Simbol Pancasila

Posted on

Simbol Pancasila: Makna, Arti, Jumlah Bulu, Urutan Lambang: Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan mengulas mengenai materi tersebut.

Simbol Pancasila


Simbol Pancasila dan Maknanya

  • 1. Simbol Pancasila ke 1: Bintang

simbol bintang pancasila

  • Makna Simbol Bintang

Bintang dimaksudkan sebagai sebuah cahaya, mengandung makna nur cahyo. Bintangnya memiliki 5 sudut maksudnya untuk menerangi dasar negara yang lima dan tujuan negara yang lima. Sedangkan warna hitam melambangkan warna alam atau warna asli.

  • 2. Simbol Pancasila ke 2: Rantai

simbol Rantai

  • Makna Simbol Rantai

Mata Rantai yang berbentuk segi empat melambangkan laki-laki sedangkan lingkaran adalah perempuan. Mata rantai yang saling berkaitpun melambangkan satu sama lain dan perlu bersatu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

  • 3. Simbol Pancasila ke 3: Pohon Beringin

simbol pohon beringin pancasila

  • Makna Simbol Pohon Beringin

Pohon beringin merupakan pohon yang besar dimana banyak orang bisa berteduh di bawah naungan Negara Indonesia. Selain itu, pohon beringin memiliki sulur dan akar yang menjalar ke mana-mana namun tetap berasal dari satu pohon yang sama, seperti halnya keragaman suku bangsa yang menyatu dibawah nama Indonesia.

  • 4. Simbol Pancasila ke 4: Kepala Banteng

simbol kepala banteng pancasila

  • Makna Simbol Banteng

Kepala Banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul seperti halnya musyawarah di mana orang-orang harus berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu.

  • 5. Simbol Pancasila ke 5: Padi dan Kapas

simbol padi dan kapas pancasila

  • Makna Simbol Padi dan Kapas

Padi dan Kapas merupakan kebutuhan dasar setiap manusia yakni pangan dan sandang sebagai syarat utama untuk mencapai kemakmuran yang merupakan tujuan utama bagi sila ke lima ini.

Baca juga: Teks Pancasila


Arti Lambang Garuda Pancasila

arti lambang garuda pancasila

Burung Garuda melambangkan kekuatan.Warna emas pada burung Garuda melambangkan kejayaan.Perisai di tengah melambangkan pertahanan bangsa Indonesia. Masing-masing simbol di dalam perisai melambangkan sila-sila dalam Pancasila, yaitu:

  • Bintang

Melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa [sila ke-1].

  • Rantai

Melambangkan sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab [sila ke-2].

  • Pohon Beringin

Melambangkan sila Persatuan Indonesia [sila ke-3].

  • Kepala Banteng

Melambangkan sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan dan Perwakilan [sila ke-4].

  • Padi dan Kapas

Melambangkan sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia [sila ke-5].

Warna merah-putih melambangkan warna bendera nasional Indonesia. Merah berarti berani dan putih berarti suci. Garis hitam tebal yang melintang di dalam perisai melambangkan wilayah Indonesia yang dilintasi Garis Khatulistiwa.

Baca juga: Nilai Nilai Pancasila


Makna Jumlah Bulu pada Burung Garuda

Jumlah Bulu pada Burung Garuda

Jumlah bulu melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945), antara lain:

  1. Jumlah bulu pada masing-masing sayap berjumlah 17
  2. Bulu pada ekor berjumlah 8
  3. Jumlah bulu dibawah perisai/pangkal ekor berjumlah 19
  4. Jumlah bulu pada leher berjumlah 45

Pita yang dicengkeram oleh burung garuda bertuliskan semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “walaupun berbeda beda, tetapi tetap satu”.


Urutan Lambang Garuda Pancasila

urutan lambang garuda pancasila

  1. Bintang.
  2. Rantai.
  3. Pohon beringin.
  4. Banteng.
  5. Padi dan kapas.

Baca juga: Lambang Pancasila


Makna Bintang, Rantai Emas, Pohon Beringin, Kepala Banteng, Padi dan Kapas Pada Lambang Burung Garuda?

  • Bintang

simbol bintang pancasila

Bintang pada lambang sila pertama artinya adalah menerangi dan memberi cahaya bagi bangsa dan negara. Terus memberi cahaya seperti tuhan yang maknanya adalah jalan terang agar negara dapat menempuh jalan yang benar.

  • Rantai

simbol Rantai

Rantai merupakan lambang dari sila kedua, memiliki makna yang sangat besar dan terdiri dari rantai bulat (melambangkan perempuan) dan rantai persegi (melambangkan laki laki). Bentuk Rantai yang saling berkait melambangkan bahwa setiap rakyat baik perempuan dan laki laki harus bersatu padu untuk agar bisa menjadi kuat seperti rantai.

  • Pohon Beringin

simbol pohon beringin pancasila

Pohon beringin merupakan pohon yang besar memiliki ranting luas yang dapat menjadi tempat berteduh yang menyejukkan. Selain itu pohon beringin juga memiliki akar yang sangat kuat dan menjalar di mana mana, seperti keanekaragaman suku dan bangsa indonesia yang harus tetap bersatu.

  • Kepala Banteng

simbol kepala banteng pancasila

Kepala banteng memiliki makna bahwa hewan yang suka berkumpul dan memiliki kepala yang tangguh. Banteng merupakan hewan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan suka berkumpul. Artinya kita harus rajin bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah dan dalam mengambil keputusan.

  • Padi dan Kapas

simbol padi dan kapas pancasila

Padi dan kapas ini melambangkan kebutuhan dasar manusia, padi yang menjadi dasar untuk makanan pokok dan kapas untuk kebutuhan dasar sandang. Jadi lambang ini bertujuan untuk memberikan kebutuhan dasar setiap bangsa Indonesia secara merata dan adil.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Simbol Pancasila ke 1, 2, 3, 4, 5: Makna, Arti, Jumlah Bulu, dan Urutan Lambangnya, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk anda.

Baca juga: