Kewajiban Pemerintah Daerah

Posted on

Kewajiban Pemerintah Daerah – Pada pembahasan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Kewajiban Pemerintah Daerah, yuk disimak ulasannya dibawah ini :


Kewajiban Pemerintah Daerah


Peran pemerintah daerah dalam mencapai tujuan negara sangat penting. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam ayat 2 dan 4 ayat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pemerintah daerah sebagai salah satu lembaga negara berperan besar dalam pencapaian cita-cita dan tujuan negara.

Peraturan pendukung dibuat untuk mendukung tujuan nasional. Salah satunya adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004.

Kewajiban Pemerintah Daerah


Undang-undang nomor 32 tahun 2004

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 menjelaskan tentang pengertian otonomi daerah.

Otonomi daerah yaitu hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom yang mengatur sendiri kegiatan pemerintahan dan kepentingan masyarakat berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Sebagaimana tertuang dalam Pasal 22 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 31 Tahun 2004 yang mengatur tentang hak, kewenangan dan kewajiban daerah otonom.

Pemerintah daerah memiliki beberapa peran penting sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat untuk mencapai tujuan nasional. Peran penting ini diwujudkan dalam hak dan kewajiban pemerintah daerah.


Kewajiban pemerintah daerah

Berdasarkan Pasal 22 UU Nomor 32 tahun 2004, kewajiban pemerintah daerah sebagai salah satu peran pemerintah daerah dalam mencapai tujuan bernegara antara lain:

1. Melindungi masyarakat dan menjaga persatuan, kerukunan, keutuhan, dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ini adalah kewajiban pemerintah daerah yang paling mutlak. Karena keutuhan NKRI adalah harga mati.

Kesempurnaan ini dicapai ketika tercipta rasa persatuan, kesatuan dan harmoni antar masyarakat sekitar.

Keharmonisan yang tercipta di kawasan ini akan berkembang menjadi keharmonisan bangsa.

2. Kembangkan sumber daya yang produktif

Sumber daya yang tersedia di setiap daerah sangat banyak dan beragam. Baik itu sumber daya manusia, alam atau sosial.

Jika Anda dapat mengembangkan sumber daya ini dengan baik, Anda dapat meningkatkan nilai sumber daya tersebut.

Selain itu, sumber daya yang berhasil dikembangkan dapat membantu meningkatkan pendapatan daerah.

Misal, sumber daya kreatif kota Bandon yang banyak warganya yang kreatif dan dapat dikembangkan oleh pemerintah daerah, menjadikan Bandon sebagai tujuan wisata.

Ada juga kawasan Bali yang terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya. Pemerintah kota Bali dapat bekerja dengan baik dengan dua sumber daya. Hingga saat ini Bali terkenal di dunia sebagai surganya dunia.


3. Penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan

Salah satu tanda keberhasilan pemerintah daerah adalah tersebarnya fasilitas kesehatan di seluruh wilayah. Kesehatan adalah aset utama pertumbuhan.

Warga negara yang sehat akan mampu menumbuhkan dirinya dengan lebih baik. Mereka yang berkembang secara tidak langsung berpartisipasi dalam pembangunan daerahnya. Semakin sehat warga, semakin produktif kinerjanya.

4. Perencanaan dan perencanaan ruang

Hal lain yang kurang penting bagi pemerintah daerah adalah membuat rencana tata ruang kawasan. Rencana tata ruang yang baik akan lebih mengimplementasikan siklus hidup masyarakat.


Hak pemerintah daerah

Selain kewajiban pasal yang sama, hak beberapa pemerintah daerah juga disebutkan.

  1. Kelola dan kelola operasi pemerintah lokal Anda
    Sejak disahkannya otonomi daerah, peran pemerintah daerah dalam peraturan daerah semakin meningkat. Pemerintah daerah menjadi lebih mandiri dalam mengurus urusannya sendiri.
  2. Kelola kekayaan lokal
    Kekayaan daerah yang diperoleh dapat dikelola langsung oleh pemerintah daerah.
  3. Kumpulkan pajak lokal dan restribusi daerah
    Salah satu penerimaan lain dari pemerintah daerah selain kekayaan daerah adalah pajak dan retribusi. Nilai pajak dan retribusi ini membantu pemerintah daerah mengembangkan daerah mereka.
  4. Pemilihan pemimpin daerah
    Pemilihan pemerintah daerah kini dapat dilakukan secara langsung oleh pemerintah daerah melalui mekanisme legislatif yang telah ditetapkan.

Hak dan kewajiban tersebut dilaksanakan dalam bentuk program kerja. Program kerja yang dibuat merupakan salah satu peran pemerintah daerah dalam mencapai tujuan nasional.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Kewajiban Pemerintah Daerah, semoga bisa bermanfaat.