Soal Seni Budaya Tentang Apresiasi Karya Seni Teater Kelas 12 

Diposting pada

Soal Seni Budaya Tentang Apresiasi Karya Seni Teater Kelas 12

soal seni teater kelas 12 semester 2

soal seni teater kelas 12 semester 2 – soal berisikan materi yang diambil dari Bab 4, “Apresiasi Karya Seni Teater” seperti soal mengapresiasi karya seni teater dan soal tentang mengekspresikan diri melalui karya seni teater

Semua materi yang ada di postingan ini, umumnya digunakan untuk siswa kelas 12 semester genap, dimana semua materi yang sama tetapi dengan contoh-contoh soal


1. Berlari, bergulung-gulung, melompat, dan sebagainya merupakan contoh gerak….
a. gestikulasi
b. teaterikal
c. gestures
d. intonasi
e. movement
Jawaban: e


2. Berikut yang bukan contoh gerak halus adalah….
a. marah
b. menulis
c. sedih
d. gembira
e. riang
Jawaban: b


3. Pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas, sehingga telinga pendengar atau penonton dapat mengerti pada kata-kata yang diucapkan disebut….
a. artikulasi
b. gestikulasi
c. pemeranan

d. gerak

e. tekanan
Jawaban: a


4. Gerak pada raut muka kita atau perubahan mimik, atau yang lebih dikenal lagi dengan ekspresi disebut gerak….
a. teaterikal
b. spontan
c. imitasi
d. halus
e. kasar
Jawaban: d


5. Gerak-gerik kecil yang kita lakukan tanpa penuh kesadaran disebut….
a. teaterikal
b. gestikulasi
c. artikulasi
d. tempo
e. business
Jawaban: e


6. Memperlambat atau mempercepat pengucapan disebut…
a. gestures
b. pemeranan
c. tekanan tempo
d. teaterikal
e. gestikulasi
Jawaban: c


7. Gerak dari seluruh atau sebagian anggota tubuh kita disebut gerak…
a. teaterikal
b. spotan
c. imitasi
d. halus
e. kasar
Jawaban: e


8. Gerak besar yang kita lakukan disebut…
a. teaterikal
b. gestures
c. gerak kasar
d. pemeranan
e. gestikulasi
Jawaban: b


9. Gerak kita dalam kehidupan sehari-hari disebut gerak…
a. teaterikal
b. non-teateritikal
c. kasar
d. imitasi
e. halus
Jawaban: b


10. Gerak yang dipakai dalam teater, yaitu gerak yang lahir dari keinginan bergerak yang sesuai dengan apa yang dituntut dalam naskah disebut gerak….
a. teaterikal
b. non-teaterikal
c. ksar
d. imitasi
e. halus
Jawaban: a


11. Gerak perpindahan tubuh dari tempat yang satu ke tempat yang lain disebut….
a. gestikulasi
b teaterikal
c. gestures
d. intonasi
e. movement

Jawaban: e


12. Tekanan-tekanan yang diberikan pada kata, bagian kata atau dialog disebut….
a. gestikulasi
b. teaterikal
c. gestures
d. intonasi
e. movement
Jawaban: d


13. Menulis, mengambil gelas, jongkok dan sebagainya merupakan contoh gerak….
a. teaterikal
b. gestures
c. gerak kasar
d. pemeranan
e. gestikulasi
Jawaban: b


14. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan memerankan atau proess memerankan disebut….
a. pemeranan
b. aktor
c. syuting
d. latihan
e. gladi bersih
Jawaban: a


15. Suatu cara untuk memenggal kata dan memberi tekanan pada kata atau kalimat pada sebuah dialog disebut….
a. artikulasi
b. gestikulasi
c. pemeranan
d. gerak
e. tekanan
Jawaban: b


16. Phisical arrangement pemain dan gerakan-gerakannya dari akting area yang satu ke akting area yang lain disebut….
a. movement
b. gestikulasi
c. gestures
d. komposisi
e. bloking
Jawaban: e


