Sejarah Islam

Posted on

Sejarah Islam: Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Sejarah Islam, yuk simak dibawah ini:


Sejarah Islam


Sejarah Islam di Indonesia telah melalui proses yang panjang. Kita tahu bahwa Islam sudah lama masuk ke setiap negara di dunia, dari Afrika, Timur Tengah, Asia hingga Eropa.

Sejak zaman Nabi Muhammad, Islam telah menyebar ke berbagai negara. Bahkan setelah kematian Nabi Muhammad (semoga dia beristirahat dengan damai), Kazakhstan dan para pemimpin dinasti Islam lainnya masih mempraktikkan syi’ar Islam.

Sejarah Islam


Sejarah Islam di Indonesia

Islam masuk ke Indonesia pada masa Dinasti Umayyah (Dinasti Umayyah) yang mendirikan basis perdagangan di pantai barat Sumatera.

Saat itu, Indonesia termasuk negara yang kaya akan rempah-rempah, penuh dengan pebisnis dari seluruh dunia.

Pedagang muslim juga datang ke Indonesia untuk kegiatan perdagangan. Ini telah berlangsung selama berabad-abad.

Namun, ada pandangan lain tentang sejarah Islam di Indonesia. Dalam hal ini, sebagian orang mengklaim bahwa Islam pertama kali dibawa oleh 9 Wali atau yang disebut Wali Songo.

Seperti kita ketahui bersama, Islam sendiri pertama kali masuk ke Indonesia pada abad ke-7.

Sebelum Islam masuk ke Indonesia, ada beberapa agama yang terlebih dahulu masuk, yaitu Hindu dan Budha yang merupakan kepercayaan masyarakat Indonesia.


Teori Sejarah Islam Indonesia

Islam telah masuk dan berkembang di Indonesia sejak zaman dahulu kala. Berbagai teori telah dikemukakan oleh para sejarawan, dan teori-teori tersebut juga didukung oleh beberapa fakta.

Dilihat dari proses pembangunannya, penyebaran Islam di Indonesia terbagi dalam tiga kategori. Ketiga teori tersebut meliputi:

Teori Gujarat

Ini adalah teori invasi Gujarat India terhadap Islam yang dikemukakan oleh para peneliti Belanda. Berdasarkan teori ini, diceritakan bahwa Muslim dari Arab pergi ke Gujarat, India.

Di sana, Shafi Islam berkembang dan diajarkan oleh orang-orang ini. Kemudian orang-orang dari Gujarat datang ke Indonesia yang sebelumnya memiliki hubungan dagang dengan nusantara.

Oleh karena itu, dalam hal ini Islam lambat laun mulai menyebar di kalangan pedagang. Oleh karena itu, Indonesia dan Gujarat memiliki sekolah yang sama dengan sekolah Syafi’i.

Teori sejarah Islam Indonesia juga diperkuat dengan keberadaan batu nisan Sultan Malik Al Saleh (Saltan Malik Al Saleh) yang mirip dengan yang ada di Kambay Guajarat.

Teori Mekkah

Menurut teori ini, dapat dikatakan bahwa Islam di Indonesia memasuki abad pertama hijrah, atau tepatnya pada abad ke-7.

Ulama Bouya Hamka mengatakan bahwa Islam berasal dari Arab atau Mesir dan dibawa oleh musafir sufi.

Buja menulis dalam bukunya: “Pembubaran Kejumudan: Menjawab Dugaan Salafy Wahhabi”. Dinyatakan bahwa Gujarat hanyalah tempat singgah sementara para pedagang Arab sebelum akhirnya masuk ke Indonesia.

Teori Persia

P.A Hosein Djajadiningrat (P.A Hosein Djajadiningrat) mengemukakan bahwa teori sejarah Islam di Indonesia berasal dari Persia karena banyak kesamaan dalam budaya Islam antara Indonesia dan Persia.

Ini termasuk memperingati sepuluh tahun Muhammad atau Asyura, untuk memperingati kesulitan Hussein di kedua negara ini.

Selain itu, ada kesamaan dalam penggunaan ejaan untuk membaca huruf Arab antara orang Persia dan Indonesia.

Kesamaan lainnya adalah ajaran Syekh Siti Jenar dan ajaran Sufi Iran Al-Hallaj, yang dikembangkan dalam puisi.

Teori Persia ini juga menunjukkan bahwa Islam Persia berdampak pada perkembangan mazhab Syafi’i yang dianut oleh umat Islam di Nusantara.


Saksi sejarah masih ada sampai sekarang

Ada banyak kesaksian sejarah penyebaran Islam di Indonesia ratusan tahun silam, dan masih bisa kita lihat keberadaan beberapa masjid hingga saat ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, masjid adalah tempat ibadah bagi umat Islam di seluruh Indonesia.

Potret 8 masjid tertua dalam sejarah agama Islam di Indonesia merangkum arsitektur masjid ini.

Kedelapan masjid ini merupakan bukti sejarah Islam di Indonesia. Perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Sejarah Islam, semoga bisa bermanfaat.