Uji Kompetensi 4.1 PKN Kelas 7 Brainly

Posted on

Uji Kompetensi 4.1 PKN Kelas 7 Brainly : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Uji Kompetensi 4.1 PKN Kelas 7 Brainly, yuk simak dibawah ini:

Uji Kompetensi 4.1 PKN Kelas 7 Brainly


Daftar Lengkap Isi Artikel

Uji Kompetensi 4.1 PKN Kelas 7 Brainly


Pertanyaan

1. Jelaskan Penyebab Keanekaragaman Etnis dan Budaya di Indonesia?

2. Menjelaskan 3 kelompok etnis di Indonesia, mengenai:

  • Asal
  • Bahasa yang digunakan, dan
  • Pakaian bekas

3. Jelaskan masing-masing dari 3 budaya dan asal daerah berikut:

  • Lagu daerah
  • Tarian daerah, dan
  • Alat Musik Daerah

Jawaban:

1. Penyebab keragaman etnis dan budaya di Indonesia

Adalah karena keragaman agama di Indonesia. Selain itu, Indonesia juga merupakan bekas jajahan Portugis, Belanda, Jepang, dan Spanyol, secara tidak langsung negara kolonial juga telah memberikan budaya bagi Indonesia.

Selain itu, bea cukai di daerah setempat di setiap daerah harus memiliki bea cukai sendiri.

2. Tiga kelompok etnis di Indonesia berdasarkan asal daerah, bahasa yang digunakan, dan pakaian yang digunakan meliputi:

  • Suku Batak: Suku Batak adalah salah satu suku di Indonesia yang berasal dari provinsi Sumatera Utara Indonesia. Suku Batak ini berasal dari wilayah Pantai Barat dan Pantai Timur. Orang Batak sendiri adalah salah satu kelompok etnis utama di Indonesia. Suku-suku Batak ini dapat dikategorikan menjadi beberapa bagian yang dapat dianggap sebagai suku Batak, yaitu suku toba, suku karo, suku pak pak, suku simalungun, suku angkola, dan suku mandialing. Suku ini memiliki bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu bahasa angkola, bahasa mandailing, bahasa pak, bahasa simalungun, dan bahasa toba. Untuk pakaian mereka sendiri, suku Batak menggunakan pakaian tradisional yang disebut pakaian Ulos.
  • Suku Minang: Suku Minang adalah suku yang berasal dari hampir sebagian wilayah daratan pulau Sumatra, yang meliputi wilayah Provinsi Sumatera Barat, bagian dari Provinsi Riau, bagian utara Provinsi Bengkulu, bagian barat dari Provinsi Jambi, Pantai Barat Provinsi Sumatra Barat, bagian barat daya Provinsi Aceh, dan wilayah Negeri Sembilan di Malaysia. Untuk bahasa yang digunakan oleh suku Minang ada juga beberapa bahasa, yaitu Bahasa Minang, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Melayu. Kemudian, untuk pakaian tradisional dari Suku Minang disebut Bundo Kanduang.
  • Suku Betawi: Suku Betawi adalah orang yang tinggal di wilayah Jakarta. Kemudian untuk bahasa yang digunakan adalah Betawi dan Indonesia. Untuk pakaian adat sendiri disebut akhir dari garis pakaian.

3. Berikut ini adalah beberapa jenis budaya dan asal daerah:

  • Pulau Bali: Lagu daerah yang dimiliki oleh daerah Bali adalah Putri Cening Ayu. Tarian daerah yang dilakukan di daerah Bali adalah tarian massal yang kemudian dikenal sebagai tarian Kecak. Alat musik daerah dalam melakukan atraksi tarian, maka musik adalah iringan not yang kemudian menjadi panduan bagi penari untuk melakukan suatu gerakan. Di daerah Bali ini instrumen itu sendiri lebih dikenal sebagai gong.
  • Provinsi Jawa Barat: Lagu yang dimiliki oleh daerah Jawa Barat adalah Bubuy Bulan. Tarian daerah yang dilakukan di daerah Provinsi Jawa Barat adalah tarian massal yang kemudian dikenal sebagai tarian jaipong. Alat musik daerah dalam melakukan atraksi tarian, maka musik adalah iringan not yang kemudian menjadi panduan bagi penari untuk melakukan suatu gerakan. Di daerah Provinsi Jawa Barat sendiri alat musik dikenal sebagai angklung.
  • Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta: lagu daerah yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Suwe Ora Jamu. Tarian daerah yang dipertunjukkan di daerah Yogyakarta adalah tarian massal yang kemudian disebut tarian langen mandra wanara. Alat musik daerah ketika melakukan atraksi tari, maka musik adalah pemberi alunan nada yang kemudian menjadi panduan bagi penari untuk melakukan suatu gerakan. Di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri, instrumen ini lebih dikenal dengan gamelan.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Uji Kompetensi 4.1 PKN Kelas 7 Brainly, semoga bisa bermanfaat.