Soal Essay Kimia Kelas x Semester 1 Beserta Jawabannya

Diposting pada

Soal Essay Kimia Kelas x Semester 1

Soal Essay Kimia Kelas x Semester 1

soal essay kimia kelas 10 bab 1 – Soal kimia kelas 10 SMA/MA dan kunci jawabannya K13 edisi revisi postingan kali ini, berisikan materi soal tentang “Pengenalan Ilmu Kimia” (Bab 1), seperti….. soal essai tentang ruang lingkup kimia serta keselamatan dan keamanan kerja di laboratorium.

Berikut dibawah ini, soal essay kimia kelas x semester ganjil kurtilas dengan jawabannya, dimulai dari pertanyaan pertama.

1. Berikan contoh keterkaitan ilmu kimia dengan ilmu-ilmu lainnya!
Jawaban : Contohnya dalam ilmu kedokteran
Biasanya rumah sakit dilengkapi dengan laboratorium yang dapat digunakan untuk menguji kesehatan pasien. Pengujian di laboratorium memerlukan ilmu kimia. Hasil uji laboratorium itulah yang dijadikan prtimbangan dokter untuk menentukan seorang pasien sudah sehat atau masih sakit.


2. Apa sajakah yang di pelajari dalam ilmu kimia?
Jawaban :Ilmu kimia membahas semua materi sebagai berikut
a. Susunan dan strukturnya
b. Sifat
c. Perubahannya
d. Energi yang menyertai perubahannya

3. Apakah yang dimaksud green chemistry?

Jawaban : Green chemistry adalah bahan yang ramah lingkungan


4. Sebut dan jelaskan apa saja cabang ilmu kimia!
Jawaban : Cabang ilmu kimia, antara lain sebagai berikut.
a. Kimia analitik
Kimia analitik adalah analisis cuplikan bahan untuk memperoleh pemahaman tentang susunan kimia dan strukturnya. Kimia analitik melibatkan metode eksperimen standar dalam kimia.
b. Kimia organik
Kimia organik mengkaji struktur,sifat,komposisi, mekanisme, dan reaksi senyawa organik. suatu senyawa organik  didefinisikan  sebagai segala senyawa yang berdasarkan rantai karbon.
c. Kimia anorganik
Kimia anorganik mengkaji sifat-sifat dan reaksi senyawa anorganik. Perbedaan antara bidang organik dan anorganik tidaklah mutlak dan banyak terdapat tumpeng tindih, khususnya dalam bidang kimia organologam.
d. Biokimia
Biokimia mempelajari senyawa kimia, reaksi kimia, dan interaksi kimia yang terajdi dalam organisme hidup.
d. Kimia nuklir
Kimia nuklir mengkaji bagaimana partikel subatom bergabung dan membentuk inti.


5. Apakah yang dimaksud dengan ilmu kimia?
Jawaban : Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari.


6. Sebutkan tiga contoh bahan kimia!
Jawaban : deterjen, sabun mandi, dan sampo.


7. Mengapa penggunaan bahan-bahan kimia tertentu harus sesuai aturan?
Jawaban : Karena penggunaan bahan kimia yang terdapat dalam laboratorium sangat berbahaya.


8. Sebutkan aturan atau tata tertib yang ada di laboratorium kimia sekolah!
Jawaban : contoh tata tertib di laboratorium kimia .
1. praktik diwajibkan mengenakan baju praktikum (jas leb), dan berpakaian rapi.
2. Saat praktik dilarang makan dan minum didalam laboratorium kimia.
3. Saat praktik diwajibkan membuat rencana kerja (jurnal) dan mengisi form peminjaman alat sebelum         melaksanakan praktikum.

4. Saat praktik diwajibkan membuat laporan hasil praktikum dalam bentuk laporan setiap selesai praktikum.

5. Saat praktik diwajibkan mencuci semua alat-alat yang dipakai sehingga dalam kondisi bersih dan kering sebelum dipakai maupun sesudah dipakai.

