Kegiatan Utama Organisasi GAPI Adalah

Posted on

Kegiatan Utama Organisasi GAPI Adalah: Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Kegiatan Utama Organisasi GAPI Adalah, yuk simak dibawah ini:


Kegiatan Utama Organisasi GAPI Adalah


Aliansi politik Indonesia akan mempersatukan semua kekuatan nasional. Pada Konferensi Manajemen Pusat Nasional yang diadakan dari tanggal 18 hingga 19 Maret 1939.

Salah satu tujuan GAPI adalah mewajibkan Indonesia memiliki parlemen sendiri di pemerintahan Belanda agar GAPI dapat memiliki slogan parlemen Indonesia.

Lantas, apa latar belakang sejarah GAPI? Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan mudah dipahami (yaitu tentang GAPI).

Kegiatan Utama Organisasi GAPI Adalah


Apa organisasi GAPI?

GAPI (Ikatan Politik Indonesia) adalah perkumpulan perkumpulan politik di Indonesia yang mempersatukan seluruh anggota angkatan bersenjata nasional.

Badan ini didirikan pada tanggal 21 Mei 1939 atas prakarsa Parindra di Jakarta, dengan tujuan membentuk panitia konsentrasi nasional pada sidang majelis induk dari tanggal 18 sampai 19 Maret 1939.

Dalam regulasi, GAPI biasanya menjaga persatuan nasional, tetapi tidak mengganggu anggota partai.

Pengelolaan konfederasi dilakukan oleh sekretariat tetap yang terdiri dari wakil sekretaris, sekretaris jenderal dan bendahara.

Jabatan ini awalnya dijabat oleh Abikusno Tjokrosuyoso dari PSII sebagai Sekretaris Jenderal, Amir Sjarifudin dari Gerindo sebagai Wakil Sekretaris, dan Ahmad Husni Thamrin dari Parindra sebagai Bendahara.


Latar belakang GAPI

Latar belakang berdirinya Partai Persatuan Indonesia ini didasarkan pada pemikiran Muhammad Husni Thamrin (Muhammad Husni Thamrin).

Yaitu mengkaji solusi PPPKI yang tidak dapat membangun kekuatan nyata dari kegagalan sebelumnya.

Usulan Sutardjo Kartohadikusumo dan berbagai orang dalam partai politik diusulkan dalam pertemuan dengan pemerintah kolonial Belanda untuk mengadakan kongres antara perwakilan Indonesia dan pemerintah kolonial Belanda.

Di parlemen, anggota parlemen dapat menikmati persamaan hak tanpa terpengaruh. Diskriminasi atau perlakuan berbeda.

Kemudian muncul inisiatif Thamrin yang termasuk dalam karakter Parindra membentuk konsentrasi nasional.

Negara ini menjadi semakin penting, sehingga didukung oleh negara-negara dunia, dan Indonesia mungkin akan terlibat langsung dalam perang tersebut.

Pada 19 Maret 1939, proposal Thamrin diakui dan diakui secara universal oleh organisasi lain.


Pengembangan GAPI

GAPI berharap dapat mengambil tindakan untuk mengadili pemerintah dengan membentuk parlemen yang disusun dan dipilih oleh rakyat Indonesia, dan meminta parlemen untuk bertanggung jawab kepada pemerintah.

Jika permintaan GAPI disetujui oleh pemerintah, GAPI akan meminta semua orang untuk memberikan kompensasi kepada pemerintah atas kemurahan hatinya. Ini adalah respon dari gerakan anti pemerintah nasional akibat petisi Sutarjo.

Pada 24 Oktober, GAPI mendirikan organisasi Kongres Rakyat Indonesia (KRI) untuk menyejahterakan dan membahagiakan rakyat.

Kemudian, KRI mengadakan konferensi untuk melaksanakan kegiatan GAPI. “Parlemen Indonesia” tetap menjadi tujuan utama GAPI Selain mempromosikan masalah ekonomi dan sosial.


Tujuan GAPI

Tujuan GAPI adalah meminta pemerintah Belanda mewajibkan Indonesia memiliki parlemen sendiri agar GAPI memiliki slogan di parlemen Indonesia.

Permintaan parlemen Indonesia ditentang keras kepala. Akhirnya pemerintah Belanda membentuk panitia bernama Visman Committee yang diketuai oleh F.H. Visman.

Tugas Komite Weisman adalah menyelidiki dan meninjau berbagai amandemen konstitusi. Namun berdasarkan penelitian, Panitia Wisman menyimpulkan bahwa Indonesia kecewa.


Pendiri GAPI

Pada tanggal 21 Mei 1939 dibentuk Federasi Partai Indonesia pertama dengan Muhammad Husni Thamrin (Muhammad Husni Thamrin). Darimana pembentukan Asosiasi Partai Indonesia dimulai?

Pada tanggal 15 Juli 1936, atas usul berbagai parpol yang diketuai oleh Sutardjo Kartohadikusumo, Indonesia mendirikan pemerintahan yang dapat berdiri di negerinya sendiri, tetapi itu ditanggapi oleh pihak Belanda. Penolakan pemerintah kolonial.

Berikut adalah alasan pembentukan GAPI, diantaranya:

  • Sikap pemerintah terhadap Belanda tidak memperhatikan kepentingan rakyat Indonesia.
  • Pemerintahan otoriter telah menarik perhatian internasional.
  • Usulan Sutarjo Kartohadikusumo gagal. Sejauh orang Indonesia memiliki pemerintahan yang bisa berdiri di negerinya sendiri tetapi menolaknya dalam bentuk penjajahan Belanda.

GAPI (Ikatan Politik Indonesia) adalah perkumpulan perkumpulan politik di Indonesia yang mempersatukan seluruh anggota angkatan bersenjata nasional.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Kegiatan Utama Organisasi GAPI Adalah, semoga bisa bermanfaat.