Abstrak Adalah

Posted on

Abstrak Adalah: Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Abstrak Adalah, yuk simak dibawah ini:


Abstrak Adalah


Abstrak merupakan ringkasan dari isi suatu karya ilmiah dan dapat digunakan sebagai alat bantu bagi pembaca untuk memahami esensi tujuan penulis.

Dalam dunia pendidikan, teks pendek ini digunakan oleh satu atau lebih institusi sebagai informasi pertama untuk penelitian dan dipublikasikan di jurnal, seminar, workshop, dll.

Dalam dunia internet, abstrak digunakan untuk mendeskripsikan secara singkat karya ilmiah yang akan dibaca, seperti menampilkan panjang produk dan tujuan sebelum membelinya di etalase depan.

Kemudian berikan semua uang tersebut kepada mereka yang tertarik untuk membeli.

Abstrak Adalah


Pengertian abstrak Menurut Ahli

Untuk lebih memahami arti abstraksi, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

Frederick Wilfried Lancaster

Frederick Wilfrid Lancaster percaya bahwa makna abstrak merupakan representasi yang ringkas namun akurat dari isi suatu dokumen.

Walaupun abstrak menggunakan berbagai kalimat dalam dokumen, abstrak adalah sekumpulan teks yang dibuat oleh pencipta abstrak, tetapi bukan kutipan langsung dari penulisnya.

Clarence W. Rowley

Konsep abstrak menurut Clarence W Rowley adalah mengungkapkan isi dokumen secara ringkas dan akurat dengan gaya yang sama dengan dokumen aslinya.

International Standard Organisation (ISO)

Menurut ISO, yang dimaksud dengan abstrak adalah uraian yang singkat dan akurat, merepresentasikan isi dokumen, tanpa penjelasan atau kritik tambahan, dan tanpa mengecek siapa ekstraktornya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian abstraksi tidak berwujud. Tidak berwujud dan rasional. Pada saat yang sama, definisi kedua, ringkasan diartikan sebagai ringkasan (artikel, laporan, dll.); Ringkasan; inti.


Fungsi abstrak

Pada dasarnya fungsi abstrak dalam karya tulis adalah gambaran umum penelitian penjelasan singkat. Secara rinci, fungsi abstraknya adalah sebagai berikut:

Isi utama laporan

Abstrak merupakan salah satu komponen utama laporan penelitian. Dengan bantuan abstrak, pembaca dapat memahami esensi atau hasil laporan penelitian.

Ringkasan laporan penelitian

Rangkuman penelitian merangkum isi laporan penelitian yang disusun oleh penulis. Dengan cara ini, laporan penelitian akan lebih mudah dipelajari.

Bahan untuk dipertimbangkan pembaca

Abstrak juga membantu pembaca mempertimbangkan apakah akan membaca keseluruhan isi laporan penelitian.

Dengan membaca abstrak, pembaca dapat memahami bahwa isi artikel sesuai dengan yang mereka cari.

Ciri abstrak

Abstrak yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ada baiknya menggunakan satu paragraf atau lebih, itu adalah satu kesatuan (unity), koheren, ringkas dan dapat eksis secara mandiri (dapat eksis secara mandiri).
  • Ikuti kronologi penulisan.
  • Ada konversi logis antara informasi yang diberikan
  • Jangan menambahkan informasi baru, hanya laporan ringkasan / tulis
  • Bisa dipahami oleh banyak pembaca

Jenis Abstrak

Ada banyak jenis abstrak, diantaranya sebagai berikut:

Abstrak Kritis (Critical Abstract)

Abstrak kunci menggambarkan hasil penelitian, informasi kunci, penilaian atau komentar tentang validitas, reliabilitas atau kelengkapan penelitian.

Peneliti mengevaluasi makalah dan sering membandingkannya dengan karya lain pada topik yang sama.

Abstrak kritis biasanya membutuhkan 400 hingga 500 kata, berkat catatan penjelasan lainnya. Jenis abstrak ini jarang digunakan.

Abstrak Deskriptif (Descriptive Abstract)

Abstrak deskriptif menunjukkan jenis informasi yang ditemukan di makalah. Ringkasan tidak membuat penilaian tentang pekerjaan, juga tidak memberikan hasil penelitian atau kesimpulan.

Ini termasuk kata kunci yang ditemukan dalam teks dan mungkin termasuk tujuan, metode, dan ruang lingkup penelitian.

Intinya, abstrak deskriptif hanya mendeskripsikan penelitian yang digariskan.

Beberapa peneliti menganggap ini hanya gambaran umum dari pekerjaan, bukan ringkasan. Abstrak deskriptif biasanya pendek, tidak lebih dari 100 kata.

Abstrak Informatif (Informative Abstract)

Kebanyakan abstrak bersifat informatif. Abstrak tidak mengkritik atau mengevaluasi karya tertulis, melainkan menggambarkannya. Ringkasan kaya bisa menggantikan pekerjaan itu sendiri.

Dengan kata lain, peneliti mengemukakan dan menjelaskan semua argumen pokok, hasil penting dan bukti penelitian.

Ringkasan informasi mencakup informasi yang terdapat dalam ringkasan deskriptif [tujuan, metode, ruang lingkup], serta hasil dan kesimpulan penelitian serta rekomendasi penulis.

Panjangnya bervariasi berdasarkan subjek, tetapi abstrak yang kaya biasanya tidak melebihi 300 kata.

Abstrak Sorot (Highlight Abstract)

Abstrak kunci secara khusus ditulis untuk menarik perhatian pembaca. Karena ada gambar kertas yang seimbang atau lengkap, tidak ada kepura-puraan.

Bahkan, review yang tidak lengkap dan bereputasi bisa digunakan untuk merangsang minat pembaca.

Abstrak jenis ini tidak dapat terlepas dari artikel terkait, karena bukan abstrak yang sebenarnya, sehingga jarang digunakan dalam penulisan akademis.


Struktur Penulisan abstrak

Abstrak memiliki struktur penulisan menggunakan huruf romawi baru, di mana spasi bahasa Indonesia atau bahasa Inggris berada di antara 1 dan urutan istilah adalah sebagai berikut.

  • Ketik judul penelitian dengan huruf besar dan teks tengah topik dengan ukuran 14.
  • Jika ada subtitle, sama dengan subtitle, tetapi ukurannya diubah menjadi 12
  • Nama peneliti tidak ada judulnya, tetapi dicantumkan nomor urutnya di superskrip, di tengah tengah, ukuran huruf 12, huruf tebal
  • Nama departemen / proyek penelitian dan alamat lokasi pusat, ukuran huruf 12, huruf tebal
  • Kirim saja email ke kepala peneliti dengan ukuran font 12 di posisi tengah
  • Judul bagian “Ringkasan” ditampilkan dalam huruf besar atau tebal di tengah
  • Isi abstrak ditulis sejajar, maksimal 250 kata, dan ukuran font 12
  • Kata kunci rata kiri dan kanan.

Sifat abstrak

Abstrak bersifat informatif dan deskriptif, artinya data atau informasi yang terkandung dalam abstrak berdasarkan data dan fakta yang ada.

Jika sudah mencapai kesimpulan, tidak disarankan untuk memasukkan informasi secara singkat tanpa data dan fakta yang benar dalam abstrak. Abstrak memiliki sifat sebagai berikut:

  • Jelas
  • Tepat
  • Ringkas
  • Objektif
  • Berdiri Sendiri

Unsur abstrak

Agar abstrak menjadi abstrak yang baik, ia harus memiliki empat Unsur berikut:

  • Argumen logika harus disertai dengan observasi untuk menyelesaikan masalah
  • Harus menggunakan metode atau pendekatan untuk memecahkan masalah
  • Ada prestasi dan kesimpulan yang bisa diambil.
  • Setiap Unsur harus sederhana / ringkas dan jelas.

Contoh abstrak

Abstrak

Motivasi adalah cara untuk mendorong karyawan mencapai tujuan organisasi melalui potensinya agar lebih bersemangat dan bersemangat dalam pekerjaannya. Motivasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, karena motivasi dapat meningkatkan semangat kerja, loyalitas, rasa tanggung jawab, disiplin, kreativitas dan kesejahteraan karyawan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui antusiasme karyawan PT Pegadaian (Persero) cabang Medan Gaharu.

Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan penelitian kepustakaan. Gunakan metode analisis deskriptif untuk menganalisis data yang diperoleh.

Setelah dilakukan analisis maka dapat disimpulkan bahwa PT Pegadaian (Persero) Cabang Medan Gaharu memotivasi karyawan dengan menerapkan teori motivasi Maslow. Alat insentif yang digunakan adalah upah, bonus, tunjangan hari raya dan insentif materi berupa insentif, sedangkan insentif non materi adalah pengembangan profesional dan asuransi pekerjaan. Jenis motivasi yang digunakan adalah motivasi positif berupa apresiasi, sedangkan motivasi negatif berupa teguran lisan, teguran tertulis dan pemutusan hubungan kerja.

Kata kunci: motivasi, Pemberian motivasi

Abstract

Motivation is a method done by encouraging employees to become more enthusiastic and enthusiastic by providing the potential to achieve organizational goals. Motivation is an important thing to pay attention to, because motivation can improve morale, loyalty, sense of responsibility, discipline, creativity and employee welfare. The purpose of this article is to determine the work motivation of employees of PT Pegadaian (Persero) Medan Gaharu branch.

The data used are primary and secondary data obtained through interviews, observations and literature research. Use descriptive analysis methods to analyze the data.

After analysis, it can be concluded that PT Pegadaian (Persero) Cabang Medan Gaharu motivated employees by applying Maslow’s motivation theory. The incentive tools used are material incentives, including salaries, bonuses, holiday allowances and incentives, rather than material incentives, such as career development and job security. The type of motivation used is positive motivation in the form of appreciation, while negative motivation is in the form of verbal warning, written warning and termination of employment.

Keywords: motivation, Given motivation

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Abstrak Adalah, semoga bisa bermanfaat.