : Hak Asasi Manusia Adalah

Tujuan Propaganda

  1. Mempengaruhi Opini Publik

Propaganda tidak hanya semata-mata bertujuan untuk mengkomunikasikan kebenaran kepada masyarakat luas, namun juga kebenaran yang mempengaruhi opini publik terhadap suatu rumor tertentu. Perubahan pendapat umum itu bisa berbentuk positif bisa juga negatif.

  1. Memanipulasi Emosi

Propaganda dapat dilakukan melalui beberapa teknik melakukan kecurangan emosi, bahkan sering dilakukan dengan cara yang membahayakan. Melalui teknik propaganda para pelaku melakukan kecurangan kata, suara, simbol, pesan non verbal agar dapat membangkitkan emosi pendengar.

Baca juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Propaganda Adalah : Pengertian propaganda, Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis Propaganda, Contoh Propaganda, Tujuan Propaganda, semoga bermanfaat.