Kata Pengantar Laporan

Posted on

Kata Pengantar Laporan : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Kata Pengantar Laporan, yuk simak dibawah ini:


Kata Pengantar Laporan


Merupakan praktik umum untuk menggunakan ringkasan laporan saat menulis laporan atau makalah dalam lingkup tugas ilmiah. Kata pengantar biasanya berisi ucapan terima kasih telah menyelesaikan laporan atau skripsi.

Dalam kata pengantar laporan juga diuraikan secara singkat tujuan dan manfaat penelitian, semoga laporan dan makalah kedepannya dapat terus digunakan.

Secara umum kata pengantar laporan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, isi dan bagian akhir.

Berikut ini adalah uraian lengkap tentang pendahuluan laporan dan memberikan beberapa contoh yang dapat Anda gunakan sebagai patokan untuk penulisan pendahuluan laporan Anda sendiri.

Kata Pengantar Laporan


Apa itu kata pengantar?

Kata Pengantar merupakan halaman dalam sebuah karya tulis yang biasanya berisi ucapan terima kasih penulis.

Kata Pengantar biasanya terletak di awal kertas (sebelum daftar isi) dan memuat beberapa bagian penting, seperti awal, isi, dan penutup.

Isi kata pengantar itu sendiri adalah apa yang dialami oleh pengarang atau pengarang saat menyelesaikan karyanya, dan pihak-pihak yang membantu menulis karyanya.

Fungsi Kata Pengantar

Seperti namanya, kata pengantar dimaksudkan untuk memandu pembaca melalui konten atau deskripsi yang terdapat dalam artikel ini.

Kata pengantar tidak hanya berisi kata-kata syukur, tetapi juga berisi gambaran tentang karya untuk meningkatkan minat pembaca.

Semakin menarik deskripsi yang ditulis oleh pengarangnya, maka semakin menggugah rasa penasaran pembaca.

Tujuan kata pengantar

Ini adalah fungsi pendahuluan untuk membantu pembaca memahami isi artikel ini. Hal ini karena, selain sebagai surat ucapan terima kasih, kata pengantar juga memberikan gambaran umum tentang karya tersebut.

Kata pengantar bisa meningkatkan daya tarik pembaca buat memahami karya yang lebih komprehensif.

Kata pengantar karya tulis adalah rasa hormat penulis kepada pembaca, yang berisi kata-kata yang digunakan penulis untuk berhasil menyelesaikan skripsi, skripsi, atau makalah penelitian.


Struktur Kata Pengantar

Kata pengantar terdiri dari kalimat-kalimat yang efektif, tujuannya agar pembaca mudah memahami isi kata pengantar. Berikut adalah struktur kata pengantar.

Pembukaan

Awal kata pengantar terletak di paragraf pertama serta kedua. Didalam ini berisikan apresiasi penulis ataupun tim penyusunan atas penyelesaian skripsi.

Ucapan terima kasih dimulai dengan mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan dan terus mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak yang telah mendukung dan membantu penulisan artikel ini.

Biasanya, pemeringkatan didasarkan pada posisi dan partisipasi personel terkait pada penyelesaian makalah.

Misalnya untuk tugas sekolah berterima kasih kepada guru kelas, teman, dan kelompok lain yang memberikan bantuan.

Isi

Bagian ini diawali dengan judul karya tulis dan menjelaskan isi karya tulis tersebut. Kemudian, lanjutkan proses pembahasan dan penulisan skripsi.

Isi pendahuluan singkat, ringkas, dan menggambarkan karya tertulis dengan jelas.

Penutup

Jika ada kesalahan dalam penulisan judul, judul, atau isi makalah, harap menggunakan kalimat permintaan maaf di bagian akhir.

Jika kami menemukan beberapa kesalahan tertulis di masa mendatang, kami akan meminta maaf kepada Anda.

Bagian ini juga memuat harapan dari pengarang atau pencipta karya agar karya tersebut bermanfaat bagi banyak orang.

Harapan ini mengandung beberapa ide atau potensi lebih lanjut dari topik yang disajikan dalam artikel ini.

Walaupun ada beberapa aspek menarik dari topik ini yang dapat didiskusikan pada karya tulis lainnya, namun ruang lingkup pembahasan penulis atau penyusun biasanya terbatas.

Harapan bagian ini dapat menjadi upaya penulis untuk memberikan ide kepada pembaca agar topik yang diajukan dapat dikembangkan dalam bentuk penelitian atau diskusi baru dengan sudut pandang yang berbeda.

Kata pengantar harus berisi yang berikut ini.

  • Jelaskan tujuan penulis menulis atau menulis karya ilmiah, dan alasan memilih bidang tersebut.
  • Deskripsi struktur kerja biasanya dijelaskan.
  • Terima kasih kepada mereka yang telah berjasa dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini.
  • Penulis berharap agar karyanya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bagi pembaca, dan bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Hal-hal yang harus dihindari saat menulis kata pengantar

  • Teks pengantar terlalu panjang, lebih dari dua halaman.
  • Terima kasih banyak orang
  • Tulis kata pengantar dalam bahasa informal.

Contoh Kata Pengantar untuk Makalah

Anda dapat menulis kata pengantar tesis dengan beberapa cara berbeda.

Anda dapat membuatnya lebih umum atau lebih spesifik. Berikut adalah contoh penulisan pengenalan umum makalah yang dapat digunakan di berbagai makalah:

Contoh Kata Pengantar Makalah

Alhamdulillah eksistensi Allah SWT, sehingga segala rahmatnya membuat tulisan ini bisa ditulis. Jangan lupa mengucapkan terima kasih atas bantuan orang-orang yang telah berkontribusi melalui sumbangan ide dan materi.

Penulis sangat berharap agar artikel ini dapat menambah ilmu dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan, kami berharap para pembaca dapat mempraktikkan artikel ini dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi kami, karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kami, penyusun berkeyakinan bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan artikel ini. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami nantikan untuk menyempurnakan artikel ini.

Bandung, 20 November 2017
penerjemah

Contoh Kata Pengantar untuk Laporan

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

Terima kasih kami atas keberadaan Tuhan Yang Maha Esa yang telah banyak memberikan bantuan sehingga kami dapat menyusun laporan laboratorium biologi ini dengan benar. Laporan tersebut berisi tentang gambaran hasil penelitian tentang “…”.

Laporan ini kami susun dengan cepat dengan bantuan dan dukungan semua pihak; Ibu Diana (M.Sc) adalah dosen biologi murni, Ibu Abi adalah kepala laboratorium biologi murni, Nabila ( Ibu Nabila) adalah asisten laboratorium. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih atas waktu, tenaga dan pikiran Anda.

Saat menyusun laporan ini, kami menyadari bahwa hasil laporan praktik ini jauh dari sempurna.

Oleh karena itu, sebagai penyusun, kami sangat berharap agar semua pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangun. Akhir kata, semoga laporan praktek ini bermanfaat bagi kelompok kita, khususnya seluruh masyarakat Indonesia.

Surabaya, 25 April 2019

penerjemah

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Kata Pengantar Laporan, semoga bisa bermanfaat.