Contoh Paragraf Narasi

Diposting pada
5/5 - (25 votes)

Contoh Paragraf Narasi : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Contoh Paragraf Narasi, yuk simak dibawah ini:


Contoh Paragraf Narasi


Narasi adalah jenis pengembangan paragraf secara tertulis, di mana rangkaian peristiwa digambarkan dari waktu ke waktu dalam urutan awal, tengah dan akhir.

Definisi, contoh paragraf Narasi serta karakteristik dan tipenya (narasi yang direkomendasikan dan ilustrasi) -berdasarkan deret waktu yang koheren.

Paragraf ini bertujuan untuk menceritakan atau menghibur pembaca dengan memberikan pengalaman estetik kepada pembaca.

Paragraf Narasi adalah paragraf yang menceritakan tentang peristiwa atau peristiwa. Dalam artikel atau paragraf Narasi, terdapat alur cerita, karakter, latar, dan konflik. Paragraf Narasi tanpa kalimat utama

Paragraf Narasi adalah artikel atau cerita yang mengungkapkan peristiwa atau peristiwa dan bagaimana peristiwa terjadi dalam urutan kronologis.

Insiden itu mungkin benar-benar terjadi, tetapi mungkin juga fiktif. Romansa, novel, sandiwara, biografi, dan cerita perjalanan adalah semua jenis penulisan Narasi.

Contoh Paragraf Narasi


Karakteristik paragraf Narasi

  • Berupa cerita tentang peristiwa atau pengalaman penulis.
  • Paragraf Narasi menekankan tindakan atau elemen tindakan.
  • Atur dalam urutan kronologis, arah yang jelas, klimaks dan resolusi.
  • Memiliki ciri utama, seperti kepribadian, latar belakang, konflik, dan pendapat penulis.
  • Biasanya ada banyak kalimat langsung dalam paragraf ini.
  • Memiliki nilai estetika. Dalam paragraf Narasi, penulis bisa lebih leluasa dan kreatif dalam memutuskan kamus. Selain itu, gaya penyusunan kalimat juga berpengaruh pada paragraf Narasi.

Jenis paragraf Narasi

Paragraf Narasi ada dua jenis, yaitu:

Paragraf Narasi Ekspositoris

Artinya, paragraf yang memberi tahu orang-orang serangkaian tindakan untuk mengirimkan informasi.

contoh:

“Beternak ayam tidak sesulit yang dikira orang. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kandang ayam sesuai kebutuhan. Sebaiknya tambahkan sedikit lampu pada kandang ayam untuk digunakan memanaskan suhu tubuh ayam. Lalu, beli 2 ayam jantan dan 7 Ayam pertama Pastikan memberi makan ayam secara rutin agar terhindar dari penyakit dan bersihkan kandang secara rutin.

Paragraf Narasi sugestif

Artinya, paragraf yang menggambarkan rangkaian peristiwa untuk merangsang imajinasi pembaca atau pendengar.

contoh:

“Fazal berangkat kerja pagi ini seperti biasa. Fazal bekerja di perusahaan swasta dan bergerak di bidang cleaning service. Maklum, Fazal baru saja lulus SMA. Fazal sangat ingin melanjutkan studinya. Terus dapat pendidikan tinggi, Fazal telah menghina pekerjaannya, dia selalu bersemangat, berdoa kepada Tuhan agar mimpinya menjadi kenyataan.


5 Ccontoh Paragraf Narasi Pendek

Liburan tidak diragukan lagi adalah salah satu kegiatan paling menarik dan populer.

Nah, menggunakan konsep yang ramai ini, Kamu tentunya bisa menulis bemacam jenis essay, semacam paragraf pendek serta narasi Seperti dibawah ini:

Contoh Narasi 1

Liburan bersama ibu

Kemarin sekolah tutup dan Tina tidak bisa pergi ke mana-mana. Karena orangtuanya tidak kaya, Tina ada di rumah saat liburan sekolah.

Tapi tolong jangan salah sangka, TIna bukanlah anak yang malas di rumah. Dia selalu membantu ibunya membuat kue.

Bukan cuma itu, ia pula membantu ibunya berjualan kue dan mencari pendapatan lebih buat orang tuanya.

Makanya liburan kali ini, meski Tina tidak bisa ke tempat wisata, Tina tetap sangat bersyukur, karena liburan kali ini bisa membantu orang tua tercinta.

Contoh Narasi 2

Liburan di rumah nenek

Di akhir pekan Nenek. Jonnie melakukan ini setiap akhir pekan, karena nenek tinggal sendirian. Jonny sering menghabiskan akhir pekan bersama kakek nenek dan kerabat lainnya di rumah neneknya.

Mereka sedang bermain di kolam, menatap ikan koi milik nenek yang cantik dan besar. Joni dan sepupu lainnya sering berenang bersama di kolam koi.

Contoh Narasi 3

Berlibur Ke Pantai

Kemarin saya dan pacar saya Idul Fitri sedang berlibur di selatan Yogyakarta. Seperti biasa, kami berangkat ke tempat wisata pertama setelah sholat subuh, dan pantai Parangtritis adalah tujuannya.

Lebih dari satu jam perjalanan dari Kota Solo, kami akhirnya sampai di pantai dengan pasir hitam yang indah.

Selain itu, yuk jangan lupa untuk membawa skin care kit dan skin care kit lengkap agar kulitku tetap cantik. Kami sangat senang menghabiskan waktu di sana hingga siang hari.

Contoh Narasi 4

Berdagang Sambil Liburan

Siapa bilang liburan pasti jadi atraksi turis? Liburan terakhir, saya dan Jono tidak kemana-mana. Dan kita masih bisa benar-benar merasakan liburan.

Sebab, ceritanya saya dan Jono berlibur untuk berdagang di pasar. Kami menjual Sirocco yang dibuat oleh paman saya.

Mulai sore, kami membantu paman memasak selai kacang dan bumbu rendaman, sehingga bisa dijual keesokan harinya. Kami menjual sampai mendapatkan banyak uang.

Contoh Narasi 5

Liburan bersama keluarga

Seperti biasa, saya meluangkan waktu setiap akhir pekan untuk membawa keluarga saya ke vila di lantai paling atas.

Sebelum kami berangkat, kami tidak pernah lupa menyiapkan beberapa perlengkapan untuk liburan.

Beberapa persiapan dibawakan oleh istri saya, ya, para gadis biasanya memakai perlengkapan makeup untuk menjaga penampilan.

Selain itu, persediaan lain disediakan untuk saya dan anak-anak saya. Di malam hari, keluarga kami menyalakan api unggun, bermain gitar dan bernyanyi.

Berlibur bersama keluarga adalah hal terindah dalam hidup saya.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Contoh Paragraf Narasi, semoga bisa bermanfaat.