Kesimpulan Adalah

Posted on

Kesimpulan Adalah : Pengertian, contoh kesimpulan penelitian, cara membuat kesimpulan bacaan, 5 contoh kalimat kesimpulan, langkah langkah membuat kesimpulan, kesimpulan yang baik adalah memuat semua, apa isi dari kesimpulan, ciri ciri kesimpulan, contoh kesimpulan laporan praktikum, tujuan kesimpulan :Kesimpulan Adalah


Pengertian Kesimpulan

Kesimpulan adalah suatu proposisi (kalimat yang disampaikan) yang diambil dari beberapa premis (ide pemikiran) dengan aturan-aturan inferensi (yang berlaku).

Kesimpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil dari suatu pembicaraan


Contoh Kesimpulan Penelitian

Pada dasarnya penelitian dibagi menjadi dua penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Berikut adalah contoh dari kesimpulan penelitian.


Kesimpulan Laporan Penelitian

Berdasarkan hasil dari analisis matematis secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa virus Corona merupakan wabah baru yang berbahaya, karena dapat menyebabkan penyakit parah bahkan kematian pada manusia.

Virus ini pertamakali muncul di China pada Desember 2019. Munculnya virus Corona diduga berasal dari pasar seafood dan hewan liar yang terletak di Wuhan. Gejala dari virus Corona ditandai dengan flu, hidung berair, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam.

Adapun untuk mencegah terinfeksi virus Corona dapat dilakukan dengan memperhatikan hal-hal kecil seperti, mencuci tangan dengan air dan sabun, hindari kontak dengan hewan (terutama hewan liar), serta menggunakan masker saat berkaktivitas diluar ruangan.

Baca juga: Pengertian Dekonsentrasi Adalah


Cara Membuat Kesimpulan Bacaan

Terdapat cara untuk dapat membuat sebuah kesimpulan. Adapun cara untuk dapat menyimpulkan teks adalah sebagai berikut :

  1. Membaca Teks, Langkah pertama dalam membuat kesimpulan tentu saja kamu harus membaca teks asli untuk dapat mengetahui kesan umum serta maksud dari penulis atau pengarang.
  2. Menentukan Kalimat Utama, Setelah itu barulah kamu tentukan kalimat utamanya. Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung gagasan utama dari sebuah paragraf. Biasanya kalimat utama terdapat di awal atau akhir dari suatu paragraf. Dengan menentukan kalimat utama, barulah kamu dapat menyimpulkan isi dari teks tersebut.
  3. Buatlah Kesimpulan, Setelah melakukan dua hal diatas, susunlah kalimat berdasarkan dengan inti kalimat agar menjadi sebuah kesimpulan. Terdapat 3 kriteria dalam menuliskan kesimpulan.
  1. Kesimpulan berupa hasil analisis terhadap teks atau paragraf yang sudah dibaca.
  2. Sebuah Kesimpulan menggambarkan isi dan paragraf.
  3. Kesimpulan yang berisi hal-hal yang terdapat di paragraf.

5 Contoh Kalimat Kesimpulan

Berikut adalah 5 contoh kalimat kesimpulan :

  • Penggunaan teknologi informasi dimasa kini sangat dibutuhkan supaya kita bisa mengakses informasi dengan mudah, cepat, dan akurat. Maka dari itu dibuatlah aplikasi bernama CrC yang dapat memperkenalkan pariwisata di Kota Cirebon.
  • Inovasi teknologi dapat menunjang sektor pariwisata. Oleh karena itu, pembuatan aplikasi CrC akan mempermudah para wisatawan, terutama wisatawan asing untuk mendapatkan informasi mengenai pariwisata di Kota Cirebon.
  • Aplikasi CrC mendapat respon positif dari wisatawan asing karena sangat membantu mereka dalam berwisata di Kota Cirebon karena memuat informasi detail mengenai destinasi.
  • Aplikasi CrC sangat mudah digunakan, sehingga dapat digunakan oleh orang-orang yang masih awam.
  • Dengan adanya aplikasi CrC tentu memberikan beragam keuntungan bagi Kota Cirebon, oleh karena itu aplikasi CrC diharapkan bisa menjadi inovasi bagi daerah/wilayah lainnya di Indonesia.

Baca juga: Pengertian ASEAN Adalah


Langkah-langkah Membuat Kesimpulan

  1. Mendengarkan dengan seksama isi informasi yang disampaikan
  2. Menafsirkan pokok pembahasan
  3. Menyeleksi dan menentukan pokok pikiran
  4. Menulis kembali pokok pikiran dengan kalimat sendiri secara ringkas
  5. Menyampaikan kembali isi informasi yang telah ditulis secara jelas dan runtut

Kesimpulan yang baik  adalah kesimpulan yang memuat seluruh isi teks yang dibahas dengan kalimat efektif dan mudah dipahami.

Adapun isi dari kesimpulan sendiri yaitu ringkasan isi teks dengan memuat informasi secara singkat, jelas, dan padat.


Ciri-ciri Kesimpulan yang Baik

  1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar.
  2. Menggunakan bahasa yang mudah di pahami.
  3. Berisi pokok pembicaraan.
  4. Menggunakan penarikan pernyataan secara umum dari kalimat fakta sebelumnya.
  5. Membandingkan dua hal yang berbeda namun tetap memperlihatkan kesamaan pada sisi tertentu,
  6. Tidak berbelit-belit.
  7. Berupa fakta dan jelas.

Contoh Kesimpulan Laporan Praktikum

  • Kesimpulan

Dari hasil pembahasan tentang Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada PT Angin Ribut, maka diambil sebuah kesimpulan berupa :

  1. Dengan adanya sistem informasi ini, maka pihak Perusahaan dapat lebih mudah menyajikan informasi mengenai penjualan dan pengadaan barang
  2. Sistem informasi ini mempermudah penjualan dan pengadaan barang pada PT Angin Ribut, baik dalam pencarian data, proses pengadaan dan penjualan maupun dalam pembuatan laporan

Tujuan  Kesimpulan

Adapun sebuah kesimpulan dibuat dengan tujuan untuk memberikan suatu kesempatan serta informasi kepada para pembaca guna mengetahui secara cepat teatang apa hasil akhir yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan.


Baca juga:


Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Kesimpulan Adalah : Pengertian, contoh kesimpulan penelitian, cara membuat kesimpulan bacaan, 5 contoh kalimat kesimpulan, langkah langkah membuat kesimpulan, kesimpulan yang baik adalah memuat semua, apa isi dari kesimpulan, ciri ciri kesimpulan, contoh kesimpulan laporan praktikum, tujuan kesimpulan, semoga bisa bermanfaat.