Nilai Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda

Posted on

Nilai Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda – Pada pembahasan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Nilai Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda, yuk disimak ulasannya dibawah ini :


Nilai Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda


Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak gerakan kemerdekaan Indonesia dalam menghadapi perang pra kemerdekaan.

Jika sumpah pemuda itu sendiri merupakan hasil keputusan yang dikomunikasikan pada Konperensi Pemuda Kedua yang diadakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia atau tempat yang sekarang disebut Jakarta.

Oleh karena itu, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda untuk memperingati acara Sumpah Pemuda setiap tahunnya.

Sebagai salah satu tonggak sejarah, Sumpah Pemuda mengandung nilai-nilai penting yang harus dipahami oleh seluruh pemuda Indonesia, khususnya pemuda saat ini.

Lantas apa sajakah nilai-nilai yang terkandung dalam sumpah pemuda? Berikut ini saya akan jelaskan nilai-nilai tersebut beserta makna sumpah pemuda.

Nilai Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda


Sumpah pemuda

Sebelum membahas tentang nilai dan implikasi kaul pemuda, terlebih dahulu kita perlu mengetahui tentang kaul pemuda itu sendiri.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak gerakan kemerdekaan Indonesia dan mengandung semangat ideal bagi pembentukan bangsa Indonesia.

Sumpah pemuda yang diputuskan dalam kaul pemuda kedua yang dilaksanakan di Batavia pada 27-28 Oktober 1928, antara lain adalah lahirnya “kampung halaman Indonesia”, “negara Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Keinginan itu dimasukkan.

Istilah sumpah pemuda tidak muncul pada saat keputusan Konferensi Pemuda Kedua, tetapi diberikan setelah itu selesai.

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis oleh Mohammad Yamin dan disetujui oleh Soegono dkk, ketika Bapak Snario memberikan sambutan di sesi terakhir konferensi.

Sumpah pemuda pada awalnya dibacakan oleh Soegondo, namun kemudian dijelaskan lebih detail oleh Mohammad Yamin. Lantas apa arti dan nilai kaul remaja? Berikut penjelasan selanjutnya.


Makna sumpah pemuda

Kita tidak hanya perlu mengetahui apa yang disebut dengan Sumpah Pemuda, tetapi kita juga perlu mengetahui arti dari Sumpah Pemuda sebagai bagian dari bangsa Indonesia, khususnya bagi masa depan pemuda bangsa Indonesia.

Sebagai salah satu tonggak kebangkitan pemuda Indonesia untuk mencapai cita-cita mendirikan bangsa Indonesia, isi kaul pemuda itu sendiri memiliki tiga implikasi penting. Apa artinya? Inilah tiga di antaranya:

Makna Pertama – Bertumpah Darah Satu, Tanah Indonesia

Dari isi sumpah pemuda itu berarti arti pertama, tanah Indonesia. Artinya semua pemuda Indonesia berjuang sampai mati untuk mendukung tanah air Indonesia dalam perlawanan terhadap penjajah.

Ini juga terkait dengan cita-cita mendirikan bangsa Indonesia. Untuk itu, sumpah pemuda juga memasukkan peran pemuda Indonesia merdeka.

Makna Kedua – Berbangsa satu, Bangsa Indonesia

Ini juga berarti bahwa melalui sumpah pemuda, seluruh pemuda di Indonesia akan menumpahkan darah untuk mendukung satu-satunya negara yaitu negara Indonesia.

Semua anak muda harus selalu berjuang untuk memperkuat satu-satunya negara tercinta, yaitu negara Indonesia.

Makna ketiga – Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia

Orang-orang hebat Indonesia sendiri terdiri dari berbagai ras dan budaya, dengan bahasa yang berbeda.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, pemuda Indonesia sepakat untuk menggunakan satu bahasa yang padu, bahasa Indonesia, dengan semangat dukung negara Indonesia. Salah satu bahasa tunggal juga merupakan salah satu ciri bangsa tunggal.

Inilah tiga implikasi penting dari sumpah pemuda yang perlu dipahami oleh semua pemuda dan pemudi Indonesia, khususnya saat ini.

Selain memiliki tiga implikasi penting, kaul pemuda juga mengandung nilai-nilai luhur. Apa sajakah nilai-nilai yang terkandung dalam sumpah pemuda? Yuk simak penjelasan detailnya berikut ini.


Nilai sumpah pemuda

Sumpah pemuda tidak hanya memiliki tiga implikasi penting yang perlu Anda ketahui, tetapi ada juga nilai-nilai yang perlu Anda pahami yang terkandung dalam kaul remaja.

Hal ini juga terkait dengan kewajiban pemuda dan pemudi Indonesia untuk mengenang semangat pemuda dan pejuang yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Apakah nilai-nilai ini? Di bawah ini tujuh nilai sumpah pemuda:

Nilai cinta bangsa dan tanah air

Nilai sumpah pemuda pertama adalah cinta tanah air dan tanah air. Mengapa? Sumpah pemuda yang diumumkan tahun 1928 itu memiliki arti satu negeri, satu negara, satu bahasa, bahasa Indonesia.

Ini pertanda kecintaan pada negara dan kampung halaman Indonesia, dan bisa dipahami sebagai rasa nasionalisme.

