Contoh Cerpen

Posted on

Contoh Cerpen : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Contoh Cerpen, yuk simak dibawah ini:


Contoh Cerpen


Cerpen atau cerita pendek merupakan bagian dari prosa yang berbentuk cerita fiksi, dengan satu konflik saja.

Pada saat yang sama, novel itu sendiri memiliki makna dalam bentuk prosa, yang melibatkan peristiwa dan karakter imajiner.

Tidak seperti novel atau novel, cerita pendek memiliki konten yang pendek. Biasanya panjang cerita pendek berkisar antara 1.600 sampai 10.000 kata.

Karena panjangnya yang pendek, cerpen biasanya berfokus pada satu plot, satu tokoh utama (dengan beberapa tokoh lain) dan satu tema sentral.

Sedangkan novel dapat menyajikan berbagai plot dan tema serta menonjolkan berbagai tokoh untuk membuat cerita lebih banyak. Menyenangkan dan bersemangat. kompleks.

Berbeda dengan novel yang terdiri dari judul dan sub judul, cerpen biasanya muncul dalam bentuk koleksi. Kumpulan cerita pendek yang terkenal, seperti “Kumpulan Cerita Pendek Kompas”.

Contoh Cerpen


Karakteristik cerita pendek

Cerpen memiliki ciri yang berbeda dengan jenis prosa lainnya, antara lain:

  • Terdiri dari 1.600-10.000 kata, jadi butuh 10-30 menit untuk membacanya.
  • Cerita pendek biasanya berfokus pada satu tema atau tema. Tema atau bentuk temanya mirip dengan tugas sehari-hari, sehingga memiliki nilai moral yang tinggi.
  • Cerita pendek biasanya mengambil tempat dalam satu lingkungan, jadi hanya berfokus pada satu plot saja, jadi ini hanyalah konflik tanpa konflik turunan.
  • Cerpen biasanya hanya fokus pada satu atau beberapa tokoh, sehingga tokohnya datar atau tokohnya tidak berubah secara bertahap.
  • Kamus yang digunakan mudah dimengerti.

Struktur cerita pendek

Setidaknya ada 6 (enam) struktur dalam isi cerita pendek, antara lain:

  • Abstrak: Bagian pertama menjelaskan deskripsi dari cerita pendek itu sendiri.
  • Orientasi: Jelaskan plot, waktu dan tempat cerita.
  • Komplikasi: Menjelaskan urutan kejadian dalam cerita itu sendiri dalam bentuk sebab atau akibat. Umumnya, bagian ini juga menjelaskan tentang karakter dan karakter.
  • Evaluasi: Jelaskan hal-hal penting dari cerita itu sendiri atau bagian pemecahan masalah dari cerita pendek.
  • Resolusi: Sebuah bagian menjelaskan solusi dari masalah yang dihadapi dalam cerita pendek.
  • Koda: Bagian yang dapat disarikan dari cerita pendek bisa berupa nilai atau kursus.

Setidaknya inilah struktur yang harus ada dalam cerpen.


Unsur-Unsur Intrinsik Dari Cerpen

  • Cerpen bertema memiliki inti / muatan utama yang ingin diceritakan dalam cerita.
  • Alur atau plot harus jelas karena merupakan alur cerita. Tangki terdiri dari tiga jenis: tangki maju, tangki mundur dan tangki pencampur.
  • Setting, disini maksudnya adalah bagian dari penjelasan tentang waktu, tempat dan suasana terjadinya.
  • Tokoh adalah yang dijelaskan dalam artikel. Ada beberapa jenis karakter yaitu karakter baik, karakter buruk dan karakter netral.
  • Penokohan yang dimaksud di sini merupakan bentuk penggambaran karakter dan karakteristiknya. Dalam penokohan ini, ada dua cara untuk menentukan penokohan, yaitu melalui analisis dan drama. Metode analisis adalah metode karakterisasi yang dijelaskan secara langsung. Misalnya, dia adalah anak yang pemberani, pekerja keras dan pintar. Metode dramatis adalah metode representasi interpretasi tidak langsung. Ini dapat dijelaskan dengan mendeskripsikan kebiasaan atau kode berpakaian.
  • Sudut pandang adalah suatu perspektif yang digunakan oleh pembuat cerita pendek. Ada 4 tipe view ini, diantaranya sebagai berikut:
    • Perspektif orang pertama (istilah “saya” sering digunakan). Misalnya, pada hari Minggu, saya pergi ke supermarket dan membeli beberapa bahan untuk ibu saya di rumah untuk merayakan ulang tahun teman istimewa saya Ani.
    • Perspektif orang pertama dari rekan aktor (artinya peran saya bukanlah karakter utama, tetapi orang di dalamnya tetapi tidak benar-benar fokus). Misalnya, lusa, saya dan teman-teman pergi ke beberapa kota di Indonesia untuk diperiksa. Kami semua senang menghabiskan waktu bersama. Tetapi teman saya dan saya sangat lelah, kami sakit. Teman saya Ratih menderita anemia, jadi pusing dan mual lebih parah dari saya.
    • Perspektif orang ketiga yang mahatahu (penulis cerita biasanya menceritakan karakter yang dipanggil dengan sangat rinci). Misalnya, ia adalah salah satu putra dari orang kaya di Indonesia, dan orang tuanya dikenal luas di seluruh jagat raya. Banyak orang berharap menjadi teman dekat di sekolah. Tapi dia terlalu sombong dan suka memilih teman.
    • Sudut pandang pengamat orang ketiga (maksudnya di sini adalah bahwa penulis cerita hanya menjelaskan apa yang dia lakukan, pengalamannya, gagasan tentang peran, dan terbatas pada satu orang) Misalnya, saya tidak tahu apa yang terjadi padanya, akhir-akhir ini dia mengalami depresi dan selalu merasa sedih. Memang kemarin saya mendengar kabar bahwa kucing kesayangannya mati. Kucing yang ia pelihara sejak ia mulai duduk di bangku SD.
  • Tugas biasanya berupa informasi atau nilai atau kursus yang dapat diterima dan disarikan oleh pembaca setelah membaca cerita.

Unsur Ekstrinsik Dari Suatu Cerpen

Jika ada unsur internal, maka tentunya akan ada unsur eksternal, seperti gambar dibawah ini:

  • Latar belakang komunitas, biasanya kondisi latar komunitas akan mempengaruhi isi dan proses cerita.
  • Latar belakang penulis, yaitu kebanyakan penulis biasanya bercerita berdasarkan pengalaman pribadinya.
  • Biografi merupakan data biologi yang lengkap, yang dapat dijelaskan dengan jelas dan menyeluruh.
  • Kondisi psikologis biasanya adalah kondisi suka, sedih dan gembira dalam cerita, dan dipengaruhi oleh emosi pengarang.
  • Genre sastra, genre ini biasanya mempengaruhi gaya bahasa yang terdapat dalam cerita.

Contoh cerita pendek Singkat

Setelah memahami makna cerpen atau cerpen, kami akan memberikan beberapa contoh cerpen lengkap di bawah ini.

Contoh cerita pendek siswa sekolah

Kompetisi menari

Ani adalah anak yang pintar, selain pintar juga suka menari. Ada kegiatan ekstrakurikuler tari di sekolah, tentu Ani salah satunya. Hari ini, sepulang sekolah, Ani dan ketiga temannya melakukan senam tari untuk persiapan lomba keesokan harinya.

Kringgg … Zhong pulang dari sekolah. Semua anak meninggalkan kelas untuk pulang, hanya beberapa anak yang masih bersekolah. Di ruang kesenian, ada Ani, Rida, Cahya dan Mela, mereka berempat dipilih untuk mewakili sekolah dalam lomba tari lusa.

“Da, semua persiapan sudah kamu lakukan untuk lusa kan?” Tanya Anni kepada Ridha

Kata Rida, “Jangan khawatirkan Ani, bibiku rela merias wajah.”

“Lalu latihan,” tanya Cahia, dan Cahia disetujui teman-temannya. Ini adalah bulan terakhir mereka berlatih keras untuk mengharumkan nama sekolah.

Hari ini adalah hari dimana permainan dimulai, dan permainan dimulai pada jam 9 15 menit setelah permainan dimulai. Mereka masih di jalan karena terjebak di jalan. Memang benar hal ini membuat mereka semua khawatir akan terlambat, tetapi mereka tidak ingin putus sekolah, jika mereka mau berarti persiapan mereka sia-sia.

Setelah berjuang dalam kemacetan lalu lintas, mereka akhirnya sampai di tempat tujuan. Mereka terlambat 30 menit. Ini membuat mereka semua cemas. Sesampainya di ruang kompetisi, hanya sedikit peserta yang tidak hadir, meskipun menduduki peringkat terakhir, mereka masih berkesempatan untuk tampil. Mereka bersyukur tidak putus sekolah. Giliran mereka untuk muncul, mereka memberi mereka penampilan terbaik mereka, dan itu semua sepadan dalam permainan di mana pemenang diumumkan untuk memenangkan tempat pertama.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa perbuatan tulus dan ikhlas kita akan memberikan hasil yang memuaskan.

Contoh cerita pendek lucu

Scrub Gula Pasir

Pada siang hari, Lia mengobrol dengan para Andes dan mereka sangat sibuk. “Enders, menurutmu wanita seperti apa yang disukai Dean?” “Well, apa? Kalau aku mendongak, Dion menyukai wanita santai yang tidak banyak berbuat. Kata Andes.“ Jadi kamu tidak suka cewek ginj U? Tanya Leah. “Mungkin, mungkin tidak.” “Apa menurutmu itu bisa menggantikan lipstik?” “Coba gosok dengan frosting.” “Oh, bukan?”. “Malam ini aku akan coba pakai hati adinda adinda. Hahaha.” “Dalam seminggu nanti akan ada pasar di kampus. Siapa tahu kalau ketemu Dion, terus gosok tiap malam.” “Iya, Kamu harus menjadi yang terbaik. ”Kata Tukas Lia. Hari-hari telah berlalu. Sehari sebelum acara dimulai, Leah muncul atas saran Anders. Andes terkejut melihatnya. “Ada apa dengan bibirmu, Leah? Kenapa merah sekali? Berapa kilogram gula yang kau gunakan? Andes tertawa terbahak-bahak.” Tahukah kau, ini digigit semut setiap malam karena pasirnya. perjuangan. Leah menjawab: “Oh, ya ampun.” Para Andes berteriak, tersenyum dari hati.

Contoh Cerpen Singkat Kehidupan Sehari-hari

Tidak konsisten

Alarm berbunyi, yang sangat mengganggu tidur nyenyak Nathan. Dia tidak ingin membuka matanya, tetapi pada akhirnya dia terpaksa membuka matanya.

“Ya Tuhan!” Nathan terkejut saat mengetahui bahwa jam menunjukkan pukul 7 pagi. Nathan bergegas untuk mandi, dan tanpa sarapan, ia pergi ke kantor. Ketika Nathan tiba di kantor, Nathan terlambat untuk pertemuan pagi ini, karena pertemuan itu lebih awal karena ada kebutuhan direktur di luar kota, jadi masih pagi.

“Saya minta maaf, Pak. Bolehkah saya masuk?” Tanya direktur yang memimpin pertemuan tersebut untuk izin Nathan.

“Silakan masuk, tapi maaf, proyek Anda digantikan oleh saudara Arkan.”

“Pak, kenapa? Saya hanya terlambat lima belas menit.”

“Maaf, Brother Nathan, ini bukan tentang apakah Anda terlambat, tetapi tentang konsistensi pekerjaan Anda.” Direktur menjelaskan dengan tegas.

Nathan segera memucat dan tidak bisa berkata-kata. Setelah pertemuan tersebut, Nathan berjalan ke meja dengan goyah.

“Ada apa dengan Nas? Seberapa telat.”

“Itu salahku. Aku begadang semalaman menonton sepak bola sampai aku melupakan proyek penting yang sangat menguntungkanku.”

“Oh, sebaiknya hentikan hobimu.” Meri tersentuh sedikit memberikan nasehat.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Contoh Cerpen, semoga bisa bermanfaat.