Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 211

Posted on

Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 211 : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 211, yuk simak dibawah ini :

Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 211


Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 211


Pulau Nipah, Kepulauan Riau
Negara yang terdiri dari ribuan pulau kecil sepanjang Sabang hingga Merauke ini membutuhkan perhatian dan fokus ekstra dari warga negaranya.

Telah banyak kasus yang timbul akibat lengahnya warga negara dan pemerintah Indonesia, seperti kasus Ambalat, Sipadan dan Ligitan, dan belakangan ini juga timbul kasus pada pulau Nipah.

Pulau kecil yang berada di bagian Kepulauan Riau ini berfungsi sebagai wilayah pembatas antara Indonesia dan Singapura.

Pada mulanya di tahun 1970-an sedikit demi sedikit pasir laut yang ada di pulau ini dikeruk oleh warga Indonesia sendiri untuk diekspor ke Singapura.

Dengan perahu-perahu tongkang yang bermuatan besar, pasir pulau Nipah di kirim ke Singapura tanpa adanya perawatan dan pencegahan yang serius mengenai dampak yang terjadi.

Warga pesisir kepualauan Riau yang bekerja sebagai nelayan dan yang menjadikan pulau ini sebagai sumber penghasilan mulai merasa resah dengan kerusakan yang ditimbulkan dari eksploitasi tersebut.

Bayangkan saja, sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni ini memiliki biota laut yang beragam, yang ekosistemnya terjaga dengan baik oleh alam, dan terumbu karang yang masih asli, tiba-tiba diganggu oleh datangnya perahu-perahu besar dengan pengerukan yang dilakukannya.

Betapa ikan-ikan yang merupakan sumber penghasilan nelayan ini terusik, dengan berkurangnya pitoplankton dan zooplankton yang merupakan sumber makanan mereka.

Akibat lain yang muncul adalah hancurnya terumbu karang dan keruhnya air laut. Hal tersebut berdampak serius bagi kelangsungan ikan-ikan, tumbuhan, dan kehidupan lain yang ada di bawah laut sekitar Nipah.

Masalah yang timbul adalah merosotnya penghasilan warga sekitar dan menurunnya kesejahteraan rakyat sekitar pulau Nipah.
Sumber: www.jakartagreater.com


Bersumber pada cerita diatas, bila dilihat dari geopolitik serta hukum internasional, jawablah soal-soal berikut!

1. Apa yang salah terhadap pertahanan serta keamanan Indonesia sehingga perihal ini terus berulang? Apalagi bukan cuma Nipah, ada permasalahan Ambalat, Sipadan, serta Ligitan, juga daerah lain yang jadi daerah persengketaan dengan negara tetangga.

2. Usaha apa yang perlu dilakukan untuk melindungi keutuhan nusantara?

3. Apa realisasi nyata atas komitmen kamu sebagai pelajar serta masyarakat Negara secara umum untuk melindungi keutuhan nasional sebagai wujud pemahaman berbangsa serta bernegara?


Jawaban:

1. Pendapat Saya, permasalahan blok Ambalat, pulau Sipadan serta Ligitan, dan yang terakhir pulau Nipah ini merupakan permasalahan yang berbeda tetapi memanglah merujuk pada satu perkara.

Ialah Negara kita, Indonesia sebagai Negara kepulauan ataupun Negara maritim kurang mengelola wilayah laut termasuk seluruh pulau-pulau terluar, sehingga muncullah klaim-klaim dari Negara lain.

Sepatutnya Negara kita terus berupaya melindungi kekayaan serta berkonsentrasi untuk memelihara seluruh pulau tersebut.

Supaya tidak ada peluang lagi untuk Negara lain memiliki ataupun mengambil keuntungan yang tidak dibenarkan secara hukum serta bisa merugikan kita sebagai Bangsa Indonesia.

2. Usaha yang perlu dilakukan untuk melindungi keutuhan nusantara merupakan awal kita perlu mengerti akan kosep pengetahuan nusantara.

Setelah itu apapun yang terjadi, isu apapun yang ada ditengah masyarakat kita, kita tidak boleh lupa akan ideologi bangsa kita.

Pandangan hidup perlu diaktualisasikan dalam bidang kenegaraan oleh Masyarakat Negara Indonesia.

Sebab ideologi Pancasila mengakui keanekaragaman dalam hidup berbangsa serta dijadikan perlengkapan untuk mensejahterakan serta mempersatukan masyarakat.

3. Realisasi kami sebagai pelajar serta pula masyarakat Negara ialah mempelajari serta pengetahuan nusantara yang mana sebagai visi bangsa.

Setelah itu menunjang persatuan bangsa, berkemanusiaan yang adil serta beradab, mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan orang ataupun kelompok.

Menunjang upaya untuk mewujudkan suatu keadilan social dalam masyarakat, memiliki pengetahuan pemahaman berbangsa serta bernegara.

Untuk membela Negaara yang dilandasi oleh rasa cinta tanah air, serta lainnya kamu dapat baca di (halaman 223).

Baca Juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 211, semoga bisa bermanfaat.