Lambang Pancasila

Posted on

Lambang Pancasila: Arti, Makna, Bunyi, Simbol, Contoh: Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan membuat artikel mengenai lambang pancasila, yuk disimak ulasannya dibawah ini:

Lambang Pancasila


Arti Lambang Pancasila 1, 2, 3, 4, 5

  • Lambang Pancasila ke 1

Sila pertama dengan lambang Bintang – Ketuhanan yang Maha Esa

 Lambang Pancasila ke 1

Bintang pada lambang sila pertama artinya adalah menerangi dan memberi cahaya bagi bangsa dan negara. Terus memberi cahaya seperti tuhan yang maknanya adalah jalan terang agar negara dapat menempuh jalan yang benar.


  • Lambang Pancasila ke 2

Sila Kedua Lambang Rantai – Kemanusiaan yang adil dan beradab

Lambang Pancasila ke 2

Rantai merupakan lambang dari sila kedua, rantai ini memiliki makna yang sangat besar dan terdiri dari rantai bulat (melambangkan perempuan) dan rantai persegi (melambangkan laki laki). Rantai yang saling berkait melambangkan bahwa setiap rakyat baik perempuan dan laki laki harus bersatu padu untuk agar bisa menjadi kuat seperti rantai.

Baca juga: Nilai Pancasila dan Pengamalan Sila ke 1, 2, 3, 4, 5 dan Contoh


  • Lambang Pancasila ke 3

Sila Ketiga Lambang Pohon Beringin – Persatuan Indonesia

Lambang Pancasila ke 3

Pohon beringin merupakan pohon yang besar memiliki ranting luas yang dapat menjadi tempat berteduh yang menyejukkan. Selain itu pohon beringin juga memiliki akar yang sangat kuat dan menjalar di mana mana, seperti keanekaragaman suku dan bangsa indonesia yang harus tetap bersatu.


  • Lambang Pancasila ke 4

Sila Keempat Lambang Kepala Banteng – kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

Lambang Pancasila ke 4

Kepala banteng memiliki makna bahwa hewan yang suka berkumpul dan memiliki kepala yang tangguh. Banteng merupakan hewan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan suka berkumpul. Artinya kita harus rajin bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah dan dalam mengambil keputusan.


  • Lambang Pancasila ke 5

Sila Kelima Lambang Padi dan Kapas- keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Lambang Pancasila ke 5

Padi dan kapas ini melambangkan kebutuhan dasar manusia, padi yang menjadi dasar untuk makanan pokok dan kapas untuk kebutuhan dasar sandang. Jadi lambang ini bertujuan untuk memberikan kebutuhan dasar setiap bangsa Indonesia secara merata dan adil.

Arti pancasila dan lambangnya memang sangat vital bagi bangsa kita hukum dan budaya di seluruh Indonesia hendaknya harus mematuhi dan tidak melanggar serta bertentangan dengan pancasila. Fungsi pancasila memang telah menjadi pedoman bangsa Indonesia selama bangsa ini berdiri.

Baca juga: Lambang Garuda Pancasila


Makna Lambang Pancasila

  • Makna Sila ke 1

Sila pertama dengan lambang Bintang – Ketuhanan yang Maha Esa: Bintang pada lambang sila pertama artinya adalah menerangi dan memberi cahaya bagi bangsa dan negara. Terus memberi cahaya seperti tuhan yang maknanya adalah jalan terang agar negara dapat menempuh jalan yang benar.


  • Makna Sila ke 2

Sila Kedua Lambang Rantai – Kemanusiaan yang adil dan beradab: Rantai merupakan lambang dari sila kedua, rantai ini memiliki makna yang sangat besar dan terdiri dari rantai bulat (melambangkan perempuan) dan rantai persegi (melambangkan laki laki). Rantai yang saling berkait melambangkan bahwa setiap rakyat baik perempuan dan laki laki harus bersatu padu untuk agar bisa menjadi kuat seperti rantai.


  • Makna Sila ke 3

Sila Ketiga Lambang Pohon Beringin – Persatuan Indonesia: Pohon beringin merupakan pohon yang besar memiliki ranting luas yang dapat menjadi tempat berteduh yang menyejukkan. Selain itu pohon beringin juga memiliki akar yang sangat kuat dan menjalar di mana mana, seperti keanekaragaman suku dan bangsa indonesia yang harus tetap bersatu.


  • Makna Sila ke 4

Sila Keempat Lambang Kepala Banteng – kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan: Kepala banteng memiliki makna bahwa hewan yang suka berkumpul dan memiliki kepala yang tangguh. Banteng merupakan hewan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan suka berkumpul. Artinya kita harus rajin bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah dan dalam mengambil keputusan.

Baca juga: Pemuda Pancasila


  • Makna Sila ke 5

Sila Kelima Lambang Padi dan Kapas- keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia: Padi dan kapas ini melambangkan kebutuhan dasar manusia, padi yang menjadi dasar untuk makanan pokok dan kapas untuk kebutuhan dasar sandang. Jadi lambang ini bertujuan untuk memberikan kebutuhan dasar setiap bangsa Indonesia secara merata dan adil.


