Teks Berita

Diposting pada
5/5 - (9 votes)

Teks Berita Pengertian : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Teks Berita Pengertian, yuk simak dibawah ini:


Teks Berita


Bagaimana struktur teks berita yang benar? Masalah ini biasanya muncul ketika kita harus terlibat dalam pekerjaan yang berkaitan dengan menulis berita. Menulis berita berarti melaporkan kejadian atau fakta yang berkaitan dengan kondisi.

Secara lebih spesifik, makna teks berita yang dikutip dari halaman-halaman seputar ilmu pengetahuan, merupakan teks yang memuat informasi tentang apa yang terjadi di dunia atau di sekitar kita.

Teks berita digunakan untuk berbagai tujuan, seperti penyiaran, artikel di situs web, atau membaca dengan suara keras di berita TV.

Teks berita wajib bersumbe pada fakta yang benar-benar ada agar informasi yang didapat masyarakat benar dengan fakta dilapangan.

Teks Berita


Pengertian teks berita

Teks berita mrupakan teks yang menyampaikan peristiwa, peristiwa ataupun informasi tntang apa yang sudah terjadi ataupun sedang trjadi.

Berita dapat disampaikan melalui berita lisan yang sering didengar dan dilihat di TV, atau berita dapat dibaca dalam bentuk tertulis di media cetak.

Dengan membaca atau mendengarkan teks berita, kita dapat memperoleh berbagai informasi tentang suatu hal.

Memperbanyak informasi berarti menambah wawasan kita agar dapat berpikir secara komprehensif, efektif, kreatif dan kritis tentang masalah yang sedang terjadi di sekitar kita.

Ciri-ciri Teks Berita

Dengan memahami karakteristik teks berita, kita dapat lebih mudah mengidentifikasi teks berita tersebut, seperti gambar di bawah ini:

  • Teks laporan itulah yang sebenarnya terjadi, bukan pandangan atau pemikiran penulis
  • Ini adalah acara jarak jauh, bukan sesuatu yang terjadi setiap hari
  • Sebenarnya, peristiwa yang dilaporkan masih segar atau baru, bukan peristiwa masa lalu
  • Data yang diberikan sesuai dengan kejadian aslinya, tidak ada rekayasa
  • Bahasa yang disajikan sangat menarik dan dapat menarik minat pembaca
  • Data yang dilaporkan cukup lengkap, terutama data penting
  • Waktu dan tempat acaranya jelas
  • Bahasanya mudah dimengerti
  • Bersikaplah objektif
  • Alur urutan peristiwa
  • Gunakan kalimat pendek, ringkas, dan jelas
  • Sumbernya valid dan bisa dibenarkan
  • Judul dapat mewakili konten berita

Unsur-unsur Teks Berita

Karena menyangkut berita terkini, teks berita memiliki beberapa elemen yang akan kita sesuaikan saat kita menulisnya. Elemen-elemen tersebut adalah:

Unsur Aktual

Berisi elemen terbaru, terbaru, terpanas, terkini atau terjadi. Pengertian terbaru bisa berupa fakta terbaru yang ditemukan dari peristiwa lama atau peristiwa yang baru saja terjadi.

Unsur Faktual

Dari segi fakta, peristiwa memang fakta, bukan rekayasa, fantasi, atau fabrikasi. Fakta-fakta dalam berita muncul dan diperoleh dari peristiwa, opini, atau pernyataan nyata.

Unsur Penting

Dua hal dalam pemberitaan dianggap penting. Pertama-tama, angka-angka yang terlibat dalam laporan adalah angka-angka penting atau memiliki kemampuan yang diakui masyarakat.

Kedua, materi berita berkaitan dengan kepentingan banyak orang dan mempengaruhi kondisi sosial.

Unsur Menarik

Membangkitkan rasa ingin tahu dan ketertarikan publik untuk mendengarkan konten berita.

Peristiwa kepentingan dan kepentingan masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, intim, mengandung nilai kemanusiaan, dan mengandung unsur seks, kriminalitas, dan konflik.


Unsur 5W+1H dalam Struktur Teks Berita

Selain itu, untuk membuat struktur teks berita yang ideal juga dibutuhkan elemen informasi yang harus ada pada teks berita tersebut.

Setiap pemberitaan yang disampaikan oleh seorang reporter biasanya mengandung enam unsur berita. Enam unsur berita tersebut disebut 5W + 1H, yaitu SIAPA-KAPAN-KAPAN-BAGAIMANA.

