Kapitalisme Adalah

Posted on

Kapitalisme Adalah – Pada pembahasan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Kapitalisme, yuk disimak ulasannya dibawah ini :

Kapitalisme Adalah

Kapitalisme

Pernahkah Anda ingin tahu tentang hukum atau aturan ekonomi yang ada di suatu negara? Setiap negara di seluruh dunia harus memiliki sistem ekonomi yang berbeda. Di mana sistem ekonomi ini yang mengatur alokasi atau pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia di negara tersebut.

Menangani sumber daya alam dan sumber daya manusia mulai dari kegiatan untuk menghasilkan sesuatu hingga memasarkan barang yang diproduksi. Di mana kegiatan produksi dan penjualan dapat dilakukan oleh pemerintah negara secara langsung atau oleh rakyat sendiri. Tergantung pada jenis sistem ekonomi apa yang digunakan dan diimplementasikan oleh negara. Baca Juga : Regional Adalah

Pengertian Kapitalisme secara Umum

Apa arti kapitalisme? Kaptilasime adalah pemahaman atau ideologi di mana kebutuhan pribadi berada di atas kebutuhan umum atau publik. Atau lebih jelasnya, ideologi kapitalisme mencakup hak pribadi di atas segalanya, bahkan pemerintah tidak dapat mencampuri apa yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan aset semaksimal mungkin.

Memahami Kapitalisme Menurut Para Ahli

Adapun para ahli, gagasan kapitalisme adalah sebagai berikut:

1. Adam Smith

Menurut Adam Smith, kapitalisme adalah sistem ekonomi yang ditandai dengan kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi, distribusi, dan pemanfaatan untuk memperoleh keuntungan / keuntungan dalam kondisi persaingan.

2. Karl Marx

Menurutnya, kapitalisme adalah sistem sosial ekonomi yang dibangun untuk mencapai manfaat yang diperoleh melalui proses produksi dengan mengatur produk seminimal mungkin melalui mode produksi. Ada dua kelas, yaitu kapitalis (burjois) dan kaum buruh (proletariat).

3. Max Weber

Memahami kapitalisme menurut Weber adalah pemahaman yang mengajarkan untuk bekerja dengan tekun, menjalani kehidupan yang disiplin, dan hidup hemat sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan.

4. J.M Romein

Sementara itu, menurut Romein, pengertian kapitalisme adalah sistem ekonomi yang memiliki tujuan melakukan kegiatan produksi atas dasar menghasilkan untung / untung.

5. Ebenstein William

Mengatakan bahwa kapitalisme adalah keseluruhan sistem sosial lebih dari sekadar tipe sistem ekonomi tertentu.

6. Ir. Sukarno

Memahami kapitalisme menurut Ir. Soekarno adalah sistem sosial masyarakat yang muncul dari cara produksi yang memisahkan pekerja dari alat-alat produksi.

7. Tom G. Palmer

Sementara itu, menurut Palmer, kapitalisme adalah sistem hukum, sosial, ekonomi dan budaya yang mempromosikan persamaan hak, meritokrasi, inovasi yang terdesentralisasi dan pembelajaran melalui proses sukarela dalam mekanisme pasar.

Sejarah Singkat Kapitalisme

Pada abad ke-18 dataran Eropa diperintah oleh tiga kelompok besar yaitu raja, raja-raja Feodal, dan gereja. Gereja memainkan peran besar dalam semua aspek kehidupan, tetapi mereka tidak memiliki hak untuk menentukan jalannya kegiatan ekonomi atau politik, bahkan lebih dari semua itu. Gereja membatasi kebebasan setiap individu dalam semua aspek kehidupan, seperti pendapat yang diungkapkan. Secara umum, gereja sangat kuat di sini.

Situasi ini membuat orang merasa tersiksa dan menyebabkan pertentangan dari raja-raja tirani dan raja-raja feodal. Situasi tersebut melahirkan beberapa ideologi utama seperti Liberalisme di bidang politik dan nilai bebas di bidang sains. Revolusi industri di Inggris pada waktu itu juga membawa semangat baru yang terkait dengan kapitalisme, dan pada akhirnya ideologi kapitalisme muncul ke ranah ekonomi.

