Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Posted on

Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan, yuk simak dibawah ini:


Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan


Setiap kali kita mendengar kata kewarganegaraan, secara tidak langsung otak merespon serta mengaitkan kewarganegaraan dengan pelajaran kewarganegaraan pada saat sekolah, serta mata kuliah kewarganegaraan pada saat kita kuliah.

Dapat jadi kata kewarganegaraan di dalam memori otak tersimpan kuat sebab tiap tahun dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas terdapat pelajaran kewarganegaraan yang wajib dipelajari, serta nyatanya saat kuliah pula ada.

Serta di dalam bangku perkuliahan kita hendak mempelajari lebih dalam seberapa pentingnya pembelajaran kewarganegaraan untuk kehidupan berbangsa serta bernegara.

Tujuan Pembelajaran Kewarganegaraan merupakan mewujudkan masyarakat negarasdara bela negara berlandaskan penjelasan politik kebangsaan, serta kepekaan meningkatkan jati diri serta moral bangsa dalam perikehidupan bangsa.

Pembelajaran kewarganegaraan sangat penting. Dalam konteks Indonesia, pembelajaran kewarganegaraan itu berisi antara lain mengenai pruralisme ialah perilaku menghargai keragaman, pendidikan kolaboratif, serta kreatifitas.

Pembelajaran itu mengarahkan nilai-nilai kewarganegaraan dalam kerangka identitas diri nasional.

Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan


Penagertian Pembelajaran Kewarganegaraan

Pembelajaran kewarganegaraan sejatinya merupakan suatu wujud pembelajaran buat generasi penerus yang bertujuan supaya mereka jadi masyarakat negara yang berpikir tajam serta sadar mengenai hak serta kewajibannya dalam hidup bermasyarakat serta bernegara.

Tidak hanya itu, pembelajaran ini pula bertujuan buat membangun kesiapan segala masyarakat negara supaya jadi masyarakat dunia (global society) yang pintar.

Apa Saja yang Dipelajari dalam Pembelajaran Kewarganegaraan?

Rangkuman modul yang dianjurkan dalam pembelajaran ini sangat banyak. Beberapa bahasan penting yang hendak dianjurkan ialah:

  • Hak Asasi Manusia

Dalam bahasan ini, generasi penerus bangsa hendak dianjurkan mengenai hak-hak manusia yang hidup di dunia ini.

Tidak hanya itu, mereka hendak diberikan uraian mengenai pentingnya menghargai serta menghormati hak-hak manusia tersebut.

  • Hak serta Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia

Sebagai masyarakat negara Indonesia, generasi penerus bangsa hendak diberikan uraian mengenai proses berbangsa dan bernegara, hak, serta kewajiban seorang warga negara Indonesia terhadap negaranya.

  • Bela Negara

Dalam bahasan ini, mereka hendak diberikan uraian mengenai arti dari bela negara. Setelah itu, mereka hendak diberi contoh bela negarayang dapat dilakukan. Tidak hanya itu, terdapat pula uraian mengenai demokrasi pancasila.

  • Pengetahuan Nusantara

Dalam pengetahuan nusantara, mereka hendak belajar mengenai sejarah bangsa Indonesia.

  • Ketahanan Nasional

Pada bahasan ini, mereka diberikan uraian mengenai konsep ketahanan nasional yang dapat menjamin kelangsungan hidup dalam berbangsa serta bernegara.

  • Politik Strategi Nasional

Di bahasan politik strategi nasional ini para generasi penerus hendak belajar mengenai politik serta strategi nasional yang bertujuan buat mengikuti pertumbuhan era serta perdagangan bebas.


Pentingnya ataupun Manfaat Pembelajaran Kewarganegaraan untuk Mahasiswa

Pembelajaran kewarganegaraan wajib dipelajari oleh seluruh generasi muda, dari tingkatan SD sampai tingkatan universitas. Kenapa pembelajaran ini penting buat mahasiswa? Ini ia sebabnya:

  • Mahasiswa Jadi Individu yang Mengenali Hak serta Kewajibannya sebaga Warga Negara Indonesia

Mahasiswa yang menemukan pembelajaran ini hendak mengenali hak serta kewajibannya terhadap negara tercintanya.

Dengan begitu, mahasiswa dapat jadi pelopor kehidupan berbangsa serta bernegara yang berkeadilan, berberkemanusiaan, serta demokratis.

  • Mahasiswa Jadi Individu yang Berpikir Kritis

Dengan terdapatnya pembelajaran seperti ini, mahasiswa dapat berpikir kritis mengenai isu nasional serta internasional.

Diharapkan, mahasiswa jadi agent of change ataupun agen update yang mendesak pergantian sosial serta ekonomi secara terencana.

  • Mahasiswa Jadi Individu yang Bertoleransi Tinggi

Pembelajaran ini dapat membuat mahasiswa jadi mengerti hendak budaya serta adat dari semua suku bangsa di Indonesia.

Dengan begitu, mahasiswa dapat jadi generasi penerus bangsa yang mempunyai toleransi besar terhadap adat serta budaya yang berbeda.

  • Mahasiswa Jadi Individu yang Cinta Damai

Dengan belajar mengenai demokrasi, diharapkan mahasiswa dapat jadi wujud penerus bangsa yang demokratis serta cinta damai, sehingga tujuan demokrasi pancasila di Indonesia dapat tercapai.

  • Mahasiswa Jadi Wujud yang Memahami serta Berpartisipasi dalam Kehidupan Politik Lokal, Nasional, serta Internasional

Dengan pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan dapat menguasai dengan baik serta berpartisipasi penuh dalam kehidupan politik lokal, nasional, serta internasional.


Tujuan pembelajaran kewarganegaraan

Tujuan pembelajaran kewarganegaraan ialah menghasilkan masyarakat negara yang mempunyai pengetahuan kenegaraan, menanamkan rasa cinta tanah air, serta kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dalam diri para generasi muda penerus bangsa.

Pembelajaran ini pastinya wajib dipadukan dengan kemampuan ilmu serta teknologi, sehingga terciptalah generasi masa depan yang nanti dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan bangsa.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan, semoga bisa bermanfaat.