Soal PKN Kelas 8 Semester 2

Diposting pada

Soal PKN Kelas 8 Semester 2 : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan contoh soal pkn kelas 8 semester 2 yuk langsung saja di scroll :Soal PKN Kelas 8 Semester 2


Soal PKN Kelas 8 Semester 2

SOAL PILIHAN GANDA

1. Penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) pada 20 Maret 1602. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik….
A. Devide et impera
B. Balas budi
C. Etische Politic
D. Dumping


2. Perhatikanlah nama-nama berikut ini!
1. Baron Van Houvel.
2. Van Den Bosch.
3. Mr. Van Deventer.
4. Edward Douwes Dekker.
Siapakah orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia yang mengetahui penderitaan rakyat Indonesia karena diterapkannya tanam….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 4


3. Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama….
A. Wahidin Sudirohusodo
B. Cipto Mangunkusumo
C. Suwardi Suryaningrat
D. Sutomo


Baca juga : Pancasila Sebagai Ideologi Negara


4. Perhatikanlah nama-nama tokoh berikut ini!
1. Wahidin Sudirohusodo.
2. Sutomo.
3. Suwardi Suryaningrat.
4. Cipto Mangunkusumo.
Siapakah tokoh-tokoh perintis Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia….
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 1, 2, dan 4


5. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Mempelajari berbagai tarian daerah sebagai upaya untuk melestarikannya.
2. Menggunakan produksi luar negeri karena kualitasnya terjamin.
3. Menjaga kelestarian alam.
4. Membuang sampah pada tempatnya.
Dari pernyataan diatas, perilaku yang menggambarkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia ditunjukkan pada nomor….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 1, 2, dan 4


6. Tindakan saat ini yang tidak sesuai dengan gagasan Wahidin Sudirohusodo tentang pendidikan adalah….
A. Bagi Gina, pendidikan akan membantunya keluar dari kemiskinan sehingga dia belajar dengan serius.
B. Indah ingin sekolah yang tinggi supaya menjadi karyawan di perusahaan terkenal.
C. Diana merasa sangat bersedih saat melihat temannya putus sekolah karena disebabkan tidak ada biaya.
D. Tere senantiasa membantu temannya yang kesulitan belajar.


7. Negara Indonesia merupakan suatu negara yang letak wilayahnya sangat strategis, mempunyai keindahan alam, kaya akan flora dan fauna yang beraneka ragam. Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai….
A. Keistimewaan.
B. Keunggulan.
C. Kehebatan.
D. Kelebihan.


8. Berikut ini yang bukan merupakan penghayatan kebangkitan nasional untuk generasi muda ialah….
A. Meskipun keluarganya tidak mampu menyekolahkannya, Toni tidak patah semangat dan berusaha mencari beasiswa sehingga dia sekarang bisa sekolah.
B. Tuti begitu senang dengan budaya dari negara Korea, bahkan pakaian dan logat bicaranya identik dengan budaya negara Korea.
C. Danu sangat tertarik dan ingin mengembangkan padi yang tahan hama karena tanaman padi milik ayahnya sering diserang berbagai macam hama.
D. Rani dan Nia sangat suka memasak, bahkan mereka mengikuti kursus memasak pada sore hari sepulang sekolah.


Baca juga : Pengertian Profesional Adalah


9. Organisasi yang dibentuk setelah Budi Utomo yang didirikan oleh R.Satiman Wiryosanjoyo dkk adalah….
A. Jong Sumateramen Bond.
B. Jong Java.
C. Trikoro Dharmo.
D. Sekar Rukun.


10. Siapakah penggagas dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan dalam tiga sesi di tiga tempat berbeda….
A. Perhimpunan Pelajar Indonesia.
B. Trikoro Dharmo.
C. Perhimpunan Indonesia.
D. Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia.


11. Rapat pertama yaitu pada Sabtu 27 Oktober 1928, Mohammad Yamin menjabarkan mengenai arti dan hubungan persatuan dan pemuda. Menurut M Yamin, ada lima faktor yang dapat memperkuat Indonesia yaitu sejarah, kemauan, hukum adat serta….
A. Bahasa dan pendidikan.
B. Bahasa dan lagu kebangsaan.
C. Bendera kebangsaan dan lambang negara.
D. Bahasa dan bendera negara.


