Ciri Ciri Perubahan Sosial

Posted on

Ciri Ciri Perubahan Sosial : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Ciri Ciri Perubahan Sosial, yuk simak dibawah ini :


Ciri Ciri Perubahan Sosial


Perubahan akan terjadi seiring waktu. Padahal, perubahan dapat terjadi dalam berbagai cara, salah satunya dalam tatanan atau struktur sosial.

Struktur adalah pola hubungan yang ada antar elemen masyarakat yang lebih inovatif mempengaruhi perubahan pemikiran, perkembangan sikap, dan perubahan kehidupan sosial menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Inilah yang disebut perubahan sosial. Dalam sosiologi, Anda akan belajar memahami karakteristik perubahan sosial.

Perubahan yang ada dalam masyarakat dapat dikenali dengan membandingkan dan mengevaluasi keadaan masyarakat sekaligus. Ada perubahan yang dilakukan dengan cepat, dan ada pula yang lambat.

Dalam kesempatan ini kami akan berbicara tentang karakteristik perubahan sosial dan berbagai contoh masyarakat.

Ciri Ciri Perubahan Sosial


Definisi Perubahan Sosial

Selama masih ada interaksi antar komunitas, perubahan akan terus terjadi dan banyak faktor yang akan terpengaruh, mulai dari faktor ekonomi, budaya, geografis dan biologis.

Perubahan dibutuhkan untuk beradaptasi dengan era yang semakin dinamis. Ada beberapa definisi tentang perubahan sosial, beberapa diantaranya adalah:

Max Weber

Menurut Max Weber, dalam buku Sociology Writing, perubahan sosiokultural adalah perubahan kondisi sosial akibat ketidakcocokan unsur-unsur yang ada di dalamnya.

Cyril Smarjan

Menurut Selo Soemardjan, perubahan sosial merupakan perubahan dalam sistem sosial masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosial seperti nilai, sikap, dan pola perilaku antar kelompok masyarakat.

William Cornbram

Perubahan sosial budaya adalah perubahan budaya secara bertahap dalam kurun waktu yang lama.

Menurut para ahli, ada beberapa definisi tentang perubahan sosial. Kemudian, beri tahu kami beberapa ciri perubahan sosial.


Ciri Ciri perubahan sosial

Bisa terjadi dimana saja

Perubahan sosial dapat terjadi di mana saja, tetapi tingkat perubahannya bervariasi dari satu tempat ke tempat lain.

Komunitas yang menganut prinsip tradisional biasanya sangat lambat berubah. Berbeda dengan masyarakat modern yang memiliki perubahan sosial yang lebih cepat.

Aspek material budaya berubah lebih cepat daripada aspek budaya non-materi. Ponsel dapat berubah dan berkembang pesat dari waktu ke waktu.

Tetapi etika penggunaannya lambat berubah. Akibatnya, kita sering menjumpai orang yang menggunakan ponsel untuk tujuan yang tidak etis.

Lakukan dengan sengaja

Terkadang perubahan sosial disengaja. Namun, seringkali hal itu terjadi bila tidak ada rencana. Misalnya, pembuat mobil sengaja mengembangkan kendaraan untuk mempercepat transportasi.

Namun, mereka tentu tidak membayangkan bahwa temuan mereka dapat menyebabkan kerusakan lingkungan akibat pencemaran bahkan kematian yang tinggi akibat kecelakaan lalu lintas. Ada banyak contoh kemungkinan perubahan sosial budaya.

Berkelanjutan

Karakteristik lain dari perubahan sosial adalah sifat perubahan sosial yang berkelanjutan.

Yang kami maksud di sini adalah bahwa semua masyarakat, tentu saja, terus-menerus mengalami perubahan, entah itu terjadi dengan cepat atau lambat.

Perubahan sosial adalah hasil dasar kemanusiaan sebagai entitas sosial. Semoga perubahan ini terus terjadi dan berkembang.

Imitasi

Perubahan sosial pada dasarnya adalah imitasi. Artinya, semua perubahan dalam suatu kelompok masyarakat akan terus dilacak oleh kelompok masyarakat lainnya.

Mengapa? Ini karena masing-masing kelompok saling mempengaruhi dan tidak dapat memisahkan diri dari semua perubahan.

Misalnya, mengubah desain rumah, mengubah gaya busana, mengubah gaya rambut, dan lain sebagainya. Perubahan ini nantinya akan banyak ditiru oleh komunitas lain.


Kebingungan sementara

Perubahan sosial, terutama perubahan cepat, tentu saja menimbulkan kekacauan sementara.

Confusion adalah situasi chaos dimana sebagian masyarakat beradaptasi dengan perubahan sosial di lingkungan masyarakat.

Namun demikian, kekacauan biasanya berlanjut dengan reorganisasi dan integrasi norma dan adopsi budaya yang baru diterima.

Hubungan kausal

Perubahan sosial tidak terbatas pada bidang material dan non-material. Perubahan sosial juga dapat terjadi karena baik aspek material maupun non material saling terkait.

Klasifikasi karakter

Dari sudut pandang kelas karakter manusia, perubahan sosial dibedakan menjadi beberapa bentuk, seperti proses sosial, perubahan struktural, subdivisi, dan perubahan struktur kelompok.

Sering menimbulkan kontroversi

Perubahan sosial seringkali menimbulkan kontroversi. Misalnya, pengusaha semakin memilih aplikasi mesin yang semakin canggih untuk memproduksi barang mereka karena biaya produksi yang rendah.

Namun tentunya hal ini mengurangi jumlah pekerja yang dibutuhkan dan ditentang oleh pekerja. Hal tersebut menimbulkan konflik sosial yang terjadi di masyarakat.


Bentuk perubahan sosial

Ada berbagai bentuk perubahan sosial di masyarakat. Berikut ini beberapa di antaranya:

Perubahan kecil

Bentuk perubahan ini terjadi pada elemen struktur sosial yang tidak berdampak langsung. Gaya rambut, gaya pakaian, bentuk rumah, dll. Oleh karena itu, pengaruhnya sering dianggap tidak signifikan.

Perubahan besar

Perubahan semacam itu dapat berdampak langsung pada struktur masyarakat. Misalnya, perubahan sosial dari masyarakat agraris ke industrialisasi.

Perubahan dapat berdampak signifikan pada mata pencaharian dan kepadatan penduduk.

Perubahan struktural

Bentuk perubahan struktural pada dasarnya terjadi sebagai akibat dari penataan kembali tatanan masyarakat. Seperti perubahan sistem pemerintahan dari kerajaan menjadi republik.


Contoh perubahan sosial

Banyak perubahan sedang terjadi di masyarakat. Anda bisa merasakan contoh dari cara komunikasi.

Awalnya, masyarakat tidak mengetahui apa itu Internet. Tetapi sekarang Internet telah mengubah cara setiap orang berkomunikasi.

Faktanya, masyarakat saat ini menjadi lebih bergantung pada penggunaan Internet. Seperti saat berkomunikasi secara tertulis melalui aplikasi chat.

Meskipun perubahan teknologi ini telah diakui memberikan kemudahan komunikasi yang lebih praktis, lebih cepat dan lebih ekonomis.

Selain itu tentunya banyak contoh perubahannya. Sebut saja seperti transformasi budaya, zaman, revolusi industri, dan sebagainya.

Perubahan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk nilai, sikap sosial, norma, dan sistem sosial.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Ciri Ciri Perubahan Sosial, semoga bisa bermanfaat.