Contoh Teks Ceramah

Diposting pada
Rate this post

Contoh Teks Ceramah – Assalamualaikum wr wb pembaca setia artikel ppkn.co.id dalam kesempatan ini penulis akan berbagi sebuah artikel yang kali ini akan membahas tentang Contoh Teks Ceramah. Dengan begitu, untuk mempersingkat waktu bisa langsung saja sobat simak pembahasannya berikut ini.

Contoh Teks Ceramah
Contoh Teks Ceramah

Contoh Teks Ceramah

Berikut beberapa contoh mengenai Contoh Teks Ceramah, antara lain.

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Sabar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah SWT,

Puji syukur senantiasa kita panjatkan terhadap kehadiran Allah SWT, berkat rahmat, inayah serta hidayah-Nya kita bisa bertemu dalam majelis yang insyaallah berkah ini.

Yang kedua, shalawat serta salam bersama–sama kita curahkan kepada baginda agung Nabi Muhammad SAW, yang telah menuntun kita dari kegelapan menuju jalan yang baik.

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 153 Allah telah berfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar,” (QS. Al-baqarah : 153).

Sebegitu mulianya orang yang sabar. Sabar sendiri berasal dari kata sabaro yasbiru yang artinya menahan. Menahan memiliki arti yang luas, contohnya mulai dari menahan diri dari rasa kesal dan amarah hingga menahan rasa dahaga dan lapar saat menunaikan ibadah puasa.

Bukan hal yang mudah untuk bisa mendapat nikmat kesabaran yang sesungguhnya. Kita harus bisa mengontrol diri dari lingkungkan sekitar yang mungkin dapat memancing hawa nafsu dan kezaliman.

Dengan demikian, marilah kita lebih medekatkan diri kepada sang Khaliq agar senantiasa mendapat perlindungan serta keridhaan-Nya.

Sabar merupakan kunci sukses dalam menjalani hidup, agar lebih berkah dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang sekitar.

Saya cukupkan ceramah singkat saya hari ini. Semoga saudara sekalian bisa mengambil hikmah serta pelajaran yang bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama islam Tentang Persaudaraan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin sekalian, mari panjatkan syukur kepada Illahi Rabbi. Atas hidayah, rahmat dan berkat-Nya kita diberi nikmat sampai saat ini.

Tak lupa shalawat serta salam kita panjatkan Nabi Muhammad SAW, juga keluarganya, sahabatnya dan kita selaku umatnya hingga akhir zaman.

Agama Islam merupakan agama yang indah, agama yang mempersaudarakan semua umatnya. Baik persaudaraan seislam atau persaudaran sedarah. Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Hujarat ayat 10.

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّه لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (Q.S Al-Hujarat : 10).

Dalam ayat tersebut sudah jelas, bahwasanya persaudaraan sesama muslim merupakan hal yang penting.

Walau persaudaraan sesama muslim bukan persaudaraan sedarah, tapi jika kita semua seiman dan seislam maka akan terlahir keindahan saat kita semua bercengkrama layaknya keluarga.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang tadi sampaikan dapat diambil manfaat serta hikmah didalamnya. Terima kasih atas perhatiannya, akhirul kalam.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Ibu

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Segala puji marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah berkenan memberikan kita berbagai limpahan nikmat yang tidak mungkin dapat kita hitung jumlahnya. Sehingga jangan sampai kita lupa atau bahkan sengaja melupakan kewajiban kita sebagai hamba Allah yang senantiasa bersyukur atas segala limpahan Allah itu hukumnya wajib.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Agung Muhammad SAW, atas berkat perjuangan beliau kita dapat merasakan damainya islam saat ini.

Saudaraku yang dirahmati Allah,

Sekarang ini kondisi masyarakat sepertinya semakin mengkhawatirkan, baik dari segi individunya maupun keadaan sosialnya. Seringkali kita mendengar berita seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya, serta seorang murid yang durhaka pada gurunya. Mereka harus mendapatkan penanganan khusus supaya penyakit ini tidak menyebar.

Oleh sebab itu saya akan membahas mengenai orang tua, terutama ibu. Dalam surah Al-Isra’ dijelaskan mengapa kita harus berbakti kepada kedua orang tua terutama ibu. Sebab mereka yang sudah susah payah mengurus kita semenjak dari dalam kandungan hingga saat ini.

Dalam memposisikan ayah dan ibu, sebenarnya kita harus bagaimana? Apakah cukup berbakti kepada salah satunya atau apakah ada yang lebih diutamakan diantara ayah dan ibu kita yang sangat luar biasa?