Ketika Inggris mengalami revolusi industri, ada perubahan dalam kegiatan ekonomi, yang awalnya berpola sebagai masyarakat pertanian, yang berubah menjadi masyarakat industri, dan ini membuat banyak perubahan, seperti alat-alat industri yang digunakan. Pemahaman / ideologi kapitalisme dipelopori oleh Adam Smith, yang merupakan tokoh klasik dengan nama lengkap Prof. Doctor John Adam Smith. Baca Juga : Bilateral Adalah

Tokoh Kapitalisme

  • Ebneistein & Fogelman
  • Fancois Quesnay
  • John Locke
  • Adam Smith
  • David Ricardo
  • Robert Malhus
  • Tuan Keynes
  • David Hume

Karakteristik Ideologi Kapitalisme

Ciri ideologis kapitalisme adalah sebagai berikut:

  • Pengakuan luas terhadap hak pribadi.
  • Kepemilikan alat-alat produksi ada di tangan individu.
  • Pasar memberi sinyal kepada produsen dan konsumen dalam bentuk harga.
  • Intervensi pemerintah harus sekecil mungkin.
  • Ekonomi diatur oleh mekanisme pasar.
  • Individu bebas menentukan pekerjaan / bisnis yang baik untuk diri mereka sendiri.
  • Manusia dipandang sebagai makhluk yang selalu mengejar minat.

Keuntungan dan Kelemahan Kapitalisme

Kapitalisme tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:

1. Keuntungan Kapitalisme

  • Efisien dalam memanfaatkan sumber daya dan distribusi barang.
  • Kreativitas komunitas menjadi lebih berkembang dengan kebebasan untuk melakukan yang terbaik untuk diri mereka sendiri.
  • Lebih sedikit waktu dan uang diperlukan dalam pengawasan politik dan sosial.
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi yang terdesentralisasi.
  • Individu memiliki banyak pilihan dalam bisnis.
  • Kapitalisme membentuk ekonomi di mana konsumen mengendalikan pasar

2. Kelemahan Kapitalisme

  • Tidak adanya kompetisi yang sempurna
  • Sistem harga gagal mengalokasikan sumber daya secara efisien.
  • Kapitalisme membuat ekonomi berorientasi pada uang, akan menciptakan ekonomi dengan sudut pandang materialistis.
  • Kapitalisme memicu kurangnya sumber daya alam karena kplplitas untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
  • Kapitalisme juga menyebabkan distribusi kekayaan yang tidak adil karena kekayaan dan kekuasaan hanya dikendalikan oleh segelintir orang.

Contoh Bentuk Kapitalisme

Berikut adalah contoh bentuk kapitalisme:

  1. Sebelum Jepang dipengaruhi oleh Barat, sistem politik Jepang adalah feodalisme.
  2. Sistem ekonomi Jepang saat ini sama dengan Amerika Serikat, yang merupakan sistem ekonomi campuran dengan beberapa elemen kapitalisme.
  3. Amazon menjual 87% dari semua pembelian belanja Natal yang dilakukan di Amerika selama musim liburan tahun 2017. Akibatnya, sebagian besar pengecer tingkat atas Amerika menutup toko, dan Amazon bertujuan untuk mengambil alih bisnis bahan makanan.
  4. Pada dasarnya ada sekitar enam perusahaan besar yang memiliki semua outlet berita di Amerika.
  5. Perusahaan asing dapat mendirikan pabrik di Indonesia

Kapitalisme di Indonesia

Kapitalisme yang terus berkembang di Indonesia hingga saat ini rupanya tidak lepas dari pengaruh kolonialisme Belanda, lho. Anda tentu masih ingat validitas sistem penanaman paksa VOC, kan? Peristiwa itu menjadi akar kapitalisme di Indonesia. Kekejaman sistem penanaman paksa oleh Belanda menjadi bentuk nyata kapitalisme, di mana Belanda memeras kekayaan pribumi untuk memenuhi kepentingan pemerintah mereka sendiri. Setelah sistem penanaman paksa menghilang dan Indonesia merdeka, kapitalisme di Indonesia berkembang dengan bentuk imperialisme baru. Baca Juga : Konstitusi Adalah

Selama Orde Baru, modal asing mulai masuk ke Indonesia dan kesenjangan antara orang-orang yang memiliki modal dan tidak memiliki modal bahkan lebih terlihat.Sayangnya, sampai sekarang sistem kapitalisme masih berkembang di Indonesia. Kita bisa melihat di mana kekayaan sumber daya Indonesia masih dieksploitasi oleh negara lain. Meski begitu, kita juga bisa melihat upaya Pemerintah Indonesia untuk mencegah hal ini terus terjadi, dapat dilihat dari kasus Freeport di Papua yang pada akhirnya 51% saham dapat dikontrol oleh Indonesia.

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Kapitalisme, semoga bisa bermanfaat.