17. Elemen dasar dari pertunjukan teater yang merupakan perwujudan gambaran panggung dalam gerak laku seorang pemain disebut….
a. movement
b. gestikulasi
c. gestures
d. komposisi
e. bloking
Jawaban: a


18. Bentuk panggung biasa, tetapi tidak menggunakan penyekat dan lantai panggung lebih tinggi dari lantai penonton disebut panggung…..
a. tertutup
b. terbuka
c. arena
d. galeri
e. tingkat

Jawaban: b


19. Pihak yang merupakan koordinator segala unsur pementasan dengan pemahaman, kecakapan, serta daya imajinasi yang dimilikinya disebut….
a. sutradara
b. seksi
c. sekretaris
d. ketua
e. bendahara
Jawaban: a


20. Bentuk panggung yang mana tempat pementasan memiliki lantai yang sama dengan lantai penonton disebut panggung….
a. tertutup
b. terbuka
c. arena
d. galeri
e. tingkat
Jawaban: c


21. Orang-orang yang bertanggung jawab dalam mengurus panggung atau pentas, dekorasi, tata lampu, tata suara, kostum, dan tata rias disebut….
a. manajer
b. komposer
c. sutradara
d. tim produksi
e. tim artistik
Jawaban: e


22. Bagian naskah yang berisi jawaban penyelesaian dari konflik dalam cerita adalah….
a. pendahuluan
b. isi
c. penyelesaian
d. klimaks
e. konflik
Jawaban: c


23. Pada masa klasik teater lebih berfungsi pada penyembahan terhadap dewa-dewa, sehingga teater tersebut berfungsi sebagai sarana….
a. edukasi
b. religius
c. estetis
d. pengembangan bakat
e. culture
Jawaban: b


24. Orang-orang yang mengurus semua permasalahan produksi sebuah pementasan drama disebut…..
a. manajer
b. komposer
c. sutradara
d. tim produksi
e. tim artistik
Jawaban: d


25. Orang yang bertugas memilih naskah dan mengurus akting para pemain adalah….
a. tim artisitik
b. manajer
c. tim produksi
d. sutradara
e. publik
Jawaban: d


26. Tema dapat diartikan dengan kejadian yang benar-benar terjadi atau sesuai dengan kenyataan. Hal tersebut merupakan salah satu syarat tema yang baik yang disebut….
a. intonasi
b. komposisi
c. menghargai SARA
d. aktual
e. mistis
Jawaban: d


27. Perpaduan antara gambar/visual yang muncul di atas pentas dari perpaduan unsur yang dilakukan oleh aktor dengan unsur yang ada di atas panggung dalam sebuah garis dan warnya yang mempunyai makna dan keindahan yang ingin dicapai sebuah pertunjukan teater disebut….
a. komposisi
b. intonasi
c. nada
d. movement
e. tempo
Jawaban: b

28. Gerakan yang berpindah, gestur dan akting bisnis adalah jenis-jenis….
a. tempo
b. nada
c. intonasi
d. tempo
e. movement
Jawaban: e


29. Memantabkan suasana hati, mencapai perhatian adegan, memantabkan karakterisasi atau perwatakan dan mencapai kesan tempat adalah fungsi….
a. irama
b. tempo
c. komposisi
d. gestures
e. gestikulasi
Jawaban: a


30. Ukuran kecepatan pola irama dan gerakan disebut….
a. irama
b. tempo
c. komposisi
d. gestrues
e. gestikulasi
Jawaban: b


31. Bentuk panggung yang dibatasi oleh relung pruscineum dengan tirai layar adalah panggung….
a. arena
b. biasa
c. terbuka
d. tingkat
e. susun
Jawaban: b


32. Tempat duduk yang belakang lebih tinggi dari yang ada di depan, merupakan salah satu ciri panggung….
a. arena
b. biasa
c. terbuka
d. tingkat
e. susun
Jawaban: b


33. Berikut yang tidak termasuk langkah dalam menulis naskah drama adalah…..
a. menentukan tema
b. mendata satuan peristiwa
c. menyusun data
d. mengembangkan sinopsis
e. menghitung penonton

