Contoh Artikel

Posted on

Contoh Artikel : Pada kesempatan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Contoh Artikel, yuk simak dibawah ini:


Contoh Artikel


Untuk satu atau lebih siswa Anda, Anda pasti sudah familiar dengan artikel terminologi. Artikel biasanya diterbitkan di majalah, surat kabar, situs web, buku, dll.

Artikel yang sering dimuat di bidang pendidikan adalah artikel ilmiah. Biasanya artikel ilmiah dipublikasikan di buku atau jurnal ilmiah.

Kemampuan menulis ilmiah sangat penting bagi orang-orang yang sedang kuliah atau sekolah.

Berikut ini beberapa contoh artikel ilmiah yang bisa Anda jadikan referensi penulisan. Namun sebelum itu, ada baiknya memahami pengertian artikel ilmiah.

Contoh Artikel


Pengertian Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah Artikel yang memuat pemikiran, pemikiran, dan kumpulan pemikiran berdasarkan hasil penelitian, observasi, penelitian, dan evaluasi yang disajikan secara terstruktur menurut metode ilmiah, guna menjelaskan isinya secara ilmiah.

Tujuan Artikel tulis ilmiah adalah untuk mendapatkan jawaban ilmiah atas pertanyaan. Cara menulis artikel ilmiah dari artikel biasa pasti berbeda. Penulisan artikel ilmiah harus sesuai dengan kaidah dan etika ilmiah.

Ciri Ciri Artikel ilmiah

Artikel dengan ciri-ciri sebagai berikut dapat dikatakan artikel ilmiah.

  • Artikel ini memberikan informasi, ide atau pendapat untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  • Informasi yang diberikan dalam artikel ini didasarkan pada fakta dan data yang valid dan dapat dilacak.
  • Informasi yang diberikan dalam artikel ini objektif dan adil.
  • Penulisan artikel ilmiah didasarkan pada logika dan pemikiran empiris.
  • Gunakan bahasa standar dan sistematis saat menulis artikel.

Syarat artikel ilmiah

Syarat yang harus dipenuhi untuk menyebut artikel sebagai artikel ilmiah adalah sebagai berikut:

Komunikatif

Pembaca harus memahami teksnya dengan mudah. Oleh karena itu, perlu menggunakan kata-kata yang akurat dan langsung untuk menghindari kesalahpahaman.

Bahasa yang digunakan untuk menghasilkan tulisan komunikatif disesuaikan dengan jenis artikel.

Misalnya untuk artikel ilmiah populer, bahasa populer yang digunakan adalah bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun tetap bersifat ilmiah.

Bernalar

Penulisan harus sistematis. Pikiran yang diungkapkan disusun untuk membentuk hubungan yang sistematis dan koheren antar kalimat dan mengikuti metode penulisan yang benar.

Salah satu alasan pentingnya menulis Artikel ilmiah adalah untuk melatih penulis menggunakan akal berpikir secara sistematis.

Sistematis sendiri adalah kemampuan mengajukan pertanyaan dari hal-hal terkecil, kemudian menyelesaikannya secara bertahap, dan akhirnya mengajukan solusi.

Ekonomis

Pekerjaan harus diperkenalkan dari perspektif ekonomi. Arti ilmu ekonomi disini adalah kata dan kalimat yang digunakan harus tegas dan berisi.

Kalimat yang membingungkan hanya akan menghasilkan makna yang ambigu. Oleh karena itu, pemilihan kata dan susunan kalimat harus diperhatikan dengan cara ini.

Berdasarkan landasan teoritis yang kuat

Berdasarkan landasan teori yang kuat, penulis harus banyak membaca buku atau berdiskusi dengan kelompok ilmiah.

Sebelum menulis, biasanya dilakukan tinjauan pustaka untuk mengumpulkan informasi yang relevan berdasarkan topik yang akan ditulis.

