Identitas Nasional : Pengertian, Fungsi, Unsur Dan Contoh

Posted on

Identitas Nasional : Pengertian, Fungsi, Unsur Dan Contoh : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Identitas Nasional Adalah, yuk simak dibawah ini:

Identitas Nasional : Pengertian, Fungsi, Unsur Dan Contoh


Identitas Nasional : Pengertian, Fungsi, Unsur Dan Contoh


Identitas nasional ialah manfestasi nilai-nilai budaya yang berkembang serta tumbuh dalam suatu bangsa serta jadi ciri khas bangsa tersebut sehingga bisa jadi pembeda dengan bangsa lain.

Sebutan “Identitas” secara harfiah dapat kita pahami sebagai ciri, tanda ataupun jati diri.

Kata “nasional” memiliki makna bangsa (nation), yang dalam konteks modern dapat dimaksud sebagai negara. Jadi lingkup identitas nasional merupakan negara dalam konteks modern.

Kerap kali warga negara didorong buat merasa bangga atas identitasnya sebagai warga negara. Ekspresi kebanggaan dapat ditunjukkan lewat kreasi yang menonjolkan identitas nasionalnya.


Pengertian Identias nasional

Dalam riset sosiologi serta antropologi, penagertian identitas dapat mengacu pada deskripsi tentang sifat khas yang menerangkan sesuai dengan pemahaman diri serta kelompok. Identitas tidak cuma miliki orang tetapi pula kelompok.

Sebagaimana telah disinggung diawal, identitas nasional terletak pada tingkat yang membentang, dari orang hingga negara-bangsa. Setiap orang dengan penuh pemahaman bangga hendak identitas nasional yang disandangnya.

Dari penjelasan di atas kita dapat mendefinisikan pengertian identitas nasional sebagai jati diri, ksifat, sifat khas yang berkembang serta tumbuh di suatu negara-bangsa sehingga jadi pembeda dengan negara-bangsa yang lain.

Negara-bangsa sendiri ialah konsep sosio-politik yang dinamis. Indonesia sebagai bangsa yang majemuk tentu saja mempunyai kumpulan identitas yang majemuk pula baik dari etnisitas, bahasa, agama, ras, serta sebagainya.

Oleh sebab itu, identitas nasional yang disandang orang Indoensia sejatinya ialah kumpulan dari jati diri yang majemuk ataupun heterogen tersebut.

Disini kita dapat memahami kalau sebagai warga negara, kita memiliki identitas yang banyak sekali.

Tidak cuma jati diri, tetapi pula identitas kesukuan, etnisitas, hingga identitas nasional. Identitas nasional, sekali lagi ialah identitas “paling tinggi” dalam konteks kehidupan bernegara.

Identitas nasional ialah konsep abstrak. Untuk menguasai secara lebih kongrit, kita perlu menurunkan ke dalam pengertian yang menarangkan unsur-unsurnya. Berikut ini unsur-unsur identitas nasional Indonesia.


Fungsi Identitas Nasional

Di masa globalisasi saat ini jadi tantangan tertentu buat identitas nasional. Maka dari itu, sebagai bangsa yang baik identitas nasional selalu wajib dilindungi.

Perihal tersebut tidak lain serta tidak bukan sebab fungsi adanya identitas nasional itu sendiri. Identitas nasional mempunyai tujuan serta fungsi sebagai berikut ini:

  • Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Tujuan utama adanya identitas nasional merupakan sebagai alat buat mempersatukan bangsa. Seperti kita tahu kalau Indonesia mempunyai berbagai macam suku, agama serta kebudayaan.

Identitas nasional digunakan bagaikan merk buat mempersatukan keberagaman Indonesia tersebut. Tidak hanya itu, perihal ini pula digunakan buat menghadirkan akan Indonesia kepada bangsa yang lain.

  • Sebagai Pembeda Dengan Bangsa Lainnya

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya kalau identitas nasional ialah suatu ciri-ciri, tanda-tanda serta ciri khas hendak sesuatu negara tersebut.

Perihal inilah yang hendak membuat negara tersebut berbeda dengan negara yang lain. Nyatanya, dengan adanya identitas nasional hendak jadi pembeda sesuatu bangsa lebih khusus serta spesifik.

  • Ialah Landasan Negara

Identitas nasional ialah suatu landasan negara. Maksudnya, identitas nasional digunakan sebagai panduan, pemersatu serta ialah pegangan supaya dapat mewujudkan cita–cita serta tujuan negara tersebut.