Jawaban: e


34. Pihak dalam teater yang tampil langsung saat pementasan dan berhadapan dengan penonton adalah…..
a. pemain
b. sutradara
c. pimpinan produksi
d. manajer
e. penata rias
Jawaban: a


35. Pemain memerankan tokoh-tokoh teretentu yang terdapat dalam…..
a. lakon
b. naskah
c. alur
d. sudut pandang
e. desain
Jawaban: b


36. Latihan terakhir sebelum pementasan suatu karya seni disebut….
a. pra-latihan
b. gladi bersih
c. blocking
d. movement
e. gladi kotor
Jawaban: b


37. Tim yang bertanggungjawab atas seluruh biaya produksi disebut….
a. tata rias
b. tim produksi
c. tim manajemen
d. tim koordinator
e. tim artistik
Jawaban: b


38. Berikut merupakan ciri-ciri umum teater tradisional, kecuali….
a. menggunakan pakaian tradisional
b. ceritanya tanpa naskah
c. pertunjukan menggunakan alat musik tradisional
d. serius dan tidak ada unsur lawakan
e. menggunakan bahasa daerah
Jawaban: d


39. Bagian dalam synopsis yang memunculkan konflik cerita yang terjadi di antara tokoh-tokoh adalah….
a. pendahuluan
b. klimaks
c. penyelesaian
d. konflik
e. resolusi
Jawaban: b


40. Seperti dalam seni musik, irama dan tempo adalah sesuatu yang tidak mungkin diabaikan oleh pertunjukan seni….
a. teater
b. kriya
c. rupa
d. grafis
e. desain
Jawaban: a


41. Meskipun sebuah pertunjukan misalnya didukung oleh set atau property yang mewah, tata cahaya yang sempurna, kostum gemerlap dan efek teknologi yang sangat canggih, suasana akan membosankan, monoton dan terasa mati bila tidak memperhatikan….
a. warna
b. nada
c. lakon
d. tangga nada
e. irama dan tempo
Jawaban: e


42. Pihak yang harus peka dengan persoalan irama dan tempo yang berkaitan dengan tempat dan waktu tertentu adalah….
a. sutradara
b. manajer
c. pemain
d. naskah
e. tata panggung
Jawaban: a


43. Irama dan tempo menuntun penonton melalui gerak laku dan cerita secara….
a. tersendat-sendat
b. discontinue
c. terpatah-patah
d. terputus-putus
e. terus menerus
Jawaban: e


44. Memproduksi atau membuat sebuah pertunjukan teater bisa dilakukan oleh siapa saja, tergantung pada…..
a. tujuan
b. uang
c. kesempatan
d. lingkungan
e. orang lain
Jawaban: a


45. Berikut yang termasuk komponen dekorasi, kecuali….
a. kursi
b. meja
c. tirai
d. kostum
e. pepohonan
Jawaban: d


46. Setelah rancangan keseluruhan pentas terbentuk, mulai dari jenis dan nilai naskah, teknik penyutradaraan, pemeranan, desain yang akan digunakan dan dipahami serta disepakati oleh setiap anggota produksi, maka sutradara mulai melakukan…..
a. pendesainan
b. penggambaran
c. perencanaan
d. latihan
e. pengevaluasian
Jawaban: d


47. Tiga prinsip seni pertunjukan teater secara tidur, yaitu…..
a. tempat, pekerja, dan penonton
b. tempat, pekerja, dan dekorasi
c. tempat, pekerja, dan waktu
d. dekorasi, lampu, dan waktu
e. waktu, tempat, dan peralatan musik
Jawaban: a


48. Tempat untuk pementasan di depan ruangan dan dibatasi oleh penyekat yang memisahkan dengan ruang untuk penonton serta lantai panggung lebih tinggi daripada lantai penonton, merupakan salah satu ciri panggung…..
a. arena
b. biasa
c. terbuka
d. tingkat
e. susun
Jawaban: b


