Contoh Kata Pengantar

Posted on

Contoh Kata Pengantar : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Contoh Kata Pengantar, yuk simak dibawah ini:


Contoh Kata Pengantar


Pendahuluan adalah salah satu elemen yang mau tidak mau dimasukkan ke dalam makalah. Di sini, kami akan membagikan cara menulis dan contoh makalah pengantar yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Definisi kata pengantar

Kata pengantar merupakan ungkapan pengarang, dan tersusun dari rasa syukur, maksud dan kepentingan sebagai latar belakang kata pengantar.

Penulis juga dapat mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu. Kata Pengantar juga berisi harapan penulis atas kritik dan sarannya untuk perbaikan pekerjaan yang dikerjakan oleh karya selanjutnya.

Kata pengantar biasanya muncul di halaman pertama makalah atau skripsi. Kata pengantar yang ditempatkan di kertas atau halaman pertama kertas memiliki tujuan tertentu.

Tujuannya untuk memberi pembaca pengetahuan tentang banyak hal yang dialami penulis dalam menyelesaikan karyanya.

Ini juga memberi tahu pembaca bahwa penulis telah memberikan banyak kontribusi saat menulis atau menulis makalah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata pengantar terdiri dari dua kata dasar, yaitu kata dan kata pengantar atau antara.

Pengantar adalah kata benda atau sejenis kata benda yang artinya pengawas. Pengirim memberikan alat; dan gambaran singkat sebagai pengantar.

Oleh karena itu, menurut KBBI kata pengantar merupakan pengantar singkat dan jelas atau pandangan umum dari karangan atau karya tulis.

Contoh Kata Pengantar


Fungsi Kata pengantar

Kata pengantar digunakan untuk memandu pembaca membaca isi atau deskripsi yang terdapat dalam makalah atau karya tulis.

Dengan cara demikian, kata pengantar tidak hanya mencakup berterima kasih kepada Tuhan dan orang-orang yang telah membantu penulis dalam menulis makalah, tetapi juga meminta maaf atau kelemahan dari makalah yang ditulis tersebut.

Kata pengantar juga merangkum konten yang dibahas dalam artikel ini. Padahal, kata pengantar juga berisi petunjuk untuk mendorong orang lain membaca makalah atau makalah kita.

Struktur Kata Pengantar

Pembukaan

Di awal kata pengantar, paragraf pertama dan kedua berisi ucapan terima kasih penulis atas selesainya makalah atau penulis telah menyelesaikan skripsi.

Awal kata pengantar sering kali puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian puji syukur kepada orang-orang yang telah berpartisipasi atau mendukung penulisan makalah atau makalah agar masalah tersebut dapat diselesaikan.

Isi

Isi kata pengantar menguraikan sifat makalah atau skripsi yang ditulis oleh penulis.

Biasanya yang pertama mencantumkan judul makalah, kemudian penjelasan pembahasan dan cara penulis menulis pertanyaan atau substansi pembahasan di makalah.

Pada bagian konten, tuliskan konten dengan singkat, ringkas, dan jelas sehingga pembaca dapat membaca seluruh makalah dengan rasa ingin tahu dan mendapatkan pemahaman terbesar darinya.

Penutupan

Jika ada kesalahan penulisan, seperti judul, nama atau isi makalah, bagian penutup biasanya merupakan kalimat permintaan maaf penulis.


Contoh Kata Pengantar Makalah

Memuji kehadiran Tuhan Yang Maha Esa memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan artikel ini.

Dengan rahmat dan bimbingannya, penulis dapat menyelesaikan makalah berjudul [Judul Skripsi] tepat waktu.

Skripsi [judul skripsi] siap mengemban tanggung jawab [dosen/guru] di [nama sekolah/kampus] di [bidang penelitian/mata pelajaran].

Selain itu, penulis juga berharap agar artikel ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih banyak kepada pembaca tentang [topik skripsi].

Penulis sangat berterima kasih kepada [Bapak / Ibu] karena telah menjadi [guru tema/dosen tema].

Melakukan tugas ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan bidang penulis.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan artikel ini.

Penulis menyadari bahwa artikel ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu penulis akan menerima kritik dan saran yang membangun untuk memperbaiki artikel ini.

[Tempat dan tanggal pembuatan kertas]

Nama penulis


Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirrahmanirohim

Puji penulis dan doakan kepada Allah SWT, Tuhan dunia. Dengan izin dan rahmatnya, kami dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu tanpa melewatkan apapun.

Jangan lupa juga untuk menyampaikan doa dan salam kepada pemilik Rasulullah Muhammad SAW. Semoga doa syafaat mengalir kepada kita di hari-hari terakhir.

Penulisan karangan berjudul “Analisis Hukum Tajiwid Tariq Surat” bertujuan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah pendidikan agama Islam.

Artikel ini memperkenalkan surat dari At Tariq beserta terjemahan dan artinya. Selain itu, surat tersebut juga mengulas cara membaca.

Dalam proses penyusunan dokumen, penulis mendapat banyak bantuan dan bimbingan. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih:

1. Nyonya Della. Sri Yani Mujahadah berperan sebagai pengajar mata kuliah pendidikan agama Islam
2. Ustad Afuan Mafu sebagai pembimbing
3. Kedua orang tua memberikan dukungan
4. Pihak-pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu

Akhirnya penulis menyadari bahwa artikel ini jauh dari kata sempurna. Penulis berharap agar pembaca bersedia memberikan tanggapan berupa kritik dan saran. Semoga artikel ini dapat membawa manfaat bagi semua pihak. Ami

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Malang, 4 April 2020

Penulis


Contoh laporan praktik kerja

Kata pengantar

Semua orang menyampaikan penghargaan dan puji-pujian atas keberadaan Allah SWT, dan Allah SWT memberikan rahmat dan petunjuk kepada kita semua.

Dengan cara ini, kompilator dapat menghasilkan laporan, dan kompilator juga menyadari bahwa PRAKERIN masih memiliki banyak kekurangan.

Namun, penyusun telah berusaha sebaik mungkin untuk menyempurnakan laporan berupa artikel ini.

Laporan tersebut didasarkan pada hasil kegiatan pengajaran sekolah dan kegiatan kerja aktual di industri.

Guna menyempurnakan penyusunan laporan selanjutnya, penyusun berharap dapat memberikan saran dan kritik yang membangun.

Pada momen membahagiakan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan “Laporan Praktik Kerja Industri”, diantaranya:

Yasin, M.Pd., selaku ketua SMA NU Semarang
Ibu SEDA Ida, selaku kepala perencanaan pengelolaan kantor
Bapak S.A. M.M. H. Asduli, menjabat sebagai General Manager Dinas Pendidikan Kota Semarang
Soh. Pak Zuhdi Arimbi, sebagai konsultan badan tersebut
Kepala Sekolah Abadi Hariesok (Abadi Hariesok), Kepala Sekolah
teman sekelas

Akhir kata penulis berharap semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca, dan juga dapat memberikan bantuan untuk kemajuan dan perkembangan SMK NU Semarang.

Oleh karena itu, pada akhirnya penyusun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan kembali, dan semoga Allah SWT membalas kebaikan semua pihak yaitu Amin ya rabbal alamin.

Semarang, 11 September 2018.

penerjemah

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Contoh Kata Pengantar, semoga bisa bermanfaat.