Kompensasi Adalah

Diposting pada
Rate this post

Kompensasi Adalah : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Kompensasi Adalah, yuk simak dibawah ini:


Kompensasi Adalah


Kompensasi merupakan salah satu hal yang biasa dihadapi perusahaan di kalangan karyawan. Faktanya, Kompensasi dan Imbalan hampir sama, tetapi Kompensasi lebih pada gaji dan tunjangan tambahan.

Kompensasi perusahaan sendiri terkait dengan Kompensasi karyawan yang mendukung perkembangan perusahaan secara keseluruhan.

Di banyak situs pencari kerja, perekrut pemberi kerja memiliki banyak informasi untuk diberikan kepada calon pekerja.

Hal lain selain kompensasi, seperti keanggotaan gym, parkir gratis atau asuransi kesehatan, juga dapat dimasukkan dalam kompensasi.

Bagi pencari kerja berkualitas yang rela bersaing untuk mendapatkan pekerjaan, Kompensasi semacam ini sendiri menjadi daya tarik tersendiri.

Kompensasi Adalah


Pengertian Kompensasi pada Perusahaan

Kompensasi itu sendiri dapat didefinisikan sebagai segala bentuk dalam bentuk barang dan non-barang yang disediakan oleh suatu organisasi atau badan usaha kepada anggota dan karyawannya.

Definisi Kompensasi lainnya adalah total manfaat yang diterima pekerja setelah melakukan pekerjaan yang dirancang untuk mendorong perkembangan perusahaan secara keseluruhan.

Kompensasi tidak hanya berupa uang atau bawang, tetapi juga dalam bentuk aset tidak berwujud, seperti paket liburan atau liburan ekstra.

Biasanya, Kompensasi dapat menunjukkan bahwa seseorang sedang bekerja keras untuk mengembangkan usahanya.

Ini pula bisa jadi wadah buat menyemangati karyawan buat semakin kerja keras, loyalitas serta ide buat kpentingan perusahaan.

Awal dari kmpensasi komersial mrupakan pnghargaan serta hukuman, yang mmungkinkan seseorang buat mengembangkan dirinya lebih jauuh.

Terdapatnya sistem kompensasi dapat memberikan rasa keadilan bagi setiap pekerja di perusahaan. Misalnya, ketika seorang karyawan bekerja lebih keras daripada karyawan lain, Kompensasi membuatnya merasa adil.

Kompensasi membuktikan bahwa perusahaan peduli dengan kinerja setiap karyawan dan berharap memberi mereka penghargaan.

Bentuk-bentuk Kompensasi Perusahaan

Perusahaan biasanya memberikan berbagai kompensasi kepada karyawannya berdasarkan proses bisnis yang mereka lakukan.

Itu bukan hanya bahan alami, tetapi juga dalam bentuk tunjangan. Secara umum ada empat jenis kompensasi, yaitu:

Upah atau Gaji

Dalam sistem upah, beberapa perusahaan biasanya menggunakan sistem pembayaran per jam. Artinya, pekerja yang bekerja dengan jam kerja yang panjang akan mendapatkan Kompensasi yang lebih tinggi.

Sistem pengupahan biasanya berlaku bagi buruh atau pekerja yang membuat dan memelihara mesin. Sistem pengupahan biasanya dihitung secara bulanan atau mingguan.

Insentif

Pekerja biasanya menerima pembayaran melebihi Kompensasi atau kompensasi yang ditentukan. Insentif ini biasanya untuk membuat kompensasi yang diperoleh menjadi lebih tinggi.

Insentif ini dapat diperoleh melalui berbagai faktor, seperti penjualan yang melebihi target atau keuntungan berlebih. Itu juga bisa didapat dari peningkatan produktivitas.

Tunjangan

Bentuk kompensasi perusahaan berbeda dengan jenis uang lainnya yaitu tunjangan. Manfaat yang biasa diberikan adalah asuransi berupa asuransi kesehatan, asuransi keselamatan pekerja atau asuransi jiwa.

Selain itu, tunjangan juga dapat berupa liburan perusahaan dan program pensiun terkait ketenagakerjaan.

Fasilitas

Kompensasi lain bisa dalam bentuk natura, atau bisa disebut tunjangan bagi pekerja. Fasilitas yang dimaksud bisa berupa mobil dinas perusahaan, tempat parkir khusus atau keanggotaan klub olahraga.

Kompensasi ini biasanya disesuaikan dengan kemampuan perusahaan dalam menyediakan fasilitas dan posisi pekerja.


Tujuan Kompensasi dari Perusahaan untuk Karyawan

Selain efek positif yng dibawa oleh prusahaan, pastinya perusahaan mempunyai maksud buat mengalokasikan Kompensasi untuk para karyawannya. Apa tujuan ini?

Mempertahankan karyawan yang unggul

Tujuan pertama ialah memprtahankan karyawan yang dipercaya memiliki potensi serta melengkapi syarat buar terus bekerja. Ini pula berfungsi buat mencegah tingkat keluar masuk karyawan yang tinggi.