Rasulullah memberikan petunjuk bagi kita untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti di atas. Sabda beliau yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dan Muslim dalam kitab shahih mereka. Hadist tersebut memiliki arti yang berbunyi:

Dari Bu Hurairah radhiyallaahu’anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shallahu’alaihi wasallam berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shallallaahu’alaihi wasallam menjawab, ‘ibumu’ dan orang tersebut kembali bertanya, ‘kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallahu’alaihi wasallam menjawab, ‘ibumu’ dan orang tersebut kembali bertanya, ‘kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘ibumu’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu’alaihi wasallam menjawab, ‘kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548).

Hadist tersebut menjelaskan kepada kita bahwa antara mana yang lebih berhak atas kasih sayang dan pengabdian kita selaku anak. Dapat diketahui bahwa dalam hadist tersebut yang paling berhak kita hormati adalah ibu kita. Saya cukupkan sekian materi kali ini, dilain kesempatan jika masih diberi umur panjang saya lanjutkan pembahasan tentang ibu ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Contoh Ceramah Singkat Hari Kiamat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya sehingga kita masih dapat berjumpa di hari yang insya Allah berbahagia ini. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.

Pembahasan kita kali ini mengenai hari akhir atau yang lebih sering dikenal dengan hari kiamat. Dalam Q.S Al-Qaari’ah menjelaskan bahwa pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

Dalam Q.S Al-Zalzalah terjadinya hari kiamat yaitu bumi digoncangkan dengan goncangannya (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya “mengapa bumi (menjadi begini)?”, bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.

Surah Az-Zalzalah ini menerangkan bahwa tanda-tanda permulaan hari kiamat, pada hari itu manusia akan melihat sendiri hasil perbuatan mereka, baik atau buruk, meskipun sebesar dzarrah, untuk itu kita sebagai umat yang beriman kepada hari akhir, kita dapat berhati-hati dalam segala hal agar kita bisa mendapatkan tempat yang aman di surga nanti.

Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila terdapat salah kata. Wassalamualaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Hijrah

Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdulillahirobil ‘alaamiin, wabihi nastangin, wa’ala umuridunya waddin wassolatu wassalamu’ala sayyidina mursalin, wa’ala alihi wa ashabihi ajma’in, amma ba’du.

Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah swt yang telah memberikan kepada kita begitu banyak kenikmatan, seperti nikmat sehat dan nikmat iman sehingga kita masih dapat berkumpul di tempat yang insya Allah dirahmati Allah ini.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad saw yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju zaman yang penuh ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.

Hadirin yang di rahmati Allah,

Sebagai seorang muslim haruslah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi muslim yang sejati, dengan usaha yang maksimal maka kita akan menjadi orang yang sempurna islamnya. Insya Allah.

Orang disebut sempurna islamnya apabila dalam menjalani kehidupan ini senantiasa menyelamatkan orang muslim lainnya, baik dari gangguan tangannya, maupun gangguan lidahnya. Sehingga dalam hidup sehati-hari kita harus mampu untuk menjada lisan supaya tidak berkata-kata yang dapat menyakiti perasaan seseorang. Serta jangan sampai tangan kita menyakiti orang lain.

Seseorang yang sempurna islamnya, dalam menjalani hidup ini akan senantiasa meninggalkan pekerjaan buruk, namun beralih kepada kebajikan, inilah yang dinamakan hijrah yang sebenarnya. Sesuai sabda Nabi yang artinya:

“Orang yang sempurna islamnya, ialah orang yang menyelamatkan orang islam lainnya dari gangguan lidahnya dan tangannya, dan orang yang berhijrah sebenarnya itu ialah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah swt.”

Saudaraku yang dirahmati Allah, saya rasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Mohon maaf atas segala kekurangan. Terimakasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Contoh Teks Ceramah Bahasa Indonesia Tentang Kematian

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama – tama mari kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan hidyah-Nya kita bisa berkumpul bersama di hari yang cerah nan bahagia ini.

Tak lupa shalawat serta salam kita panjatkan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW, tak lupa juga terhadap keluarganya, sahabatnya dan kita selaku umatnya yang insyaallah mendapatkan syafaatnya di akhir zaman, aamiin.

Dalam QS. Ali Imran ayat 145 Allah berfirman yang artinya “Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya”. (QS. Ali Imran : 145).

Dalam ayat ini sangat jelas bila kematian adalah hal yang mutlak adanya, tentu dengan waktu yang telah Allah tentukan.

Tak ada satupun dari kita mengetahui kapan dan dimana kita akan dijemput oleh ajal. Satu hal yang perlu kalian ingat bahwa kehidupan di dunia hanya sementara.

