1 Meter Berapa Cm

Posted on

1 Meter Berapa Cm : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai 1 Meter Berapa Cm, yuk simak dibawah ini:


1 Meter Berapa Cm


Asal-usul Meter

Awalnya, Meter tersebut ditunjuk oleh French Academy of Sciences (Académiedes sciences), yaitu jarak dari permukaan Bumi dari Kutub Utara ke Khatulistiwa dari tahun 1791 melalui meridian Paris adalah 1 / 10.000.000, 7 April 1795, Prancis, dalam Meter Jarak resmi dalam satuan panjang.

Ketidakpastian pengukuran jarak tersebut menyebabkan Badan Berat dan Badan Pengukuran Internasional (BIPM) menetapkan 1 Meter sebagai jarak antara dua garis pada batang platinum-iridium, yang kemudian disimpan di Sèvres, Perancis, sekitar tahun 1889.

Pada tahun 1960, ketika laser mulai muncul, Konferensi ke-11 tentang Berat dan Dimensi (Conférence Généraledes Poids et Mesures / CGPM) mengubah definisi Meter listrik menjadi 1.650.763,73 kali, yang merupakan panjang gelombang spektrum merah-oranye pada atom k. -86 dalam vakum atau vakum.

Kemudian pada tahun 1983, BIPM mendefinisikan satuan Meter sebagai jarak cahaya yang melewati ruang hampa 1 / 299.792.458 sekon.

Oleh karena itu, kecepatan cahaya dalam ruang hampa sama di semua tempat, dan definisi ini lebih umum atau lebih luas daripada keliling tanah atau panjang batang tertentu.

Oleh karena itu, jika batang logam dapat hilang atau rusak, panjang Meter standar masih dapat diulang di laboratorium mana pun. Selain itu, secara teoritis dapat mengukur lebih akurat daripada metode lainnya.

Setelah memahami asal mula satuan Meter, pembahasan selanjutnya adalah tentang pengertian Meter dan CentiMeter.

1 Meter Berapa Cm


Definisi Meter dan CentiMeter

Meter

Satuan ukur adalah satuan dasar yang digunakan untuk menentukan satuan panjang benda dalam versi Satuan Internasional (SI).

Setelah lama diproses, Meteran ini awalnya ditetapkan sebagai satuan panjang pada tahun 1983. Sejarah Meter dapat ditelusuri kembali ke tahun 1791.

Saat mengukur panjang, Meter adalah satuan yang banyak digunakan sebagai acuan. Negara dimana Meteran biasa digunakan adalah Indonesia dan negara Asia lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengubah pengukuran panjang dan satuan lainnya menjadi Meter.

Centimeter

CentiMeter atau biasa disingkat Centimeter adalah satuan yang digunakan untuk menentukan panjang suatu benda.

Satuan ini adalah satuan sistem internasional (SI) dan sistem CGS. Dari sudut pandang turunan, Centimeter adalah turunan dari Meter.

Hal ini terlihat dari tangga transisi yang panjang. Biasanya CentiMeter ditemukan tepat dua tingkat di bawah Meteran.

Artinya berapa CentiMeter yang harus dikalikan untuk mengubah 1 Meter. Harus diingat bahwa transisi dalam tangga pengukuran akan selalu meningkat secara eksponensial saat turun.


Ubah Meter ke CentiMeter

Setelah mempelajari pengertian tenang Meter dan CentiMeter, kita akan membahas konversi atau konversi dari Meter ke CentiMeter.

Lihatlah gambar di bawah ini:

m to cm

Seperti terlihat pada gambar di atas, posisi kedua satuan (Meter dan CentiMeter) ini berada dalam satu satuan panjang tangga.

Namun, posisi Meteran adalah dua tingkat lebih tinggi dari CentiMeter. Dalam pengukuran atau konversi apa pun, metode akan mengalikan ketika posisi unit yang akan dikonversi lebih tinggi.

Begitu pula sebaliknya, bila satuan yang akan dikonversi berada pada posisi yang lebih rendah, caranya adalah dengan membagikannya.

Ini juga berlaku untuk konversi dari Meter ke CentiMeter.

Karena ada dua langkah dari Meter ke CentiMeter, kalikan dengan 100 saat mengonversi. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencari jawabannya dengan 1 Meter dalam CentiMeter, kalikan saja dengan 100.

Dengan cara ini, setiap 1 Meter mewakili 100 CentiMeter.

Contoh lainnya adalah sebagai berikut:

Jika Anda ingin mengubah 5 Meter menjadi CentiMeter, Anda hanya perlu mengalikan angka tersebut dengan 100,5 dan 100 untuk mendapatkan 500.

Oleh karena itu, jika Anda mengubahnya menjadi CentiMeter, 5 Meter adalah 500 CentiMeter.

Ini juga berlaku untuk angka desimal.

Misalnya angka 0,20 Meter akan diubah menjadi CentiMeter. Karenanya, toolkit hanya mengalikan angka 0,20 dengan angka 100.

Hasil perkalian 0,20 dengan 100 adalah 20. Oleh karena itu, nilai 0,20 Meter sama dengan atau sama dengan 20 CentiMeter.

Oleh karena itu, angka per Meter yang akan diubah menjadi CentiMeter harus dikalikan dengan 100.

Ini karena setiap level selanjutnya akan dikalikan dengan angka 10. Jika bilangan tersebut adalah bilangan desimal, diperlukan ketelitian lebih lanjut.

Oleh karena itu, jawaban atas pertanyaan pada judul: Berapa CentiMeter adalah 1 Meter Jawabannya: 100 Centimeter

Rumus kalkulasi / konversi dari Meter ke CentiMeter

… Meter x 100 =…  Cm


Contoh pertanyaan dan Pembahasannya

Contoh 1

1. Penggaris itu panjangnya 10 Meter. Apakah jumlah Meteran yang dihitung dikonversi ke CentiMeter?

Pembahasannya:

Tahukah Anda: 1 Meter = 100 CentiMeter

Rumus: Meter x 100 = …. Centimeter

Maka: 10m x 100 = 1000Centimeter

Jadi hasilnya 1000 Centimeter

Contoh 2

2. Diketahui bahwa tinggi tembok sekitar 25m. Berapa tinggi dinding jika dikonversikan ke dalam CentiMeter?

Pembahasannya:

Tahukah Anda: 1m = 100 Centimeter

Rumus: Meter x 100 = … Centimeter

Maka: 25m x 100 = 2500 Centimeter

Kemudian hasilnya adalah 2500Centimeter

Contoh pertanyaan 2

Jika panjang bambu 1,5 Meter, berapa panjang bambu tersebut?

Balasan:

Rumus = Meter x 100 = … Centimeter

1,5 x 100 = 150

Jadi panjang tombaknya 150 Centimeter

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai 1 Meter Berapa Cm, semoga bisa bermanfaat.