Contoh Teks Debat

Diposting pada
5/5 - (10 votes)

Contoh Teks Debat : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Contoh Teks Debat, yuk simak dibawah ini:


Contoh Teks Debat


Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti pernah berdebat dengan orang lain tentang suatu masalah.

Biasanya dalam sebuah debat, setiap orang akan mengutarakan pendapatnya. Hal ini untuk meyakinkan lawan bicara dan dapat menerima apa yang disampaikan.

Contoh Teks Debat


Pengertian teks debat

Debat adalah kegiatan adu argumentasi di mana dua pihak atau lebih membahas dan memutuskan masalah dan perbedaan secara individu atau dalam kelompok kecil.

Dengan para ahli Menurut G. Sukadi, debat adalah perdebatan antar individu atau sekelompok orang dengan tujuan untuk menang.

Menurut Hendri Guntur Tarigan (Hendri Guntur Tarigan), debat adalah antar individu atau antar kelompok orang, tujuannya adalah untuk menang bagi satu pihak.

Unsur – Unsur debat

Jika suatu kegiatan memiliki banyak unsur, itu bisa disebut debat

  • Memiliki mosi. Emosi merupakan topik atau bahasan yang akan diperdebatkan dan bersifat tradisional. Keberadaan mosi sangat penting karena ada pro dan kontra dalam perdebatan tersebut.
  • Harus ada pihak yang pro atau pihak afirmatif dalam debat yang menyetujui mosi yang diajukan. Mereka yang mendukung pertama-tama akan berbicara tentang alasan mengapa mereka mendukung pernyataan dalam mosi.
  • Oposisi atau pihak kontra yang tidak setuju dengan mosi yang telah dibuat. Lawan akan membantah pernyataan afirmatif.
  • Pihak netral atau pihak yang tidak mendukung atau condong ke pihak tertentu
  • Harus ada moderator dalam debat, yang bertanggung jawab untuk memimpin dan mengelola proses debat.
  • Aturan debat, pengenalan partai dan pengajuan mosi akan dijalankan oleh moderator.
  • Debat juga harus memiliki peserta debat, yang berhak memutuskan keputusan akhir bersama dengan juri debat. Dalam beberapa debat, peserta tidak berpartisipasi dalam menentukan keputusan akhir, tetapi jika mereka perlu memilih, mereka biasanya mempertimbangkan untuk memilih.
  • Unsur terakhir adalah apakah ada penulis atau risalah kegiatan yang bertanggung jawab untuk merekam hal-hal yang terkait dengan debat yang sedang berlangsung, seperti mosi debat, pernyataan tuan rumah, pengajuan oleh masing-masing tim atau partai politik, dan keputusan akhir.

Ciri-Ciri teks debat

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri teks debat, diantaranya sebagai berikut:

  • Debat memiliki sisi yang memandu proses debat. Biasanya orang yang melakukan tugas ini adalah moderator.
  • Hasil akhir atau kesimpulan debat diperoleh dengan voting atau memperdebatkan keputusan juri.
  • Hanya ada dua sudut pandang, pro dan kontra.
  • Ada kegiatan saling berdebat untuk memenangkan salah satu pihak.
  • Terjadi proses saling mempertahankan argumentasi antara kedua belah pihak (pro dan kontra) dalam sengketa.

Tujuan teks debat

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari teks debat, antara lain sebagai berikut:

  • Memperkuat pemahaman konseptual dari materi atau kursus yang diberikan.
  • Melatih seseorang untuk mengkritisi semua teori yang telah diberikan.
  • Melatih seseorang untuk mengungkapkan pendapatnya.
  • Melatih seseorang untuk mematahkan pendapat lawan.
  • Meningkatkan kemampuan menanggapi masalah (bantahan), karena ada proses menjaga pendapat timbal balik antara kedua belah pihak.