What

Jika berita memenuhi isi pernyataan yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang bisa dijawab, maka berita tersebut dianggap baik.

What: Apa yang terjadi?

Who

Jika berita memuaskan elemen who dan disertai informasi tentang personel acara, maka berita tersebut dianggap baik.

When: Siapa yang terlibat dalam insiden tersebut?

When

Jika berita memenuhi faktor waktu, yaitu waktu kejadian, berita tersebut dianggap baik.

Waktu: Kapan acara itu terjadi?

Where

Jika berita memenuhi elemen where (yang berisi deskripsi adegan lengkap), berita tersebut dianggap baik.

Where: Dimana kejadian itu terjadi?

Why

Jika suatu berita memenuhi unsur “mengapa” dan disertai dengan penyebab atau latar belakang peristiwa tersebut, maka berita tersebut dianggap baik.

Why: mengapa ini terjadi?

How

Jika berita memenuhi unsur-unsur bagaimana menjelaskan jalannya peristiwa dan konsekuensinya, maka itu adalah kabar baik.

How: Bagaimana itu bisa terjadi?

Dengan memenuhi seluruh elemen 5W 1H maka topik informasi dalam penulisan berita menjadi lebih lengkap.


Pedoman Penulisan Teks Berita

Hanya mengetahui struktur teks berita saja tidak cukup untuk menyajikan brita berdasarkan elemen-elemen di atas.

Sebagai penulis, Anda juga harus memahami pedoman yang dikembangkan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Dari laporan di halaman pengpeng knowledge.co.id, pedoman penyusunan teks berita dijelaskan sebagai berikut:

  • Platform berita ditempatkan di paragraf pertama dan harus mencerminkan bagian terpenting dari berita.
  • Platform berita tidak boleh melebihi 45 kata dan tidak boleh melebihi 3 kalimat.
  • Hal-hal yang kurang mendesak harus dimasukkan ke dalam badan pesan.
  • Elemen alasan dan metode diklarifikasi di bagian utama berita, bukan di inti berita.

Berdasarkan pedoman yang disepakati PWI, dapat disimpulkan bahwa unsur isi, lokasi, waktu, dan objek harus ditulis dalam inti berita, bukan pada pokok berita.

Saat membuat platform berita, wartawan dapat dengan leluasa menentukan metode penyajiannya, yang bisa berupa: dimana, kapan, siapa, kenapa, kapan, bagaimana, dimana, kapan, dan lain sebagainya.

Cara penyajian berita inti tidak selalu mengharuskan salah satu elemen 5W1H muncul terlebih dahulu, tetapi bisa juga melibatkan pengajuan pertanyaan, komentar, kutipan, tanda seru, dan konten lainnya terlebih dahulu.


Contoh teks berita menggunakan 5W + 1H

Mendapati pelanggaran, KPU Poso menggelar pemilihan ulang

Setelah ditemukan pelanggaran pada 9 Desember lalu, Panitia Pemilihan Umum Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah menggelar pemilihan umum pada Sabtu (12 Desember 2015).

Di salah satu jalan di distrik Pozo, terdapat total 549 pemilih di TPS 3, dan Kota Udala terpilih kembali.

Panwaslu Kabupaten Poso mengatakan, pemilihan ulang diputuskan setelah menerima penyimpangan pemilih dengan lebih dari satu suara.

Pada pemilihan ulang, penyelenggara juga mengganti ketua dan seluruh anggota KPPS. Pemilihan ulang 4 pasangan Poso dan Wakil Bupati berjalan lancar di bawah pengawasan polisi.

Contoh teks berita kecelakaan

Tabrakan terus menerus di bundaran HI

Di Jakarta, Selasa malam (6/9), rentetan tabrakan terjadi di bundaran Hotel Indonesia, yang mengarah ke Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Empat mobil terlibat dalam insiden tersebut.

Seorang warga, Amalia, menceritakan kejadian naas yang dilintasi jalur tersebut pada pukul 19.23 WIB. Menurut Amalia, keempat mobil yang mengalami kecelakaan itu rusak berat. Bahkan ban mobil terlepas.

“Terjadi tabrakan berturut-turut terhadap Sudirman di bundaran HI. Empat mobil rusak parah dan satu mobil kehilangan ban,” tulis Amelia di akun Twitter-nya (9 Juni 2016).

Polisi Metropolis Jaya sudah menangani kecelakaan itu dengan segera. Namun, korban jiwa, identitas mobil, atau kerusakan material yang diderita belum diketahui secara pasti.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Teks Berita Pengertian, semoga bisa bermanfaat.