Dukungan dengan data yang meyakinkan dan perpustakaan yang up-to-date

Penulisan artikel ilmiah harus didukung dengan data yang dapat dipercaya. Data ini biasanya dapat diperoleh dari perpustakaan saat ini.

Oleh karena itu, dokumen yang digunakan juga harus dilampirkan pada saat penyediaan datanya.

Dapat menjelaskan

Pekerjaan harus bertanggung jawab secara ilmiah, moral, teknis, dan sosial.


Jenis Artikel ilmiah

Menurut isinya, artikel ilmiah dibedakan menjadi beberapa jenis. Ada artikel penelitian, artikel review, artikel berita dan artikel abstrak. Ini penjelasan lengkapnya.

Artikel penelitian

Artikel penelitian adalah artikel yang memuat informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Artikel ilmiah ini biasanya dimuat di jurnal.

Karena mengandung informasi ilmiah, maka artikel penelitian harus dibangun berdasarkan penelitian. Topik yang dibahas adalah ide-ide baru yang belum pernah dibahas.

Artikel Review

Artikel review ini merangkum penelitian yang telah dilakukan. Pemahaman komprehensif yang mendalam tentang data.

Dalam artikel review, penelitian literatur yang dipublikasikan mencantumkan tanggal mulai dan tanggal berakhir.

Artikel berita

Berita juga termasuk artikel ilmiah. Sasaran utama laporan berita adalah orang-orang biasa.

Oleh karena itu, penjelasan atau informasi yang terkandung dalam artikel berita harus dibuat sesederhana mungkin agar dapat mudah dipahami oleh masyarakat.

Meski begitu, jenis artikel ilmiah ini tetap menitikberatkan pada persyaratan penulisan ilmiah.

Artikel berita disusun berdasarkan data dan fakta di tempat. Semua informasi dalam berita didasarkan pada pengamatan atau investigasi sebelumnya.

Artikel Abstrak

Abstrak merupakan gambaran singkat hasil penelitian. Abstrak akan diterbitkan pada konferensi ilmiah.

Konferensi Ilmiah adalah kegiatan untuk ilmuwan atau peneliti. Dalam acara ini, peneliti mempresentasikan hasil penelitiannya kepada sekelompok ilmuwan.


Contoh Artikel Populer Singkat Ilmiah

Contoh artikel populer singkat adalah sebagai berikut:

Contoh Artikel Ilmiah

Bahaya internet bagi remaja

BAB I

Pendahuluan

Faktor Masalah

Di era digital sekarang ini, internet seakan sangat mudah diakses dan tertanam dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi para remaja.

Pada dasarnya internet dapat membantu banyak aktivitas manusia, seperti bekerja, belajar, dan komunikasi.

Namun, Internet yang disebut dengan media sosial dan dunia maya tidak terlepas dari berbagai faktor negatif, karena akan berdampak sangat negatif bagi pengguna.

Tentunya pada masa remaja baik itu untuk mengambil keputusan ataupun melakukan sesuatu masih sangat labil, tentunya banyak hal yang membutuhkan bimbingan orang tua.

Rumusan Masalah

Jadi, apa salahnya internet bagi kaum muda saat ini?

Tujuan penelitian

Bisa menjelaskan bahaya internet terutama di kalangan anak muda.

BAB II

Pembahasan

Bahaya Internet Untuk Remaja

Dalam kehidupan sebagian remaja, internet sepertinya sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok.

Namun, tentunya tidak semua anak muda dapat mengakses atau menggunakan internet dengan baik dan benar tanpa terpengaruh olehnya. Karena di sana, masih banyak anak muda yang menyalahgunakan internet, sehingga menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Menurut hasil penelitian yang mendalam, penggunaan internet yang tidak bijak (terutama di kalangan anak muda) dapat menimbulkan berbagai bahaya, yaitu:

  • Bisa memicu bullying di media sosial.
  • Akses ke konten pornografi, kekerasan, dan konten buruk lainnya sangat mudah.
  • Pelecehan, penculikan dan kasus kriminal telah terjadi sejak media sosial.