Tata Cara teks debat

Berikut ini adalah beberapa tata cara debat teks, antara lain sebagai berikut:

  • Memahami dan melaksanakan aturan debat yang telah disepakati oleh peserta dan anggota debat. Jika seorang anggota debat melanggar aturan, timnya akan terpengaruh.
  • Pertanyaan yang diajukan harus diajukan secara profesional, tidak boleh dihina, diuji, atau diremehkan pihak lain, dan tidak boleh diserang secara pribadi, melainkan harus memperhatikan masalah yang sedang dibahas.
  • Menyajikan argumen dengan analisis kritis, masuk akal, dan koheren. Ketiga hal ini akan lebih baik jika Anda memiliki keterampilan retorika yang baik.
  • Saat mengomunikasikan ide, kenali dan pahami kelemahan dan kekuatan lawan. Hal ini sangat penting untuk merumuskan strategi debat, sehingga dapat secara efektif meniadakan dan mempengaruhi lawan bahkan semua peserta debat.
  • Karena keterbatasan waktu, tidak perlu terlalu banyak argumen. Atur argumen Anda menjadi Unsur – Unsur-Unsur – Unsur singkat dan langsung yang mengarah langsung ke masalah yang sedang diperdebatkan.
  • Memiliki pemahaman yang baik tentang kesalahan dalam berpikir, terutama ketika memecahkan masalah. Ini juga membantu untuk mengidentifikasi kelemahan dalam argumen yang diajukan oleh lawan.
  • Mengedepankan ide-ide yang akurat dan bertanggung jawab. Ini juga mencakup data valid yang dapat mendukung argumen atau ide.
  • Buat kesimpulan, tunjukkan pernyataan akhir dalam sebuah kalimat, lugas, dan tunjukkan celah lawan dengan lugas. Penyampaian kesimpulan tidak perlu terlalu lama, cukup Unsur – Unsur-Unsur – Unsur untuk menegaskan argumen dan berkomunikasi secara tegas untuk menunjukkan bahwa argumen itu benar.

Tata cara yang digunakan di lingkungan sekolah adalah sebagai berikut:

  • Guru membagi siswa menjadi dua kelompok peserta debat, satu kelompok mendukung dan kelompok lainnya menentang.
  • Guru memberikan tugas rumah untuk membaca dua kelompok materi di atas untuk diperdebatkan.
  • Setelah membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok profesional untuk berbicara pada saat itu, dan kemudian kelompok tandingan merespons. Begitu seterusnya, hingga sebagian besar siswa dapat mengungkapkan pendapatnya.
  • Ketika siswa mengkomunikasikan ide-ide mereka, guru akan menuliskan ide-ide utama dari setiap percakapan sampai mereka mendapatkan jumlah ide yang diharapkan.
  • Guru menambahkan konsep/ide yang tidak diungkapkan.
  • Dari data publik, guru mengajak siswa untuk membuat
  • Kesimpulan atau ringkasan mengacu pada topik yang ingin dicapai.

Etika teks debat

Berikut ini adalah beberapa teks debat moral, diantaranya sebagai berikut:

Tanyakan dengan serius

Saat menanyakan lawan, Anda harus berhati-hati dan membandingkan pernyataannya dengan data yang telah Anda kumpulkan.

Berdebat tanpa menyinggung lawan

Anda tidak boleh menyebutkan debat lawan tentang cacat fisik dalam debat.Kondisi yang disukai adalah pertarungan ide.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menyinggung atau menyerang lawan Anda dalam suatu debat, maka Anda harus menyerang idenya, bukan lawan Anda yang sebenarnya dalam debat tersebut.

Bicara Menurut Data dan Fakta

Untuk dapat mematahkan argumen lawan, Anda harus membandingkan argumennya dengan data dan fakta. Jangan gunakan informasi yang tidak jelas untuk bersaing dengan ide lawan.

Patuhi aturan saat berdebat

Saat Anda berdebat dengan pengusaha, teman sekolah atau orang lain, Anda harus mematuhi aturan yang berlaku tentang berdebat.

Jika Anda melanggar atau gagal mematuhi aturan selama debat, Anda akan didiskualifikasi atau didiskualifikasi.

Jenis-jenis teks debat

Berikut ini adalah beberapa jenis teks debat, diantaranya sebagai berikut:

Majelis atau Debat Parlemen

Debat dirancang untuk memberikan dan meningkatkan dukungan untuk undang-undang tertentu dan semua anggota yang ingin mengekspresikan pandangan dan pendapat mereka.Debat parlementer adalah karakteristik legislatif.

Debat pada ujian kedua untuk memahami kebenaran tentang ujian Terdahulu

Ini adalah debat yang dirancang untuk mengangkat serangkaian masalah yang terkait erat, yang membuat individu yang ditantang mendukung posisi yang coba dibangun dan diperkuat oleh penanya; debat ulang adalah teknik yang dikembangkan oleh kantor pengadilan.