Memiliki rasa cinta tanah air dan tanah air juga berarti bahwa seluruh rakyat Indonesia selalu setia dan memiliki kewajiban untuk bangga dengan satu-satunya negara dan negara Indonesia.

Nilai akan sikap rela berkorban

Nilai cinta tanah air dan tanah air juga tidak lepas dari nilai pengorbanan diri dalam sumpah pemuda.

Mengorbankan artinya mau memberikan kejujuran atau apapun yang Anda miliki untuk kepentingan bangsa dan bangsa, meskipun itu dapat menyebabkan penderitaan bagi diri Anda sendiri.

Melakukan. Hal ini juga terbukti memperkuat persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Itulah mengapa semangat juang pemuda pada acara Sumpah Pemuda yang telah mengorbankan begitu banyak tenaga dan pikiran untuk kemerdekaan Indonesia telah melahirkan nilai kesediaan untuk berkorban bagi bangsa dan bangsa Indonesia dalam Sumpah Pemuda. Ini.


Nilai persatuan

Sumpah pemuda juga termasuk nilai persatuan. Hal tersebut dapat dilihat dari dasar ikrar ikrar pemuda itu sendiri yang dirumuskan oleh seluruh pemuda dari berbagai daerah, ras, agama dan golongan yang berbeda.

Karena adanya perbedaan, namun tidak menghalangi generasi muda untuk merasakan persatuan negara Indonesia seperti yang ditunjukkan oleh perjuangan bersama dengan penjajah untuk merebut kemerdekaan negara Indonesia.

Perjuangan mencerminkan sikap dan tindakan, terutama mencerminkan komitmen persatuan bagi bangsa dan bangsa.

Tanpa adanya rasa persatuan antara semua pemuda dan gadis di Indonesia, tentu akan sulit menghentikan penjajahan. Oleh karena itu, sumpah pemuda juga layak untuk dipersatukan.

Nilai dapat menerima dan menghargai perbedaan

Nilai persatuan juga berarti perbedaan yang bisa diterima satu sama lain. Hal ini mengarah pada nilai untuk dapat menerima dan menghargai perbedaan sumpah pemuda.

Mereka berasal dari berbagai latar belakang, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat pemuda Indonesia untuk menjaga persatuan dan menjaga nilai persatuan demi mencapai tujuan bersama.

Berbagai latar belakang memang tidak perlu dipertanyakan lagi, akan tetapi hal itu wajib untuk diterima dan dihormati sebagai salah satu kekuatan negara Indonesia.

Anak muda bisa menerima dan memahami perbedaan untuk menciptakan satu negara, negara Indonesia.

Nilai mengutamakan kepentingan Bangsa

Nilai sumpah pemuda. Inilah nilai yang mengedepankan kepentingan nasional di atas kepentingan lainnya.

Hal ini dikarenakan sumpah pemuda dan perjuangan pemuda dalam upaya merebut kemerdekaan Indonesia selalu mengutamakan kepentingan nasional.

Bukan kepentingan sendiri atau kepentingan kelompoknya masing-masing. , Rebut kemerdekaan penjajah dan Indonesia.


Nilai semangat persaudaraan

Nilai ruh persaudaraan dalam sumpah pemuda juga dilandasi ruh kerabat di dalamnya. Semangat kekeluargaan ini terlihat dari rasa cinta dan tanggung jawab bersama di Indonesia yang juga berarti nilai kekeluargaan.

Semangat persaudaraan pemuda juga telah mengantarkan bangsa Indonesia menuju satu negara dan rumah, satu negara Indonesia.

Oleh karena itu, senantiasa mendukung semangat persaudaraan sesama bangsa Indonesia juga penting untuk senantiasa mendukung persatuan bangsa dan menghindari perpecahan.

Nilai meningkatkan semangat gotong royong

Gotong royong atau gotong royong untuk mencapai tujuan yang sama merupakan budaya yang kuat di Indonesia.

Gotong Royong merupakan salah satu upaya yang kita lakukan bersama tanpa harus mengikat atau mengharapkan imbalan, dan nilai gotong royong juga menjadi contoh nilai kemanusiaan.

Nilai gotong royong juga tercakup dalam sumpah pemuda bahwa pemuda berjuang berdampingan untuk kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan Indonesia sendirilah yang menjadi bukti bahwa gotong royong atau gotong royong menjadi nilai yang sangat kuat dalam upayanya mencapai tujuan yang sama, kemerdekaan Indonesia di antara kaul-kaul pemuda.

Demikian beberapa nilai yang terkandung dalam kaul pemuda, serta makna dari isi kaul pemuda itu sendiri.

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia atau sebagai warga negara, khususnya bagi para pemuda dan pemudi Indonesia tentunya perlu memahami nilai-nilai sumpah pemuda agar dapat bersama-sama mendukung nilai-nilai luhur negara Indonesia.

Kemerdekaan yang diperjuangkan oleh para pejuang bangsa dan pemuda Indonesia juga perlu tetap utuh, terutama di zaman dan kehidupan yang semakin canggih dan modern dimana penjajahan dapat terjadi di berbagai aspek kehidupan.

Untuk itu, penting bagi pemuda dan pemudi Indonesia untuk menyerap semangat dan nilai-nilai yang terkandung di dalam sumpah pemuda seperti diuraikan di atas.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Nilai Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda, semoga bisa bermanfaat.