Pantun Nasehat

Posted on

Pantun Nasehat: Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Pantun Nasehat, yuk simak dibawah ini:


Pantun Nasehat


Pantun pada dasarnya adalah Pantun Melayu yang sudah lama berdiri, dipahami dan berakar secara luas oleh masyarakat Indonesia.

Kata pantun sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya penunjuk arah, artinya penyesuaian, kebutuhan, dan komposisi. Ada bermacam Pantun yaitu pantun Nasehat, sajak teka-teki, dan pantun humor.

Pantun Nasehat


Pantun Nasehat

Lantas, apa arti Pantun nasehat? Nasehat Pantun adalah salah satu jenis Pantun, di mana isi Pantun ada dalam bentuk opini atau bentuk ajaran, yaitu Nasehat tentang moralitas atau kesusilaan, agama dan ilmu.

Nah, setelah ini kita akan membahas lebih lanjut tentang fitur dan fungsi ritme agar bisa lebih memahaminya.

Ciri-ciri Pantun

Pantun adalah karya seni tertulis dengan rangkaian kata dengan arti tertentu. Nah, berikut adalah beberapa fitur Pantun yang dapat Anda pelajari.

  • Ada 4 baris sajak.
  • Di pantun tidak hanya berisi, tapi juga sampiran
  • Setiap baris Pantun sekitar 4-6 kata
  • Gunakan pantun dalam sajak, yaitu A-B-A-B, A-A-A-A dan A-A-B-B

Fungsi Pantun

Pantun memiliki beberapa fungsi yang bisa dipelajari dan diterapkan sebelum menulis sebuah kata. Berikut 4 hal penting yang menjelaskan fungsi Pantun:

  • Sebagai sebuah karya sastra, pantun tentunya memiliki fungsi. Dalam masyarakat pantun memiliki fungsi yaitu sebagai media pemeliharaan bahasa. Oleh karena itu Pantun sangat penting untuk menjaga kemampuan berfikir masyarakat.
  • Untuk menggunakan Pantun, Anda harus segera melatih pikiran Anda sebelum mengucapkan sepatah kata pun untuk memahami atau memahami artinya. Tidak hanya itu, jika Anda memiliki pengetahuan profesional tentang chanting, banyak orang akan menghargainya atau menghargainya. Karena keterampilan dan kecepatan bermain Anda.
  • Terlihat dari hal tersebut pantun dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan hal-hal yang berguna dalam hidup. Karena pada dasarnya Pantun semacam ini akan memberikan nasehat dan informasi moral.
  • Bagaimanapun juga, Pantun termasuk dalam karya sastra, yaitu kegiatan yang menyenangkan dan menarik yang melibatkan anak-anak, dewasa, remaja, dan orang tua dari segala usia. Mereka harus punya ide kreatif.

Contoh Saran Pantun tentang Kesehatan

Jika Pantun yang disarankan dikelompokkan sesuai informasi yang terkandung di dalamnya, ada banyak jenisnya. Salah satu jenis nasihat puitis adalah nasihat kesehatan.

Saran Pantun tentang kesehatan bermanfaat untuk mengedukasi pembaca tentang kesehatan. Berikut adalah beberapa contoh Pantun nasihat kesehatan.

Contoh Pantun nasehat kesehatan 1 dan artinya

Makan ikan lele di restoran

Makan sebanyak yang kamu suka

Hai kalian jagalah kesehatan

Untuk melakukan aktivitas dengan mantap

Arti Contoh Pantun Nsehat Kesehatan 1. Sajak nasehat kesehatan 1 artinya mengajak pembaca untuk tetap sehat.

Tujuan dari pemeliharaan kesehatan ini adalah agar dapat melaksanakan aktivitas dengan stabil.

Pantun nsehat kesehatan ini menggunakan kata “stabil” untuk mengungkapkannya karena dianggap mewakili kelancaran dalam segala aktivitas.

Contoh Nasehat Pantun 2 tentang kesehatan dan maknanya

Bermain di lapangan

Dengan teman hari ini

Jaga kebersihan

Tetap sehat mulai hari ini

Makna dari contoh pantun kesehatan pantun 2 artinya pantun 2 pantun kesehatan artinya agar pembaca senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Lingkungan bersih sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Karenanya, nasehat kesehatan semacam ini menasihati pembaca untuk tetap sehat mulai hari ini.


Contoh Pantun nasehat kesehatan 3 dan artinya

  • Tinggalkan sekolah melalui gang
  • Perlu diambil di masa depan
  • Begadang jangan begadang
  • Buruk untuk kesehatan

Mengenai Kesehatan 3, Saran Kesehatan Rhyme 3 Contoh Saran Pantun Menyarankan pembaca untuk tidak begadang.

Pantun nasehat kesehatan ini juga mengutip lagu terbitan Roman Rhythm. Padahal, begadang bisa berdampak negatif bagi kesehatan, terutama kekebalan tubuh.

Contoh Pantun nasihat kesehatan 4 dan artinya

  • Ayah membeli mobil panter
  • Selalu parkir di garasi
  • Air putih sehari dua liter
  • Bebas dari dehidrasi

Makna contoh nasehat kesehatan sajak 4, nasehat kesehatan sajak 4 menyuruh pembaca untuk minum minimal dua liter air sehari.

Kebiasaan ini perlu ditanamkan sejak kecil. Pantun nsehat ini menyatakan bahwa tujuan mengkonsumsi dua liter air sehari adalah untuk menghindarkan kita dari dehidrasi.


Contoh Pantun nasehat kesehatan 5 dan artinya

  • Kunjungi taman
  • Berkeliaran di sore hari
  • Cuci tangan sebelum makan
  • Untuk mencegah kuman menghampiri

Makna 5 kasus sajak kesehatan sehat 5 mengingatkan pembaca untuk mencuci tangan sebelum makan.

Mengapa? Jawabannya dimulai dari baris berikutnya dari contoh 5 sajak nasihat kesehatan, yang dirancang untuk mencegah masuknya bakteri.

Membiasakan mencuci tangan sejak kecil perlu dilakukan, terutama bagi anak-anak yang sering bermain dan tiba-tiba ingin makan tanpa mencuci tangan.

Keadaan ini perlu dihindari karena efek ini akan berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Pantun Nasehat, semoga bisa bermanfaat.