Bagian Pada Garuda Pancasila

Posted on

Bagian Pada Garuda Pancasila : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Bagian Pada Garuda Pancasila, yuk simak dibawah ini:


Bagian Pada Garuda Pancasila


Burung Garuda PANCASILA merupakan lambang resmi bangsa Indonesia.

Pada burung Garuda ini juga dapat ditemukan semboyan resmi bangsa yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang tertulis di pita yang digenggam kedua kakinya.

Banyaknya bulu yang terdapat pada bagian burung elang ini melambangkan hal-hal tertentu.

Bagian Pada Garuda Pancasila


Makna Dari Bagian Garuda Pancasila

Perancang

Garuda Pancasila dirancang oleh seorang prajurit KNIL bernama Sultan Hamid II. Pemilihan lambang nasional dilakukan pada tahun 1950 oleh Panitia Lambang Negara.

Jumlah Bulu

Jumlah bulu elang sesuai dengan tanggal kemerdekaan. Bagian sayap Garuda Pancasila adalah 17 bulu kiri dan kanan. Untuk buntutnya berjumlah 8 yang artinya bulan agustus.

Kemudian pada pangkal ekor jumlah bulu mencapai 19 dan leher 45. Artinya, banyaknya bulu Garuda Pancasila menunjukkan makna 17 Agustus 1945.

Perisai

Urutan selanjutnya dari lambang Garuda Pancasila adalah tameng. Perisai ini melambangkan semua sila Pancasila, bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas.

Arti Bhinneka Tunggal Ika

Fakta Garuda Pancasila lainnya adalah kain putih dengan tulisan ‘Bhinneka Tunggal Ika’ di atasnya. Kata itu berarti berbeda tapi tetap satu.

Warna

Ada berbagai macam warna pada Garuda Pancasila. Setiap warna juga memiliki arti, seperti putih bersih, hitam abadi, merah tebal, hijau kesuburan, dan kuning besar.

Filosofi

Garuda Pancasila dikenal dengan filosofi kuno kendaraan pemberani dewa Wisnu. Garuda menggambarkan Indonesia sebagai bangsa yang kuat.

Lagu

Fakta terakhir tentang Garuda Pancasila adalah sebuah lagu. Logo ini memiliki lagu berjudul ‘Garuda Pancasila’ yang diciptakan oleh Sudharnoto.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Bagian Pada Garuda Pancasila, semoga bisa bermanfaat.