Pengertian Pedagogik

Posted on

Pengertian Pedagogik – Hallo guys balik lagi bersama ppkn.co.id disini kami akan membahas mengenai Pengertian Pedagogik: Menurut Para Ahli, Tujaun, Hakikat, yuk simak penjelasannya dibawah ini:

gambar Pengertian Pedagogik


Pengertian Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Kompetensi pedagogi adalah merupakan salah satu jenis yang mutlak yang harus dimiliki oleh setiap guru, gunanya untuk memahami bagaimana karakteristik peserta didik dan melakukan evaluasi dalam pembelajaran, pada dasarnya, kompetensi pedagogi itu adalah kompetensi yang memiliki ke khasan tersendiri dalam mendidik para peserta didik.

Berdasarkan Undang-undang no.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dalam pasal 8 dijelaskan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidk, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Baca juga : Struktur Organisasi PBB


Pengertian Pedagogik Menurut Para Ahli

  • Menurut Suwarno

Pedagogi Pendidikan yang menekankan praktek pedagogis dalam hal ini terkait erat dengan kegiatan pendidikan dan bimbingan anak. Sementara itu, rasa pedagogi menurut Sarwono adalah suatu teori yang menyeluruh, objektif dan tegas dalam rangka mengembangkan konsep sifat manusia, substansi anak, substansi anak dan sifat tujuan pendidikan itu sendiri.

  • Menurut Prof. Dr. J. Hoogveld dari Belanda

Pedagogi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah konselor anak dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Sehingga suatu hari setelah tumbuh dewasa, tugas hidupnya dapat dicapai.

  • Menurut Ana Maria

Pedagogi adalah sebuah proses yang menyoroti hubungan antara pendidikan, pengajaran dan pembelajaran, yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian peserta didik atau siswa dalam rangka mempersiapkan mereka untuk menjalani hidup.

Ana Maria juga menganggap hubungan antara guru dan pendidikan sebagai sekolah binaan, tetapi pedagogi tidak melewati batas-batas lembaga pendidikan.

Dia juga berpendapat bahwa keluarga dan masyarakat tidak menganggap pendidikan pada generasi sekarang atau di masa depan.

  • Menurut Valdivia

Mendefinisikan pedagogi yang sangat terkait erat dengan tujuan sosial yang dikembangkan dan memiliki hubungan dengan satu sama lain.

Bagian dialetic pengajaran dan pendidikan, dan karakter umum pendidikan itu sendiri, berarti bahwa hal itu menunjukkan bahwa pedagogi adalah di dalam dan di luar proses pendidikan.

  • Menurut Addine

Arti pedagogis menurut Addine karakter pedagogis memiliki kesatuan ilmiah dari proses pedagogis. Karakter adalah salah satu highlights yang perlu pedagogis terstruktur berdasarkan pengetahuan dalam bidang ilmu pengetahuan kontemporer.

Sementara hubungan antara sekolah dan kehidupan didasarkan pada dua aspek penting, ini adalah tugas untuk mendidik seseorang.


Tujuan Pedagogik

  1. Memanusiakan manusia, menjadikan seseorang dewasa demi kebahagiaan dalam menjalani kehidupan.
  2. Agar anak di kemudian hari mampu memahami dan menjalani kehidupan dan kelak dapat menghidupi diri mereka sendiri, dapat hidup secara bermakna, dan dapat turut memuliakan kehidupan.
  3. Membantu murid mempertanyakan dan menantang dominasi serta keyakinan dan praktek-praktek yang mendominasi.
  4. Mengembangkan kepribadian siswa yang sehat.

Jelaskan Hakikat Pedagogik

Istilah pedagogi adalah salah satu konsep pendidikan, berasal dari kata “Paedos”, yang berarti anak, dan “Agogos” berarti pengantar atau kepemimpinan. Dua kata telah menghasilkan beberapa istilah yang sama, yaitu pedgos, pedagogi, pedagogi dan pedagogi.

Paedagogos adalah seorang pelayan atau pembantu di Yunani kuno, ia ditugaskan untuk menjatuhkan dan mengambil anak majikannya di sekolah. Dalam perjalanan waktu, istilah päedagogos berubah menjadi pendidik dan masih berlaku saat ini.

Baca juga : Fungsi Daftar Pustaka


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Pengertian Pedagogik: Menurut Para Ahli, Tujaun, Hakikat, Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel lainnya :