Contoh Iklan

Posted on

Contoh Iklan : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Contoh Iklan, yuk simak dibawah ini:


Contoh Iklan


Iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilaksanakan oleh individu, instansi atau organisasi, perusahaan, yang memuat informasi menarik tentang produk atau jasa kepada publik.

Maksud dan tujuan Advokasi iklan adalah untuk membujuk atau mendorong orang agar tertarik menggunakan produk atau layanan yang disediakan.

Biasanya, iklan berupa informasi non-pribadi tentang produk atau jasa, perusahaan, merek, dll, dan dikenakan biaya tertentu.

Semua komunikasi dalam bentuk Advokasi iklan bertujuan untuk menarik perhatian orang atau membujuk orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan pengiklan.

Contoh Iklan


Definisi iklan

Yang dimaksud dengan Advokasi iklan adalah berita atau berita yang membujuk atau mendorong orang untuk tertarik pada barang atau jasa yang disediakan, biasanya melalui media Advokasi iklan seperti televisi, radio, koran, majalah, dan internet.

Biasanya iklan dipublikasikan di berbagai media sehingga banyak orang di media offline maupun online dapat melihatnya.

Media tersebut antara lain surat kabar, majalah, tabloid, televisi, situs berita, blog, media sosial, mesin pencari dan tempat umum.

Iklan berisi pemberitahuan kepada publik dan memiliki karakteristik yang mempengaruhi pembaca untuk melakukan apa yang ingin mereka lakukan.

Iklan tidak terbatas pada produk, tetapi juga mencakup informasi, undangan atau panggilan telepon untuk melakukan sesuatu. Misalnya mengajak penanaman pohon atau menjauhi narkoba.

Produksi iklan di media cetak dibatasi oleh ruang atau lokasi, sedangkan produksi iklan di media digital dibatasi oleh durasi.

Oleh karena itu, produksi Advokasi iklan biasanya singkat, ringkas, dan disertakan untuk mengurangi beban biaya jasa.


Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian atau definisi Advokasi iklan menurut beberapa pakar Advokasi iklan atau pemasaran.

Courtland L. Bovee.

Menurut Courtland L. Bovee, Advokasi iklan diartikan sebagai bentuk komunikasi non-personal, biasanya berbayar, dan persuasif terhadap produk, layanan, atau ide sponsor yang dipublikasikan melalui berbagai media.

Kotler

Menurut Kotler, konsep Advokasi iklan adalah suatu bentuk pajangan dan promosi barang, jasa dan ide yang tidak dilakukan oleh sponsor secara langsung, dalam penyiaran biasanya harus membayar kepada media.

Rhenald Kasali.

Menurut Rhenald Kasali yang dimaksud dengan Advokasi iklan adalah memberikan informasi tentang produk / jasa yang ditujukan kepada khalayak melalui mediumnya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

KBBI berkeyakinan bahwa yang dimaksud dengan iklan adalah suatu berita atau berita yang dirancang untuk mendorong dan membujuk masyarakat agar tertarik dengan barang / jasa yang disediakan.

Rachmat Kriyanto

Pengertian iklan adalah informasi tentang suatu produk tertentu yang disampaikan melalui media dengan harga tertentu dan disebarkan kepada masyarakat.

Suhandang

Advokasi iklan merupakan salah satu teknologi komunikasi massa yang digunakan untuk menyebarkan informasi tentang produk atau jasa dan memerlukan biaya tertentu.

Gilson dan Berkman

Advokasi iklan adalah media komunikasi yang dirancang untuk membujuk atau membujuk masyarakat dan dapat digunakan untuk memasarkan produk tertentu.


Fungsi teks iklan

Secara garis besar teks iklan tersebut mengandung pesan yang memperkenalkan produk kepada publik.

Namun, terdapat perbedaan yang membuat teks iklan berbeda dengan pengumuman biasa.

Artinya, secara inheren lebih meyakinkan, sehingga pasar sasaran bersedia membeli atau menggunakan produk yang dipromosikan. Selain itu, teks iklan memiliki banyak fungsi, seperti:

  • Media informasi, digunakan untuk menyampaikan informasi tentang produk, karakteristik, dll .;
  • Media membujuk atau membujuk calon konsumen untuk membeli.
  • Media reminder/reminder, mengingatkan konsumen akan produk tertentu agar bisa berlangganan atau terus menggunakannya.