Arti Lambang Pancasila

  • Arti Lambang Pancasila ke 1

Sila pertama dengan lambang Bintang: Ketuhanan yang Maha Esa Bintang pada lambang sila pertama artinya adalah menerangi dan memberi cahaya bagi bangsa dan negara. Terus memberi cahaya seperti tuhan yang maknanya adalah jalan terang agar negara dapat menempuh jalan yang benar.


  • Arti Lambang Pancasila ke 2

Sila Kedua Lambang Rantai: Kemanusiaan yang adil dan beradab Rantai merupakan lambang dari sila kedua, rantai ini memiliki makna yang sangat besar dan terdiri dari rantai bulat (melambangkan perempuan) dan rantai persegi (melambangkan laki laki). Rantai yang saling berkait melambangkan bahwa setiap rakyat baik perempuan dan laki laki harus bersatu padu untuk agar bisa menjadi kuat seperti rantai.


  • Arti Lambang Pancasila ke 3

Sila Ketiga Lambang Pohon Beringin: Persatuan Indonesia Pohon beringin merupakan pohon yang besar memiliki ranting luas yang dapat menjadi tempat berteduh yang menyejukkan. Selain itu pohon beringin juga memiliki akar yang sangat kuat dan menjalar di mana mana, seperti keanekaragaman suku dan bangsa indonesia yang harus tetap bersatu.

Baca juga: Makna Lambang Pancasila


  • Arti Lambang Pancasila ke 4

Sila Keempat Lambang Kepala Banteng: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan Kepala banteng memiliki makna bahwa hewan yang suka berkumpul dan memiliki kepala yang tangguh. Banteng merupakan hewan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan suka berkumpul. Artinya kita harus rajin bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah dan dalam mengambil keputusan.


  • Arti Lambang Pancasila ke 5

Sila Kelima Lambang Padi dan Kapas: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Padi dan kapas ini melambangkan kebutuhan dasar manusia, padi yang menjadi dasar untuk makanan pokok dan kapas untuk kebutuhan dasar sandang. Jadi lambang ini bertujuan untuk memberikan kebutuhan dasar setiap bangsa Indonesia secara merata dan adil.


Bunyi dan Simbol Pancasila

  • Bunyi Sila ke 1

Ketuhanan Yang Maha Esa = Bintang

Lambang Pancasila ke 1

Kenapa bintang? Karena simbol bintang ini merupakan simbol kesucian dan kesakralan.


  • Bunyi Sila ke 2

Kemanusiaan yang adil dan beradab = Rantai emas

Lambang Pancasila ke 2

Simbol ini memiliki makna bahwa kehidupan manusia yang turun temurun dan adanya saling keterkaitan antara manusia.

Baca juga: Sejarah Pancasila


  • Bunyi Sila ke 3

Persatuan Indonesia = Pohon beringin

Pohon beringin

Simbol ini di jadikan simbol kekuatan dan perlindungan sesuai jiwa sila ketiga Pancasila.


  • Bunyi Sila ke 4

Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan = Kepala Banteng

Kepala banteng

Simbol ini di gunakan sebagai simbol kebesaran. Pada masa perjuangan melawan penjajah pun simbol ini telah di gunakan untuk meningkatkan semangat juang untuk mencapai kemerdekaan.


  • Bunyi Sila ke 5

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia = Padi dan kapas

Lambang Pancasila ke 5

Padi melambangkan kondisi kecukupan makanan dan kapas melambangkan kondisi kecukupan pakaian. Simbol ini bermakna sebagai perwujudan bangsa Indonesia untuk mencapai kehiduan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila


Contoh Lambang Pancasila

Berikut dibawah ini contoh lambang pancasila, adalah:

  • Contoh Lambang Pancasila Sila Pertama (1)

Tidak memaksakan kehendak , melaksanakan sikap bertoleransi , dan saling menolong antar umat.

  • Contoh Lambang Pancasila Sila Kedua (2)

Gemar melakukan sikap kemanusiaan , tidak semena mena sama orang , tidak membeda bedakan orang , dan memperlakukan masyarakat sesuai martabatnya.

  • Contoh Lambang Pancasila Sila Ketiga (3)

Bangga dan cinta tanah air , memajukan sikap persatuan dan kesatuan , dan rela berkorban demi kepentingan bangsa indonesia.

  • Contoh Lambang Pancasila Sila Keempat (4)

Meengutamakan musyawarah mufakat , dan mengakui bahwa setiap orang mempunyai kedudukan yang sama.

  • Contoh Lambang Pancasila Sila Kelima (5)

Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong, tidak melakukan kegiatan yang merugikan umum  , melakukan kegiatan yang mewujudkan kemajuan dan keadilan.


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Lambang Pancasila: Arti, Makna, Bunyi, Simbol, Contoh, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Baca juga: