Jelaskan Posisi Silang Indonesia

Posted on

Jelaskan Posisi Silang Indonesia : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Jelaskan Posisi Silang Indonesia, yuk simak dibawah ini :

Jelaskan Posisi Silang Indonesia


Daftar Lengkap Isi Artikel

Jelaskan Posisi Silang Indonesia


Soal

1. Jelaskan posisi silang negara Indonesia baik dari aspek regional dan sosial!

2. Mengapa posisi silang negara Indonesia tidak hanya berpotensi untuk disyukuri, tetapi juga tantangan dan ancaman bagi integrasi nasional?

3. Jelaskan ancaman militer yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia saat ini?

4. Mengapa ideologi Pancasila tidak aman dari berbagai ancaman dalam menerapkan nilai-nilainya di masyarakat!

5. Jelaskan strategi orang Indonesia dalam mengatasi ancaman non-militer?

6. Dalam hidup Anda sejauh ini, tentu saja Anda telah menghadapi masalah yang membutuhkan kewaspadaan agar Anda dan orang lain harmonis.

Cobalah untuk memperhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Apa yang akan Anda lakukan jika perkelahian terjadi? Apakah Anda juga menemukan perasaan Anda sebagai warga negara ketika menghadapi perkelahian yang terjadi di sekolah atau desa Anda?


Jawaban :

1. Posisi Indonesia dalam aspek teritorial terletak antara dua benua, Asia dan Australia, dari aspek kehidupan sosial yang dipengaruhi oleh berbagai kehidupan sosial dan budaya seperti Melayu, Arab, dan Barat yang diwakili oleh Australia.

2. Posisi silang Indonesia adalah posisi negara Indonesia yang terletak di antara dua samudera dan dua benua yang membawa kelebihan dan kekurangan tertentu dalam aspek kehidupan.

Untuk alasan ini Wawasan Nusantara diperlukan untuk setiap warga negara Indonesia. Wawasan Nusantara sendiri adalah cara pandang masyarakat Indonesia tentang diri mereka sendiri dan tanah air mereka sebagai negara kepulauan dengan segala aspek kehidupan yang beragam.

Wawasan nusantara memiliki dua tujuan yaitu tujuan lahiriah dan tujuan batiniah. Wawasan nusantara terkait dengan Pancasila dan UUD 1945 yang menjadi pedoman utama bagi kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.

Selain itu, wawasan nusantara juga terkait dengan ketahanan nasional yang berfungsi sebagai doktrin dasar pengaturan kehidupan nasional.

Implementasi wawasan nusantara harus tercermin dalam pola pikir, pola sikap, dan pola tindakan yang selalu mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi. Keegoisan itu egois.

Namun, jangan menerapkan sifat chauvinisme di mana seseorang atau kelompok menganggap dirinya/kelompoknya sebagai yang paling benar, pada dasarnya, memandang rendah orang lain/kelompok lain/negara lain.

3. Menurut pendapat saya, yang dapat mengancam integrasi nasional melalui militer adalah memecah belah TNI menjadi beberapa kubu sehingga menciptakan konflik berkepanjangan sehingga memungkinkan perang saudara yang berkelanjutan antara TNI yang dapat membuat integrasi nasional Indonesia. perpecahan bangsa.

4. Karena beberapa orang belum memahami apa itu Pancasila dan bagaimana Indonesia berjuang dengan semua ini dan pembentukan Pancasila.

5. Dengan memperketat nilai hukum yang ada di Indonesia sehingga kejahatan lebih ditakuti dengan adanya hukum yang telah ditetapkan sehingga Indonesia akan aman dan terjamin menghindari kejahatan

6. Menurut saya pertengkaran hanya membuang-buang waktu dan juga membahayakan keselamatan.

Jika perkelahian terjadi terus menerus akan ada banyak korban, kita sebagai warga negara harus saling menghormati satu sama lain dan tentu saja kita harus menyelesaikan masalah dengan kepala dingin tanpa perkelahian itu sendiri, saya merasa sangat kecewa mengapa orang-orang di negara ini berkelahi dan masalah terjadi ? Mengapa? Sangat mengecewakan.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Jelaskan Posisi Silang Indonesia, semoga bisa bermanfaat.