Pengertian Dasar Negara Adalah

Posted on

Pengertian Dasar Negara Adalah: Menurut Para Ahli, Manfaat, Kedudukan Pancasila:
Pengertian Dasar Negara Adalah


Pengertian Dasar Negara

Dasar negara yaitu berasal dari bahasa Belanda yakni Philosophische Grondslag yang memiliki arti philosophische adalah filsafat, grands adalah dasar dan lag adalah norma, yang jika digabungkan menjadi norma dasar filsafat.

Adapun dasar negara yang berasal dari bahasa jerman yakni Weltanschauung yang berarti welt adalah dunia dan anshcauung adalah pandangan mendasar, maka jika digabungkan menjadi pandangan mendasar dunia.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa dasar negara merupaka suatu pedoman dalam mengawasi kehidupan penyelenggaraan negara yang meliputi berbagai bagian kehidupan.

Baca juga : Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan


Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

  1. George Jellinek

Dasar negara yaitu sebuah organisasi dengan kekuasaan suatu golongan orang yang bertempat di suatu area tertentu.


  1. J. Rousseau

Dasar negara adalah suatu alat yang mempunyai fungsi dalam menjaga kemerdekaan setiap individu dan ketertiban hidup masyarakat negaranya.


  1. Robert M. Mac. Iver

Dasar negara merupakan bentuk asosiasi yang mempunyai peran dalam melindungi atau menjaga ketertiban bermasyarakat sesuai dengan sistem hukum yang berlaku dan dijalankan pemerintah yang berkuasa memberi tekanan maupun memaksa.

Baca juga : Nilai Nilai Dasar Pancasila


Manfaat Dasar Negara

  1. Sebagai pedoman hidup serta pandangan dari seluruh masyarakat yang berada dalam suatu Negara. Karena dengan menunjuk pada dasar-dasar Negara maka masyarakat mampu hidup dengan baik dan bisa memahami norma-norma dalam setiap Negara yang ditinggali.
  2. Dengan munculnya dasar Negara maka tentu masyarakat semua yang tinggal akan mempunyai tujuan yang lebih jelas dan nyata dalam suatu Negara. Hal tersebut dikarnakan mempunyai tujuan yang jelas dapat mewujudkan masyarakat adil dan makmur.
  3. Sebagai landasan idiil bagi suatu Negara dalam arti menjadi cerminan untuk masyarakat supaya dapat menganut dan juga memahami tentang Negara yang akan menjadi tempat tinggalnya. Artinya adalah terciptanya keseimbangan, keselarasan, keserasian, persatuan dan kesatuan yang bisa menjadi pengikat para penyelenggara Negara, para pemimpin rakyat dan semua rakyat Negara.
  4. Dapat melahirkan sebuah kepribadian dan jiwa dari bangsa Negara. Bangsa akan menyadari, jika bumi, air, udara diatasnya serta kekayaan alam denga isinya dikuasai Negara dan akan dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat. Oleh karena itu bangsa menggunakan seluruh kekayaan alam dan sumber daya juga semua daya nasional dijaga secara terpadu, seimbang, serasi, dan selaras untuk mewujudkan keamanan dan kesejahteraan segenap bangsa dalam keadilan.
  5. Dasar Negara dapat memberikan arah dan tujuan supaya angan-angan bangsa dapat teraih dengan baik dan setinggi-tingginya sehingga menjadi salah satu alat yang mempersatu bangsa itu sendiri. Karena rakyat sendirilah yang menjadi penentu persatuan dan kesatuan suatu bangsa, dimana jika mereka dapat menyatu menjadi satu maka bangsa akan sejahtera, aman dan tentram.

Baca juga : Hak dan Kewajiban Warga Negara : Contoh, Makna


Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Di Indonesia, dasar negara indonesia adalah Pancasila yang memiliki lima elemen dasar yang menjadi karakter dan kepribadian utama bangsa Indonesia dan juga merupakan ideologi nasional.

Lahirnya sebuah dasar negara tidak muncul begitu saja. Karena berasal dari hasil pemikiran yang sangat mendalam dengan begitu banyak pengalaman-pengalaman yang sesuai dengan kondisi:

  1. Kebangsaan,
  2. Kemasyarakatan,
  3. Kebudayaan dan
  4. Keagamaan dengan memiliki kesadaran yang menyeluruh atau global.

