Pengertian Globalisasi Adalah

Posted on

Globalisasi Adalah– Pada pembahasan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Globalisasi, yuk disimak ulasannya dibawah ini :

Globalisasi : pengertian Globalisasi

Globalisasi

Kecanggihan informasi dan teknologi membuat perubahan yang sangat besar bagi umat manusia. Ini membuat manusia memasuki era globalisasi.

Globalisasi itu sendiri tidak asing karena sering terdengar ditelinga masyarakat, tapi, kebanyakan orang belum mengerti gagasan globalisasi itu sendiri. Karena alasan ini, berikut ini adalah ikhtisar tentang arti globalisasi dan dampak yang mempengaruhinya. Baca Juga : Ancaman Non Militer

Apa itu Globalisasi?

Globalisasi adalah proses dunia yang menyebabkan batas antar negara menghilang. Globalisasi didukung oleh berbagai faktor, seperti perkembangan teknologi, transportasi, sains, telekomunikasi, dan sebagainya yang kemudian mempengaruhi perubahan dalam berbagai aspek kehidupan di masyarakat.

Misalnya, dalam aspek ekonomi, globalisasi telah mengarah pada pembentukan pasar bebas yang membuat perdagangan antar negara lebih bebas. Baca Juga : Organisasi Sosial : Pengertian Organisasi Sosial

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Globalisasi

Berikut ini adalah pendorong proses globalisasi:

  • Perkembangan teknologi informasi dan transportasi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan transportasi membuat kegiatan perdagangan antar negara lebih mudah. Sekarang kita bisa berurusan dengan pembeli / penjual di negara lain tanpa tatap muka via e-commerce.
  • Peningkatan kerjasama internasional. Kerjasama internasional memfasilitasi transaksi antar negara, yang kemudian meningkatkan jumlah produk yang berasal dari luar negeri dan sebaliknya. Proses globalisasi terus terjadi selama perdagangan internasional ini.
  • Kemudahan Transportasi. Pengiriman barang dan jasa antar negara menjadi lebih mudah sehingga banyak produk asing masuk dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tidak jarang produk-produk asing ini diadaptasi oleh masyarakat setempat, menghasilkan perpaduan budaya.
  • Ekonomi Terbuka. Perdagangan global sedang terjadi sekarang karena negara-negara di dunia semakin terbuka satu sama lain sehingga ada pertukaran produk dari satu negara ke negara lain. Produk ini sendiri tidak terlepas dari unsur dan budaya negara asal, yang kemudian dapat mempengaruhi negara lain. Contohnya produk kecantikan Korea yang mengandung bahan-bahan yang tidak umum ditemukan di Indonesia, tetapi karena kepopuleran produk kecantikan ini membuat asumsi bahwa “kecantikan gaya Korea” banyak diadaptasi oleh produk lokal.

Dampak Globalisasi

Globalisasi memiliki dampak positif dan negatif pada kehidupan manusia, termasuk yang berikut:

Dampak positif

  • Komunitas antar negara dapat berinteraksi lebih mudah dengan kemajuan teknologi.
  • Peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata internasional di luar negeri karena kemajuan transportasi.
  • Perkembangan sains yang pesat.
  • Penyebaran informasi yang tidak dibatasi oleh jarak antar negara.
  • Membangun hubungan internasional yang lebih baik antar negara.

Dampak negatif

  • Memudarnya nilai-nilai budaya asli masyarakat karena mulai menyatu dengan budaya asing dari luar.
  • Nilai-nilai kehidupan orang-orang dari luar negeri datang seperti konsumerisme dan hedonisme.
  • Dimasukkannya gaya hidup yang berbeda dengan gaya hidup masyarakat setempat, terutama gaya hidup negara-negara Barat.
  • Kehidupan pertanian ditinggalkan karena masyarakat agraris yang telah berubah menjadi masyarakat industri.
  • Kerusakan lingkungan dan peningkatan polusi udara

Alasan globalisasi tidak bisa dihindari

Globalisasi tidak dapat dihindari karena kehidupan terus tumbuh dan tidak mungkin untuk tetap diam, dan mau tidak mau menghasilkan pengaruh / perubahan. Mau tidak mau, Globalisasi akan terus berkembang mengikuti Zaman. Baca Juga : Otonomi Daerah : Pengertian Otonomi Daerah

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Globalisasi Adalah, semoga bisa bermanfaat.