12. Perhatikanlah nama-nama dibawah ini!
1. Soegondo Djojopoespito.
2. R. M. Djoko Marsaid.
3. Amir Syarifuddin.
4. WR. Supratman.
5. Senduk.
6. Johanes Leimena.
Siapa sajakah yang menjadi panitia Kongres Pemuda II….
A. 1, 2, 3, 4, dan 5
B. 2, 3, 4, dan 6
C. 1, 2, 3, 5, dan 6
D. 3, 4, 5, dan 6


13. Ketika M. Sunario sedang berpidato pada sesi terakhir kongres, rumusan sumpah Pemuda ditulis oleh seseorang di selembar kertas. Siapakah yang menulis rumusan tersebut….
A. Soegondo Djojopoespito.
B. Moehammad Yamin.
C. M. Tabrani.
D. Amir Syarifuddin.


14. Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 bukan saja untuk menggerakkan para pemuda meraih kemerdekaan, namun juga ….. bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Manakah jawaban yang tepat untuk melengkapi wacana tersebut….
A. Menumbuhkan rasa cinta.
B. Menggerakkan hati.
C. Mempertegas jati diri.
D. Mempertegas keinginan.


Baca juga : Pengertian Dasar Negara Adalah


15. Tanah air Indonesia ialah seluruh wilayah Indonesia baik di darat maupun di laut yang luasnya hingga mencapai 5.180.053 km2 dan memiliki pulau sebanyak 13.466 pulau. Negara Republik Indonesia disebut juga Nusantara yang berarti….
A. Kepulauan yang terpisahkan oleh lautan.
B. Pulau yang dipisahkan oleh lautan.
C. Pulau di antara lautan.
D. Kepulauan yang dikelilingi oleh daratan.


16. Aku adalah salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia yang dieksekusi mati pada tanggal 5 September 1949 dan menolak untuk menutup mata, karena aku ingin melihat peluru penjajah menebus dadaku. Aku adalah….
A. I Gusti Ngurah Rai.
B. Chairil Anwar.
C. Robert Wolter Mongonsidi.
D. Wage Rudolf Supratman.


17. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah….
A. Cinta bangsa dan tanah air.
B. Sikap rela berkorban.
C. Aktualisasi diri.
D. Mengutamakan kepentingan bangsa dan bisa menerima serta menghargai perbedaan.


18. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak….
A. Lembaran Negara.
B. Surat Kabar Sin Po.
C. Berita Negara.
D. Surat Kabar Kompas


19. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Merusak, menyobek, menginjak-injak, membakar bendera negara.
2. Menggunakan bendera negara untuk promosi atau iklan komersial.
3. Membentangkan bendera negara yang rusak, robek, luntur, kusut atau kusam.
4. Mencetak, menyulam, menulis huruf, angka dan gambar.
5. Mengibarkan bendera negara di depan gedung sekolah.
Dari lima pernyataan diatas, hal-hal yang dilarang dilakukan terhadap bendera negara ialah….
A. 1, 2, 3, dan 5
B. 1, 3, 4, dan 5
C. 2, 3, 4, dan 5
D. 1, 2, 3, dan 4


20. Bahasa Indonesia merupakan Bahasa resmi negara Indonesia. Hal tersebut dinyatakan didalam UUD 1945, yaitu pada pasal….
A. Pasal 35.
B. Pasal 36A.
C. Pasal 36.
D. Pasal 36B.


21. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk….
A. Menanamkan nasionalisme.
B. Menanamkan kebiasaan baik.
C. Menanamkan patriotism.
D. Agar hafal syair lagunya.


Baca juga : Hak Asasi Manusia Adalah


22. Dalam buku empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang diterbitkan pada tahun 2012, dijelaskan bahwa Indonesia berasal dari bahasa latin yaitu Indus dan nesos yang memiliki arti….
A. India dan pulau-pulau.
B. Hindia Belanda.
C. Negara kepulauan.
D. Nusantara.


23. Lahir pada 6 Juni 1901 di Blitar Jawa Timur dan meninggal di Jakarta 21 Juni 1970. Memiliki Ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodiharjo dan ibu bernama Ida Ayu Nyoman Rai, dan pernah menjadi Presiden pertama Republik Indonesia. Siapakah tokoh yang dimaksud tersebut….
A. Megawati.
B. Moh. Hatta.
C. Soeharto.
D. Ir. Soekarno.


24. Perhatikanlah nama tokoh berikut ini!
1. Pringgodigdo.
2. Agus Salim.
3. Suwardi Suryaningrat.
4. Douwes Dekker.
5. Tjipto Mangunkusumo.
Dari kelima nama tokoh tersebut tiga tokoh Indische Partij ialah….
A. 1, 2, dan 3
B. 3, 4, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 1, 3, dan 5


25. Perjuangan ssekarang ini yang tak terbatas oleh waktu karena perjuangan bermaksud mencapai tujuan akhir nasional seperti yang dimaksud dalam UUD 1945. Pernyataan tersebut ada pada….
A. Periode I : Masa sebelum Pergerakan Nasional.
B. Periode II : Masa Pergerakan Nasional.
C. Periode III : Masa Proklamasi serta Perang Kemerdekaan.
D. Periode IV : Masa Perjuangan Mengisi Kemerdekaan.


26. Setiap warga negara Indonesia mempunyai hak dalam memanfaatkan kekayaan wilayah nusantara untuk memenuhi keperluan dan kebutuhan hidup sehari-hari. Hal tersebut adalah wujud dari Indonesia sebagai kesatuan….
A. Ekonomi.
B. Sosial Budaya.
C. Wilayah.
D. Ekonomi.


Baca juga : Kesimpulan Adalah


27. Sebagai seorang pelajar, Andi memiliki impian menjadi seorang Polisi. Ia beralasan agar dapat melindungi Indonesia dari segala bentuk ancaman yang mengganggu keamanan dan kenyamanan seluruh warga negara Indonesia. Hal tersebut menunjukkan makna dari Indonesia sebagai satu kesatuan….
A. Politik.
B. Pertahanan dan Keamanan.
C. Ekonomi.
D. Sosial Budaya.


28. Rajin belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan yang digunakan untuk mengabdi kepada negara adalah perwujudan perilaku semangat dan komitmen kebangsaan yaitu….
A. Rela berkorban.
B. Semangat kekeluargaan.
C. Cinta tanah air.
D. Membina persatuan dan kesatuan.


29. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan Indonesia.
2. Tidak melakukan hal-hal yang dapat mengancam persatuan bangsa.
3. Memberikan tenaga dan waktu dengan ikhlas untuk kepentingan bersama.
Ketiga pernyataan tersebut menggambarkan perilaku dan komitmen kebangsaan yaitu….
A. Membina persatuan dan kesatuan.
B. Semangat mengabdi.
C. Cinta tanah air.
D. Rela berkorban.


30. Pak Dedi merupakan seorang pejabat di lingkungan pemerintahan di kota tempat ia tinggal. Pak Dedi memiliki sikap disiplin dan tidak pernah melanggar hukum terutama yang berhubungan dengan korupsi. Sikap tersebut mencerminkan….
A. Ketokohan.
B. Keteladanan.
C. Kebangsaan.
D. Pewarisan.


Baca juga : Nilai Pancasila dan Pengamalan Sila ke 1, 2, 3, 4, 5 dan Contoh


SOAL ESSAY

1. Tuliskan perbedaan antara perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah 1908!
2. Jelaskan arti penting dari kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia!
3. Berikan 4 contoh perilaku sebagai wujud pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda!
4. Tuliskan 4 contoh mengenai keteladanan yang bisa kamu lakukan di lingkungan sekolah!
5. Berikan 4 tantangan yang sedang dihadapi bangsa dan negara Indonesia!

Baca juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Soal PKN Kelas 8 Semester 2, semoga bisa bermanfaat.