Sebutkan Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Posted on

Sebutkan Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Sebutkan Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia, yuk simak dibawah ini :


Sebutkan Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia


Keragaman masyarakat Indonesia

Orang-orang yang tinggal di daerah Anda adalah bagian tak terpisahkan dari negara Indonesia. Indonesia adalah negara yang luar biasa.

Indonesia terdiri dari 34 negara bagian, termasuk ribuan pulau. Luas dan luas wilayah Indonesia mempengaruhi keanekaragaman bangsa Indonesia.

Keanekaragaman merupakan kondisi masyarakat yang menimbulkan banyak perbedaan di berbagai daerah di Indonesia.

Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku, ras, agama, kepercayaan, ideologi politik, sosial budaya, ekonomi dan gender. Keberagaman bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan negaranya.

Keragaman dikatakan indah. Anda dapat melihat contoh keanekaragaman yang indah dari pemandangan laut.

Pemandangan laut dalam ditandai dengan berbagai macam ikan dan karang. Perbedaannya menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Selain itu, saya lebih senang menonton TV berwarna daripada TV hitam putih. Pemandangan bawah laut menunjukkan bahwa negara Indonesia yang majemuk lebih indah dari pada negara yang seragam.

Pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia harus mendorong keberagaman ini untuk membantu mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Keragaman sosial bisa menjadi tantangan, karena orang yang tidak menyenangkan menjadi tidak terkendali.

Kebangkitan kedaerahan dan kesukuan secara berlebihan dan dengan tindakan yang merusak persatuan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh sebab itu, usalah menguatkan kerukunan antara suku, pemeluk agama, serta golongan sosial yang lain harus diupayakan.

Upaya mewujudkan harmoni bisa dilaksanakan melewati pembicaraab serta kerja sama dengan prinsip persatuan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati.


Faktor penyebab keragaman suku dan budaya di Indonesia

Keberagaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik internal maupun eksternal. Itu juga dipengaruhi oleh faktor alam, dirinya sendiri, dan masyarakat. Secara umum keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh:

Lokasi strategis di Indonesia

Amati letak geografis Indonesia pada peta dunia. Letak Indonesia yang strategis di antara dua Kepulauan Pasifik dan Samudera Hindia, serta dua benua Asia dan Australia telah menjadikan kawasan kita jalur perdagangan internasional.

Transportasi perdagangan berdampak budaya pada budaya Indonesia serta produk perdagangan.

Sebagai hasil dari kedatangan orang asing dari berbagai ras dan pemukiman berikutnya di Indonesia, ras, agama dan bahasa menjadi beragam.

Negara kepulauan

Berbagai kondisi alam seperti pesisir, pegunungan, daerah subur, padang rumput, dataran rendah, rawa-rawa dan laut telah membuat perbedaan di masyarakat.

Situasi ini menghambat hubungan antar orang di pulau yang berbeda. Semua masyarakat di nusantara mengembangkan budayanya sendiri-sendiri, tergantung dari tingkat kemajuan dan lingkungannya.

Hasilnya adalah perbedaan suku, bahasa, budaya, dan peran laki-laki dan perempuan.

Perbedaan kondisi alam

Berbagai kondisi alam seperti pesisir, pegunungan, daerah subur, padang rumput, pegunungan, dataran rendah, rawa-rawa dan laut telah membuat perbedaan di masyarakat. Juga, keadaan kekayaan alam, tumbuhan yang bisa tumbuh, dan binatang yang hidup disekitarnya.

Masyarakat pesisir berbeda dengan masyarakat pegunungan dalam hal bentuk rumah, mata pencaharian, makanan utama, sandang, seni, dan bahkan perbedaan kepercayaan.

Transportasi dan komunikasi

Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi turut mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia.

Kemudahan penggunaan fasilitas ini memungkinkan orang untuk dengan mudah terhubung dengan komunitas lain, meskipun jarak dan kondisi alam yang sulit.

Di sisi lain, keterbatasan fasilitas juga turut berkontribusi pada keberagaman masyarakat Indonesia.

Penerimaan perubahan oleh komunitas

Sikap masyarakat terhadap sesuatu yang baru, baik di dalam maupun di luar masyarakat, mempengaruhi perbedaan dalam masyarakat Indonesia.

Beberapa orang lebih cenderung menerima budaya lain, seperti orang asing dan masyarakat perkotaan. Namun, beberapa orang masih berpegang teguh pada budaya mereka.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Jelaskan Sebutkan Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia, semoga bisa bermanfaat.