Debat formal, Konvensional Atau Debat Pendidikan

Ini adalah debat yang dirancang untuk memberikan kesempatan bagi kedua tim pembicara untuk menunjukkan kepada hadirin beberapa argumen yang mendukung atau menolak proposal tersebut; debat formal didasarkan pada transformasi debat bersama secara politis.

Aturan bahasa untuk teks debat

Berikut ini adalah beberapa kaidah kebahasaan dalam teks debat, antara lain sebagai berikut:

  • Menggunakan kalimat majemuk, teks debat biasanya menggunakan kalimat dengan struktur rangkap dan kata kerja majemuk (kalimat majemuk).
  • Menggunakan konjungsi, teks debat sering menggunakan konjungsi untuk menghubungkan kata atau kalimat.
  • Gunakan kata rujukan Kata rujukan biasanya digunakan sebagai pemberi informasi dalam teks debat, seperti ini, itu, dia, kamu, sini, sana, dll.

Contoh teks debat tentang berbagai topik

Saat ini debat sering dijadikan ajang kompetisi, pembuktian kemampuan komunikasi, dan juga memiliki cakupan ilmu yang sangat luas.

Sehingga saat ini banyak sekali topik yang menjadi kontroversi. Berikut ini adalah contoh teks debat berbagai topik yang dapat dijadikan referensi:

Teks Debat Tema Generasi Micin

Generasi instan

Moderator: Saat ini ada nama generasi baru yaitu generasi micin yang artinya anak-anak tidak perlu lagi repot untuk melakukan sesuatu, semuanya bisa diteruskan melalui proses instan. Bagaimana Anda menjawab?

Dear: Ini hal yang sangat bagus, artinya anak-anak zaman sekarang bisa mengikuti perkembangan zaman dan tidak akan ketinggalan zaman.

Kekurangan: Apa manfaatnya? Pada saat ini, anak-anak lebih suka yang sederhana-tetapi tidak ada yang berkumpul bersama untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau kerja kelompok. Semuanya dapat dilakukan melalui media tersebut, dan pada akhirnya anak akan dapat membiasakannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Kelebihan: Sangat bagus, artinya anak-anak kita sudah mandiri.

Kekurangan: Tapi kita adalah makhluk sosial, jangan biarkan anak-anak berpikir bahwa komunikasi itu tidak penting. Saya jarang keluar, dan saya hanya sibuk di depan gadget, laptop atau hal serupa lainnya di rumah. Terkadang saya tidak melihat orang tua saya.

Kelebihan: Pembuatan Micin tidak melupakan komunikasi, tetapi membuat komunikasi jarak jauh menjadi lebih mudah. Komunikasi dapat berlangsung melalui semua media, tidak harus langsung. Generasi Micin adalah generasi modern yang sangat baik.

Kekurangan: Seiring berjalannya waktu, budaya Indonesia kita yang dikenal ramah dan gotong royong akan hilang. Semuanya tergantikan oleh media elektronik, dan mereka jarang berkumpul dan sibuk membicarakannya melalui gadget mereka.

Pro: Tapi tidak semuanya seperti ini, masih banyak orang yang bisa menjadi generasi micin yang sangat keren. Hanya dengan memainkan gadget ini, Anda dapat menghasilkan uang dan berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh dunia.

Moderator: Nah, untuk mengakhiri perdebatan tentang generasi micin, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa generasi micin tidak bisa dihindari saat ini, dan perlu untuk menghadapinya secara rasional dan tidak melupakan budaya saat itu. waktu. Ini.

Teks Debat Tema Gadget

Generasi Nunduk

Moderator: Saat ini Gadget sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Bagaimana menurut anda?

Kekurangan: Tentu saja gadget sangat penting, namun penggunaan gadget masih relatif terbatas, agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak perlu.

Saat ini, terlalu banyak kecelakaan terjadi karena mengemudi dengan gadget atau fokus berjalan dengan gadget.

Keuntungan: Ini benar-benar bermuara pada apakah individu dapat mengontrol penggunaan gadget mereka. Seperti yang sudah kita ketahui, gadget tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekarang ini.

