Pengertian Globalisasi dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian globalisasi dan contohnya

Pengertian Globalisasi dan Contohnya
Apakah Globalisasi Itu? – Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentu sering mendengar istilah globalisasi. Mungkin kamu juga sering mengucapkan istilah tersebut saat kamu sedang berbicara atau bercanda dengan teman-temanmu. Apakah kamu tahu arti dari globalisasi?


Apakah Globalisasi Itu?


Sejak beberapa waktu yang lalu, istilah globalisasi telah dikenal secara luas dan sering disebut-sebut oleh berbagai kalangan dalam berbagai kesempatan. Semua hal selalu dikaitkaitkan dengan era globalisasi. Misalnya makanan, pakaian, tingkah laku, budaya, dan teknologi.


Teman-teman, saat ini kamu bisa dengan mudah memperoleh makanan atau minuman yang berasal dari luar negeri di tempat tinggalmu. Misalnya minuman ringan (soft drink), pizza dari Italia, dan fried chicken dari Amerika. Kamu tidak perlu ke negara asalnya untuk memperolehnya. Tidak hanya di negara kita, minuman dan makanan tersebut dapat juga dengan mudah kamu jumpai di negara lain di dunia. Makanan dan minuman itu telah mendunia. Orang sudah tidak asing lagi dengan makanan dan minuman tersebut.

pengertian globalisasi dan contohnya
Apakah Globalisasi Itu?

Contoh lainnya adalah mainan milikmu, seperti mobil-mobilan yang dijalankan dengan remote control. Mungkin di antara kamu, di rumah juga ada yang senang bermain mobil-mobilan tersebut. Saat ini, mainan tersebut telah mendunia. Semua orang telah mengenal mainan tersebut.


Dari contoh yang diuraikan di atas, apakah kamu sudah mengerti arti dari globalisasi? Ya, tepat sekali. Suatu pemahaman yang sangat bagus. Kamu memang anak yang cerdas. Globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Globalisasi dapat juga berarti mendunia. Dari dua pengertian tersebut dapat dijelaskan bahwa globalisasi merupakan proses bersatunya seluruh warga dunia secara umum dan menyeluruh menjadi sebuah kelompok masyarakat. Hal itu karena adanya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya adalah kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan transportasi.


Globalisasi adalah proses bersatunya seluruh warga dunia secara umum dan menyeluruh menjadi kelompok masyarakat.

Pengaruh Globalisasi di Lingkungan Kita


Kamu sudah mengetahui apa itu globalisasi. Lalu, bagaimanakah terjadinya globalisasi itu? Dan apa pengaruhnya bagi kehidupan manusia? Nah, pada subbab ini, kamu akan mempelajari hal tersebut.


1. Terjadinya Globalisasi dalam Kehidupan Masyarakat


Globalisasi merupakan dampak dari majunya teknologi komunikasi dan transportasi yang terus berkembang. Kemajuan ini telah menyebabkan dunia menjadi semakin sempit. Di bidang transportasi misalnya. Dengan ditemukannya pesawat terbang, kamu bisa menjangkau tempat-tempat yang ingin kamu tuju hanya dalam waktu yang relatif singkat.


Teman-teman, tahukah kamu siapa penemu pesawat terbang? Wilbur dan O. Wright adalah seorang ahli dari Amerika yang mengawali kemajuan di bidang teknologi transportasi udara dengan membuat kapal terbang sederhana. Kemajuan ini diikuti oleh para ahli yang lain, sehingga saat ini kamu dapat memanfaatkan sarana transportasi tersebut.

Selain kemajuan di bidang transportasi, kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi juga memberikan andil yang cukup besar dalam proses globalisasi. Majunya teknologi komunikasi dan informasi menjadikan segala peristiwa yang terjadi di suatu negara, dapat dengan mudah diketahui oleh negara lain.


Peristiwa atau kejadian di ujung dunia sekalipun, seketika itu juga dapat kamu saksikan. Misalnya, pertandingan sepak bola Piala Dunia. Kamu dapat melihat pertandingan tersebut secara langsung saat itu juga melalui siaran di televisi. Di era globalisasi, kamu jangan khawatir akan ketinggalan berita. Dengan adanya globalisasi, dunia kita yang besar ini menjadi ibarat sebuah desa. Kamu dapat mengetahui keadaan negara-negara di sekeliling kamu dengan cepat. Ini semua terjadi karena adanya perkembangan teknologi informasi, seperti penggunaan internet.


Internet adalah sistem informasi global yang dapat dihubungkan dengan beberapa jaringan komputer. Setiap jaringan dapat menghubungkan ratusan, bahkan ribuan komputer serta memampukan komputer untuk saling berbagi informasi dan data. Dengan internet, kamu dapat menjelajahi dunia tanpa harus mengunjungi negara dalam bentuk aslinya. Kamu juga dapat mengetahui segala informasi yang kamu butuhkan hanya dalam hitungan detik.


