Cerita Fantasi

Posted on

Cerita Fantasi: Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Cerita Fantasi, yuk simak dibawah ini:


Cerita Fantasi


Cerita fantasi merupakan salah satu jenis cerita yang sangat penting untuk menumbuhkan kreativitas.

Menurut ulama Nurigiantoro, cerita fantasi adalah cerita yang menampilkan plot, tokoh, adegan atau tema, dan derajat kebenaran cerita tersebut diragukan, baik itu seluruhnya atau sebagian dari cerita tersebut.

Zoest hampir mirip dengan pidato Nurigiantoro yang mengungkapkan bahwa cerita fantasi menggambarkan dunia yang tidak nyata, dunia yang mirip dengan kenyataan.

Tetapi menceritakan hal-hal yang aneh, serta menggambarkan suasana cerita asli dan kejadian-kejadian yang tidak berarti.

Dari penjelasan kedua ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa cerita fantasi adalah cerita yang menitikberatkan pada khayalan atau imajinasi pengarangnya dan tidak dibatasi oleh kenyataan dan kehidupan nyata.

Cerita fantasi selalu melibatkan sihir, keanehan atau misteri dalam alur cerita atau karakter.

Cerita Fantasi


Struktur cerita fantasi

Orientasi

Struktur pertama adalah orientasi. Petunjuk biasanya mencakup pengenalan peran, latar, dan peran, dan ada konflik. Arahan pasti bisa Anda temukan di awal cerita atau paragraf.

Komplikasi

Struktur kedua adalah komplikasi. Dalam situasi yang kompleks melibatkan kausalitas, sehingga masalah akan terus berlanjut hingga masalah mencapai puncaknya. Bagian konflik ini lebih rumit.

Resolusi

Struktur ketiga dan terakhir adalah resolusi. Solusi termasuk menyelesaikan masalah yang berkonflik.

Ciri-Ciri cerita fantasi

Berikut ini adalah beberapa ciri cerita fantasi, antara lain:

  • Memiliki ide cerita yang tidak dibatasi oleh realitas atau realitas dunia (fiksi).
  • Ada hal-hal aneh seperti sihir, makhluk gaib atau misteri dalam cerita tersebut.
  • Menggunakan latar belakang dapat melampaui ruang dan waktu.
  • Karakter dengan keunikan tersendiri ibarat memiliki kekuatan super untuk menyelamatkan dunia.
  • Karena cerita fantasi menggunakan fantasi, maka cerita tersebut termasuk dalam kategori contoh cerita fiksi.

Jenis cerita fantasi

Ada beberapa jenis cerita fantasi, diantaranya:

Berdasarkan kesesuaian

Menurut penerapan cerita fantasi dalam kehidupan nyata, dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

  • Kisah fantasi total mengandung fantasi pengarang tentang suatu objek. Dalam jenis cerita ini, semua yang ada dalam cerita tidak akan terjadi di dunia nyata. Misalnya, cerita fantasi Nagata adalah seluruh fantasi pengarangnya. Oleh karena itu, nama orang, nama benda, dan nama kota memang ciptaan penulisnya.
  • Cerita fantasi adalah cerita faantasi yang mengutarakan fantasi namun tetap menggunakan nama dikehidupan nyata, memakai nama daerah yang berada didunia nyata atau peristiwa yang terjadi di dunia nyata.

Berdasarkan cerita latar belakang

Berdasarkan latar belakang cerita, cerita fantasi dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

  • Kontemporer mengacu pada lingkungan satu penggunaan (fantasi masa kini, fantasi masa lalu, atau fantasi masa depan / futurisme).
  • Setting melintasi waktu berarti menggunakan dua cerita fantasi yang berlatar waktu berbeda (misalnya, 40 tahun / futurisme di masa sekarang, sekarang, dan masa depan zaman prasejarah).

