Contoh Teks Ulasan

Posted on

Contoh Teks Ulasan : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Contoh Teks Ulasan, yuk simak dibawah ini:


Contoh Teks Ulasan


Sebagai akademisi tentunya kita harus membaca karya ilmiah, termasuk buku. Saat kita membaca sebuah buku, kita harus mencerna buku tersebut dengan cermat agar kita dapat memahami isinya.

Sebaliknya untuk keperluan presentasi atau penulisan, kita perlu menyampaikan pemahaman kita dalam berbagai bentuk, seperti rencana penelitian, laporan penelitian, karya ilmiah, tugas akhir atau makalah.

Oleh karena itu, siswa membutuhkan keterampilan bedah buku. Apa itu teks Ulasan?

Teks Ulasan pula diucap teks review. Ulasan biasanya ditulis dalam bentuk artikel, Maka teks Ulasan tersebut bisa diucap artikel review.

Di area dekat kita, karena resensi biasanya terbuat dari buku, teks resensi disebut resensi buku, resensi buku, atau rasio buku.

Sebenarnya tidak perlu mengomentari buku, tetapi juga memungkinkan untuk mengomentari karya lain.

Seperti artikel, karya sastra (cerpen, novel, lakon dan puisi) dan karya seni (musik, tari, kerajinan tangan), lukisan, pertunjukan dan film).

Anda bahkan dapat mengomentari acara, seperti olahraga atau acara sosial lainnya. Ulasan adalah teks yang digunakan untuk mengukur, mengevaluasi, dan mengkritik karya atau acara yang sedang ditinjau.

Contoh Teks Ulasan


Pengertian teks Ulasan

Teks Ulasan adalah teks yang berisi review, evaluasi, atau review dari suatu karya seperti film, drama, atau buku. Teks Ulasan juga disebut pemberi review.

Saat mereview suatu karya, reviewer harus bersikap kritis, agar hasil review dapat mendorong kemajuan karya tersebut.

Ulasan juga bisa disebut Ulasan. Review biasanya di tulis dalam wujud postingam, sehingga teks review juga bisa disebut review article.

Review adalah fungsi yang dapat mengukur, mengevaluasi dan mengkritisi suatu karya atau peristiwa yang direview (Gerot & Wignell, 1994; Hyland & Diani, 2009).

Tujuan teks Ulasan

Ada beberapa tujuan untuk mereview teks, yaitu:

  • Tunjukkan opini atau Ulasan dari peninjau karya
  • Memberikan informasi kepada publik tentang kelayakan pekerjaan
  • Bantu pembaca memahami konten karya
  • Memberikan informasi kepada pembaca tentang kekuatan dan kelemahan pekerjaan yang sedang ditinjau atau ditinjau
  • Lihat bagaimana karya ini dibandingkan dengan karya serupa lainnya
  • Berikan informasi lengkap tentang pekerjaan tersebut.
  • Beritahu dan ajak pembaca untuk memikirkan, memikirkan dan membahas masalah-masalah yang terdapat dalam karya tersebut.
  • Pertimbangkan apakah pembaca menyukai pekerjaan tertentu.
  • Mempermudah pembaca untuk memahami hubungan antara sebuah karya dan karya sejenis lainnya.
  • Saat belum menetapkan buat memilah, membeli serta mengapresiasi karya tersebut, mohon pertimbangkan terlebih dahulu pembaca.

Ciri Ciri Teks Ulasan

Perbedaan antara teks Ulasan dan teks cerita sejarah dengan teks lainnya adalah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Struktur tersebut meliputi: arahan, penjelasan, evaluasi dan ringkasan.
  • Berisi informasi berdasarkan pandangan atau pendapat penulis tentang karya atau produk.
  • Pendapat tersebut didasarkan pada fakta-fakta yang dijelaskan.
  • Istilah lain disebut reviewer.

Struktur Teks Ulasan

Struktur teks adalah bagian dari penyusunan teks menjadi teks lengkap, adapun struktur teks penjelasan dari arah, penjelasan, evaluasi dan ringkasan.