Teman-teman, tahukah kamu mulai kapan internet dikenal oleh masyarakat? Internet mulai dikenal sejak tahun 1960–an di Amerika Serikat. Internet bermula dari kebutuhan untuk menghubungkan komputer yang berada di berbagai tempat terpisah agar dapat saling berbagi data. Internet menyediakan berbagai fasilitas yang mempermudah manusia untuk bisa berkomunikasi, seperti website, e–mail, dan chatting.


2. Dampak Globalisasi


Di era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi pendorong hubungan antarbangsa. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah bangsa kita untuk membuka diri bergaul dengan bangsa lain di dunia. Sebab, bangsa yang tertutup akan ketinggalan dari kemajuan bangsa lain.

Globalisasi yang melanda dunia saat ini memberikan dampak atau pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia. Baik dampak atau pengaruh yang positif maupun negatif.


a. Dampak Positif Globalisasi


Di era globalisasi ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) memberikan kemudahan dan kemajuan bagi kehidupan manusia. Misalnya kemajuan di bidang teknologi komunikasi. Saat ini, teknologi komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kamu pasti mengalami kesulitan untuk menghitung jenisnya. Bahkan, sekarang sudah banyak sarana komunikasi yang menggunakan teknologi modern dan canggih.


Dapatkah kamu menyebutkan contoh alat komunikasi modern yang ada di sekitarmu? Benar sekali,misalnya telepon. Sekarang telepon mengalami perkembangan dengan adanya telepon selular atau yang dikenal dengan istilah handphone. Handphone merupakan salah satu jenis alat komunikasi. Kamu pasti sering melihat orang di sekelilingmu, mungkin ayah, ibu, atau saudaramu menggunakan handphone untuk berkomunikasi dengan orang lain.


Dengan alat komunikasi tersebut, kamu bisa berbicara secara langsung dengan orang lain tanpa harus bertatap muka. Kamu bisa berbicara, mungkin dengan saudaramu yang ada di luar pulau atau bahkan luar negeri. Teman-teman, selain di bidang teknologi komunikasi, globalisasi juga melanda gaya hidup manusia pada umumnya.


Hal ini dapat kamu lihat dalam budaya makan dan berpakaian. Di era global seperti sekarang ini, makanan dari luar negeri dapat dengan mudah kamu ditemui di negara kita. Apakah kamu bisa menyebutkan contohnya? Wah, kamu memang pintar ya. Pizza, hamburger, dan fried chicken merupakan beberapa contoh makanan luar negeri yang mudah kamu temui di negara kita.


Dalam berpakaian, baju jas yang merupakan budaya dari Barat saat ini banyak dijumpai di negara kita. Baju jas sudah menjadi baju internasional. Contoh lain adalah celana jin. Celana jenis jin banyak dijumpai di seluruh dunia. Bahkan di pelosok desa, semua orang mengenal dan mengenakan celana jin.


b. Dampak Negatif Globalisasi


Selain memberikan dampak positif, globalisasi ternyata juga menimbulkan dampak yang negatif. Oleh karena itu, kamu harus tetap berhati-hati, jangan sampai terlena oleh arus globalisasi. Lalu, apakah dampak negatif dari globalisasi itu?


Di sini, kita akan mengambil satu contoh yang paling dekat dengan kita, yaitu televisi. Televisi merupakan sumber informasi atau berita dan hiburan. Acara apa yang paling kamu sukai dari televisi? Pasti film kartun, bukan? Film kartun berfungsi untuk memberikan hiburan kepadamu. Namun apabila kamu menonton terusmenerus, maka kamu jadi malas belajar. Kamu malas mengerjakan tugas sekolah. Kamu juga malas membantu orang tuamu mengerjakan tugas-tugas rumah.


Contoh lainnya adalah masuknya berbagai budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Misalnya kebiasaan berpesta, pakaian yang tidak sesuai dengan budaya Timur, dan lain-lain. Dapatkah kamu menyebutkan contoh pengaruh negatif lainnya yang terjadi di masyarakat? Pengaruh globalisasi, baik positif maupun negatif akan mengubah perilaku manusia. Oleh karena itu, kita harus bijaksana menghadapi pengaruh globalisasi tersebut. Untuk itu, kamu harus tetap menjadikan Pancasila sebagai landasan terhadap penggunaan teknologi dan budaya luar negeri yang masuk ke negara kita. Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila merupakan perisai utama terhadap pengaruh negatif globalisasi.


Demikian ulasan dari ppkn.co.id Mengenai pengertian globalisasi dan contohnya, Semoga Bermanfaat…


Refrensi Teknologi : KLIKDISINI