Struktur teks iklan

Jika Anda ingin membuat iklan berkualitas tinggi, teks iklan mungkin ceroboh. Anda harus mengikuti sebuah struktur. Struktur ini juga akan membantu Anda menyusun konten iklan, termasuk:

Judul

Letakkan di bagian atas teks iklan. Namun, tidak semua iklan menggunakan headline di kontennya. Beberapa iklan hanya mencantumkan nama produk di atas;

Nama produk

Bagian ini mencantumkan nama produk yang akan dipromosikan;

Deskripsi Produk

Pada bagian ini, Anda harus mendeskripsikan produk yang ingin Anda jual sedetail dan seringkas mungkin.

Deskripsi biasanya mencakup spesifikasi, cara mendapatkan produk, alamat, dan contact person (telepon atau email) yang dapat dihubungi


Aturan bahasa teks iklan

Selain itu, Anda harus memperhatikan aturan bahasa pada teks iklan. Ini karena bahasa yang digunakan dalam teks iklan berbeda dengan teks lainnya.

Berikut ini adalah beberapa fitur bahasa di teks iklan yang dapat Anda terapkan.

Pakai slogan

Mereka yang sudah lama menonton iklan akan selalu menemukan slogan di dalamnya. Kata-kata atau kalimat dalam slogan harus menarik, eye-catching dan mampu menarik perhatian calon konsumen.

Sebuah slogan yang terdiri dari empat sampai lima karakter harus dapat menyampaikan informasi produk promosi.

Persuasif

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kalimat dengan elemen persuasif perlu digunakan dalam teks iklan.

Tujuan penggunaan kalimat persuasif adalah mengajak target pasar untuk mendengarkan dan mengajak mereka menggunakan produk yang dipromosikan tanpa ribut-ribut.

Anda bisa mempelajari banyak kalimat persuasif, salah satunya murah, cepat dan terpercaya.

Gunakan POV I

Penggunaan opini atau opini juga dapat mempengaruhi isi iklan. Kami menyarankan Anda mengaitkan tampilan orang pertama dengan saya, saya, atau topik kita, dan biasanya menggunakannya sebagai pengganti pengiklan.


Jenis iklan

Iklan berorientasi produk

Ini adalah bentuk Advokasi iklan yang paling umum. Iklan berorientasi produk mengacu pada semua jenis iklan yang mempromosikan produk atau layanan perusahaan.

Contoh: Iklan TV McDonald’s mempromosikan burger baru.

Selain informasi terkait produk, iklan tersebut juga dapat memberikan perbandingan langsung atau tidak langsung antara produk serupa yang ditawarkan pesaing. Ini disebut Advokasi iklan komparatif.

Contoh iklan komparatif adalah iklan Apple yang membandingkan komputer Mac dengan komputer PC.

Iklan gambar

Iklan gambar adalah iklan yang mempromosikan perusahaan itu sendiri secara keseluruhan daripada produk tertentu.

Advokasi iklan

(Juga dikenal sebagai: iklan urusan masyarakat, iklan distribusi publik, iklan opini, iklan opini publik, iklan musuh dan iklan kontroversial).

Iklan promosi adalah iklan yang menargetkan masalah tertentu yang menjadi perhatian publik.

Iklan promosi biasanya diproduksi oleh organisasi nirlaba dan dirancang untuk mempengaruhi pandangan publik tentang masalah politik atau sosial tertentu.

Perusahaan terkadang menggunakan iklan promosi. Misalnya, perusahaan dapat membuat iklan promosi dengan atau tanpa izin hukum yang dapat memengaruhi bisnis mereka

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat juga disebut pengumuman layanan masyarakat atau pengumuman layanan masyarakat.

Iklan layanan masyarakat mengacu pada iklan yang menginformasikan dan mendidik audiens tentang masalah sosial tertentu, tidak hanya mempromosikan produk.

Iklan layanan masyarakat juga mengacu pada iklan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mereka biasanya dibuat oleh organisasi nirlaba untuk memecahkan masalah sosial atau politik tertentu.

Perbedaan antara iklan layanan masyarakat dan iklan advokasi adalah bahwa media memungkinkannya berjalan secara gratis.

Contoh iklan layanan masyarakat adalah iklan Palang Merah yang mempromosikan donor darah.