Untuk lebih jelasnya lihat Ulasan di bawah:

  • Arahan tersebut memperkenalkan deskripsi umum dari karya (film dan drama) yang akan ditinjau, dan ringkasan tersebut memberikan “latar belakang” dari konten yang akan ditinjau kepada pembaca. (Baca juga: cara mudah membaca dan memahami teks drama)
  • Penjelasan tersebut memuat uraian rinci tentang karya (film dan drama) yang diulas, seperti macam-macam bagian dari karya tersebut, keunikannya, keunggulannya, kualitasnya, dll.
  • Evaluasi, termasuk pandangan pengkaji tentang pekerjaan yang sedang ditinjau, dilakukan setelah pekerjaan dijelaskan secara lengkap. Pada tahap ini, penulis hendak mengungkapkan potongan-potongan karya yang ber harga (ber lebihan) ataupun kurang berharga (tidak cukup) (film serta drama).
  • Ringkasan berisi kesimpulan yang diambil dari Ulasan atas karya (film dan drama), bagian ini juga memuat Ulasan penulis tentang apakah karya tersebut layak / tidak layak untuk ditonton / disaksikan.

Aturan bahasa untuk teks Ulasan

Berikut aturan bahasa yang terdapat pada teks Ulasan:

  • Teks review drama / film memuat highlight dari elemen artwork yang akan direview.
  • Gunakan opini atau kata-kata persuasif.
  • Gunakan konjungsi internal dan eksternal.
  • Memakai ekspresi perbandingan (serupa / berbeda).
  • Memakai kata kerja material dan kata kerja relasional.

Contoh teks ulasan film

Struktur teks review film Laskar Pelangi

Orientasi:

Pembatasan yang ada tidak membuat anggota Laskar Pelangi putus asa, tetapi memotivasi mereka untuk berbuat lebih baik.

Cerita bertempat di Desa Gantung, Belitung Timur, desa ini bermula ketika SD Muhammadiyyah terancam akan dibubarkan dari Pemerintah Kota Sumatera Selatan jika jumlah anak tidak lebih dari 10 orang.

Ketika sebuah sekolah tutup karena hanya ada 9 kursi, Harlan dan ibunya akhirnya datang ke sekolah tersebut.

Tafsiran:

Dari situlah dimulailah awal cerita. Mereka, Laskar Pelangi, diberi nama umat Islam karena menikmati pelangi yang mengharumkan nama sekolah dalam segala hal.

Novel ini bermanfaat bagi remaja. Keunggulan novel ini adalah memuat motivasi dan kebutuhan yang bisa didapat dari cerita.

Nas kah Laskar Pelangi sudah dibuatkan menjadi film dengan nama yang tidak beda dengan bukunya.

Evaluasi:

Para pemeran Laskar Pelangi memiliki kepribadian serta bakat yang berbeda. Ikal adalah karakter “Aku” dalam cerita Rainbow Force. Lintang, teman sekelas Ikal, adalah seorang jenius yang luar biasa.

Sahara adalah satu-satunya gadis di antara anggota Raskar Pelangi yang keras kepala, berwawasan luas, dan sangat religius.

Mahar adalah pria tampan dan kurus yang sangat berbakat dan tertarik pada seni. Kiong adalah keturunan Tionghoa dan telah menjadi pengikut sejati Mahar sejak kelas satu.

Syahdan, anak nelayan dalam cerita itu, tidak pernah menonjol. Kukai telah menjadi pemantau beberapa generasi Sekolah Laska Pelangi.

Borek adalah maniak berotot dari suku Great Pia. Harlan adalah orang yang cacat mental.

Tokoh lain dalam novel ini adalah Bu Muslimah, ibu dari guru Laskar Pelangi. Pak Harfan, kepala sekolah Muhammadiyyah.

Flo adalah anak tomboi dari keluarga kaya. Ling adalah cinta pertama Ikar dan sepupu A Qiang.

Rangkuman:

Novel Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga populer di Amerika Serikat bahkan Amerika Serikat di luar Indonesia, dan mendapatkan penghargaan Nobel Sastra.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Contoh Teks Ulasan, semoga bisa bermanfaat.