49. Adanya pemisahan yang tegas antara penonton dan tempat pemain adalah salah satu karakteristik teater…..
a. tradisional
b. nontradisional
c. klasik
d. kontemporer
e. nasional
Jawaban: b


50. Aspek kedua dari pertunjukan teater modern adalah adanya naskah yang ditulis terlebih dahulu sebelum melakukan…..
a. perencanaan
b. pengorganisasian
c. pementasan
d. pengevaluasian
e. penilaian
Jawaban: d


51. Kita dapat menulis naskah teater berdasarkan…..
a. kehidupan sehari-hari
b. kehidupan orang lain
c. khayalan semata
d. a, b, dan c salah
e. a, b, dan c benar
Jawaban: e


52. Dalam kreasi teater, data satuan pristiwa yang sudah disusun kemudian dikembangkan menjadi….
a. lakon
b. desain
c. denah
d. sinopsis
e. klimaks
Jawaban: d


53. Setiap karangan biasanya terdiri atas tiga bagian struktur pokok atau kerangka karangan, yaitu….
a. pendahuluan, puncak dan penyelesaian
b. pendahuluan, klimaks, dan masalah
c. klimaks, masalah, dan resolusi
d. resolusi, masalah, dan klimaks
e. klimaks, penyelesaian, dan konflik
Jawaban: a


54. Puncak permasalahan dalam sebuah pementasan teater disebut….
a. konflik
b. klimaks
c. lakon
d. plot
e. alur
Jawaban: b


55. Pementasan tidak akan berjalan tanpa….
a. keegoisan
b. keributan
c. kegaduhan
d. kesombongan
e. kerja sama
Jawaban: e


56. Sinopsis dapat dikembangkan menjadi….
a. naskah
b. lakon
c. lambang
d. simbol
e. dekorasi
Jawaban: a


57. Sekretaris, bendahara, seksi publikasi, tiket, buklet, program pementasan, dan pencarian gedung dikuasai oleh seorang…..
a. manajer
b. sutradara
c. pimpinan produksi
d. seksi konsumsi
e. pemain
Jawaban: c


58. Yang menghadirkan tokoh di atas pentas adalah…..
a. sutradara
b. pemain
c. manajer
d. tata rias
e. tata panggung
Jawaban: b


59. Dasar-dasar bermain peran dan berbagai teknik bermain peran harus dipahami oleh….
a. sutradara
b. pemain
c. manajer
d. tata rias
e. tata panggung
Jawaban: b


60. Dekorasi adalah media pelengkap…..
a. panggung
b. lampu
c. kostum
d. pemain
e. sutradara
Jawaban: a


61. Apa yang dimaksud gestures dalam teater?
Jawaban: gestures adalah gerak-gerak besar yang kita lakukan


62. Apa yang dimaksud gerak nonteateritikal dalam teater?

Jawaban: gerak nonteateritikal adalah gerak kita dalam kehidupan sehari-hari


63. Apa yang dimaksud gerakan teaterikal dalam teater?
Jawaban: gerak teaterikal adalah gerak yang dipakai dalam teater, yaitu gerak yang lahir dari keinginan bergerak yang sesuai dengan apa yang dituntut dalam naskah.


64. Gerak yang dipakai dalam teater (gerak nonteaterikal) ada bermacam-macam, secara garis besar dapat kita bagi menjadi dua, yaitu… dan ….
Jawaban: gerak halus dan gerak kasar


65. Gerak yang terjadi setelah mendapat perintah dari diri atau otak kita untuk melakukan sesuatu dinamakan….
Jawaban: gestures


66. Gerak halus timbul karena pengaruh dari…. Manusia
Jawaban: dalam


67. Gerak kasar timbul karena adanya pengaruh baik dari luar maupun dari….
Jawaban: dalam


68. Gerak kasar dapat dibagi menjadi…. Bagian.
Jawaban: empat


69. Yang dimaksud tekanan nada ialah tekanan tentang tinggi rendahnya suatu….
Jawaban: kata


70. Konstatin Stanisslavski mengemukakan, bahwa seni peran memiliki tujuan utama yakni menciptakan kehidupan batin sukma manusia serta mengutarakannya secara….
Jawaban: artistik


71. Apa yang dimaksud gerak halus dalam teater?
Jawaban: gerak halus adalah gerak pada raut muka kita atau perubahan mimik, atau yang lebih dikenal lagi dengan ekspresi.


