Pengertian Tanggung Jawab Adalah

Posted on

Pengertian tanggung jawab – Pada pembahasan kali ini ppkn.co.id akan memberikan ulasan mengenai Tanggung Jawab, yuk disimak ulasannya dibawah ini :

Pengertian tanggung jawab

Tanggug Jawab

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian tentang tanggung jawab adalah syarat untuk menanggung semuanya. Sehingga dapat diartikan sebagai kewajiban untuk memikul tanggung jawab atas segala sesuatu atau memberikan tanggung jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan perilakunya atau perbuatannya secara sengaja atau tidak sengaja.

Pengertian Tanggung Jawab

Berikut ini akan menjelaskan apa arti definisi umum tanggung jawab, secara harfiah, menurut KBBI dan menurut pendapat para ahli secara penuh.

Memahami Tanggung Jawab Umum

Yang dimaksud dengan tanggung jawab secara umum ialah kesadaran manusia akan perilaku atau tindakan yang disengaja dan tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti bertindak sebagai ungkapan kesadaran akan kewajiban. Definisi tanggung jawab secara literal dapat diartikan sebagai syarat diwajibkan untuk menanggung segalanya jika terjadi sesuatu yang dapat dituntut, disalahkan, dituntut atau juga berarti bahwa hak untuk menerima tanggung jawab sebagai akibat dari sikapnya oleh pihak lain.

Jadi, tanggung jawab adalah tindakan yang dilakukan oleh setiap individu berdasarkan kewajiban dan hati seseorang, yaitu sikap yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki sifat yang sangat peduli dan jujur. Baca Juga : Pengertian NKRI Adalah

Pengertian Tanggung Jawab Menurut Para Ahli

Dan untuk lebih detail dalam memahami arti tanggung jawab, lihat definisi tanggung jawab menurut para ahli dan pakar di bawah ini.

Menurut KBBI (Kamus Umum Bahasa Indonesia Besar)

Definisi tanggung jawab menurut KBBI adalah suatu kondisi di mana ia berkewajiban untuk menanggung segalanya, sehingga ia berkewajiban untuk menanggung, memikul tanggung jawab, menanggung segala sesuatu atau memberikan tanggung jawab dan menanggung akibatnya.

Menurut Friedrich August von Hayek

Menurut von Hayek, pada dasarnya hanya masing-masing individu yang dapat bertanggung jawab yaitu mereka yang menanggung konsekuensi dari tindakan mereka. Suatu masyarakat yang tidak mengakui bahwa setiap individu memiliki nilai sendiri berhak untuk diikuti tidak mampu menghargai martabat individu dan tidak mampu mengenali sifat kebebasan. Baca Juga : Konstitusi Adalah

Menurut George Bernard Shaw

Menurut George Bernard Shaw, satu-satunya orang yang dapat mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka dan bertanggung jawab atas tindakan mereka adalah mereka yang membuat keputusan dan bertindak tanpa tekanan dari pihak mana pun atau dengan bebas.

Menurut Carl Horber

Orang-orang yang terlibat dalam organisasi seperti ini adalah mereka yang melakukan tanggung jawab pribadi untuk diri mereka sendiri dan orang lain. Moto umum semua birokrat adalah perlindungan, bukan tanggung jawab.

Menurut Sugeng Istanto

Liability berarti kewajiban untuk memberikan jawaban yang merupakan perhitungan dari semua hal yang terjadi dan kewajiban untuk menyediakan pemulihan atas kerugian yang mungkin disebabkan.

Jenis Tanggung Jawab

Tanggung jawab dapat dibedakan sesuai dengan situasi manusia atau hubungan yang mereka buat. Atas dasar ini, ada beberapa jenis tanggung jawab termasuk yang berikut ini:

  • Tanggung jawab terhadap Tuhan
  • Tanggung jawab diri
  • Tanggung jawab keluarga
  • Tanggung jawab terhadap lingkungan masyarakat
  • Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara

Kesimpulan

Berdasarkan uraian definisi tanggung jawab di atas, dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab adalah kemampuan untuk memahami apa yang positif atau negatif, berusaha untuk tidak mencoba melakukan hal-hal negatif dan selalu berusaha untuk melakukan hal-hal positif. Baca Juga : Pengertian Aristokrasi

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Tanggung Jawab, semoga bisa bermanfaat.