Lambang Garuda Pancasila

Posted on

Lambang Garuda Pancasila: Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan membuat artikel tentang Lambang Garuda Pancasila, yuk disimak pembahasannya di bawah ini:

Lambang Garuda Pancasila


Arti Lambang Garuda Pancasila

Berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 menyatakan bahwa Lambang Negara Republik Indonesia adalah Garuda Pancasila . Pemerintah Republik Indonesia juga mempertegas lambang negara Republik Indonesia dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 1951 tentang Lambang Negara yang menyetujui Garuda Pancasila sebagai Lambang Negara Republik Indonesia.

Sementara dalam peraturan perundang-undangan yang baru tentang penggunaan Garuda Pancasila sebagai Lambang Negara juga mengatur dalam UU No. 24 Tahun 2009 dalam Pasal 46 yang berbunyi:

Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia membentuk Garuda Pancasila yang dikirim menoleh lurus ke kanan, perisai terdiri dari jantung yang tergantung dengan rantai di leher Garuda, dan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang disediakan di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda.

Baca juga: Sejarah Pancasila


1. Arti dari Lambang Garuda Pancasila

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap Warga Negara Indonesia tentang makna dan makna dari Garuda Pancasila.

  • Sayap = 17
  • Ekor = 8
  • Pangkal Ekor = 19
  • Leher = 45

Sedangkan jumlah Bulu-bulu Burung Garuda melambangkan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu 17 Agustus 1945.


2. Perisai PANCASILA

Gambar Perisai Pancasila

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar yang bisa Anda gunakan: 5 (lima) Dasar Sila dalam Pancasila, sebagai berikut:

Baca juga:  Pemuda Pancasila

1. Bintang = Ketuhanan Yang Maha Esa

Bintang

2. Rantai Baja = Kemanusian yang Adil dan Beradab

Rantai Baja

3. Pohon Beringin = Persatuan Indonesia

Pohon Beringin

4. Kepala Banteng = Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat negosiasi dalam permusyawaratan / perwakilan

Kepala Banteng

5. Padi dan Kapas = Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Padi dan Kapas

Baca juga: Nilai-Nilai Pancasila Sesuai Dengan Perkembangan Zaman


3. Tulisan BHINNEKA TUNGGAL IKA

Tulisan kalimat Bhinneka Tunggal Ika dalam pita yang dicengkeram oleh kaki Burung Garuda, memiliki arti bagi bangsa Indonesia. Kata Bhinneka Tunggal Ika diambil dari buku Sutasoma karangan Empu Tantular. Dalam Wikipedia (2014)

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah kutipan dari Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular. Kata “bhinneka” berarti beraneka ragam atau berbeda, kata “tunggal” berarti satu, kata “ika” berarti itu. Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan “Beraneka Satu Itu”, yang berbeda pendapat berbeda tentang hakikatnya tetap, satu di antara pusparagam bangsa Indonesia adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.


4. Warna Utama Garuda Pancasila

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009, warna Pokok Negara terdiri dari:

Sebuah. warna merah di bagian kanan atas dan kiri bawah perisai;

b. warna putih di bagian kiri atas dan kanan bawah perisai;

warna kuning emas untuk seluruh burung Garuda;

d. warna hitam di tengah-tengah perisai yang berbentuk hati; dan e. warna alam untuk seluruh gambar lambang.


Urutan Lambang Garuda Pancasila

Berikut ini adalah urutan lambang lambang garuda pancasila, yaitu:

  • Bintang

Bintang

Urutan pertama dari simbol Garuda Pancasila, di mana bintang dimanifestasikan sebagai tuhan yang maha esa, ini dinyatakan sebagai berkat Allah adalah hal dari semua dan hubungan manusia dengan Tuhan mereka.

  • Rantai

Rantai Baja

Maksudnya adalah kebenaran yang jujur ​​dan beradab. Dimana rantai akan terdiri dari simbol yang membentuk lingkaran dan bentuk persegi panjang. Di mana lingkaran adalah gambar untuk wanita dan persegi empat adalah pria.

Baca juga: Sejarah Pancasila

  • Pohon Beringin

Pohon Beringin

Adalah salah satu pohon besar yang banyak orang percaya untuk tempat berlindung dan berteduh. Memiliki arti keberlangsungan Indonesia. Dimana pohon beringin adalah salah satu pohon yang unik yang memiliki tutup yang akan menyebar di mana itu berarti keragaman bangsa di Indonesia.

  • Kepala Benteng

Kepala Banteng

Simbol ini melambangkan sila dengan maksud kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam perwakilan. Berarti segala sesuatu yang terjadi, tetapi masyarakat Indonesia harus tetap bersama-sama dan memberikan musyawarah dengan jujur ​​dan akan membahas segala sesuatu bersama-sama atau dalam musyawarah.

  • Padi dan Kapas

Padi dan Kapas

Dimana simbol ini memiliki arti keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Padi adalah perwujudan dari makanan dasar, yang dalam bentuk makanan dan kapas untuk kebutuhan sandang. Ini adalah hal yang diperlukan untuk kemakmuran rakyat.


Makna Lambang Garuda Pancasila

Berikut ini adalah makna lambang garuda pancasila , yaitu:

  • Bintang

Bintang emas dengan perisai hitam melambangkan sila pertama, Ketuhanan yang Maha esa. Memiliki arti sebagai cahaya rohani bagi setiap manusia.

Sementara latar belakang hitam melambangkan warna alam atau warna asli yang menunjukkan Allah adalah sumber dari segala sesuatu dan telah ada sebelumnya segala sesuatu di dunia ini ada.

  • Rantai

Rantai ini maksud sila kedua iaitu umat manusia yang adil dan beradab. Gambar Rantai gelang kecil ini berarti hubungan manusia dengan satu sama lain yang saling membantu. Rantai di Sila terdiri dari rantai persegi empat dan lingkaran yang membentuk lingkaran.

Rantai persegi empat melambangkan jantan dan lingkaran melambangkan wanita. Kemudian manusia harus saling membantu.

  • Pohon Beringin

Pohon beringin ini mewakili sila tiga, persatuan Indonesia. Memiliki akar panjang menjulang yang mendukung pohon besar ini tumbuh. Akar dari rumbuh ini masuk ke dalam tanah dan mencerminkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

Baca juga: Hari Lahir Pancasila

Pohon beringin juga memiliki akar yang menjalar ke mana-mana dan dilambangkan dengan persatuan yang memiliki bermacam-macam latar belakang budaya.

  • Banteng

Banteng digunakan karena banteng adalah hewan sosial yang disukai untuk didistribusikan. Seperti musyawarah, orang berdiskusi dan berkumpul.

  • Padi dan Kapas

Padi dan kapas melambangkan peringkat, yaitu keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia.

Kapas dan beras melambangkan sandang dan makanan yang mana kebutuhan pokok masyarakat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan.


Jumlah Bulu Burung Garuda

Burung Garuda memiliki 89 bulu yang mana memuat:

  • Sayap = 17
  • Ekor = 8
  • Pangkal Ekor = 19
  • Leher = 45

Bulu-bulu Burung Garuda melambangkan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu 17 Agustus 1945.


Baca juga:


Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Lambang Garuda Pancasila, semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.