72. Apa yang dimaksud business dalam teater?
Jawaban: business adalah gerak-gerik kecil yang kita lakukan tanpa penuh kesadaran


73. Apa yang dimaksud gerak kasar dalam teater?
Jawaban: gerak kasar adalah gerak dari seluruh atau sebagian anggota tubuh kita.


74. Apa yang dimaksud pemeranana dalam teater?
Jawaban: pemeranan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan memerankan atau proses memerankan


75. Jelaskan pengertian artikulasi dalam teater?
Jawaban: artikulasi pada teater adalah pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas, sehingga telinga pendengar/penonton dapat mengerti pada kata-kata yang diucapkan.


76. Jelaskan pengertian gestikulasi dalam teater!
Jawaban: gestikulasi adalah suatu cara untuk memenggal kata dan memberi tekanan pada kata atau kalimat pada sebuah dialog.


77. Jelaskan pengertian tekanan tempo dalam teater!
Jawaban: tekanan tempo adalah memperlambat atau mempercepat pengucapan.


78. Seandainya pada dialog yang kita ucapkan tidak menggunakan intonasi, maka akan terasa monoton, datar dan….
Jawaban: membosankan


79. Olah tubuh bisa juga diakatakan…..
Jawaban: senam


80. Padahal akting adalah kerja… dan ….
Jawaban: aksi dan reaksi


81. Perubahan tempo yang menyimpang akan merubah….
Jawaban: pola dasar irama


82. Panggung terbuka merupakan bentuk panggung biasa, tetapi tidak menggunakan penyekat dan lantai panggung lebih tinggi dari…..
Jawaban: lantai penonton


83. Irama dan tempo merupakan pengikat dari keseluruhan….
Jawaban: naskah


84. Panggung biasa disebut juga panggung…..
Jawaban: pruscineum


85. Apa yang dimaksud tempo dalam teater?
Jawaban: tempo adalah ukuran kecepatan pola irama dan gerakan (lambat, sedang atau cepat).


86. Jelaskan arti bloking!
Jawaban: secara singkat bloking adalah physical arrangement pemain dan gerakan-gerakannya dari akting area yang satu ke akting area yang lain.


87. Apa yang dimaksud movement?
Jawaban: gerakan (movement) adalah elemen dasar dari pertunjukan teater yang merupakan perwujudan gambaran panggung dalam gerak laku seorang pemain


88. Kesimpulan akhir cerita bisa berakhir bahagia dan bisa juga berakhir….
Jawaban: tragis


89. Pada masa klasik teater lebih berfungsi pada penyembahan terhadap….
Jawaban: dewa-dewa


90. Dalam perencanaan ini sebuah kelompok yang ingin mementaskan teater harus sudah punya planning di mana pertunjukkan itu akan….
Jawaban: digelar


91. Jelaskan pengertian aktual yang menjadi salah satu syarat tema yang baik!
Jawaban: aktual dapat diartikan dengan kejadian yang benar-benar terjadi atau sesuai dengan kenyataan.


92. Apa yang dimaksud komposisi!
Jawaban: komposisi merupakan perpaduan antara gambar/visual yang muncul diatas pentas dari perpaduan unsur yang dilakukan oleh aktor dengan unsur yang ada di atas panggung dalam sebuah garis dan warna yang mempunyai makna dan keindahan yang ingin dicapai sebuah pertunjukkan teater.


93. Jelaskan fungsi gerak (movement) dalam teater!
Jawaban: fungsi gerak (movement) adalah agar penonton mampu memberikan penekanan dan mengalihkan perhatian pada fokus yang paling kuat, mempertegas penokohan baik watak maupun latar belakangnya dan memperjelas keadaan.