6. Saat praktik diwajibkan mengembalikan alat-alat lab sesuai dengan form peminjaman alat dan harus dalam kondisi bersih dan kering setelah praktikum selesai.

7. Saat praktik diwajibkan menciptakan suasana praktikum yang aman, nyaman dan kondusif.

8. Saat praktik diwajibkan menjaga kebersihan meja praktik dan area kerja, baik sebelum maupun sesudah praktikum sesuai jadwal piket laboratorium.
9. Saat praktik diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) standar, setiap melaksanakan analisa selama praktikum, yaitu : masker, sarung tangan, dan kacamata.
10. Saat praktik diwajibkan bekerja sesuai dengan standar K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).
11. Saat praktik wajib melaporkan kepada penanggungjawab praktikum jika terjadi kerusakan atau pecah alat-alat laboratorium serta mengganti alat yang rusak atau pecah tersebut.
12. Saat praktik wajib melaporkan kejadian atau kecelakaan dan segera melakukan langkah P3K.


9. Jelaskan manfaat mempelajari ilmu kimia!
Jawaban : Manfaat belajar ilmu kimia antara lain sebagai berikut.
a. Mengerti produk kimia yang menguntungkan dan yang membhayakan
b. Membantu pengembangan ilmu-ilmu lain seperti fisika, biologi, kedokteran, farmasi, pertanian, dan lain sebagainnya.
c. Meneliti dan mempelajari mengapa suatu zat dapat berubah menjadi zat lain seperti logam yang berarat, kapur yang lapuk oleh air, dan lain-lain.
d. Melalui analisis kimia dapat diperiksa semua kualitas bahan baik untuk penunjang industry maupun semua produk yang dihasilkan lainnya.


10. Apakah yang dimaksud laboratorium?
Jawaban : laboratorium merupakan suatu ruangan yang dirancang khusus agar kita dapat melakukan suatu percobaan dengan aman.


11. Berikut contoh kaitan ilmu kimia dengan psikologi!
Jawaban : Orang yang sering marah, maka umur sel nya akan bertahan singkat, akibat nya terjadi penuaan dini. Saat kita marah, ardenalin akan memikat dalam psikologi, yaitu mengetahui seseorang berbohong atau tidak dapat melihat dari jumlah ardenalin. Oleh karena itu, seorang psikologi perlu belajar kimia untuk mengetahui ardenalin dalam tubuh


12. Sebutkan cabang-cabang ilmu kimia!
Jawaban : Berikut cabang ilmu kimia.
a. Kimia analitik
b. Kimia organik
c. Kimia anorganik
d. Biokimia

e. Kimia nuklir


13. Bagaimana ilmu kimia dapat digunakan untuk mengatasi peristiwa alam? Sebutkan contohnya!
Jawaban : Ilmu kimia berperan dalam mengatasi beberapa peristiwa alam, misalnya hujan buatan pada musim kemarau. Hujan buatan disebut dengan cara menaburkan garam dapur yang sudah di haluskan dan dikeringkan dari pesawat udara. Garam dapur bersifat menyerap air yang ada di udara sehingga terbentuklah titik-titik air. Makin lama jumlah titik-titik air maka banyak sehingga akhirnya terjadilah hujan


14. Sebutkan tiga contoh perubahan kimia!
Jawaban : Contoh perubahan kimia, antara lain sebagai berikut.
a. Apel yang membusuk
b. Fotosintesis
c. Kertas yang dibakar menjadi abu


15. Bagaimana prinsip kerja tawas sebagai deodoran alami!
Jawaban : Prinsip kerja tawas sebagai deodoran yaitu ketika tawas terkena air, lapisan mneral tipisnya mencegah pembentukan bakteri yang menyebabkan bau badan.


16. Perlengkapan laboratorium yang berfungsi untuk melindungi tangan dari kontak langsung dengan bahan kimia disebut….
Jawaban : Sarung tangan


17. Kimia antalitik dapat digunakan dalam suatu subkajian ilmu kimia, kecuali untuk kajian kimia pada sub….
Jawaban : Teori murni


18. Salah satu contoh serat sintetis yaitu….
Jawaban : Nilon


19. Bahan kimia yang sudah ada berjuta-juta tahun yang lalu yaitu….
Jawaban : Batuan, bensin, dan emas


20. Contoh bahan kimia yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu….
Jawaban : Obat-obatan dan antibiotik


21. Segala sesuatu yang berkaitan dengan materi, energi, dan proses-proses yang terjadi di alam, di pelajari dalam ilmu….
Jawaban : Ilmu kimia


22. Proses yang membutuhkan bahan ramah lingkungan disebut….
Jawaban : Green chemistry


23. Hal yang dipelajari dalam biokimia yaitu….
Jawaban : Senyawa kimia, reaksi kimia, dan interaksi kimia yang terjadi dalam organisme hidup


24. Ilmu kimia berasal dari Bahasa arab yang berarti….
Jawaban : Seni transformasi


25. Bagian terbesar dari kimia nuklir adalah….
Jawaban : Transmutasi modern


26. Jelaskan sifat fisik dan kimia suatu materi! Berikan contohnya masing-masing!
Jawaban : Secara umum sifat-sifat materi dapat dibedakan atas sifat fisik dan sifat kimia.
a. Sifat fisik adalah sifat yang tidak berhubungan dengan pembentukan zat baru ( hanya mengenai keadaan fisis suatu zat)
Contoh kerapatan kelarutan daya hantar, kekerasan warna, bau, rasa, kemagnetan, wujud zat, dan lain-lain.
b. Sifat kimia adalah sifat-sifat materi yang ada hubungan nya dengan pembuatan zat baru.
Contoh sifat mudah tidaknya terbakar, kestabilan, mudah tidaknya berkarat, kereaktifan, dan lainnya.


27. Jelaskan yang dimaksud dengan materi dalam ruang lingkup kimia !

Jawaban : Materi adalah segla sesuatu yang menempati ruangan mempunyai massa, dan mempunyai sifat-sifat yang dapat dirasakan oleh panca indra manusia.


28. Sebutkan yang termasuk dalam perubahan kimia!
Jawaban : Pembakaran, pembusukan, dan perkaratan


29. Jelaskan yang dimaksud senyawa anorganik!
Jawaban : Senyawa anorganik merupakan senyawa yang disusun oleh atom utama logam, banyak kita jumpai pada zat yang tidak hidup, misalnya tanah, batu-batuan, air laut, dan lainnya.


30. Sebutkan klasifikasi dari materi!
Jawaban : Berdasarkan klasifikasi materi tersebut, materi dapat dibagi menjadi tiga yaitu :
a. Unsur
b. Senyawa
c. Campuran


31. Sebutkan empat bidang ilmu lainnya yang menerapkan ilmu kimia!
Jawaban : Peranan kimia dalam bidang ilmu lain
a. Kesehatan dan kedokteran
b. Energi dan lingkungan
c. Teknologi bahan
d. Teknologi pangan dan pertanian


32. Jelaskan langkah-langkah dalam metode ilmiah!
Jawaban : langkah-langkah dalam metode ilmiah , Yaitu sebagai berikut
a. Pengamatan
b. Pengolahan data
c. Menarik kesimpulan sementara ( hipotesis )
d. Merancang eksperimen

e. Menyusun teori-teori


33. Apa sajakah kegunaan dari gelas kimia ( gelas beker )!
Jawaban : Kegunaan gelas kimia
a. Menyiapkan larutan yang akan digunakan
b. Tempat mereaksikan zat dalam volume yang banyak
c. Melarutkan zat padat ke dalam air dalam proses pembuatan larutan


34. Sebutkan beberapa jenis ukuran dari pipet gondok!
Jawaban : Terdapat beberapa jenis ukuran 10ml,25ml,50ml, dan 100ml.


35. Sebutkan dua contoh bahan kimia yang bersifat racun ( toksik )!
Jawaban : Contoh bahan kimia yang bersifat racun yaitu merkuri dan klorin


36. Jelaskan ketentuan dalam konfigurasi elektron!
Jawaban : Beberapa ketentuan dalam penulisan konfigurasi elektron.
a. Dimulai dari kulit yang terdekat dengan inti(K, L, M, N, dan sterusnya)
b. Jumlah elektron maksimum tiap kulit oleh Pauli dirumuskan dengan 2n2. n=nomor kulit.
c. Bila dalam satu kulit jumlah elektronnya tidak mencukupi isi maksimum, maka isinya seperti kulit sebelumnya.


37. Siapakah penemu neutron?Jelaskan!

Jawaban : Neutron ditemukan oleh James Chadwick melalui percobaan penembakan atom berilium(Be) dengan sinar alfa(α) dari percobaannya ditemukan partikel yang tidak bermuatan yang disebut neutron yang massanya hampir sama dengan massa proton.


38. Lon Klorida (yang berasal dari atom klorida) mengandung 17 proton, 18 elektron, dan 18 neutron. Bagaimana lambang ion klorida tersebut?
Jawaban : Atom klorida mengandung 17elektron (sama dengan dengan jumlah proton) oleh karena ion klorida mengandung 18 elektron, berarti ion klorin menangkap 1 elektron. Lambang ion klorin adalah C1.


39. Tentukan nomor atom dan nomor massa dari unsur yang inti atomnya mengandung:
a. 26 proton dan 30 neutron,dan
b. 30 proton dan 35 neutron!
Jawaban :
a. Nomor atom=26
Nomor massa=26+30=56
b. Nomor atom=30
Nomor atom=30+35=65


40. Jelaskan gagasan teori atom Dalton!
Jawaban : Dalton mengemukakan gagasannya tentang atom sebagai berikut.
a. Atom merupakan pertikel kecil yang tidak dapat dipecah lagi
b. Atom-atom dari unsur yang sama mempunyai sifat yang sama dan atom-atom dari unsur yang berbeda sifatnya juga berbeda.
c. Reaksi kimia merupakan penggabungan atom-atom, penguraian senyawa menjadi atom-atom


41. Bagaimana ke elektronegatifan senyawa dalam satu golongan? Jelaskan!
Jawaban : Dalam satu golongan, kelektronegatifan dari atas kebawah makin kecil karena jari-jari atom semakin besar sehingga semakin sukar menarik elecktron. Hal ini dikarenakan semakin bertambah kecil jari-jari atom dalam satu golongan mengakibatkan atom itu semakin mudah untuk menarik elektron dalam molekul suatu senyawa.


42. Bagaimana jari-jari dalam satu golongan dan satu periode? Jelaskan!

Jawaban : Dalam satu golongan jari-jari atom dari atas kebawah semakin besar, karena jumlah kulitnya semakin banyak dalam satu priode, jari-jari atom dari kanan ke kirisemakin besar, karena jumlah kulitnya sama , sedangkan inti atomnya makin kecil sehingga gaya Tarik-menarik inti dengan elektron terluarnya makin lemah.


43. Apakah yang dimaksud energi ionisasi?
Jawaban : Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan oleh atom untuk melepaskan satu electron di kulit terluarnya atau energi minum yang diperlukan atom netral dalam bentuk gas untuk melepaskan satu elektronnya membentuk ion bermuatan +1.


44. Jelaskan yang dimaksud afinitas electron!
Jawaban : Afinitas elektron, adalah energi yang dibebaskan bila suatu atom menerima satu elektron. Semakin negatif harga afinitas elektron. Semakin mudah atom tersebut menerima elektron dan semakin reaktif pula unsurnya.