Sehingga hal inilah yang menjadi dasar untuk merumuskan dasar negara, dan jika kita perhatikan seperti apa makna pancasila.

Ternyata para pendiri bangsa Indonesia merumuskan Pancasila sebagai dasar negara dengan berasal dari cara pandang dan kaidah yang menyeluruh.

Dengan menyangkup seluruh unsur dalam rakyat dengan tidak membeda-bedakan yang satu dengan yang lainnya untuk mencapai angan-angan kebangsaan dengan menjadikan dasar negara supaya tercipta masyarakat yang adil dan makmur.

Pancasila adalah ideologi kebangsaan yang dicari dan dirumuskan yang lahir ditengah-tengah rakyat Indonesia sehingga tak sulit untuk menggabungkan setiap unsur yang ada dimasyarakat karena ternyata masyarakat sendiri yang ingin menyatukan sendiri dibawah bendera Pancasila untuk dijadikan panduan dan pegangan supaya tercapai persatuan dan kesatuan dalam bernegara.

Baca juga : Pancasila Sebagai Ideologi Negara


Akibat Tidak Memiliki Dasar Negara

Dasar Negara yaitu salah satu hal yang sangat penting setelah berdirinya suatu negara. Karena jika Negara tidak memiliki dasar maka mereka tidak mempunyai panduan yang jelas dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sehingga tujuan yang akan dicapai juga menjadi tidak jelas. Oleh sebab itu maka akan mudah terjadi kekacauan dalam negara yang tidak memiliki Dasar Negara.


Pentingnya Dasar Negara Bagi Suatu Negara

Dalam suatu negara, dasar negara mempunyai peran penting karena negara yang tidak memiliki dasar negara.

Maka tidak akan mempunyai sebuah panduan dalam menjalankan kehidupan bernegara. Sehingga berakibat ketidak jelasan arah dan tujuan yang dimiliki oleh negara tersebut.

Dan bisa menimbulkan kekacauan dengan mudah. Oleh sebab itulah, sangat dibutuhkan dasar negara supaya dapat menjadi sebuah panduan hidup dalam menjalankan negara. Yang meliputi seperti apa angan-angan negara, untuk apa negara ini dan norma-norma dalam bernegara.

Baca juga : Nilai-Nilai Pancasila Sesuai Dengan Perkembangan Zaman


Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Adapun beberapa fungsi dari pancasila sebagai dasar negara, yaitu diantaranya :

  1. Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa.
  2. Pancasila sebagai jiwa bangsa.
  3. Fungsi Pancasila sebagai kepribadian bangsa.
  4. Pancasila sebagai sumber hukum.
  5. Pancasila sebagai cita-cita bangsa.

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Makna Pancasila sebagai dasar negara adalah bahwa Pancasila merupakan landasan, acuan, panduan juga pedoman resmi dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam pengertian ini, Pancasila diposisikan sebagai sumber dari segala sumber hukum, sumber nilai, sumber moral dan lain sebagainya.

Pancasila sebagai dasar negara disebutkan dalam Undang-undang Dasar Tahun 1945 tepatnya pada alinea keempat.

Pada UUD ini ditegaskan bahwa Indonesia dengan bentuk negara republik yang berkedaulatan rakyat didasarkan pada lima sila pancasila.

Pancasila sendiri terdiri atas lima sila yang masing-masing silanya mengandung nilai luhur yang digali dari kebudayaan Indonesia sendiri.

Kebudayaan ini sudah berlangsung sekian ratus tahun lamanya dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kepribadian bangsa Indonesia. Pancasila sendiri secara harfiah artinya adalah lima (panca) prinsip (sila).


Dasar Negara Indonesia Adalah

Dasar negara indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945.

  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Pengertian Dasar Negara Adalah: Menurut Para Ahli, Manfaat, Kedudukan Pancasila, Akibat Tidak Memiliki, Pentingnya Bagi Suatu Negar, Fungsi, Makna, semoga bisa bermanfaat. Pengertian Dasar Negara Adalah