Tidak hanya itu, identitas nasional digunakan buat cerminan hendak kemampuan serta keahlian yang dipunyai oleh negara tersebut. Karena setiap negara berbeda satu sama yang lain.

  • Identitas Negara Tersebut

Fungsi sangat penting dari identitas nasional merupakan identitas ataupun jati diri suatu negara. Di mana dengan terdapatnya identitas nasional dapat membuat suatu negara lebih menonjol dibanding dengan negara yang lain.

Perihal ini pastinya jadi suatu ciri khas tertentu hendak suatu negara dengan terdapatnya identitas nasional tersebut.


Unsur Identitas Nasional

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, terdapat banyak unsur identitas nasional yang dapat dimiliki suatu bangsa misalnya bahasa, budaya, produk budaya serta yang lain. Berikut merupakan unsur pembuat identitas nasional.

  • Bahasa

Unsur pembuat identitas nasional yang selanjutnya merupakan bahasa. Bahasa ialah simbol ataupun lambang secara arbitrer ataupun verbal.

Pembuat bahasa dilakukan bersumber pada unsur-unsur bunyi perkataan manusia. Bahasa digunakan sebagai fasilitas komunikasi antar manusia satu dengan yang lain.

Telah dipaparkan kalau di Indonesia sendiri mempunyai paling tidak ratusan suku bangsa serta tiap suku minimun mempunyai satu bahasa yang berbeda.

Salah satu contoh bahasa yang kerap digunakan merupakan Jawa, Sunda, Minang serta Batak.

  • Suku Bangsa

Pula diketahui sebagai unsur pembuatan hendak identitas nasional tersebut. Suku bangsa merupakan satu kalangan sosial yang bersifat askriptif, ialah dibawa sejak lahir.

Di mana suku bangsa sama dengan jenis kelamin serta usia. Di Indonesia ada ratusan suku bangsa ataupun kelompok etnis dengan bahasa mereka masing–masing.

  • Kebudayaan

Kebudayaan merupakan keahlian manusia sebagai makhluk sosial yang berisi tentang model ataupun perangkat pengetahuan secara kolektif yang digunakan buat menunjang kehidupan manusia itu sendiri.

Dengan kata lain, kebudayaan ialah suatu pedoman ataupun referensi bagaimana manusia dapat mengalami kondisi area sekitar guna bertahan hidup.

Budaya jadi salah satu aspek penting hendak pembuatan identitas nasional. Dengan bermacam budaya yang dipunyai oleh Indonesia jadi salah satu ciri khas dari negara Indonesia itu sendiri.

Oleh sebab itu, kita wajib melestarikan budaya yang merupakan peninggalan dari nenek moyang kota.

  • Agama

Dasar negara Indonesia, Pancasila sila awal mengatakan “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Perihal ini menggambarkan kalau Indonesia ialah negara yang menjunjung besar nilai Keagamaan serta Ketuhanan.

Indonesia sendiri diketahui sebagai masyarakat agamis, maksudnya tiap-tiap penduduk di Indonesia mempunyai agama mereka masing–masing serta perihal tersebut wajib hukumnya.

Agama yang tumbuh di Indonesia sendiri merupakan Islam, Katholik, Kristen, Hindu, Budha, serta Kong Hu Cu.


Peran Identitas Nasional

  • Sebagai Bahan Ataupun Objek Dalam Integrasi Nasional
  • Jadi Indikator Jalinan Solidaritas
  • Jadi Definisi Territorial
  • Pengontrol Sumber saya Ekonomi
  • Mengendalikan Pemerintahan
  • Melegitimasi Hak Serta Kewajiban Masyarakat Negara
  • Jadi Ciri Khas Dari Suatu Bangsa
  • Menyediakan Nilai Ataupun Simbol Yang Sama
  • Penghargaan Buat Para Pendiri Bangsa
  • Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air
  • Jadi Keunikan Masyarakat Bangsa Di Dunia
  • Jadi Penyaring Budaya Asing

Contoh

  • Bung Karno, ialah tokoh, figur, sang proklamator, tokoh sentral berdirinya negara Indonesia.
  • Batik, produk budaya berbentuk warna parafin pada sehelai kain yang memiliki filosofi, bernilai seni serta ekonomi.
  • Borobudur, salah satu tempat ibadah umat Budha, candi Budha terbesar di dunia.
  • Rendang, salah satu makanan khas Minang yang sudah mendunia.
  • Pancasila, pedoman hidup resmi negara yang terdiri dari 5 sila: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Demokrasi, Keadilan.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Identitas Nasional, semoga bisa bermanfaat.