94. Apa fungsi irama dalam sebuah teater?
Jawaban: fungsi sebuah irama adalah untuk memantabkan suasana hati, mencapai perhatian adegan, memantabkan karakterisasi atau perwatakan dan mencapai kesan tempat.


95. Panggung arena adalah bentuk panggung yang mana tempat pementasan memiliki lantai yang…. dengan lantai penonton.
Jawaban: sama


96. Yang menjadi tulang punggung pementasan adalah….
Jawaban: pemain


97. Pada umumnya, untuk memudahkan penonton, pada tempat atau ruang penonton dibuat….
Jawaban: berjenjang


98. Apa yang dimaksud panggung terbuka?
Jawaban: panggung terbuka merupakan bentuk panggung biasa, tetapi tidak menggunakan penyekat dan lantai panggung lebih tinggi dari lantai penonton


99. Apa yang Anda ketahui tentang sutradara?
Jawaban: sutradara merupakan coordinator segala unsur pementasan dengan pemahaman, kecakapan, serta daya imajinasi yang dimilikinya.


100. Apa yang dimaksud panggung arena?
Jawaban: panggung arena adalah bentuk panggung yang mana tempat pementasan memiliki lantai yang sama dengan lantai penonton.


101. Jalannya peristiwa dalam lakon yang terus bergulir hingga lakon tersebut selesai disebut….
Jawaban: alur


102. Tarian nontradisional merupakan bentuk ekspresi diri yang memiliki aturan yang lebih bebas, namun secara konseptual tetap mempunyai….
Jawaban: aturan


103. Dekorasi panggung harus disesuaikan dengan…. dari suatu cerita yang dipentaskan.
Jawaban: maksud


104. Kata “theatron” diturunkan dari kata….
Jawaban: theaomai


105. Kata “theatron” artinya…..
Jawaban: takjub


106. Karakteristik utama dari pertunjukan teater non-tradisi adalah adanya pemisahan yang tegas antara penonton dan….
Jawaban: memandang atau melihat


107. Aspek kedua dari pertunjukkan teater modern adalah adanya naskah yang ditulis terlebih dahulu sebelum melakukan…..
Jawaban: pementasan


108. Adanya naskah yang lengkap dalam pementasan membuat aspek-aspek dramaturgi menjadi lebih terjaga serta pertunjukan lebih dapat….
Jawaban: dipertanggungjawabkan


109. Hal ketiga yang ada pada pementasan teater modern adalah hilangnya pengisian hiburan dalam bentuk nyanyian dan tarian pada jeda….
Jawaban: pergantian babak


110. Kearifan budaya biasanya selalu terkandung dalam setiap karya seni daerah maupun karya seni….
Jawaban: modern


111. Teater-teater modern membawa pesan-pesan moral yang sangat….
Jawaban: beragam


112. Kemampuan inerpretasi sutradara sangat menentukan keberhasilan sebuah pementasan sehingga pesan-pesan yang terkandung dalam cerita dapat tersampaikan melalui pementasan yang…..
Jawaban: baik


113. Kearifan budaya dalam karya seni sering menyangkut masalah moral dan nilai-nilai….
Jawaban: kemanusiaan


114. Nilai-nilai yang dibawa oleh karya seni ini sering berupa simbil yang memerlukan proses….
Jawaban: penafsiran


115. Suatu usaha untuk mengatur, menempatkan dan memanfaatkan berbagai sumber suara sesuai dengan etika dan estetika untuk suatu tujuan tertentu disebut…..
Jawaban: tata suara