Unsur-Unsur cerita fantasi

Berikut beberapa elemen cerita fantasi, antara lain:

Ide cerita terbuka

Ide cerita dalam cerita fantasi biasanya tidak terbatas pada kenyataan (realita) dan dapat dikembangkan oleh pengarang sesuka hati.

Aneh, misterius, dan ajaib

Jika Anda menemukan bahwa teks cerita mengandung unsur-unsur aneh, misterius (misalnya, mengandung unsur-unsur misterius), atau memiliki sihir yang tidak dapat direkam oleh otak, mungkin itu adalah ciri cerita fantasi.

Latar Belakang

Adegan yang digunakan dalam cerita fantasi dapat melampaui ruang dan waktu.

Karakter unik

Tokoh-tokoh dalam teks cerita fantasi biasanya memiliki kelebihan yang unik dan berbeda dengan karakter lainnya.

Fiksi atau fantasi

Karena bersifat fiksi dan hanya cerita fiksi, dibandingkan dengan kehidupan di dunia nyata, cerita fantasi ini tidak dapat dipikirkan oleh pikiran manusia.

Gaya bahasa

Umumnya gaya bahasa yang digunakan dalam cerita ini tidak harus terikat dengan penggunaan bahasa formal. Tapi gunakan banyak bahasa.

Langkah-langkah untuk menulis cerita fantasi

Cerita fantasi dapat ditulis menurut langkah-langkah berikut:

  • Pilih tema atau dasar mendongeng, yaitu menentukan ide awal.
  • Mengumpulkan bahan melalui penelitian sebagai bahan deskriptif.
  • Menentukan model pengembangan bahan penjelas. Penulis dapat menguraikan maksud asli dari cerita tersebut.
  • Kembangkan garis besar paragraf dalam bentuk pikiran dan pikiran penjelas lainnya.
  • Kembangkan kerangka paragraf menjadi kalimat yang koheren untuk membentuk sebuah cerita.

Contoh Cerita Fantasi

Contoh cerita pendek

3 Bongkahan Emas Dan Elisa

Di sebuah gubuk tua tinggal seorang gadis bernama Elisa, bersama ibu dan saudara perempuannya. Ayahnya meninggal, jadi ibunya adalah tulang punggung keluarga. Eliza harus meninggalkan sekolah karena ibunya tidak mampu membiayai sekolah Eliza. Untuk membantu ibunya, Elisa bekerja pada tetangganya yang memiliki rumah besar. Suatu pagi, ketika dia pergi bekerja, Elisa melihat seorang lelaki tua.

Orang tua itu tampak lelah dan terjatuh di jalan. Kemudian, kakeknya meminta bantuan, dan Elisa langsung membantu kakeknya. Lalu, Elisa menyisir luka kakeknya. Kakek saya bertanya tentang kehidupan Elisa, dan Elisa menceritakan semuanya. Setelah istirahat sejenak, Elisa menawarkan untuk menerima lelaki tua itu, tetapi lelaki tua itu menolak dan memberinya selembar kain.

Di selembar kain sumbangan orang tua, ada tiga jagung emas. Orang tua itu memperingatkan bahwa jagung jenis ini adalah jagung ajaib. Jika ditanam dengan tanaman yang ikhlas dan sabar akan membuahkan hasil yang memuaskan. Elisa mengucapkan terima kasih dan terus bekerja keras. Setelah pulang ke rumah, Elisa memberi tahu ibunya tentang kecelakaan itu dan Golden Corn.

Ibunya kemudian meminta Elisa untuk menanam gandum di belakang rumah. Elisa menyirami gandum setiap pagi, sore hari ibunya membantu mengurus gandum. Saat jagung tumbuh besar, Elisa kaget saat dia memasak jagung, padahal semua biji jagung itu terbuat dari emas. Eliza kemudian memberi tahu ibunya. Keduanya berencana menjual golden corn.