Kekurangan : Memang dalam kehidupan sekarang ini gadget tidak dapat dipisahkan dari gadget, gadget memang dapat memberikan banyak hal positif, namun tidak dapat dipungkiri gadget juga banyak memberikan dampak negatif.

Pro: Makanya saya bilang, kembali ke orang itu. Apakah mungkin untuk mengendalikan diri, dan tidak dikendalikan oleh gadget. Gadget adalah alat yang kita kendalikan, bukan kita yang dikendalikan oleh alat.

Teks Debat Tema Lingkungan

Hutan Menjerit Manusia Menangis

Moderator: Saat ini, semakin banyak hutan yang menjadi lahan untuk pembangunan pusat perbelanjaan atau bangunan modern lainnya. Semua ini untuk modernisasi suatu negara dan bagaimana membuat orang percaya pada tujuan negara ini.

Minta tim konstruksi untuk berbicara, dan tim tidak akan melanjutkan sampai tim peduli terhadap lingkungan.

Tim Pengembang: Indonesia adalah negara berkembang, jika tidak bisa mengikuti perkembangan zaman tentu akan membuat Indonesia semakin terbelakang. Satu-satunya cara adalah dengan ikut serta berusaha untuk maju dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Kelompok Perlindungan Lingkungan: Tetapi ini tidak berarti bahwa masa depan kehidupan manusia tidak dipertimbangkan. Jika hutan terus ditebang, hutan akan menjerit, dan manusia pada akhirnya akan menangis.

Tim pengembang: Seperti yang kami katakan dalam perjanjian, tidak semua hutan akan menjadi Mall, tetapi hanya sebagian saja.

Tim perlindungan lingkungan: Ini adalah komitmen Anda sepanjang waktu, tetapi sebenarnya Anda memperluas konstruksi beberapa tahun kemudian. Misalnya, hari ini, di masa lalu, dia hanya berbicara tentang satu bagian, yaitu, Anda akhirnya akan mengambil semua hutan.

Tim pengembang: Ini juga untuk kepentingan negara. Jika Anda tidak peduli dengan negara Anda, Anda tidak berhak tinggal di sini

Kelompok Perlindungan Lingkungan: Tapi ini bukan cara kerjanya. Lagi pula, bukan tugas Anda untuk memutuskan apakah saya berhak tinggal di sini.

Moderator: Harap tenang dan patuhi aturan untuk tidak menyimpang dari topik pembicaraan dan saling mengepung.

Teks Debat Tema Full Day School

Anak Bukan Robot

Moderator: Saat ini, pemerintah telah menerapkan sistem sekolah, yaitu sekolah penuh waktu di beberapa sekolah umum, tentu saja ini menimbulkan reaksi banyak orang tua. Bagaimana tanggapan sekolah dan orang tua?

Sekolah: Untuk kepentingan siswa, pemerintah telah mengeluarkan pernyataan resmi tentang sekolah penuh waktu. Pihak sekolah bisa menambah jadwal KBM nantinya.

Orangtua : Tapi sekarang anak saya selalu pulang malam karena masih les. Belum lagi uang saku tambahan, karena dia tidak makan di rumah. Kami sebagai orang tua tidak menyukai sistem ini.

Sekolah: Sebenarnya akan jauh lebih baik jika Anda mempelajarinya lebih dalam. Di sinilah iuran dapat dihentikan karena sekolah telah menambah waktu belajar.

Selain itu, daripada memberikan uang saku tambahan, lebih baik membawakan makanan untuk anak-anak Anda.

Orang Tua: Siapa yang bisa menjamin bahwa waktu kelas dapat menggantikan uang sekolah? Anak saya susah bangun pagi karena lelah di sekolah. Mereka bukan robot dan butuh waktu untuk istirahat, belajar bukanlah yang utama.

Sekolah: Beginilah cara pemerintah menyiapkan bekal yang sesuai untuk anak-anak menyongsong masa depan. Namun sekolah kami akan berusaha menyampaikan semua pendapat dan masukan dari orang tua.

Orang Tua : Terima kasih, jika kami bisa menyampaikannya, kami akan sangat lega. Tapi jangan hanya membuat janji yang akhirnya akan dilupakan.

Moderator: Jalankan saja sesuai tema, jangan mulai melenceng dan menyindir lawan. Jika tidak, perdebatan akan dihentikan.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Contoh Teks Debat, semoga bisa bermanfaat.