116. Title adalah nama lain dari….
Jawaban: judul atau tema


117. Seni mengubah penampilan wajah menjadi lebih sempurna dinamakan….
Jawaban: tata rias


118. Seni pakaian dan segala perlengkapan yang menyertai untuk menggambarkan tokoh dinamakan….
Jawaban: tata busana


119. Ketika aktor mengalami perubahan dalam ruang, maka gerak (movement) sama pentingnya dengan….
Jawaban: kata-kata


120. Istilah teater berasal dari bahasa Yunani, yaitu….
Jawaban: theatron


121. Bagaimana perpindahan antara babak yang satu ke babak yang lain dalam teater modern?
Jawaban: perpindahan antara babak yang satu ke babak yang lain berlangsung cepat dan tidak banyak memakan waktu, sehingga pementasan hingga menjelang pagi dapat dihindari


122. Bagaiman unsur komposisi dalam teater?
Jawaban: komposisi dalam teater tidak hanya dalam teknik, melainkan kejadian melalui pengalaman dan kedalaman sisi estetik yang ada padanya. Sehingga keindahan yang muncul merupakan perpaduan penekanan, stabilitas dan keseimbangan dalam berbagai sudut pandang.


123. Termasuk media apakah televisi sebagai media pertunjukan teater?
Jawaban: elektronik


124. Disebut apakah tahap penilaian dalam karya seni teater?

Jawaban: evaluasi


125. Apa arti kata “planning” dalam tahap pementasan teater?
Jawaban: perencanaan


126. Dari mana kata “theatron” berasal?
Jawaban: Yunani


127. Disebut apakah getaran yang dihasilkan oleh sumber bunyi benda padat yang merambat melalui media atau perantara?
Jawaban: suara


128. Siapa yang bertugas menegaskan dan menghasilkan garis-garis wajah sesuai dengan tokoh?
Jawaban: tata rias


129. Siapa yang bertanggung atas pengaturan pemandangan di panggung selama pementasan berlangsung?
Jawaban: tata panggung


130. Apa arti kata “role playing” dalam teater?
Jawaban: bermain peran


131. Jelaskan pengertian movement dalam teater!
Jawaban: movement adalah gerak perpindahan tubuh dari tempat yang satu ke tempat yang lain.


132. Apa yang dimaksud intonasi dalam teater?
Jawaban: yang dimaksud intonasi dalam teater adalah tekanan-tekanan yang diberikan pada kata, bagian kata atau dialog


133. Siapa saja tim artistik dalam pementasan teater?

Jawaban: dalam pementasan drama, tim artistik adalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam mengurus panggung atau pentas, dekorasi, tata lampu, tata sura, kostum, dan tata rias.


134. Tema yang baik tidak menyinggung SARA, apa maksud hal tersebut?
Jawaban: SARA adalah kependekan dari suku, agama, ras, dan antargolongan. Artinya, tema sebuah karya sastra tidak boleh menyinggung suku, agama, ras, atau antargolongan tertentu.


135. Siapa yang dimaksud pengurus produksi?
Jawaban: pengurus produksi adalah orang-orang yang mengurus semua permasalahan produksi sebuah pementasan drama.


136. Sebutkan unsur-unsur pementasan!
Jawaban: unsur-unsur yang terlibat dalam pementasan adalah sutradara, pengurus produksi, pemain dan tim artistik.

137. Jelaskan bagian pendahuluan dalam sinopsis!
Jawaban: bagian pendahuluan dalam sinopsis adalah bagian yang menjelaskan tema yang akan diterangkan pada karya tulis tersebut secara padat, jelas, dan ringkas kepada para pembaca.


138. Jelaskan bagian klimaks dalam sinopsis!
Jawaban: bagian klimaks adalah bagian yang memunculkan konflik cerita yang terjadi di antara tokoh-tokoh. Kejadian dalam konflik bisa bermacam-macam bentuknya mulai dari yang ringan sampai yang rumit.


139. Di mana naskah drama dihadirkan oleh para pemain?
Jawaban: di panggung

140. Aktor tahu kapan harus keluar masuk panggung, di mana harus berdiri dan duduk. Termasuk dalam unsur apakah hal tersebut dalam teater?
Jawaban: bloking


Demikian ulasan dari PPKN.CO.ID Mengenai soal seni teater kelas 12 semester 2, Semoga Bermanfaat….


Refrensi Teknologi [DISINI]