Jagung emas berbuah setiap minggu, jadi keluarga Elisa hidup sejahtera. Setelah merasa nyaman, tanaman jagung lain berbagi biji jagung emas dengan tetangga dan orang miskin untuk menikmati produk jagung. Kalaupun cukup, Elisa selalu sangat membantu.

Contoh cerita fantasi panjang

Ikan Mas

Di pinggir desa di tepi sungai, tinggallah sebuah keluarga dengan dua anak perempuan dan seorang ibu yang menjanda. Ayah saya sudah lama meninggal dan ibu saya sakit. Kedua anak itu masing-masing bernama Ninda dan Andini. Keduanya memiliki karakteristik yang sangat berlawanan. Putra sulung Andini sombong dan selalu menantang perintah orang tuanya.

Sedangkan Ninda adalah adik Andini yang ramah, sabar, baik hati dan selalu menaati orang tuanya. Sepulang sekolah, Ninda selalu membantu ibunya menyimpan barang-barang setelah pulang dari pasar. Ningda juga bekerja sangat keras untuk membantu semua pekerjaan rumah tangga. Rahmat ibu, dia sudah lelah bekerja dan harus mengerjakan semua pekerjaan rumah.

Di saat yang sama, kakaknya Andini sangat sombong dan pemalas. Sepulang sekolah, Andini langsung bermain bersama teman-temannya. Dia tidak mau membantu ibunya, apalagi mengerjakan pekerjaan rumah. Ningda mencuci pakaiannya. Andini pulang hanya ketika dia lapar dan meminta uang kepada ibunya. Meski begitu, Ninda tak pernah mengeluhkan sifat adiknya.

Suatu Minggu, Ninda meminta ibunya untuk memancing di sungai dekat rumahnya sebagai pelengkap makan siangnya. Kemudian Ninda yang sendirian mulai memancing di sungai dengan peralatan dasarnya. Kemudian, kail Ningda ditangkap oleh seekor ikan. Ningda kaget karena ikan yang didapatnya adalah ikan mas besar.

Akhirnya, Ningda memutuskan untuk membawa pulang ikan itu dan memberi tahu ibunya betapa indahnya ikan itu. Ninda berencana tidak memasak ikan dan menyimpannya lebih jauh. Ibu Ningda kemudian menerima keinginan anaknya untuk memelihara ikan yang baru saja ditangkap. Ninda memasukkan ikan ke dalam Bain Marie, lalu keluar mencari makan.

Sekembalinya ke rumah, Ninda kaget karena ada 2 sisik emas berjatuhan dari ikan di sekitar baskom tempat ikat diikat. Ningda kemudian memberi tahu ibunya dan berencana menjual tangga emas tersebut. Timbangan ini ternyata emas dan bisa dijual. Akhirnya, Ningda dan ibunya menjual timbangan emas tersebut dan uangnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Tanpa sepengetahuan Andini, ikan tersebut terus mengeluarkan sisik emas seminggu sekali. Andini mulai curiga karena rumahnya selalu penuh dengan makanan enak, dan akhirnya memintanya menawarkan sesuatu yang baru. “Dimana kamu mendapatkannya”. Ibunya berkata: “Semuanya diberkati Tuhan.” Kemudian, ibunya menasihati Andini untuk tidak membuang atau melukai ikan Ningda.

Suatu hari, Ninda dan ibunya tidak kembali dari pasar, dan Andini sangat lapar karena baru saja kembali dari permainan. Melihat pantry dan keranjang makan yang kosong, Andini kaget sekaligus marah. Kemudian dia mencari makanan sambil mengetuk-ngetuk sesuatu di dapur. Akhirnya Andini melihat ikan mas Ninda di bak penampungan air dekat dapur.

Andini hampir mati kelaparan, marah karena ibu dan adiknya belum siap makan, ia menangkap ikan mas tersebut tanpa memperdulikan pesan bahwa ibunya tidak akan mencelakai ikan mas tersebut. Kemudian, Andini memotong ikan mas, digoreng, lalu memakan ikan mas ajaib yang membawa kebahagiaan bagi seluruh keluarga.