Maka dari itu saudaraku, mulai hari ini dan seterusnya mari kita mempersiapkan diri untuk kehidupan selanjutnya, kehidupan yang lebih kekal.

Mulai dari bertaubat kepada Allah SWT dan juga bermuhasabah diri, mohon ampun lah kalian sebelum waktunya terlambat. Allah SWT telah menyiapkan surga dan neraka sebagai imbalan untuk perbuatan kita saat di dunia.

Oleh karena itu, jangan sampai kalian terlena terhadap semua pernak-pernik dunia yang bersifat fana. Semua yang ada di dunia ini hanya bersifat sementara dan Allah bisa mengambilnya kapanpun.

Sekian ceramah dari saya tentang kematian. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya dan berakhir dalam keadaan husnul khotimah. Aamiin.

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Singkat Beserta Strukturnya Tentang Kejujuran

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mari pertama-tama kita panjatkan puji syukur terlebih dahulu ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan beribu nikmat kepada kita semua. Shalawat serta salam senantiasa kita limpah curahkan kepada junjungan alam Nabi Muhammad SAW sebagai suri teladan yang tak ada tandingannya.

Salah satu sifat rasul yang patut kita teladani dan dijadikan kebiasaan setiap hari, yaitu sifat amanah dan jujurnya. Ada suatu saat, ketika baginda berumur 12 tahun.

Beliau ikut dengan pamannya untuk berdagang ke berbagai daerah di jazirah Arab. Karena sifat amanah dan jujurnya beliau menjadi pedagang yang sukses, bahkan kehadirannya pun dinantikan oleh banyak pembeli.

Pada zaman seperti ini sangat sulit sekali mencari orang yang jujur dan amanah. Maka dari itu berhentilah mencari dan cobalah menjadi.

Menjadi salah satu orang yang memiliki sifat jujur dan amanah sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasul kita sekalian.

Mungkin cukup sekian ceramah singkat yang bisa saya sampaikan. Kurangnya mohon dimaafkan, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Umum Tentang Gotong Royong

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin yang terhormat,

Segala puji bersama-sama kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat dan karunia-Nya kita dapat bertemu di hari yanng cerah ini.

Gotong royong merupakan hal positif, yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita sedari dulu. Budaya saling tolong-menolong melahirkan rasa toleransi dan kebersamaan antarwarga dan sesama semakin tinggi.

Masyarakat Indonesia terkenal dengan ramah tamahnya, sebuah hal yang harus kita lestarikan sampai kapanpun. Bersama bahu-membahu mulai dari hal yang sederhana hingga membela keutuhan negara.

Terkadang kita memiliki sifat egois untuk memilih sikap individualis. Berpikir bahwa hidup sendiri itu merupakan anugerah, tanpa ada seorang pun mencampuri urusan kita. Sebuah pemikiran yang salah, karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain.

Maka dari itu, marilah kita bersama-sama saling membantu mereka yang membutuhkan pertolongan dari kita yang mampu untuk menolong. Cukup sekian hal yang dapat saya sampaikan,kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Tentang Akhlak Sosial

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, kita ucapkan syukur karena nikmat dari Allah SWT yang tiada hentinya. Tak lupa shalawat serta salam selalu disanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, dan para sahabatnya.

Akhlak berasal dari bahasa Arab yang berarti tingkah laku, tabiat dan perangai. Akhlak merupakan salah satu tolak ukur setiap orang untuk bisa menilai baik buruknya seseorang.

Pada zaman seperti ini banyak dari mereka yang sama sekali tak memperhatikan tentang akhlak. Entah karena perkembangan zaman atau dari diri mereka pribadi yang menolak akhlak terpuji.

Padahal, diutusnya rosul kita untuk dijadikan contoh dari akhlak yang baik, Rasulullah telah diutus untuk menyempurnakan akhlak setiap manusia agar bisa berjalan bersama dalam ketentraman batin. Rasul bersabda: “orang mukmin yang paling sempurna adalah yang baik akhlaknya”.

Akhlak merupakan poin penting dalam kehidupan, hal yang tak bisa dibeli dengan harta dan benda. Maka dari itu, mari kita sama-sama menyempurnakan akhlak, agar terjauh dari siksa api neraka dan senantiasa dimasukkan kedalam surga-Nya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Demikian artikel mengenai Contoh Teks Ceramah. Semoga akan bermanfaat untuk sobat semua.Semoga dapat menambah wawasan kita bersama dalam memperdalam ilmu agama.

Baca Juga :