Pengertian Dekonsentrasi Adalah

Posted on

Pengertian Dekonsentrasi Adalah–Pada pembahasan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Dekonsentrasi, yuk disimak ulasannya dibawah ini :

Pengertian Dekonsentrasi


Pengertian Dekonsentrasi Adalah

Dekonsentrasi adalah pelimpahan wewenang administrasi dari pemerintah pusat kepada pejabat di daerah. Perlu digaris bawahi, pelimpahan wewenang yang dimaksud adalah hanya sebatas wewenang administrasi, untuk wewenang politik tetap dipegang oleh pemerintah pusat. Bisa dikatakan dekonsentrasi adalah perpaduan antara sentralisasi dan desentralisasi.


Tujuan Dekonsentrasi

Dalam implementasi sistem dekonsentrasi, tentu ada beberapa keinginan yang harus tercapai. Perihal sama dengan gagasan dekonsentrasi, dengan beberapa keinginan dekonsentrasi ini meliputi:

1. Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pemerintah

Implementasi pemerintah ini tentunya membutuhkan tingkat efisiensi dan tingkat efektivitas yang baik. Dengan mendelegasikan kekuasaan tertentu dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah, proses penerapan pemerintah akan menjadi lebih baik.

2. Manajemen Pengembangan dan Layanan Publik

Pengembangan dan juga layanan untuk kepentingan publik sangat penting dalam administrasi pemerintahan di suatu negara. Oleh karena itu, pemerintah daerah yang diberi wewenang untuk sektor administrasi akan merasa lebih mudah untuk melaksanakan manajemen serta layanan layanan publik.

3. Menjaga Komunikasi Sosial dan Budaya

Indonesia terdiri dari berbagai kelompok etnis dengan karakteristik berbeda. Dengan penyerahan wewenang yang diberikan dari pemerintah pusat kepada pemerintahan daerah, berjalannya interaksi sosial dan budaya sosial dalam sistem administrasi negara akan dilakukan dengan baik.

4. Menjaga Harmoni Pembangunan Nasional

Pembangunan di masing-masing daerah dapat dilakukan dengan baik jika ada harmoni dan harmoni dengan pembangunan nasional yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Dengan begitu, pembangunan yang merata di setiap daerah akan dilakukan secara berkelanjutan.

5. Menjaga integritas Republik Indonesia

Pembangunan ekonomi serta infrastruktur yang merata di setiap wilayah merupakan salah satu bentuk keadilan sosial yang harus dilakukan oleh pemerintah pusat. Dengan begitu, tidak akan ada lagi kesenjangan sosial antar daerah, yang pada akhirnya akan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Indonesia.

Baca Juga : Pengertian Sentralisasi


Karakteristik Dekonsentrasi

Ada beberapa fitur khusus yang ditemukan dalam sistem dekonsentrasi. di bawah ini adalah karakteristik dekonsentrasi termasuk yang berikut:

  1. Merupakan transfer wewenang.
  2. Pendelegasian wewenang dilakukan secara vertikal, misalnya dari Presiden ke Gubernur.
  3. Partai yang didelegasikan dengan otoritas adalah perwakilan dari mereka yang memiliki wewenang sehingga mereka tidak memiliki tanggung jawab sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Dekonsentrasi

Dalam pelaksanaan dekonsentrasi ini, tentu ada dampak baik yaitu kelebihan dan kekurangan dari prinsip dekonsentrasi. Sesuai dengan definisi dekonsentrasi di atas, di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan dari konsentrasi-termasuk:

1. Kelebihan Prinsip Dekonsentrasi

  • Secara politis, dekonsentrasi ini dapat meminimalkan pengaduan di kawasan terhadap kebijakan pemerintah pusat.
  • Dekonsentrasi juga akan memungkinkan pemerintah daerah untuk berkomunikasi dengan pemerintah pusat dalam hal perencanaan dan implementasi pembangunan ekonomi.
  • Juga dimungkinkan untuk memiliki hubungan langsung antara pemerintah dan rakyat.
  • Dekonsentrasi dapat membantu mengamankan implementasi kebijakan nasional di bidang ekonomi, administrasi dan politik.
  • Dekonsentrasi ini adalah alat yang efektif untuk menjaga kesatuan dan integritas nasional. Baca Juga : Kapitalisme Adalah

2. Kurangnya Prinsip Dekonsentrasi

  • Struktur tata kelola yang tersusun membuat sosialisasi lebih sulit.
  • Kerukunan serta toleransi antara semua kepentingan suatu wilayah bisa lebih mudah terganggu
  • Menumbuhkan fanatisme di setiap wilayah.
  • Proses pengambilan keputusan membutuhkan waktu lebih lama.
  • Membutuhkan biaya yang lebih besar.

ASAS DEKONSENTRASI

Asas Dekonsentrasi adalah pendelegasian wewenang dari pemerintah pusat pada pemerintah daerah atau dari badan otonom untuk mengatur dan mengurus urusan sektor administrasi dalam sistem NKRI.


Ciri Ciri Dekonsentrasi

  1. Pelimpahan wewenang yang di limpahkan tidak menjadi urusan rumah tangga sendiri.
  2. Pemencaran yang dilakukan terjadi pada pejabat perseorangan.

Contoh Dekonsentrasi

  1. Penyelenggaraan dinas perhubungan
  2. Penyelenggaraan dinas pekerjaan umum
  3. Presiden melempahkan semua wewenang ke Gubernur untuk melaksanakan ASEAN GAMES yang akan diselenggarakan di daerahnya.
  4. Pelayanan Pajak di Kantor Pajak.

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Pengertian Dekonsentrasi Adalah, semoga bisa bermanfaat.