Setelah kembali dari pasar, Ningda dan ibunya terkejut melihat tulang ikan di dapur dan meja kedai. Ningda kemudian melihat ke tangki air tempat ikan mas ditempatkan, hanya menemukan bahwa ikan mas tidak ada. Ningda kemudian menyadari bahwa tulang di meja makan adalah tulang ikan mas kesayangannya yang dimakan kakaknya.

Ningda menangis dan mengubur sisa tulang ikan mas. Setelah Andini kembali, ibunya langsung menanyakan ikan mas adiknya. Andini menjawab dengan santai: “Aku sudah masak, karena kamu lapar, dan kamu belum masak untukku hari ini.” Merasakan kesombongan anaknya, ibunya sangat sedih dan tersentuh oleh sifat anak tertua.

Kini, ikan mas yang memberi manfaat bagi keluarga sudah tidak ada. Andini marah setiap hari karena harus kembali ke keadaan normal sepenuhnya dan makan makanan yang tidak enak. Jika dia bisa menunggu sebentar dan mendengarkan pesan ibunya, maka keluarganya pasti akan sejahtera.

Contoh cerita fantasi yang menarik

Balas Budi Dari Singa

Seorang pemuda miskin tinggal di sebuah desa, dia sendirian. Kecuali gubuk yang ditinggalkan untuk orang tuanya, dia tidak memiliki properti. Untuk menghidupi dirinya sendiri, pemuda ini selalu mencari BBM di hutan, kemudian menjual atau menukar kebutuhan pokok lainnya. Meski tidak ada kehidupan, pemuda ini sangat baik dan sabar.

Suatu hari, ketika pemuda itu sedang mencari kayu bakar, dia mendengar auman singa yang menyakitkan di balik semak-semak. Dengan cemas, akhirnya singa itu mengeluh karena sebatang kayu menusuk punggung singa. Dengan ketakutan, pemuda itu merasa khawatir dan menyesal ketika mencoba menenangkan singa itu.

Tenang, Tuan Hutan, aku tidak akan menyakitimu atau memburumu. Saya akan membantu Anda menghilangkan duri di punggung Anda. “Setelah mendengar perkataan pemuda itu, sang singa berhenti, seolah-olah mengundang pemuda itu untuk membantunya. Tak lama kemudian, singa itu melepaskan duri-duri itu. Lalu, pemuda itu kabur karena takut dimakan.

Ketika dia ingin kembali ke tempat itu untuk mencari kayu bakar, dia secara tidak sengaja menabrak kereta emas raja yang lewat, menyebabkan kereta itu terbalik. Bahkan jika raja berlutut untuk meminta maaf, raja tetap meminta pengawalnya untuk menangkap dan memenjarakan pemuda malang itu. Setelah beberapa hari di penjara, pemuda itu akhirnya dijatuhi hukuman mati.

Bahkan pada hari-hari tertentu, anak muda ditempatkan di ruangan gelap yang penuh dengan binatang buas. Merasa sedih dan pasrah, ia mengajukan diri menjadi makanan bagi hewan liar. Tetapi ketika bintang-bintang di ruangan itu tidak menyentuhnya sama sekali, pemuda itu terkejut. Setelah berkeliling pada sore hari, ia mulai melihat hewan apa saja yang ada di dalam ruangan tersebut.

Binatang buas itu adalah singa yang dia selamatkan beberapa hari yang lalu. Singa ternyata adalah hewan kesayangan raja. Kemudian pemuda itu bertanya: “Singa, kenapa kamu tidak mendengarkan perintah raja untuk memakan saya?” Singa itu kemudian menjawab: “Bagaimana saya bisa menyakiti mereka yang berperan membantu saya dan menyelamatkan saya”.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Cerita Fantasi, semoga bisa bermanfaat.