Mendapatkan Karyawan yang Berkualitas

Salah satu cara suatu perusahaan atau organisasi untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas atau calon pelamar adalah dengan memberikan tingkat Kompensasi yang cukup kompetitif dibandingkan dengan perusahaan / organisasi lain.

Menjamin Adanya Keadilan dalam Perusahaan

Tujuan lainnya adalah menerapkan keadilan pada hubungan antara manajemen dan karyawan. Ini juga bertujuan untuk memberi penghargaan atas apa yang dilakukan organisasi untuk karyawannya atau perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan sangat perlu mempertimbangkan kewajaran dalam pemberian Kompensasi, bonus, dan langkah-langkah insentif.

Mengefisiensi Biaya

Tujuannya adalah apakah perusahaan meenyusun atau menerapkan wacana kompensasi yang normal, karena ingin menolong perusahaan ataupun organisasi memperoleh dan memelihara sumber daya manusia pada tingkat biaya yang wajar.

Melalui upah kompetitif, insentif, bonus, dll., Perusahaan akan mendapatkan keseimbangan dengan terus meningkatkan etika profesional karyawan.

Memenuhi Administrasi Legalitas

Dalam mengelola kompensasi yang harus dimiliki setiap perusahaan, terdapat pula batasan hukum yang diberlakukan oleh undang-undang.

Oleh karena itu, pengelolaan administrasi perusahaan juga ditujukan untuk mencapai pengelolaan legalitas.

Memicu Adanya Perubahan Perilaku dan Sikap yang Semakin Baik

Tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dengan memberikan Kompensasi yang wajar dan adil kepada karyawan adalah agar karyawan memiliki sikap dan perilaku yang baik, sehingga dapat memperoleh manfaat dan mempengaruhi efisiensi kerja.

Dengan mendapatkan penghargaan di perusahaan / organisasi yang efektif, kerja yang baik, loyalitas, pengalaman, rasa tanggung jawab dan perilaku lainnya dapat ditingkatkan.


Jenis-Jenisnya

Ada beberapa jenis kompensasi yang diberi untuk kepada karyawan atau anggota dalam suatu perusahaan atau organisasi. Berikut ini adalah jenis-jenis kompensasi yang diberi untuk kepada karyawan:

Kompensasi langsung

Kompensasi langsung adalah berbagai penghargaan dalam bentuk uang, seperti upah, berbagai manfaat, THR, insentif, komisi, bonus, pembayaran kinerja, bagi hasil perusahaan, dan opsi saham.

Selain itu, semua pendapatan yang ditambahkan ke total pendapatan tahunan karyawan dikenakan pajak penghasilan.

Kompensasi tidak langsung

Jenis ini juga merupakan bentuk uang perusahaan, tetapi tidak langsung kepada karyawan, tetapi melalui pihak ketiga.

Misalnya, perusahaan dapat memasukkan karyawannya dalam rencana perlindungan kesehatan dan sosial.

Oleh karena itu, perusahaan membayar asuransi yang diberikan perusahaan kepada karyawannya, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi ketenagakerjaan, agar karyawan dapat menikmati manfaat dari program-program tersebut.

Selain itu juga menyediakan fasilitas seperti mobil dinas, akses internet, surat kepercayaan, keanggotaan klub dan lainnya.

Kompensasi non-finansial

Kompensasi semacam ini tidak ada hubungannya dengan uang, tetapi dapat memberi karyawan kompensasi bernilai positif dan berharga.

Misalnya, perusahaan mengadakan pelatihan kterampilan untuk para karyawan, tempat kerja yang memberikan rasa nyaman, pngawasan profesional serta terampil, tim kerja yang solid dan kuat, jalur karier yang jelas, lebih banyak liburan, jam kerja yang fleksibel, dan penghargaan atas kinerja karyawan.

Selain itu, reputasi perusahaan dapat dijadikan sebagai kompensasi non finansial bagi karyawan. Hal ini dikarenakan reputasi perusahaan dapat meningkatkan kredibilitas individu itu sendiri.


Kriteria sukses Kompensasi

Singkatnya, perusahaan harus dapat mengukur keberhasilan sistem kompensasinya. Terdapat beberapa kriteria yang dapat menunjukkan keberhasilan sistem kompensasi perusahaan, yaitu:

  • Perusahaan berhasil mempertahankan karyawan yang sangat baik
  • Dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan secepatnya
  • Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan setempat
  • Meningkatkan moral dan disiplin karyawan.

Dapat disimpulkan bahwa kompensasi karyawan tidak hanya berdampak positif bagi karyawan, tetapi juga berdampak positif bagi perusahaan.

Hal-hal seperti mempertahankan karyawan yang berkinerja tinggi dan meningkatkan semangat kerja karyawan dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Kompensasi Adalah, semoga bisa bermanfaat.