45. Apa yang dimaksud jari-jari atom!
Jawaban : Jari-jari atom adalah jarak antara inti atom sampai kulit terluar


46. Dalam satu golongan dari atas ke bawah sifat logam makin….
Jawaban : Kuat


47. Dalam satu golongan, afinitas elektron dari atas ke bawah makin….
Jawaban : Kecil


48. Dalam satu golongan jari-jari atom dari atas ke bawah semakin besar, karena….
Jawaban : Jumlah kulitnya semakin banyak


49. Energi ionisasi unsur bertambah dari kiri ke kanan, sehingga makin sulit bagi unsur untuk….

Jawaban : Melepas elektron


50. Unsur-unsur nonlogam makin ke bawah makin kurang reaktif karena makin….
Jawaban : Sukar menangkap elektron


51. Apakah tujuan para ahli kimia mengelompokkan unsur-unsur?
Jawaban : Tujuan mengelompokan unsur-unsur yaitu untuk memudahkan mempelajari penggabungan unsur satu dengan lainnya dan membentuk senyawa.


52. Jelaskan pengelompokan unsur menurut Dobereiner,Newlands, dan Mendeleyev!
Jawaban :
a. Doberelner
Doberelner mengelompokan unsur didasarkan pada massa atom menurut Doberelner jika massa atom unsur A di tambah massa atom unsur B kemungkinan di rata-rata maka akan di hasilkan massa atom unsur C, ketiga unsur ini akan memiliki sifat mirip yang dinamakan triade.
b. Newland
Newland menyusun unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya maka unsur kedepannya memiliki sifat mirip dengan unsur pertama. Pola ini dinamakan Hukum Oklaf.
c. Dimitri Mendeleyev
Sistem periodik Mendeleyev didasarkan pada nomor massa atom, Mendeleyev menyusun sistem priodik unsur-unsur dengan cara menempatkan unsur-unsur ke dalam bentuk baaris dan kolom unsur-unsur dalam kolom yang sama ini memiliki sifat-sifat yang mirip.


53. Berdasarkan apakah Moseley menyempurnakan sistem periodik Mendeleyev?

Jawaban : Moseley menyusun table priodik modern yang disebut juga tebel periodic bentuk panjang menurut kenaikan nomor atom dan kemiripan sifat.


54. Apakah perbedaan pengelompokan unsur menurut Mendeleyev dengan Moseley berdasarkan golongan dan periode?
Jawaban : Medeleyev menempatkan unsur-unsur yang mempunyai kemiripan sifat dalam satu lajur vertikal, yang disebut golongan lajur-lajur horisiontal berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya. Disebut periode sedangkan table periode Moseley berbentuk panjang terdiri atas lajur vertical(golongan)yang disusun menurut kemiripan sifat dan lajur horizontal(periodik)yang disusun berdasarkan kenaikan nomor atomnya.


55. Berdasarkan apakah Mendeleyev menyusun table periodik unsur-unsur ? Mengapa sistem periodik dari Mendeleyev lebih dikenal dari pada model Lothar Meyer?
Jawaban : Dasar yang di pakai Medeleyev menyusun tabel periodik unsur-unsur. Yaitu kenaikan

Nomor massa atom kemampuan prediksi Medeleyev menjadi tabel periodik yang disusunnya lebih dikenal masyarakat ilmiah.


56. Isotop hanya terjadi karena perbedaan ….

Jawaban : Neutron


57. Pemahaman tentang atom adalah bagian terkecil dari sebuah materi merupakan landasan yang dipergunakan oleh….
Jawaban : John Dalton


58. Atom bersifat netral sehingga jumlah proton sama dengan jumlah elektron yang ada di permukaannya. Hal ini merupakan pendapat….
Jawaban : Thomson


59.Ilmuwan yang memfokos kajiannya pada atom yang bermuatan positif adalah….
Jawaban : Rutherford


60. Isotap hanya terjadi karena perbedaan neutron, sama dalam hal jumlah proton dan elektronnya dan isotop hanya terjadi pada….
Jawaban : Unsur yang sama


Demikian ulasan dari PPKN.CO.ID Mengenai soal essay kimia kelas 10 bab 1, Semoga Bermanfaat…


Refrensi Teknologi [DISINI]