BAB III

Penutupan

Kesimpulan

Bagi remaja, Internet memang merupakan media yang sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai masalah, tetapi jika remaja tentang penggunaan Internet itu diperhatikan, dibatasi dan diawasi oleh orang tua mereka, itu jauh lebih baik. Ini juga memungkinkan Anda untuk memahami faktor negatif dan positif dari Internet.

Contoh artikel pendidikan

Pendidikan karakter untuk membangun peradaban bangsa

Pendidikan saat ini dianggap sangat penting di dunia, karena di dunia ini masih sangat dibutuhkan orang-orang yang mampu, yaitu orang-orang yang terpelajar, sehingga dapat membentuk dan membangun negara yang maju.

Namun selain peran tersebut, yang sangat dibutuhkan adalah sebuah pendidikan, bahkan kini memiliki keistimewaan sendiri-sendiri, karena pada era ini sebagian orang tidak hanya melihat tingkat pendidikan atau pencapaiannya, tetapi juga melekat pada diri sendiri. Karakter atau kepribadian yang dimiliki setiap orang. .

Selain itu, proses pendidikan yang sedang berlangsung di sekolah saat ini biasanya lebih mengutamakan dan memprioritaskan aspek kognitif daripada aspek psikomotorik, dan banyak guru di hampir setiap sekolah yang sembarangan memberikan petunjuk dalam mengajar, sehingga dianggap telah terpenuhi. Ini digunakan sebagai bentuk tanggung jawab, tetapi tidak dapat memberikan atau memperkenalkan dan mengajar siswa bagaimana menanamkan dan menggunakan etika yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam keadaan seperti itu, pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas untuk bersaing di dunia saat ini. Tidak hanya untuk menciptakan sumber daya manusia yang canggih, tetapi juga harus beretika.

Bagi penerus bangsa, pendidikan karakter penting yang diberikan adalah tulang punggung kejujuran, dimanapun anda berada, dalam keadaan apa, dan dengan siapa anda berurusan dengan jujur, semuanya akan mudah.

Melalui penyelenggaraan pendidikan karakter diharapkan dapat terbentuk karakter bangsa yang bermoral dan cerdas masa depan, sehingga dapat menjaga keutuhan negara dan menjadikan negara tersebut negara maju.

Contoh artikel kesehatan

Ayo jangan malas cuci tangan dan jalani hidup sehat

Dalam hal menjaga kesehatan tubuh, bisa dimulai dengan hal yang sangat sederhana. Misalnya suka mencuci tangan sebelum melakukan apa pun. Karenanya, mulai saat ini jadikan cuci tangan sebagai bagian dari pola hidup sehat.

Perlu kita ketahui bahwa tangan merupakan organ vital tubuh manusia dan dapat digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kita juga bisa membuat berbagai Artikel indah dengan tangan. Namun harus juga dipahami bahwa berbagai jenis penyakit bisa menular dari tangan.

Beberapa dari berbagai benda yang kita sentuh setiap hari mungkin telah terinfeksi oleh virus. Untuk mencegah penyebaran virus, kita harus selalu mencuci tangan.

Manfaat rajin cuci tangan, terutama dari segi kesehatan, sudah diakui. Namun nyatanya, masih ada orang yang tidak melakukannya.

Penyebab utama bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh manusia adalah karena tangan kita terinfeksi bakteri, bakteri tersebut didapat melalui aktivitas sehari-hari dan tidak lepas dari berbagai benda yang tidak kita ketahui seberapa bersihnya.

Oleh karena itu, kita harus selalu memulai pekerjaan sehari-hari seperti makan, belajar, dan bekerja, serta berusaha untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah penyakit yang dapat merugikan anak-anak. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencuci tangan setelah beraktivitas sejak dini.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Contoh Artikel, semoga bisa bermanfaat.