Contoh Pemerintahan

Posted on

Contoh Pemerintahan : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Contoh Pemerintahan, yuk simak dibawah ini:


Contoh Pemerintahan


Suatu negara harus memiliki orang, wilayah, kedaulatan, pemerintahan dan kemampuan untuk menjalin hubungan diplomatik dengan negara lain.

Ada sekitar 200 negara saat ini di dunia. Semua memiliki bentuk pemerintahan yang berbeda.

Bentuk pemerintahan adalah rangkaian institusi politik yang digunakan untuk menyelenggarakan negara dalam menegakkan kekuasaan atas suatu komunitas politik.

Dalam dunia sekarang ini terdapat berbagai bentuk pemerintahan yang telah dilaksanakan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Contoh Pemerintahan


Beberapa Contoh Pemerintahan

Monarki

Monarki adalah suatu bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh raja atau ratu sebagai pemegang kekuasaan negara. Monarki juga merupakan bentuk pemerintahan tertua di dunia, lho.

Masing-masing raja dan ratu memiliki julukan masing-masing seperti di Jepang, raja disebut Kaisar, Brunei Darussalam disebut Sultan, dan gelar Yang di-Pertuan Agong di Malaysia.

Tirani

Sepintas, tirani ibarat monarki di mana kekuasaan suatu negara dipegang oleh satu orang.

Tapi, kawan-kawan, tirani itu dilakukan semena-mena dengan cara otoriter dan absolut.

Contoh negara yang telah mempraktikkan bentuk tirani ini adalah Adolf Hitler di Jerman dan Joseph Stalin dari Uni Soviet.

Aristokasi

Jika monarki dan tirani dipegang oleh satu orang, berbeda dengan aristokrasi yang dipegang oleh beberapa orang. Orang-orang ini memiliki peran penting seperti halnya ulama.

Di tahun 1700-an, Prancis pernah menganut aristokrasi yang kekuasaannya diperlihatkan untuk kepentingan publik, lho.

Oligarki

Layaknya bangsawan, kekuasaan dalam oligarki juga dipegang oleh beberapa orang, kawan. Namun, mereka yang berperan dalam oligarki dibedakan berdasarkan kekayaan, keluarga, atau militer.

Salah satu negara yang pernah menganut bentuk oligarki adalah Afrika Selatan yang berakhir pada tahun 1994 ketika Nelson Mandela menjabat sebagai presiden.

Demokrasi

Coba tebak, negara apa yang merupakan bentuk pemerintahan demokratis? Ya salah satunya adalah Indonesia! Dalam demokrasi, setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam mengambil keputusan.

Oleh karena itu, kami juga mengetahui istilah dari orang-orang, oleh orang-orang, dan untuk orang-orang yang diciptakan oleh Abraham Lincoln. Karena memang dalam demokrasi pemegang kekuasaan adalah rakyat.


Teknokrasi

Tidak hanya politisi yang punya kekuasaan di suatu negara, ternyata ahli teknik juga punya kesempatan untuk mengambil keputusan negara, lho.

Ya, teknokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana para ahli teknis memiliki kekuasaan.

Dalam sebuah teknokrasi, pengambil keputusan akan dipilih berdasarkan sejauh mana mereka menguasai bidang tertentu seperti insinyur, ilmuwan, dan ahli kesehatan.

Timokrasi

Timokrasi adalah bentuk pemerintahan dengan cita-cita tertinggi sebuah negara yang diatur oleh pemimpin yang memiliki kehormatan dan harga diri.

Timokrasi ini adalah kebalikan dari kepemimpinan yang didasarkan pada kelas, keturunan, kekuasaan, dan hak istimewa.

Kleptokrasi

Tahukah Anda bahwa ada suatu bentuk pemerintahan di mana pemegang kekuasaan menggunakan posisinya untuk mencuri kekayaan negara atau korupsi.

Mereka mengambil pajak yang berasal dari rakyat untuk memperkaya kelompok tertentu atau diri mereka sendiri.

Semakin masif tindakan korupsi yang dilakukan oleh pejabat publik, semakin banyak negara mengacu pada kleptokrasi.

Oklusi

Pendudukan terjadi ketika negara berada dalam anarki massa dengan pemerintahan ilegal, Squad. Mereka memiliki kekuatan senjata yang besar, sehingga orang lain takut.

Pada tahun 1930-an, Amerika Serikat hampir masuk dalam kategori ini di mana keluarga mafia menguasai negara secara ilegal dan inkonstitusionalitas.

Plutokrasi

Ketidakseimbangan antara si kaya dan si miskin terlihat jelas di kalangan plutokrasi. Pasalnya, bentuk pemerintahan digerakkan oleh orang-orang kaya yang diciptakan dari kondisi ekstrim.

Mereka tidak hanya menguasai sumber daya ekonomi dan politik, tetapi juga sumber daya militer seperti senjata dan lain-lain.

Negara yang memiliki sumber daya alam seperti minyak dan logam mulia berpotensi mengalami pemerintahan jenis ini, loh.

Karena secara umum, badan yang mengendalikan sumber daya ini ingin mempertahankan kondisi yang menguntungkan mereka.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Contoh Pemerintahan, semoga bisa bermanfaat.