Contoh iklan dengan berbagai tema

Fungsi utama Advokasi iklan adalah membuat produk yang sebelumnya kurang dikenal di pasaran menjadi terkenal di antara banyak orang.

Oleh karena itu, setiap orang mungkin tertarik untuk membeli produk Advokasi iklan.

Iklan itu sendiri bisa berupa teks, gambar atau kombinasi teks dan gambar. Beberapa contoh iklan yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Contoh iklan layanan masyarakat

Sebagian besar jenis iklan dibuat untuk tujuan komersial. Namun tujuan dari iklan layanan masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas dan tidak memiliki nilai komersial sama sekali.

Contoh iklan layanan masyarakat dapat Anda lihat pada gambar di atas. Gambar iklan dirancang untuk mengajak semua orang melindungi lingkungan.

Jika menjaga kebersihan lingkungan, Anda bisa mengatasi pemanasan global dan masalah alam lainnya.

Contoh lain dari iklan layanan masyarakat termasuk menyerukan untuk menghindari narkoba, memilih makanan dengan bijak, dll.

Selain dalam bentuk gambar, iklan layanan masyarakat juga dapat berupa audio / suara serta video dan animasi.

Contoh iklan produk

Iklan produk juga disebut iklan komersial. Tujuan utama pembuatan iklan ini adalah untuk mempromosikan produk agar laku di pasaran.

Tentu saja, keunggulan setiap produk yang dihasilkan oleh iklan tersebut disebutkan. Oleh karena itu, setiap orang yang membacanya tahu apa keunggulan produk ini dibandingkan dengan produk sejenis.

Seperti yang ditunjukkan pada contoh iklan produk di atas, hari baik memiliki banyak rasa dan digunakan sebagai keunggulan dibandingkan produk serupa.

Dengan cara ini, setiap orang dapat mengetahui apakah mereka dapat mencicipi berbagai rasa kopi dan menerapkannya pada kehidupan berbagai rasa dengan meminumnya di hari yang baik.

Tentunya kalimat penjualan dalam contoh iklan produk merupakan komponen terpenting.

Contoh iklan pekerjaan

Dapat disimpulkan dari contoh gambar iklan lowongan kerja di atas bahwa fungsi iklan lowongan adalah untuk memudahkan pemilik perusahaan dalam mencari karyawan dengan kondisi yang dibutuhkan.

Selain itu, lowongan kerja juga dapat membantu setiap orang lebih cepat menemukan pekerjaan berdasarkan keahliannya.

Biasanya iklan lowongan kerja memuat informasi lengkap tentang standar pekerjaan yang diwajibkan. Lalu ada alamat perusahaan dan waktu maksimal pengiriman lamaran kerja.

Selain itu, jika lowongan ditujukan untuk beberapa posisi, setiap posisi akan dijelaskan secara lengkap untuk menunjukkan kondisi yang harus dipenuhi.

Dengan cara ini, setiap orang dapat menyesuaikan kemampuannya sesuai dengan posisinya.

Contoh iklan Pemberitahuan

Misalnya, iklan Pemberitahuan biasanya dilakukan dalam kelompok tertentu. Layaknya sebuah keluarga besar, sekelompok pebisnis, dan antara debitur dan kreditor perusahaan.

Anda bisa melihat contoh iklan Pemberitahuan ini pada gambar di atas. Di suatu tempat di iklan sampel, perusahaan dan anggotanya diberitahu tentang hasil rapat.

Contoh iklan baris

Tentunya bagi yang sering membaca koran pasti sudah tidak asing lagi dengan iklan baris semacam ini. Jenis iklan ini adalah satu-satunya jenis iklan.

Karena iklan yang dibuat hanya tertampung dalam satu kotak dan tersusun dalam satu baris. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa iklan baris ini merupakan jenis iklan yang paling hemat tempat dan biaya produksinya.

Umumnya, mahal atau tidaknya harga iklan baris ini tergantung dari banyaknya kata yang Anda gunakan.

Semakin banyak huruf yang Anda gunakan untuk membuat iklan, semakin mahal harga iklan yang akan Anda bayarkan. Faktanya, menghemat ruang tidak jarang, dan beberapa kata iklan telah disingkat.

Oleh karena itu, jika Anda berencana menggunakan iklan baris, harap buat iklan Anda dengan istilah yang pendek, ringkas dan jelas.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Contoh Iklan, semoga bisa bermanfaat.